Apa sih Buku Bacaan Anak Itu?

Saat ini, kita tidak kesulitan mencari buku bacaan untuk anak-anak. Kita tinggal pergi ke toko buku dan mencari buku bacaan anak di deretan rak buku untuk anak-anak. Aneka bacaan untuk anak berderet di rak-rak yang sudah ditata rapi. Kita tinggal memilih jenis bacaan yang cocok untuk anak-anak. Namun, sebenarnya seperti apa sih buku bacaan anak itu?

Buku bacaan anak secara umum dapat didefinisikan sebagai buku yang cocok untuk anak-anak, berupa fiksi maupun nonfiksi, baik dari segi emosi dan intelektual anak. Secara teoretis, bacaan anak adalah bacaan yang dikonsumsi anak-anak dengan bimbingan orang dewasa dan penulisnya pun orang dewasa.

Ada beberapa ciri bacaan anak yang dapat kita temukan pada buku-buku bacaan anak.

  1. Pantangan: ada hal-hal tertentu yang tidak boleh dipisahkan, misalnya tema yang cocok untuk anak, gagasan, ide,dan lain-lain.
  2. Langsung: penyajian cerita anak harus langsung dan tidak bertele-tele. Deskripsi pada bacaan anak sebaiknya singkat dan jelas, tidak berbelit-belit.
  3. Terapan: Bacaan anak digunakan sebagai sarana pendidikan.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *