Aktivitas yang Bisa Dilakukan Bersama Anak di Akhir Pekan

aktivitas-yang-bisa-dilakukan-bersama-anak-di-akhir-pekan

Setiap akhir pekan saya selalu muter otak, kegiatan apa yang bisa dilakukan bersama anak-anak. Bukan apa-apa, saya enggak mau anak-anak merasa boring saat liburan sekolah dan menghabiskan waktu bersama emaknya. Hahaha … secara bu guru di sekolah lebih menarik  dan kreatif daripada si emak. Bu guru di sekolah lebih didengar daripada emaknya di rumah. Inilah nasib emak-emak yang enggak kreatif. Apalagi kalau hari Sabtu pagi, Fathan selalu nanya, “Hari ini libur Bunda? Liburnya lama? Kapan sekolah?” Itu menandakan bahwa kegiatan di sekolah lebih asyik daripada di rumah. Ya sudahlah, memang ini nasiiib, lirik kompor yang hanya dinyalain saat masak air buat mandi anak-anak.

Ya sudah mah enggak pinter masak, enggak kreatif juga. Emak macam apa pula saya ini. Tapi, saya enggak mau dong berpasrah diri dan membiarkan anak-anak dalam keadaan boring. Tentunya saya tetap ingin dianggap emak yang menyenangkan. Hihihi .. jadilah otak ini muter, cari aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak di akhir pekan. Kira-kira apa saja ya kegiatan yang bisa saya lakukan bersama dua bocah nan lucu dan imut ini?

Lari Pagi

Saya butuh olahraga, tapi rasanya sulit sekali menyiapkan waktu untuk olahraga. Apalag pagi hari adalah waktu yang sangat hectic bagi saya.  Pagi-pagi selalu disibukkan kegiatan sama yaitu menyiapkan anak-anak berangkat sekolah dan saya beragkat kantor. Baiklah, tapi tidak berarti saya tidak bisa olah raga. Saya usahakan olahraga ringan sekitar 5 menit. Kalau tidak bisa yaa … usahakan akhir pekan bisa lari pagi. Nah, serunya, saya sekarang bisa lari pagi bersama dua bocah yang lagi doyan-doyannya lari-lari ini. Biasanya hari Minggu ada car free day, nah Fathan suka banget deh pergi ke area car free day. Soalnya dia bisa lari-lari sepuasnya di jalan tanpa dilarang. Biasanya emaknya udah sibuk teriak-teriak khawatir kalau Fathan jalan atua lari-lari di pinggir jalan walaupun jalan komplek. Maklum sekarang pengendara motor suka ngebut. Walaupun tetap harus hati-hati karena banyak orang dewasa yang jalan-jalan juga di sana. Kalau saya, yaah namanya juga emak-emak, cuma bisa jalan sambil gendong si kecil. Sesekali Fakhira yang emang udah lancar jalan, diturunkan dari gendongan dan ikutan jalan bareng kakaknya. Lucu juga lihat Fakhira asyik jalan di jalan raya.

Kuliner Bareng

Buat emak yang enggak bisa masak, cari kuliner bareng anak-anak merupakan kegiatan yang seru. Hihihi … ya begitulah, saya bersama anak-anak sering coba cari kuliner bareng yang bisa dimakan bareng-bareng. Maksudnya makanannya bisa dikonsumsi anak umur setahun juga. Untungnya Fakhira bukan anka yang pilihpilih makanan. Dia pun sudah doyan nasi keras. Berbagai camilan pun dia doyan banget. Hobinya ngemil. Duuh, ini anak perempuan nurun banget hobi ngemilnya dari sang ibu. Baiklah, tinggal saya cari camilan yang tentunya selain bisa dimakan juga sehat. Susah-susah gampang sih cari makanan yang bisa dikonsumsi bersama. Tapi itulah tantangannya. Senangnya kalau anak-anak lahap makannya.

Orang sering bertanya, kenapa anak-anak saya cenderung pada doyan makan. Mereka enggak picky eater. Kalau saya inget-inget lagi mungkin karena sejak hamil mereka saya memang doyan makan. Saya juga enggak pilih-pilih makanan.  Makanya berat badan bisa naik sampai 25 kg. Hihihi … untung sekarang sudah mendekati berat badan yang lumayan ideal bagi saya. Oh iya, waktu hamil juga saya rajin minum susu ibu hamil. Tujuannya biar nutrisi bagi si kecil dalam kandungan tetap terpenuhi. Jadi yah gitu, deh. Makan jalan, ngemil jalan, minum susu ibu hamil pun dihajar. Mungkin itu salah satu alasan kenapa anak-anak saya enggak susah makannya.

Berenang

collage-2016-09-08-13_23_22

Nah, ini kegiatan favorit Fathan. Dia doyan banget main air. Sejak lahir, Fathan emang udah doyan main air. Baru brojol, dimandiin sama suster sama sekali enggak nangis. Usia 3 bulan udah anteng berenang pakai ban. Beda banget sama adiknya Fakhira yang agak takut air. Kalau Fakhira sering nangis kalau dimandiin.

Sayangnya, sekarang saya tidak bisa sering-sering anter Fathan berenang. Jadi, acara berenang tidak bisa dilakukan setiap akhir pekan. Namun, saya usahakan setiap bulan ada acara berenang bersama. Fakhira juga udah diajak berenang. Ternyataaaaa … dia sukaaa… hahaha … lucu banget lihat bayi ini mengambang di kolam renang.

Nonton Bareng

Kalau ini emang hobinya si emak, nonton. Fathan pun suka nonton, biasanya saya pilih film kartun yang cocok untuk anak-anak sesuainya. Akhir pekan bisa seru banget dengan acara nonton bareng. Fathan yang terus bertanya tentang tokoh, alur cerita, kenapa ini begini? Kenapa begitu? Siapa namanya? Kenapa ada itu? Kenapa dan kenapa lainnya. Sementara itu si kecil Fakhira akan sibuk mencari cara buat mnecet-mencet tuts keyboard laltop, terus si kakak akan marah dan ngambek kalau filmnya kepotong. Hahaha … seru bangetlah kalau acara nonton bareng.

Sebenarnya, masih banyak kegiatan yang ingin saya lakukan bersama anak-anak di akhir pekan. Saya ingin masak bareng dengan anak-anak. Namun mengingat saya yang enggak bisa masak, Fathan yang suka megang ini itu, Fakhira yang enggak bisa diam, lagi senang-senangnya eksplorasi, jadilah saya belum berani melakukan aktivitas masak bareng. Sudah kebayang kekacauan yang akan terjadi. Apalagi benda-benda di dapur agak riskan juga untuk balita. Lirik kompor gas yang nyala pagi buat masak air hangat untuk anak-anak mandi. Hahaha … itulah fungsi kompor gas di rumah.

Saya sebenarnya juga pengen melakukan kegiatan DIY bareng anak-anak. Tapi mengingat Fakhira yang membutuhkan perhatian lebih dan pastinya akan mengganggu kakaknya, saya urungkan melakukan aktivitas DIY. Kebayang sudah nanti akan ada pertengkaran kakak adik, rebutan sesuatu yang belum jadi. Hahaha … si emak udah nyerah duluan.

Akhirnya, baru akivitas-aktivitas itu yang bisa saya lakukan saat akhir pekan bersama anak-anak. Saya tahu, saya memiliki banyak keterbatasan sebagai seorang ibu. Tentunya, banyak kejadian tidak menyenangkan yang dialami anak-anak bersama ibunya ini. Namun, tetap saja sebagai seorang ibu tentunya ingin memberikan waktu yang menyenangkan untuk anak-anak. Itulah aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak di akhir pekan ala saya. Anda pastinya punya kegiatan yang lebih seru dan menyenangkan.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

6 Responses

  1. echaimutenan says:

    tidur bareng kok g adaaaaa

  2. Turis cantik says:

    Paling seneng makan bareng sama anak kalau weekend.

  3. Heni Puspita says:

    Diajak berenang pasti anak-anak seneng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *