7 Jajanan Pinggir Jalan di Bandung yang Ngangenin

7-jajanan-pinggir-jalan-di-bandung-yang-ngangenin

7 Jajanan Pinggir Jalan di Bandung yang Ngangenin. Bandung itu emang surganya jajanan, menurut saya sebagai warga Bandung yang doyan jajan. Kalau kata seorang teman, mau kuliner di Bandung mah gampang, banyak jajanan bertebaran. Keluar pintu langsung tukang jualan berjejer. Mulai dari jajanan khas  Bandung, jajanan yang niru-niru makanan luar, pokoknya banyak. Soal harga, jangan takut.dompet jebol karena jajanan di Bandung terhitung murah meriah, tapi enak dan tentunya mengenyangkan.

Ngomongin jajajan pinggir jalan di Bandung itu banyak banget. Cuma memang tidak semua bikin kangen. Hehehehe ..jajan di pinggir jalan emang bikin kangen apalagi kalau jajannya bareng si dia yang ada di hati #eaaa…

Apa saja sih jajanan versi saya yang ngangenin? Ini dia 7 jajanan pinggir jalan di Bandung yang ngangenin.

  1. Lumpia Basah

Ceritanya kalau di kantor saat pukul 04.00, habis shalat Ashar, perut suka keroncongan. Buat buibuk yang memang porsi makannya enggak bisa ditakar mencari jajanan pengganjal perut itu seperti sebuah kewajiban. Nah, untungnya di deket kantor saya itu banyak banget jajanan pinggir jalan yang bisa mengganjal perut keroncongan. Salah satunya lumpia basah. Cukup merogoh uang di kantong sekitar 6000 rupiah, si lidah sudah bisa bergoyang menikmati rasa manis dari kulit lumpia berisi tumisan telur, tauge, dan rebung. Rasanya pasti nikmat apalagi kalau pedasssss… lebih endeusss…

img-20160915-wa0003

  1. Seblak

Nah, tidak jauh dari Lumpia Basah, makanan yang lagi ngehits dan kekinian ini memang mudah banget ditemui di pinggir jalan. Di daerah dekat rumah pun ada beberapa pedagang yang jualan seblak. Padahal duluuu, pas masih kuliah (baca S2, kalau zaman S1 belum ada seblak) belum ada yang jualan seblak, dan suka bikin seblak kalau pas kerjain tugas kuliah. Kalau sekarang mau seblak enggak usah bikin, tinggal lompat aja ke pintu sudah banyak yang jualan seblak dengan berbagai varian isian. Bukan hanya seblak kerupuk, ada seblak mie, seblak macaroni, seblak mie loyor dengan berbagai kombinasinya.Bisa pakai tulang, ceker ayam, bakso, dan lain-lain. Seperti halnya Lumpia Basah, Seblak itu enaknya dimakan saat masih panas dan pedassss. Kalau bisa isinya cabe semua wkwkwkw …Enggaklah, entar sakit perut.

img_20161006_174726

  1. Tahu Bulat

Nah, jajajan yang satu ini terkenal karena cara jualannya yang terbilang unik. Tahu bulat dijual dengan menggunakan mobil bak terbuka, dengan jargon khas “Tahu bulaaat gurih-gurih nyoooy” Hahahaha … tahu bulat biasanya dijual langsung setelah digoreng. Jadinya pastinya saat dibeli cenderung masih hangat bahkan panas. Tahu bulat emang memiliki rasa yang enak, agak mirip dengan tahu sumedang tapi kalau menurut saya lebih gurih. Seperti dua temannya di atas, jajajan ini enaknya dimakan sama cabe rawit, pedasss lebih mantaap.

  1. Batagor

Makanan yang satu ini termasuk legendaris, nih. Sudah sejak lama saya jadi penggemar baso tahu goreng yang diberi bumbu kacang gurih pedas ini. Tukang jualan batagor banyak banget di Bandung, mulai dari Mang Tanggung (jualannya pake tanggungan) sampai dengan batagor bermerk yang pelanggannya bermobil. Yang pasti batagor sudah jadi oleh-oleh khas Bandung. Ada dua varian batagor yaitu batagor bumbu kacang dan batagor kuah. Kalau saya suka dua-duanya.

  1. Baso Cuanki

Makanan yang satu ini paling nikmat disantap saat hujan. Hahaha …enggak hujan juga mantep, kok. Tukang jualan bakso cuanki juga banyak, mulai dari Mang Tanggung (jualannya pake tanggungan) sampai tempat bermerk (mirip dengan batagor ya kasusnya). Nah, salah satu bakso cuanki terkenal di Bandung ya, Cuanki Serayu. Duuh, kuah cuanki serayu yangs egar dan bakso gorengnya yang renyah dan gurih rasanya nempel banget di lidah. Bener-bener bikin kangen. Hehehehe…

  1. Surabi

Dari tadi ngomongin makanan pinggir jalan yang asin dan pedas, nah sekarang ada jajanan yang rasanya cenderung manis, walaupun tersedia varian rasa asin juga. Ini dia surabi, makanan legendaris yang sudah ada seja zaman dahulu. Saya enggak tahu surabi sudah ada sejak kapan tapi ya itu, menurut saya legendaris banget, sudah ada sejak dulu dan terus berkembang dengan berbagai varian rasa. Bahkan, surabi sudah naik kelas lho, bukan lagi jajajan pinggir jalan tapi sudah masuk kafe dengan varian rasa yang lebih modern dan harga lebih tinggi tentunya. Tapi entah kenapa, lidah saya lebih cocok dengan surabi pinggir jalan dengan 2 varian rasa yaitu surabi manis gula kinca dan surabi oncom. Apalagi kalau dimakan pagi hari saat udara dingin dan perut kerondongan belum sarapan, mantep banget deh ngunyah surabi.

img-20161016-wa0028

  1. Awug

Nah, selain surabi, makanan yang legendaris dan sampai sekarang masih ngangenin adalah awug. Yess..awug is my favourite. Duuh, kalau ngomongin awug, kok air liur langsung keluar yaaa… ini mah enak banget, apalagi kalau hangat. Tapi sudah dingin pun tetap enak kok menurut saya mah. Makanan yang terbuat dari tepung beras dan gula merah ini makin gurih dengan tambahan parutan kelapa. Duuuh, uenaaak banget.

Itulah 7 jajajan pinggir jalan di Bandung yang ngangenin banget. Mungkin teman-teman yang lain punya makanan favorit sendiri. Kalau mau nambahin silakan isi kolom komentar.

 

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

9 Responses

  1. woooww…mantap. & jajanan ini emang enak dan ngangenin. Yang jualnya juga ngangenin

  2. Firman R says:

    wah makanan kesukaan saya kok g ada y?.. hehehe

  3. Nia Haryanto says:

    Waaah… Ini sih kesukaan saya semua. Enyak enyaaaak..

  4. Lumpia basah dan cabai rawit, emang sohib! ;).
    Disajikan hangat semakin nikmat, teman lewat yaaa… lewat ajaaa…
    Hahaha…

  5. Mas Kuya Hejo says:

    wah kalo surabi saya ada langganan… namanya tuh “surabi radja”… tempatnya di komplek margahayuraya 😀 favorit bgt tuh, tiap lagi ke bandung pasti nyempetin beli tuh surabi 😀 enak bgt soalnya.. bener2 ngangenin wkwkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *