Begadang dan Efek Kepada Kesehatan

Begadang dan Efek Kepada Kesehatan

Begadang dan Efek Kepada Kesehatan.  Begadang … jangan begadang …, kalau tiada artinya Begadang boleh saja, kalau ada perlunya …. itu sebait lirik dari lagu Bang Rhoma Irama yang sangat ngehits. Jika liriknya dilanjutkan Kalau terlalu banyak begadang Muka pucat karena darah berkurang Kalau sering kena angin malamSegala penyakit akan mudah datang Darilah itu sayangi badan Jangan begadang setiap malam. Eh, bener juga sih, dulu pas zaman masih single alias belum menikah sering banget begadang kalau menyelesaikan pekerjaan. Efeknya, besok paginya kepala sering kleyengan walaupun sudah tidur.

Siklus tubuh tidur pada malam hari dan beraktivitas pada siang hari sebenarnya sudah diatur oleh hormon yang bernama hormon melatonin. Hormon dihasilkan oleh kelenjar pineal yang terletak di tengah-tengah otak. Fungsi hormon ini yaitu memelihara sistem waktu internal 24 jam yang disebt circadia rhythms. Sistem ini sangat berperan penting menentukan saat kita tidur dan saat kita bangun. Jadi, memang sistem tubuh kita sendiri sudah menentukan saat tepat tidur dan saat tepat kita bangun. Bagaimana kalau sistem terganggu karena kebiasaan kita begadang? Tentunya akan memengaruhi produksi hormon melantonin dan berefek pada kesehatan. Hal itu disebabkan kadar hormon melantonin dapat memengaruhi kekebalan tubuh, kinerja organ-organ tubuh, serta proses penuaan sel-sel dalam tubuh.

Baca Juga:  Stress Ikut Program Regenesis, Yuk

Kenapa kelenjar pineal bekerja memproduksi hormon melantonin pada malam hari? Hal itu disebabkan karena kelenjar ini sangat sensitif terhadap cahaya matahari dan suhu lingkungan. Saat malam tiba dan sinar matahari menghilang, reseptor hormon melantonin aktif dan menimbulkan rasa kantuk. Mungkin itu juga sebabnya kenapa dianjurkan untuk tidur dalam keadaan lampu dipadamkan. Saya sendiri memiliki kebiasaan tidur dengan lampu dalam keadaan menyala. Itu sudah kebiasaan dari kecil sehingga agak sulit mengubahnya. Namun, setelah membaca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa tidur dalam keadaan lampu menyala itu tidak baik untuk kesehatan, saya pun berusaha mengubah kebiasaan tersebut. Sekarang saya pun jadi mengerti kenapa tidur dalam keadaan terang tidak baik karena berhubungan dengan kelenjar pineal penghasil hormon melantonin.

Pada malam hari hormon melantonin di hasilkan dalam keadaan tubuh rileks atau tidur. Puncak produksi hormon ini yaitu pada tengah malam dan berangsur-angsur menurun sepanjang 2-3 malam. Namun ada juga yang menyebutkan puncak hormon ini diproduksi pada pukul 02.00 – 04.00 dini hari. Sehingga ada yang menyebutkan pada jam-jam tersebut sangat baik jika tidur bangun dan melakukan shalat tahajud. Gerakan shalat itu sangat baik untuk melancarkan aliran darah dan berkesinambungan antara otak dan tubuh. Aktivitas shalat ini dapat menstimulasi kelenjar pineal dalam memproduksi hormon melantonin secara seimbang. Itu makanya banyak yang menyarankan untuk tidur pada awal malam dan bangun pada 1/3 malam. Ternyata efeknya baik untuk kesehatan.

Saya sendiri masih suka melanggar hal tersebut. Apalagi kalau sudah keasyikan nonton drakor kerja , biasanya begadang. Walaupun lanjut shalat tahajud tapi tetap saja kepala kleyengan dan nggak nyaman banget. Walaupun pada pagi harinya dipaksa untuk tidur tapi tetap saja rasanya badan tidak nyaman. Ternyata hal itu disebabkan oleh produksi hormon melantonin yang terganggu. Produksi hormon melantonin yang tidak seimbang bisa berefek buruk bagi kesehatan. Tidak seimbang di sini artinya bisa produksi berlebihan atau produksinya kurang.  Hormon melantonin yang diproduksi berlebih bisa mengakibatkan tubuh menjadi lesu, kelelaha, mengantuk, sakit kepala, dll. Sementara itu produksi yang kurang bisa menyebabkan sulit tidur, tidur tidak berkualitas, siklus haid tidak teratur, tingginya kolesterol, dan bahkan depresi.

Hal tersebut disebabkan karena hormon melantonin berfungsi untuk mengatur dan menjaga keharmonisan kerja hormon-hormon lain. Sehingga hormon ini bisa mengatur sistem metabolisme tubuh.

Baca Juga: Cara Merawat Gusi Berdarah

Selain diproduksi oleh kelenjar pineal yag terdapat di tengah-tengah otak, melantonin juga terdapat dalam beberapa sumber makanan seperti buah-buahan dan ikan. Melantonin ditrmukan pada buah cherry dan pisang. Pisang mengandung amino acid L-tryptophan yang mengjaslkan 5-HTP di otak yang kemudian diubah menjadi hormon serotonin atau sering disebut hormon kebahagiaan dan melantonin. Selain kedua buah tersebut, melantonin juga terdapat pada oatmeal dan roti tawar. Melantonin juga ditemukan pada kacang-kacangan seperti almond dan kacang kenari. Minum susu hangat sebelum tidur pun dikenal baik untuk memproduksi hormon melantonin. Beberapa jenis ikan seperti tuna, salmon, dan ikan halibut kaya dengan vitamin B6 dan jika dikonsumsi akan membuat tubuh memproduksi melantonin dan seratonin.

Beberapa jenis makanan tersebut bisa membantu tubuh memproduksi melantonin dan serotonin. Jadi, jika mengalami kesulitan tidur karena sebelumnya punya kebiasaan begadang, mungkin bisa dicoba untuk mengonsumsi jenis-jenis makanan tersebut.

Jadi memang untuk keseimbangan tubuh dan menjaga kesehatan diperlukan pola tidur yang baik juga. Tidur tidak sekadar tidur namun tidur yang berkualitas dan pada jam-jam yang tepat. Kebiasaan begadang memang tidak baik seperti kata Bang Rhoma, bisa membuat muka pucat dan membuat penyakit mudah datang. Ternyata hal itu disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon melantonin yang diproduksi saat malam hari. Mengubah pola tidur dengan tepat menjadi salah satu cara menjaga kesehatan agar hidup pun tetap seimbang.

 

 

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

47 Responses

  1. Baca artikel ini menjelang subuh dan belum tidur. Huhu. Semoga nanti malam bisa mulai kebiasaan baru.

  2. elizabeth Kartini says:

    Wah..aku banget ini..udah tahu tidur larut malam ga bagus buat kesehatan..tapi untuk mulai membiasakan tidur lebih awal juga ga mudah. Sudah coba tidur jam 10an, matiin lampu, dsb tetep aja ga bs tidur. Betul kata teh Rani, mungkin karena pengaruh kebiasaan sebelumnya. Mungkin harus nyoba konsumsi jenis makanan yang disarankan diatas ya 🙂 makasih info nya 🙂

  3. Pas baca lirik lagu Bang Rhoma Irama otomatis aku nyanyi dong hehe

    Aku tidur paling malem jam 11 dan lampu selalu mati tapi kadang suka begadang juga sampai jam 3 klo besoknya libur kerja. Badanku juga suka lemes klo kurang tidur. Moga bisa jaga pola tidur yang lebih bagus.

  4. Mita says:

    Wah, aku juga pola tidurnya berantakan nih, Mbak. Lagi berusaha buat mengubahnya, tapi susah karena udah jadi kebiasaan huhuhu 🙁

    Cuma bener banget sih. Kalo begadang tuh, meski udah merasa tidur cukup tetep aja suka kleyengan. Beda kalau emang pola tidurnya teratur dan di bawah jam 12 malam.

  5. Dulu awal2 tidur dimatiin lampu berasa horor. Tapi skrg lebih nyenyak. Ga berasa panas juga. Kalau pakai lampu kerasa gerah.

  6. Zefy Arlinda says:

    begadang jangan begadang….tenong tenong kalau tiada artinya…begadang boleh saja…….kalau ada perlunya…….
    *jadi ingat lagu kakek Rhoma hehe

  7. Aku pola tidurnya juga suka berantakan. banyak deadline plus kerjaan kantor yang ngebuat jadi lomba lombaan buat ngerjainnya. sepertinya sudah mengatur jadwal tidur tapi tetap aja berantakan. sepertinya pekerjaan harus agak kendor kali ya hehehe

  8. Bicara masalah tidur, jadwal tidurku berantakan banget, sangat kurang dan gak berkualitas. Siang malem gak bisa tidur nyenyak, anak-anak (yg masih batita) bangunnya gantian. Belum lagi kalau pengen nulis..
    Entah kapan bisa tidur 7 jam dalam sehari 🙁
    Eh maaf jadi curcol 😀

    • Hihii..aku pun tidur malam nggak nyenyak soalnya anak-anak balita bangun bergantian, sama kok kasusnya, aku tidur cuma 5 jam kalau dihitung2, kadang kurang, asal pas tidurnya pas jam 10

  9. Auto nyanyi pas baca lirik lagu bang Rhoma Irama hehe
    Pola tidurku sih paling malem jam 11 dan lampu juga dimatiin tp klo besoknya libur bisa jam 3 baru tidur. Badanku juga suka lemes klo kuranh tidur huhu. Moga jam tidurnya bisa lebih bagus..

  10. Jiah says:

    Aku udah ngrasain betapa sakitnya kalau begadang lalu pagi harus kerja. Jadinya ngehang deh! Sejauh ini sudah sangat ngurangi. Tapi kadang masih bandel dan begadang lagi

  11. Aku ini pantang begadang. Tapi ya ada kalanya aku butuh tidur siang, jadi kesulitan tidur malam. Gituuu marah2 karena gak bisa tidur. Karena aku tau, aku butuh tidur malam. Pusing rasanya kalo ndak bisa tidur malam

  12. Oky Maulana says:

    Susah banget emang kalo nggak mau begadang, kadang tidur jam 2 atau jam 3 udah jadi kebiasaan banget pokoknya. Huhuuhuh

  13. Saya juga berusaha banget untuk tidur tepat waktu alias gak ngebiasain begadang. Soalnya paginya suka kerasa lemes.
    Syukurlah, saya terbiasa tidur dalam keadaan gelap.

  14. unggulcenter says:

    Waduh.. ini bikin aku merasa bersalah haha.. tapi mo gmana kadang kerjaan dikerjainnya ya malam biar dapat mood n ambience malam. Hmm jangan terlalu malam kali ya, sambung subuh aja hehe

  15. Noe says:

    Aku masih suka begadang niii, gimana ya namanya punya banyak kerjaan, klo bayi2 udah tidur, masih harus ngerjain ini itu. Hmm, kayaknya aku butuh manajemen waktu yg lbh baik nii. Aiih aku nalah curcol hBa

  16. ZILQIAH says:

    sejak punya anak udah lupa kapan tidur berkualitas di jam jam yang tepat
    nikmat banget memang kalau pas kepala nyentuh bantal
    langsung tertidur dan bangun kalu mmg udah mau bangun haha

  17. aku lagi suka begadang ni teh jadi takut euy penuaan sel-selnya da mau gimana lagi kalau ga begadang ngeblog ga bisa 😀 kalau ngeblog dikantor suka dikejar DL jadi dikantor cuman bisa BW

  18. Sekarang saya gak pernah begadang mbak, mmg efeknya gak baik buat tubuh apalagi yang kayak saya udah 40+. Bukannya jadi produktif malah jadi sakit. Akhirnya saya kalau mau bangun cepat, tidur cepat aja.

  19. Itulah kenapa cukup istirahat sering menjadi syarat hidup sehat ya, mba.

    Bersyukur banget aku termasuk tim dengan lampu mati.
    Jadi kamar tidur gelap gulita dan cuma berandalkan pantulan dari teras rumah.

    Suami dan putriku Yasmin juga punya ritual yang sama, senangnya.
    Jadi hemat listrik juga.
    Tetap ya, emak-emak, menteri keuangan!

  20. Yati Rachmat says:

    Tapi kl kita bangun jam 1.30 am kemudian solat tahajjud dan tdk tidur lagi sampai siang gk ada rasa nganruk lho pagi harinya. MbK Rani, nungkin maksudnya solat hajat ya bukan tahajjud, hehehe..tahajjud kan hrs tidur dulu tuh wlp sebentar. Alhamdulillah baca postingan ini bunda harus bisa membiasakan diri tidur tidak dengan lampu terang benderang, demi kesehatan.

  21. Inda Chakim says:

    Kalau aku, sering begadang karena mmg susah tiduurrr. Hiks. Walhasil paginya, kepala jadi kliyengan, kurang fokus, nggak enak deh pokoknya. Kayaknya aku mau nyobak ngikutin saranmu deh mbk, buat konsumsi buah pisang. Biar aku nggak sulit tidur lagi. Makasih share infonya yak

  22. Saya malah gak bisa begadang. Jam 12 malam pasti mata udah sayu, hihih…
    Kalo nekad begadang, pasti besoknya bangun pagi langsung kliyengan.

  23. sri untari says:

    aku biasa begadang, kalo lagi sehat ya gpp. tapi kalo pas drop padahal kepaksa begadang ya badan remek semua. Harus disuplemen deh, ama balas dendam besoknya tidur siang

  24. Mba Rani, sejak aku kepagian sore ke malam jadi beda pola tidurku. Jadi begadang dan pagi kerasa capek semuanya. Nyampe rumah soalnya udah jam stengah satu pagi. Akhirnya nyari cara buat menebus rasa ngantuk. Makasih ya sudah berbagi

  25. CatatanRia says:

    Aku juga kadang suka bergadang tapi karena ada pekerjaan. Ternyata gak bagus ya untuk kesehatan, harus dikuranginnih bergadangnya

  26. Siti hairul says:

    Aku baca ini pas malam hahahahaha. Habis ini mau tidur ah.

  27. Waaa…pantesan kalau begadang langsung pusing pusing paginya. Ternyata ada penjelasannya yaaa

  28. Rahmah says:

    Mau gimana lagi Mbak. Saya begadang sama suami demi memenuhi kebutuhan keluarga. Karena kalau siang udah full sama anak.

  29. Lidya says:

    Kalau kurang tidur aku suka gak bisa mikir apalagi kalau ada DL tulisan 🙂
    Aku paling malam jam 12 sih pasti harus tidur. Kalau susu dingin sebelum tidur manfaatnya sama gak?

  30. Kalo aku malah cepet banget tidurnya. Sekalinya bedagang, langsung gak enak badan.

  31. Yoanna Fayza says:

    Aku nih begadang terus, rasanya ide dan semangat baru moncer kalau udah mendekati tengah malam. Mungkin karena paginya riweuh sama urusan rumah dan anak2

  32. April Hamsa says:

    Aku jd mengingat2 kapan terakhir tidur berkualitas mbak 🙁
    Semenjak punya anak kyknya susah banget 🙁
    Oh iya aku pernah sih sebelum bobo minum susu anget, jdnya mayan. Ooo jd gtu ya, ok akan kucoba konsumsi TFS

  33. lendyagasshi says:

    Hormon melantonin…
    Akutu sering banget begadang .. dan emang badan jadi gak fit banget paginya.

    Padahal jaman sekolah kuliah dulu .. hampir tiap hari begadang dan kuat.

    Naha uda 30+ teh meuni bedaa…
    Hiiks~

  34. Emang begadang itu musuh terbesar blogger. Tapi ya gimana lagi, justru dengan begadang kita malah bisa lebih fokus nge-blog-nya. Mau bw doang atau bikin artikel, kalau pas begadang lebih mantep aja rasanya.

  35. indah nuria says:

    aku tuuuh paling sebeeel sama begadang! kalua bias dihindari selalu karena dampaknya yang buruk dan berkepanjangan yaaa

  36. Tuty Queen says:

    Aku nih susah banget tidur malam, padahal nggak pengen begadang tapi mata susah susah pejam alhasil bangun pagi badan nggak enak banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *