LRT untuk Asian Games Palembang

sumber foto: detifinance

sumber foto: detifinance

LRT untuk Asian Games Palembang. Bulan Februari 2018, saya dan keluarga pergi ke Palembang untuk acara pernikahan adik ipar di sana. Pada saat kami berkunjung ke sana, LRT masih dalam tahap pembangunan. Dikabarkan pembangunan LRT tersebut untuk menyambut Asian Games 2018. Persiapan luar biasa dari kota yang dikenal dengan makanan khasnya empek-empek tersebut.

Saya sekeluarga saat menaiki kapal fery menuju Sumatera

Saya sekeluarga saat menaiki kapal fery menuju Sumatera

Terus terang saya exciting banget dengan kehadiran LRT (Light Rail Transit) tersebut karena Palembang menjadi kota pertama d Indonesia yang memiliki LRT. Jika berkesempatan mengunjungi kota yang terkenal dengan Jembatan Ampera tersebut, tentunya saya ingin menyempatkan naik LRT yang sudah dibuka untuk umum tanggl 1 Agustus 2018. LRT ini memang merupakan infrastruktur modern dan canggih yang dibangun untuk menunjang Asian Games Palembang 2018. Dengan adanya LRT ini tentunya sangat bermanfaat bagi warga Kota Palembang dan kota lain yang berkunjung ke kota ini untuk mengikuti perhelatan olahraga Asia ini.

Menurut berita yang saya baca, untuk bisa menaiki LRT ini, penumpang bisa mengantre membeli tiket. Sementara bagi pengguna E-Money bisa langsung memasuki stasiun setelah mendaftarkan kartu ke loket yang sudah disediakan. Pendaftaran kartu E-Money itu cukup sekali. Tapi tampaknya saat ini penumpang LRT akan penuh sesak, maklumlah baru dibuka sehingga mengundang antusiasme masyarakat Kota Palembang dan sekitarnya.

Salah satu ikon Kota Palembang, Jembatan Ampera yang dilewati jalur LRT

Salah satu ikon Kota Palembang, Jembatan Ampera yang dilewati jalur LRT

Light Rail Transit atau Kereta Api Ringan menjadi alternatif moda transportasi masyarakat Palembang dalam menyambut keriuhan Asian Games Palembang.  Moda transportasi ini isa menjadi andalan bagi masyarakat selain angkot, bus TransMusi, ojek, dan angkutan online. Sayangnya, saat saya dan keluarga berkunjung ke sana, LRT masih dalam tahap pembangunan dan belum selesai, sehingga kami tidak sempat mencobanya. Padahal, penasaran banget ingin mencoba naik LRT.

Rangkaian kereta api iistrik ini terdiri atas tiga gerbong dan bisa memuat 300 orang dewasa. Salah satu jalurnya bisa menyebrangi sungai Musi. Waah,  kebayang deh asyiknya naik LRT sambil melihat pemandangan sekitar Sungai Musi. Rute yang dilewati oleh LRT sepajang 24,5 km dengan 13 stasiun pemberhentian. Namun, selama Asian Games hanya 6 stasiun yang beroperasi. Untuk bisa menaiki moda transportasi canggih ini, penumpang hanya perlu menyediakan uang 5 K untuk sekali jalan. Akan tetapi, rute khusus Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, tarifnya agak berbeda yaitu 10 K untuk sekali jalan.

Dibangunnya LRT merupakan sebuah tanda era baru dunia perkeretaapian di Indonesia, khususnya di Sumatera. Selama ini, kereta api merupakan akomodasi transportasi penting di Pulau Sumatera sebagai alat untuk mengangkut hasil perkebunan. Misalnya kereta api di Sumatea Barat yang sangat penting dalam pendistribusian kopi dari daerah Bukit Tinggi, Payakumbuh, Tanah Darar maupun Pasaman ke Padang sebagai pusat perdagangan. Kemudian, akses kereta api ditambah untuk mempermudah pengangkutan batu bara di daerah Sawah Lunto, sehingga pemerintah Belanda pun membangun jalur kereta api dari Teluk Bayur menuju Sawah Lunto.

Begitu pun dengan daerah lain di Sumatera seperti Sumatera Selatan yang memiliki jalur kereta a;i untuk menunjang pengangkutan hasil perkebunan seerti tembakau, kopi, karet, dan kelapa sawit. Perkembangan kereta api di Sumatera Selatan terus berkembang hingga kemudian dibuka jlaur Kereta Api Ekspress tahun 1966. Jalur kereta api ekspress tersebut yaitu Kertapati-Tanjung Karang dengan sistem rem udara dan memiliki 80 gerbong.

Tidak ketinggalan n Sumatera Utara yang memiliki jalur kereta api ekspress yang menghubungkan Meda-Tanjung Balai dengan jarak 175 km dan bisa ditempuh dengan waktu 3 jam 45 menit.

Jika dilihat dari hal tersebut, selama ini kereta api memang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Sumatera. Apalagi transportasi ini memang bisa menghubungkan wilayah-wilayah dengan jarak yang berjauhan. Kehadiran LRT menjadi tonggak sejarah baru dalam perkembangan kereta api d Sumatera dan pantas disambut hangat oleh masyarakat di Sumatera, khususnya Kota Palembang. Apalagi LRT ini memang dibangun bagi masyarakat Kota Palembang dalam rangka menyukseskan Asian Games Palembang 2018.

 

 

 

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

56 Responses

  1. Turut senang dengan kehadiran LRT di Palembang untuk menyukseskan Asian Games 2018. Tidak hanya saat penyelenggaraan saja, tetapi LRT akan bermanfaat bagi masyarakat setelah Asian Games juga.

  2. Semoga soon di Bandung punya LRT juga biar kaditu kadieu gampang hehe

  3. gita siwi says:

    Senang ya LRT akan memudahkan semua orang terkoneksi dengan satu tempat. Maaf mba Rani, mba istrinya Fauzi ya. Maaf kalau salah liat gambar hahaha

  4. Kapan di Bandung ada ya? Baru tahu nih heheu

  5. Terakhir ke Palembang 10 tahun yg lalu. Pengen lagi ke sana

  6. palembang sekarang makin maju ya mba apalagi pas asian games ini LRT bakalan siap dipakai dan jika menggunakan LRT waktu jarak tempuh nya menjadi lebih cepat dari kendaraan umum lainnya. seru juga sepertinya.

  7. Annafi says:

    Ibuku dari Palembang tapi keluarga besar di Lampung jadi aku belum pernah sama sekali ke Palembang.. Dengan adanya LRT jadi bikin aku ngebet pingin ke sana

  8. LRT ngebantu banget buat yang kepengen nonton dan juga buat efektifitas para atlet dan official. Jarak tempuh lebih pendehk dan juga mengatasi macet. kalau dekat akunya pengen nyobain iniiiiiih

  9. Khairiah says:

    Wah seru naik lrt sambil nikmatin sungai musi dan disetel lagu romantis terus yg diduduk dusebelah org yg kita syng..eh

  10. semoga bandung ada yang kek gini, biar antar penjuru terasa dekat hahaha

  11. Semoga kehadiran LRT ini benar-benar bermanfaat untuk mendukung suksesnya Asian Games 2018 dan juga sebagai alat transportasi canggih di Sumatera ya, Mbak.. Penasaran juga gimana rasanya naik LRT. Hehe.

  12. unggulcenter says:

    Kayaknya lakinya familiar wkwkwkwk..

  13. zefy says:

    keren ya mbak LRT di Palembang, aku sudah lama banget ga ke sana. Semoga LRT ini bisa membantu mengurai kemacetan di sana

  14. Uwien Budi says:

    Keren yaaa. Teknologi selalu bikin decak kagum. Subhanallah otak manusia dibuat canggih sekali.

  15. Fenni Bungsu says:

    Jadi nggak sabar nunggu LRT rampung di Jakarta. Atau lebih baik daku ke Palembang aja yah, sekalian wisata hehe

  16. Ruli retno says:

    Wahhh uda ada LRT aja. Kalimantan kapan nih punya LRT juga. Iri banget pengen ada kereta juga disini. Lah curhat

  17. Dwina yusuf says:

    Keren ya Palembang sudah ada LRT. Smoga manfaat. Sukses buat Palembang dan Asian Games 2018

  18. Semoga dengan adanya LRT semakin mendukung kegiatan di Palembang ya. Indonesiaku keren ternyata.
    Lengkap banget Palembang, udah ada Kapal Selam sekarang tambah LRT 😀 😀

  19. April Hamsa says:

    Malah Palembang duluan ya yg punya LRT hehe. Ini gara2 Asian games kali ya jdnya dibangun dan dikebut semua? 😀 Jakarta kapan jadinya ya?
    Moga2 segera nyusul 😀

  20. Utie adnu says:

    Dengan adanya LRT ini mudah2an bebas yg nmnya macet ya… itu intinya sih klo ada angkutan umum yg prktis

  21. Jadi pengen ke Palembang nyoba naik LRT sambil nonton Asian Gamesnya

  22. Dewa says:

    keren banget nich informasinya sangat menarik, saya suka tulisannya

  23. Wah makin pingin mengunjungi Palembang nih aku. Semoga kesampaian juga bisa naik LRT

  24. Berarti kalau ke Palembang, naik LRT ini jadi tambahan agenda yang perlu dilakukan ya Mbak. Tapi LRT ini jadinya cuma di sekitaran Palembang aja ya?

  25. Jiah says:

    Kalau lihat LRT berasa di luar negeri yak. Semoga setelah Asian Games ini transportasi Indonesia makin kece

  26. valka says:

    Huwaa sebagai orang Jakarta ngiri banget sama Palembang. Semoga proses pembangunan MRT di Jakarta dipermudah ya mbak biar Indonesia gak ketinggalan dari segi transportasi dengan negara lain.

  27. liza says:

    waktu saya ke Palembang, masih dalam.proses pembangunan LRTnya. sekarang udah siap ya mbak

  28. Asyik ya, warga Palembang jadi bisa merasakan naik LRT.
    Semoga Asian Games-nya bisa sukses ya…

  29. tomi says:

    mantabb nih nantinya di Palembang udah bisa menggunakan LRT jadi gak perlu susah kalau mau keliling.. Apalagi kalau pulau sumatera mulai dari aceh hingga lampung ke depannya akan ada rel kereta apii.. pasti mantabbb

  30. Hellofika says:

    Adekku bilang . Sudah coba LRT. Cuma 5000 tiketnya.. aih sayang pas mudik lebaran kemarin jg blm dibuka untuk umum euy.

  31. lendyagasshi says:

    Waah…sudah bisa digunakan untuk umum yaaa, kak Rani…
    Seruunya naik LRT.

  32. Maliha says:

    Lumayan terjangkau ya biaya tiketnya dan keren deh Palembang duluan yang sudah mengoperasikan layanan LRT ini

  33. Tika Samosir says:

    Semangat buat atletik Indonesia. Kita harus jadi pemenang. Sebagai tuan rumah harus semangat ya mba.

  34. Milda Ini says:

    Ga jadi mudik aku kayaknya. Lagi repot mau pindahan rumah

  35. Kalo ke palembang wajib naik ini nih, kapan lagi kan. Cobain dulu

  36. OMG aku ga sabar banget mau naik LRT, kebetulan yg koridor 1 di Jkt itu di jalan depan kosanku, satasiunnya juga dkt bgt sm kos, tapi belum beroprasi sih sampe skrg, lebih dulu ya palembang berarti ya hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *