5 Tempat Buka Puasa Favorit di Sukabumi

5 Tempat Buka Puasa Favorit di Sukabumi. Ini versi saya yang baru setahunan tinggal di Sukabumi, kalau buat orang Sukabumi pastinya punya tempat buka puasa favorit lainnya yang mungkin belum saya datangi. Jadi, tempat-tempat ini berdasarkan pengalaman saya buka puasa di sana, tahun lalu.

5 Tempat Buka Puasa Favorit di Sukabumi

Sukabumi sebenarnya kotanya kecil, tapi antusias masyarakatnya terhadap kuliner cukup tinggi. Terbukti dengan banyaknya bermunculan tempat-tempat makan baru yang menawarkan beragama dan keunikan tersendiri. Akan tetapi, rumah makan lawas dan legendaris pun masih tetap bertahan sampai saat ini. Ini dia beberapa tempat buka puasa favorit buka puasa di Sukabumi, versi saya.

1. Rumah Makan Ibu Bunut
Rumah Makan Bunut termasuk rumah makan legendaris di Sukabumi. Seingat saya, sejak saya masih kecil, rumah makan ini sudah ada. Dulu, sewaktu masih anak-anak, almarhum Bapak suka membawa pulang oleh-oleh nasi rames dari rumah makan ini. Duh, zaman dulu khan jarang yah diajak makan di rumah makan, jadi kalau dibawain nasi rames tuh rasanya bahagia sekali. Nah, setelah dewasa dan punya uang sendiri, cobainlah makan di rumah makan yang terletak di Jl. Surya Kencana No.72, Sukabumi ini menyajikan menu-menu khas Sunda dalam bentuk prasmanan. Beberapa menu masakan Sunda yang disajikan yaitu beragam pepes ayam, ikan, oncom, teri, pepes tahu hingga aneka lalapan mentah yang beberapa namanya saya tidak tahu tapi rasanya enak. Di rumah makan ini juga terdapat jualan oleh-oleh khas Sukabumi dan aneka camilan yang bisa dibeli untuk dibawa pulang. Oh iya, konsep resto ini kayak resto rumahan dan desainnya kayaknya masih sama dari zaman dulu. Kursi-kursi dan meja makan model lama, bukan karena sengaja desainnya unik tapi karena memang usianya sudah lama alias jadul. Untuk harga makanan di sini, masih terjangkau kok, standar rumah makan Sunda pada umumnya.

2. Rumah Makan Sunda Rasa
Rumah makan Sunda Rasa ini terbilang masih baru, maksudnya nggak terlalu lama. Saya buka puasa di sana bersama keluarga bersama almarhum Bapak. Rumah makan ini lokasinya sangat strategis di dan berada di samping hotel Horison Sukabumi. Desainnya modern dengan bangunan yang cukup luas dan tempat parkir pun luas. Menu-menu yang disajikan di restoran ini khas Sunda tapi menunya jauh lebih beragam berada di buku menu. Jika kita berbuka puasa di sana, pihak restoran menyajikan menu takjil kolak pisang yang sangat enak. Lalu, kita memesan menu melalui buku menu. Saat waktunya berbuka tiba, makanan pesanan kita pun datang. Menurut saya, rasa makanan di sini jauh lebih enak daripada di Rumah Makan Ibu Bunut dan lebih beragam. Ada rasa ada harga juga, heheh memang harganya juga di atas resto lainnya. Tapi sepadan kok dengan kualitas rasa, tempat yang luas dan nyaman, serta pelayanan yang baik dan ramah. Oh iya, di samping rumah makan ini juga terdapat toko jualan snack dan oleh-oleh khas yaitu bika ambon Sunda Rasa yang enak banget.

3. Rumah Makan Ayam Bunut

5 Tempat Makan Favorit di Sukabumi
Tahun lalu saya bersama keluarga buka puasa di tempat makan in. Lokasinya tepat berada di seberang Rumah Sakit Umum Syamsudin SH atau lebih dikenal dengan nama rumah sakit bunut. Saat pertama kali ke sana, rumah makan ini masih kecil dengan tempat parkir yang pas-pasan. Harga makanan yang ditawarkan memang sangat murah dengan menu masakan khas Sunda alas prasmanan yang cukup enak. Sehingga rumah makan ini selalu penuh pengunjung. Apalagi makan di rumah makan ini bisa ambil nasi sepuasnya. Jadi bisa makan kenyang dan enak. Kalau dulu slogannya bisa makan 15 ribu sepuasnya. Nah, sebelum bulan Ramadhan kemarin, saya dan suami sempat makan di sana dan ternyata tempat makan ini sudah direnovasi dan sangat bagus. Bangunannya terdiri atas 3 lantai. Lantai dasar, pengunjung bisa mengambil menu makanan dan membelinya, ada tempat untuk makan juga tapi tidak luas. Di sana juga ada area untuk order take away alias dibawa pulang. Nah, naik ke lantai dan dua, ruangan makan sudah didesain dengan sangat cantik dan instragamble jadi bisa foto-foto syantik, deh, di sana. Menurut pendapat saya pribadi, renovasi ini dilakukan untuk menyambut bulan Ramadhan yang memang pengunjung sering membludak di tempat ini.

4. Warung Ayam Bakar Mang Oni

5 Tempat Makan Favorit di Sukabumi
Kalau tempat makan yang satu ini kayaknya sudah sering saya bahas. Tempat makannya biasa aja karena hanya berupa warung tenda. Tapi soal rasa jangan ditanya. Enak pisanlah, dan kalau bulan Ramadhan seperti selalu penuh oleh pengunjung yang ingin buka puasa di sana. Warung ayam bakar Mang Oni di seberang Bank Mandiri, Sukabumi. Menu khas di sana nasi timbel dengan aneka lauk (ayam, ikan, ikan asin) goreng dan bakar. Kalau menu favorit saya tumis asin sepat plus pete. Wuih nikmat banget. Ayam bakarnya pun enak, bumbunya meresap sampai ke tulang. Kriuk-kriuk gurih, deh.

5. Rumah Makan Tik Tok
Rumah Makan Tik Tok sudah lama ada di Sukabumi, dulu almarhum bapak yang mengajak kami makan di sana. Jika hari biasa, rumah makan yang menyajikan menu spesial tiktokini memang tidak terlalu ramai. Tapi jika bulan Ramadhan seperti ini, rumah makan inj jadi tempat favorit untuk berbuka karena rasa makanan yang enak dan tempat makan yang cukup luas dan nyaman. Rumah makan yang terletak di Jl. RA Kosasih No.232 inj menyajikan menu makanan dan minuman yang cukup lengkap. Oh iya, bagi yang belum tahu tiktok, tiktok itu adalah unggas hasil persilangan dari itik dan entog. Dagingnya lebih tebal, gurih, dan tidak β€œpenguk” seperti daging bebek. Menu spesial ini dijual per ons, dengan minimal pembelian setengah ekor. Nggak nyesel deh mencoba menu khas tiktok di rumah makan ini, pasti ketagihan.

Ini itu dia 5 tempat buka puasa favorit di Sukabumi versi saya. Bagi pembaca yang berasal dari Sukabumi, mau menambahkan silakan ya di kolom komentar. Bagi pembaca yang akan berkunjung ke Sukabumi pada bulan Ramadhan ini, semoga bisa jadi referensi.

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

16 Responses

  1. Wah, aku belom pernah nyobain satu pun ke tempat2 itu. Nanti nyoba mampir ah. Aku sering ke Sukabumi. Ke mamah dan adik. Nuhun referensinya πŸ˜€

  2. Di Bogor juga ada rumah makan namanya Bunut. Entah ada hubungan apa dengan Bunut Sukabumi. Menu yang ditawarkan juga kurang lebih sama-sama tradisional.

  3. Saya, walau orang Jawa asli, tapi suka banget sama masakan Sunda. Pepesnya, sambelnya (sambelnya ini susah ditemukan di Jawa), lalapannya. Sayur asemnya juga. Duh.. Sayangnya saya ngga bisa masak sendiri, hihi…

    Tapi insya Allah lebaran nanti kalau ke Majalengka bisa icip-icip lagi. πŸ™‚

  4. Prita HW says:

    Aku blm pernah ke Sukabumi nih mbak. Tapi suka juga dgn masakan Sunda yg sayurnya melimpah. Noted nih referensinya

  5. Arda Sitepu says:

    Karena saya juga suka dengan ayam bakar maka warung Mang Oni jadi pilihan yang tepat ya mbak. Apalagi rasanya endes heehe. Kalau ada waktu ke Sukabumi aku main ah ke tempat makan ini.

  6. Lidya says:

    Semua makanan sunda aku suka mbak πŸ™‚ Wah ini kalau ke Sukabumi gak boleh dilewatkan ya mampir ke tempat buka puasa favoritnya. Kalau aku suka banget ikan-ikanan

  7. Jiah says:

    Buka puasa pakai Pete? Weee
    Aku hari biasa aja gak suka apalagi puasa ya. Aku jarang buka puasa di luar karena malas antri tempatnya sih. Tapi catet lah siapa tahu dolan ke Sukabumi

  8. Yuni says:

    Dan Pete nih emang bikin nagih mba, aku juga suka sama masakan yang dicampur Pete….sedep rasanya

  9. lendyagasshi says:

    Bebeknya dijual per-ons teh?
    Waah unik yaa…soalnya bebeb ini kan kuruus…gak kaya ayam.
    Pasti dapetnya lebih banyak.

    Menurut info temen, Sukabumi enaknya seafood.
    Bener gak teh?

  10. Elly Nurul says:

    Duh itu makanannya menggoda sekali.. khas banget makanan nusantaranya ya.. ikan peda sama pete dan lalapannya itu kebayang banget deh enaknya.. apalagi makan pakai nasi anget.. beuh nikmat banget.. Alhamdulillah ya

  11. Ida Tahmidah says:

    Wah sekarang mah ada di Sukabumi ya jd ngebahas rumah makan di Sukabumi. Sudah lama pisan ga ke Sukabumi nih..

  12. Siska Dwyta says:

    Saya belum pernah ke Sukabumi tapi boleh juga referensi tempat makannya mbak. Ya siapa tau aja saya berkesempatan ke sana nanti, hehe

  13. Desi Namora says:

    Momen buka bersama dinantiin bgt ya Mba, apalagi klo bukber sama keluarga tercinta. Makin asyik dan seru rasanya

  14. April Hamsa says:

    Enak2 kyknya. Khas Sunda ya rata2 makanannya?
    Kapan hari suamiku ngajakin iseng melipir Sukabumi eh pas anak2 lagi drop gk jd deh.
    Ntr kapan2 ke Sukabumi traktir aku makan di sana ya mbak wkwkkkwkk #nglunjak

  15. kayaknya enak tuh yang warung ayam bakar mang oni, nasi timbel nya itu dibakar juga ya? duh jadi olpengen ke sukabumi

  16. Enak e mbak banyak menu lalapan juga ya. Kan masuk Sunda to Sukabumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *