#Botram Ibu-Ibu Sygma

Di masyarakat Sunda, istilah botram sudah tidak asing lagi. Botram yaitu acara makan bersama. Nah, acara makan bersama ini tidak disponsori alias tidak ada yang mentraktir. Melainkan setiap yang hadir membawa bekal makanan yang bisa dimakan bersama. Momen botram selalu menyenangkan karena selain makan bersama ‘ngariung’ saat botram juga bisa menjadi ajang silaturahim. Suasana rileks dan santai terbangun sehingga yang muncul adalah keakraban dan kebersamaan.

Hari Jumat kemarin, ibu-ibu Sygma sepakat mengadakan acara botram. Hari Jumat dipilih karena waktu istirahatnya lebih lama dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Kami pun sepakat memilih tempat yang lebih luas untuk acara botram ini. Akhirnya, kami memilih ruang keuangan.

Setiap yang hadir sepakat membawa makanan. Ada yang bersedia membawa nasi, lauk pauk seperti ikan mujair goreng, ikan asin, tempe bacem, tumis genjer, tumis toge, kerupuk, dan yang tidak akan pernah ketinggalan dalam acara botram yaitu sambal dan lalapan.

Hmmm … Alhamdulillah, nikmat sekali. Kami semua kekenyangan menghabiskan makanan yang begitu berlimpah. Tidak ketinggalan ada juga rujak. Waah, seru banget. Suasana keakraban pun terbangun. Saling meledek dan bercanda. Tidak ada jaim-jaiman, saya dan teman-teman larut dalam suasana nyaman dan santai. Tidak ada perbedaan tingkat ‘sosial’ karena jabatan. Kami semua membaur dan makan bersama dengan menu yang sama. Acara botram seperti ini bermanfaat dalam memupuk kebersamaan tanpa ada batas berdasarkan jabatan. Mudah-mudahan, acara insidental seperti ini dapat memberi manfaat positif bagi setiap pribadi dan lingkungan sekitar. Kapan-kapan botram lagi, yuuuk …

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *