Bingung Cara Menggunakan Panci Presto? Ini Dia Caranya

NCara menggunakan panci presto

Bingung Cara Menggunakan Panci Presto? Ya, itu yang saya alami. Padahal, pas zaman kerja dulu, saya termasuk rajin mengumpulkan peralatan masak, walaupun belum tahu kapan akan memakainya. Nah, setelah memutuskan jadi ibu rumah tangga seutuhnya dan pindah ke Sukabumi, dua panci presto yang sudah saya beli masih duduk manis dalam lemari. Dua panci presto? Ya, saya suka tergoda dengan rayuan penjual peralatan masak, makanya saya sampai punya dua panci presto, satu panci presto manual yang digunakan di atas kompor, satu lagi panci presto elektrik. Dulu saya membelinya karena tergoda bahwa panci presto itu multifungsi bisa membuat beragam masakan, mulai dari memasak nasi, sayur sop, pepes ikan, rendang, bahkan kue bolu. Hahaha, ternyata cara menggunakan panci presto tidak semudah buaian sang penjual.

Sebenarnya, saya sudah sering lihat mamah menggunakan panci presto untuk memasak pepes ikan dan daging. Bahkan, pernah membuat ketupat dengan panci presto. Tapi, saya masih ngeri-ngeri sedap dengan suaranya itu, ada rasa khawatir salah pakai dan jadinya malah meledak untuk panci presto manual. Kalau untuk panci presto elektrik, saya sudah menggunakannya beberapa kali, dan memang lebih mudah sih kayak menggunakan rice cooker, tinggal cekrek aja. Tapi masalahnya, kenapa masakan saya masih sering gagal. Dicoba untuk masak bubur, gagal, masak daging malah gosong, haduuh, kayaknya mesti baca buku manual lagi dengan teliti. Entah kenapa kalau masak pakai panci presto elektrik, waktunya lama sekali. Memang sih lebih gampang, masak bisa sambi nyuci baju, beberes rumah, bahkan bikin draft tulisan. Tapi kayaknya lama banget, deh, sampai-sampai jam waktu makan, masakan belum siap.

Cara menggunakan panci presto

Panci presto masih belum dipakai

 

Saya pun jadi ingin membongkar panci presto manual dan mencoba menggunakannya. Inginnya sih coba membuat ketupat dengan panci presto. Biar nggak gagal lagi, mau cari info dulu seputar cara menggunakan panci presto. Sebelumnya saya cari tahu terlebih dahulu apa itu panci presto.

Panci presto merupakan panci yang terbuat dari material stainless steel tebal dan memiliki tutup dengan lapisan seal kedap sangat rapat, sehingga saat air mendidih uap air tidak akan keluar dan berkumpul pada panci. Proses memasak menjadi lebih singkat karena memakai air yang telah dididihkan bersama bahan makanan hingga melebihi 100 derajat celcius.

Nah, memang cara menggunakan panci presto mesti lebih hati-hati daripada panci biasa karena menggunakan sistem uap bertekanan tinggi dalam proses melunakkan makanan sehingga jika ceroboh dan kurang bersih membersihkan pressure regulator yang tersumbat kotoran, panci presto bisa meledak.

Saat menutup panci presto pun mesti terkunci dengan baik, jika tidak, tutupnya bisa terhempas dan mencederai siapa saja yang di dekatnya. Wah, cukup horor juga, ya. Tapi kalau sudah tahu caranya kayak mamah saya, pasti baik-baik saja.

Cara menggunakan panci presto

Panci presto elektrik

Nah, ada beberapa hal yang diajarkan mamah saya agar aman saat menggunakan panci presto.

1. Sebelum digunakan, cermati dengan seksama kondisi panci presto, jangan sampai panci presto dalam keadaan kotor dan ada sisa makanan di tepi panci atau tutup. Kondisi panci dalam keadaan mulus tanpa penyok. Perhatikan gasket, jangan sampai retak atau rusak. Jika bagian karet retak sebaiknya cepat diganti.

2. Periksa lubang pentilasi dan pastikan terbuka, jika panci presto model katup, pastikan katup bisa bergerak dan sekrupnya terpasang baik.

3. Saat akan memasak, isilah terlebih dahulu panci presto dengan air, minimal ½ gelas untuk panci presto model katup, dan minimal 1 gelas untuk panci presto model jigle. Kalau mamah saya sih biasanya melakukan tes terlebih dahulu biar tahu pas ya berapa jumlah air yang dimasukkan ke dalam panci presto.

4. Sisakan ruang kosong dalam panci yang dibutuhkan untuk uang bertekanan nanti. Jangan sampai melebihi 2/3 isi panci.

5. Kecilkan api saat tekanan telah tercapai. Sebaiknya terus memerhatikan panci presto saat bekerja, jangan ditinggalkan biar tidak gagal saat memasak.

6. Jika sudah selesai, matikan api. Jangan membuka tutup panci sampai semua tekanan dari dalam panci selesai dilepaskan. Jangan memaksa membuka tutup panci jika sulit dibuka, itu artinya masih ada tekanan di dalam.

Ternyata cara menggunakan panci presto tidak sehoror yang saya kira. Jika melakukan dengan benaf, masak menggunakan panci presto memang lebih cepat, praktis, dan hasil makanan lebih enak. Daging lebih mudah empuk, membuat pepes ayam atau pepes ikan bisa empuk sampai ke tulang.

Kayaknya bulan Ramadhan kali ini, panci presto yang disimpan di lemari mau digunakan, biar nggak nangkring cantik terus di sana.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

10 Responses

  1. Sama mbak. Kirain awalnya pakai panci presto ya tgl gt aja. Eh, pernah masak ayam kampung udah berjam-jam tapi tetep aja ga bunyi katupnya dan ga empuk. Sampe skrg belum praktek lagi.

    Nanti deh tipsnya dipraktekkin. Semoga sukses kali ini. Aamiin

  2. kayanya menggunakan panci presto tuh gampang gampang susah ya mba, dan harus hati hati banget perhatikan setiap detailnya supaya tidak membahayakan diri kita ataupun orang lain yang sedang berdekatan dengan alat presto tersebut

  3. Ruli retno says:

    saya sampe sekarang ga berani pake panci presto. Padahal pas kuliah di teknik kimia dulu saya biasa menghadapi tabung atau mesin bertekanan tinggi. Tapi utk presto saya gak punya nyali, hahaha.. Meski baca tulisan mbak, saya kok tetap bergeming ya. Takut.. Hihi

  4. unggulcenter says:

    waa mantab nih panci presto. Baru tau seperti ini caranya. Jadi mikir mau beli hehe

  5. Tipsnya langsung dari pengguna nih, jadi sangat aman untuk dipraktikkan. Terjamin. Hehe. Kalau sy mah tak terbiasa menggunakan panci presto.

  6. Pakai presto katanya sih bisa menghemat pemakaian gas, dan membuat makanan matang lebih merata. Pas banget tuh tipsnya, sangad membantu..

  7. Marfa says:

    Pernah diceritain juga horonya pake panci ini sama guru kewirausahaan, but krn ga baca dulu sih, sebenernya kalau ikut petunjuk tetep aman krn ngebantu bgt nih pakai panci ini

  8. Udah lama sebenarnya punya panci presto, tapi masih takut menggunakannya. Selama ini hanya ngandelin suami sih hihihi
    Sekarang belajar dari tipsnya Teh Rani, deh!

  9. Enggak horor kalau cermat dan hati-hati ya mbak. Tapi aku mah masih ngeri pas tau dia bisa meledak 🙁 mamadi rumah sering maak pakai panci presto manual tapi santai santai aja wahahaha

  10. lendyagasshi says:

    Aku pun jarang banget mengeluarkan alat masak yang satu ini, teh…
    Entah mengapa, males nyucinya kaliyaa…karena belinya kebesaran waktu itu…padahal kami hanya berempat, 2 orangnya masih versi mungil pula…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *