Cara Melembabkan Kulit kering dengan Mudah

Cara Melembabkan Kulit dengan Mudah

Memasuki bulan kemarau, kondisi kulit saya berubah menjadi lebih kering. Kondisi kulit yang kering membuat sebagian orang merasa tidak nyaman dan tidak pede dengan penampilannya. Begitu pun dengan saya.  Semua orang pastilah menginginkan kulit yang sehat dan lembab, sehingga saat kulit dirasa mulai kering, banyak orang berbondong-bondong melakukan berbagai macam cara untuk mengatasi kulit keringnya.  Pasalnya saat kulit kering maka masalah kulit lain juga akan muncul seperti ruam, kulit terkelupas, penuaan, garis-garis halus, dan kerutan.

Nah, Cara merawat kulit wajah memang tidak lepas dari kebutuhkan nutrisi pada kulit itu sendiri. Jika nutrisi terpenuhi maka secara alami akan turut mengembalikan kelembaban. Selain itu, kulit yang kering juga membutuhkan hidrasi, makanan, dan kelembaban yang lebih banyak dibandingkan kulit normal ataupun berminyak. Biasanya, kulit kering disebabkan oleh beberapa faktor seperti cuaca dingin, kosmetik yang tidak cocok ataupun masalah sabun yang digunakan. Lalu apa saja yang menyebabkan kulit menjadi kering dan bagaimana cara mengatasinya?

Daftar Isi

  1. Cara Melembabkan Kulit dengan Mudah
  2. Faktor Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya
    • Saat cuaca dingin
    • Batasi waktu mandi
    • Gunakan lotion
    • Gunakan masker sebelum tidur
    • Hindari pelembab berbasis minyak
    • Konsumsi Cranberry
    • Konsumsi ikan
    • Gunakan Tanaman Lidah Buaya
    • Gunakan krim susu
    • Bergerak atau Olahraga

Baca Juga: Kulit Kering Pada Musim Kemarau Lakukan Hal Ini

Baca Juga: Mengatasi Kulit Kering Bersisik Saat Pergantian Cuaca

Faktor Penyebab Kulit Kering dan Cara Mengatasinya

Berikut adalah Faktor penyebab kulit kering dan cara mengatasinya:

1. Saat cuaca dingin

Saat kamu berada pada kondisi cuaca yang dingin atau di ruangan ber-AC, maka kulit kita akan terasa jauh lebih kering. Hal ini dikarenakan  suhu AC yag terlalu dingin dapat menyebabkan lingkungan kurang lembap, sehingga kulit akan menjadi kering. Untuk mengatasinya, maka gunakanlah jaket agar permukaan kulit tidak langung terpapar dengan dinginnya AC selain itu gunakanlah lotion agar kelembaban kulit terjaga.

2. Batasi waktu mandi

Kebiasaan mandi yang terlalu lama dapat menyebabkan penguapan berlebih pada tubuh. Pasalnya, saat mandi kulit kita akan kontak langsung dengan air, sehingga setelah mandi, air di permukaan tubuh justru akan menguap dan berisiko membuat kulit kering. Jadi, cara untuk melembabkan kulit kering yaitu dengan membatasi waktu mandi antara 5-10 menit saja. Namun, jika masih tidak bisa, konsumsilah air putih yang lebih banyak serta gunakan hand body lotion untuk menjaga kelembaban kulitmu.

3. Gunakan lotion

Bagi kamu yang suka berlama-lama mandi di kamar mandi dengan menggosok-gosokkan sabun atau bahan antiseptic berlebihan pada tubuh, maka efeknya akan membuat kulitmu menjadi kering lho. Meskipun kamu merasa setelah mandi kulit terasa lebih kesat dan kencang dan kamu mengira semakin kesat dan kencang kulit, maka berarti semakin bersih. Bukan. Kulit terasa kesat dan kering saat setelah mandi bukanlah menandakan bersih, namun lapisan minyak alami kulit hilang sehingga kulit menjadi kering. Semakin sering terkena sabun, maka semakin banyak pula lapisan minyak pada kulit yang hilang. Untuk melembabkan kulitmu yang kering, maka konsumsilah lebih banyak air putih dan makan buah-buahan. Selain itu, penggunaan lotion juga dapat membantumu mengembalikan kelembaban kulitmu yang hilang.

4. Gunakan masker sebelum tidur

Perawatan malam sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Namun terkadang tak banyak orang yang mau melakukannya, dengan alasan tidak ada waktu. Mulai sekarang, cobalah luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan perawatan malam seperti memakai pelembab wajah atau masker. Masker ini berfungsi untuk menghidrasi, mengatasi kemerahan dan kulit pecah-pecah.

5. Hindari pelembab berbasis minyak

Cara untuk menjaga kelembaban kulitmu yaitu hindarilah pemakaian produk-produk pelembab yang berbahan dasar minyak. Sebagai gantinya, gunakanlah produk pelembab berbahan dasar aam laktat, karen kandungan asamnya mampu menghilangkan lapisan sel kulit mati yang lebih baik dibandingkan produk pelembab berbahan dasar minyak.

6. Konsumsi Cranberry

Selain mengkonsumsi makan makanan bergizi serta banyak minum air putih untuk menjaga kelembaban kulit, cara mudah untuk melembabkan kulit yang kering yaitu dengan mengkonsumsi jus cranberry setiap hari.  Hal ini karena kandungan dalam cranberry mampu membantu mengeluarkan garam berlebih dalam tubuh yang cenderung menyebabkan kulit mengalami dehidrasi hingga akhirnya menjadi kering.

7. Konsumsi ikan

Cara lain untuk melembabkan kulit kering menurut para ahli yaitu dengan mengkonsumsi ikan. Ikan dipercaya dapat mengembalikan kelembaban kulit secara alami.

8. Gunakan Tanaman Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan berkhasiat di bidang kecantikan dan kesehatan, terutama dalam emnjaga kelembaban kulit. Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya mampu melawan sengatan paparan sinar ultra violet (UV) dan kulit kering. Cra untuk melembabkan kulit keringmu menggunakan lidah buaya ini cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bagian kulitmu yang kering.

9. Gunakan krim susu

Sejak dahulu banyak orang menggunakan susu sebagai obat kecantikan, salah satunya yaitu untuk mengatasi masalah kulit kering. Krim susu diyakini mampu melembabkan kulit, meregenerasi kulit yang terbakar hingga memudarkan bekas lingkaran hitam pada kulit. Cara pengaplikasiannya yaitu oleskan krim susu pada kulit. Tunggu beberapa saat kemudia bilas dengan air bersih.

10. Bergerak atau Olahraga

Cara paling mudah dan ampuh untuk melembabkan kulit kering yaitu bergerak atau olahraga. Semakin banyak gerak, detak jantung akan semakin cepat dan aliran darah juga semakin cepat sehingga menyuplai banyak kelenjar keringat yang akan membuat kulit terasa lembab kembali.

Nah itulah beberapa cara melembabkan kulit kering dengan mudah, alami dan sehat. Selamat mencoba.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

19 Responses

  1. Arda Sitepu says:

    Saat mau tidur suka pakai cream mbak, selain melembabkan wajah juga membuat kulit lebih cerah. Btw aku belum pernah lihat buah cranberry mbak bagus ya untuk antioksidan juga.

  2. Farida Pane says:

    Jus cranberry susah sekali nemunya ya, say. Mungkin yang udah bentuk kemasan atau udah serbuk gitu, ya.

  3. Ida Tahmidah says:

    Saya baru tahu lho kalau bergerak dan berolah raga itu bisa melembabkan kulit kering. Aku dari kecil kulitnya normal cenderung kering. Sekarang mending sih dibandingkan waktu kecil aku ingat sering lihat kulitku busik hehe…

  4. Heni Puspita says:

    Saya suka pakai sheet mask, atau kalau nggak punya ya pakai krim dan serum. Membantu melembabkan kulit

  5. lendyagasshi says:

    Wah…iya banget ini aku, teh..
    Sejak di rumah aja, kulitku jadi super kering. Uda dikasih lotion, pas lotionnya nyerep, kulitnya kering lagi.
    Ditambah Bandung lagi dingin banget.
    Cobain tipsnya teteh aah…olahraga.
    Hihii…biar ga mager terus…

  6. Aku biasanya pake lotion mba Ran, eheheh asikk ada dalam tips melembabkan ya
    yang lain masih jarang-jarang nih ehehhe. Kangen maskeran juga nih

  7. Makasih kak tipsnya, aku sendiri juga gitu mengatasi kulit kering ga lupa pakai lotion dan minum air putih aja yang banyak.

  8. Duh aku kalau mandi tergolong lama mba. Menikmati banget guyuran air soalnya nih. Apalagi pas pandemi, alamaakk bawaannya kan gerah melulu ya badannya. Eh ternyata ga bagus ya mandi berlama-lama. 🙂

  9. Marasolehah says:

    Kulitku cenderung kering, aku biasakan pakai toner hidrating 7 lapis, Baru serum dan cream. Soal cuci muka, cukup o 2x sehari yg pakai sabun. Jgan lebih

  10. Makasi tipsnya Kak Rani. Kulitku kering banget memang, apalagi selama pandemi jarang keluar rumah, eh di rumah malah terpapar Ac terus. Perlu perawatan dan makanan yang bisa bantu untuk melembabkan kulit nih akunya

  11. Rizka Edmanda says:

    Kulitku juga kering banget apalagi sejak dirunah jadi sering kena AC seharian tambah kering. Makasih sharingnya Mba Rani

  12. demia says:

    kondisi cuaca di bandung sendiri lagi cukup panas dan bikin kulit kering nih emang, rasanya wajib banget sekarang pake lotion dan bawa lotion kemana mana hihihi, selalu sedia lotion di tas dengan kemasan kecil biar praktis ehhehe

  13. Mei Daema says:

    tipsnya useful banget buat aku mba, karena kulitku mudah sekali keringnya, apalagi bagian kaki, kena panas dikit langsung kering banget dan sakit kulitnya kayak ketarik-tarik gitu. cream susu memang sangat ngebantu banget buat kulit kering.

  14. Ria Kiyandra says:

    Wah iya nih kulit kering jdi masalah bgt terutama wajah tpi bener mmg sheet mask sih ngebantu banget… cuman ya itu kadang malesnya pake tipsnya bermanfaat sekali nih

  15. Wah aku selama ini gak pernah memperhatikan base dasarnya pelembabku mbak hehe, jd pokoknya hindari yang mengandung minyak gtu ya? Ada di ingridientsnya ya biasanya?
    Kalau maskeran tu apalagi yang serumnya banyak emang bikin kulit terhidrasi ya, aku suka gtu abis maskeran trus wajah jd lembab 😀

  16. Cilya says:

    Aku juga baru tahu mba salah satu penyebab kulit wajah kering adalah sering berada di ruangan AC. Makanya memang oenting sih perawatan dengan rajin maskeran

  17. saya sebagai pemilik kulit kering ga bisa lepas dari face mist hahahaa soalnya kalau di kantor kulit berasa ketarik karena selalu menggunakan AC

  18. Beberapa cara di atas sudah aku praktikkan mba, yang lain ada yang belum juga whehehe
    PR banget emang, make masker sebelum tidur malah nggak pernah. Aduh, terus jam mandiku masih berantakan
    makasih sudah diingatkan mba Ran

  19. indah nuria says:

    banyak ya cara untuk melembabkan kulit dan pastikan kulit kita tetap sehat. Aku mencoba selalu minum air putih yang cukup juga mba biar ngga kering dan banyak makan buah – buahan segar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *