Apa Itu Pulsa Online? Ini Macam-Macam Pulsa Yang Harus Kamu Tahu

Apa Itu Pulsa Online_ Ini Macam-Macam Pulsa Yang Harus Kamu Tahu

Apa Itu Pulsa Online? Ini Macam-Macam Pulsa Yang Harus Kamu Tahu. Hidup di zaman sekarang yang serba gampang memang menyenangkan. Dengan bantuan teknologi, banyak hal yang dulu terasa ribet dan mahal, sekarang jadi jauh lebih mudah dan juga murah.

Nggak terkecuali soal urusan pulsa. Dulunya masyarakat hanya mengenal pulsa untuk telepon seluler yang harganya mahal dan tidak semua orang mampu membelinya. Susah juga untuk mendapatkannya, karena tidak banyak konter atau toko yang menjual pulsa.

Tapi sekarang,  pulsa adalah kebutuhan sehari-hari yang nggak bisa dihindari. Bahkan sempat ada joke, sandang – pangan – pulsa. Karena besarnya kebutuhan manusia untuk punya pulsa dibanding dengan papan yang seharusnya mengikuti idiom itu. Zaman sekarang pun cara membeli pulsa sangat gampang, pakai pulsa online seperti yang dijual di Traveloka. Tapi, sebelum membahas soal pulsa online, yuk kenali bermacam-macam pulsa yang ada di Indonesia.

Pulsa Fisik

sumber:kaskus.co.id

sumber:kaskus.co.id

Ketika operator seluler memperkenalkan teknologi prabayar, mereka menjual pulsa berbentuk voucher fisik. Disebut demikian, karena kamu mendapatkan kartu dengan nomor seri yang harus digesek untuk mengetahui angka di dalamnya.

Sampai sekarang teknologi pulsa fisik masih digunakan. Namun tidak semua nominal ada dan mencarinya jauh lebih sulit daripada mencari pulsa elektrik.

Pulsa Elektrik

sumber:executivepaytren.files.wordpress.com

sumber:executivepaytren.files.wordpress.com

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi beralih ke pulsa elektrik. Dengan metode ini, pembeli tidak harus lagi menggosok voucher, tapi cukup menuliskan nomor ponsel yang bakal diisi dan penjual akan mengisinya sesuai dengan nominal yang diminta.

Teknologi ini lebih ramah lingkungan dan juga lebih murah di ongkos produksi. Akhirnya harga pulsa jadi lebih murah, dan nominal kecil pun bermunculan.

Ketika era voucher fisik, pulsa paling murah berada di nominal Rp 25 ribu. Namun ketika era pulsa elektrik muncul, beli pulsa Rp 1 ribu pun bisa dilakukan.

Pulsa Listrik

foto:pulsasrihastuti.com

foto:pulsasrihastuti.com

Teknologi prabayar lewat pembelian pulsa tidak hanya menjamah dunia telepon seluler, namun juga dimanfaatkan PT PLN untuk pembayaran listrik di rumah. Masyarakat lebih mengenalnya dengan nama ‘Token’ listrik, yang sekarang sudah digunakan hampir di seluruh Indonesia.

Awalnya listrik dalam bentuk pulsa tidak terlalu dilirik oleh masyarakat, yang masih lebih suka menggunakan sistem pascabayar. Namun lama kelamaan, listrik dengan bentuk pulsa dirasa lebih hemat dan pengguna bisa mengatur berapa banyak mereka mau memakai listrik sesuai dengan pulsa yang mampu dibeli.

Pulsa Internet

pulsa online 4

Dengan teknologi yang semakin berkembang, kebutuhan akan internet sekarang menggeser idiom sandang – pangan – pulsa menjadi, sandang – pangan – data. Seiring dengan berkembangnya smartphone, pulsa internet selalu menjadi buruan para pelanggan, atau yang banyak dikenal dengan nama paket data.

Pulsa internet ini tersedia dalam berbagai macam bentuk. Ada yang berupa voucher WiFi yang bisa diakses di mana saja. Ada pula dalam bentuk elektronik yang bisa dibeli secara online.

Pulsa Online

Nah, apa itu pulsa online?

Pulsa online adalah pulsa yang bisa dibeli lewat internet dengan mudah. Tidak hanya berupa pulsa telepon, namun juga menyediakan pulsa listrik dan juga pulsa internet.

Salah satunya disediakan oleh Traveloka. Yang mana kamu bisa membeli pulsa online lewat website mereka di halaman https://www.traveloka.com/connectivity/pulsa atau melalui aplikasi di ponsel.

Dengan langkah mudah, mengisi pulsa di Traveloka juga murah dan bisa diakses sewaktu-waktu. Sehingga kamu nggak perlu panik kalau kehabisan pulsa di malam hari, atau harus mengisi token listrik yang mendadak habis di pagi buta.

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

2 Responses

  1. indah nuria says:

    banyaaak ya macamnya mba..aku baru ngeh dan penting ini buat siap-siap di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *