Cara Merawat Gusi Berdarah

Cara Merawat Gusi Berdarah

Cara Merawat Gusi Berdarah. Rasa sakit yang dirasakan saat mengalami gusi berdasar itu nggak enak banget. Saat gusi berdarah, rasanya makan apa pun nggak enak, mulut pun terasa tidak nyaman. Itu yang saya alami dua hari lalu. Tiba-tiba saat menggosok gigi saya merasakan gusi saya sakit dan merasakan rasa darah di mulut. Rupanya saya terlalu keras sehingga melukai gusi saya. Duh, rasanya sangat tidak nyaman.

Saya pun segera mencari tahu cara merawat gusi berdarah karena ini adalah pengalaman pertama bagi saya. Sebelumnya saya belum pernah mengalami gusi berdarah. Ternyata langkah pertama untuk mengatasi gusi berdarah yaitu dengan cara mengompres dingin gusi. Caranya tempelkan kompres dingin pada gusi. Hal tersebut dapat memperlambat aliran darah ke area terkait, sehingga darah yang keluar berkurang. Cara membuat kompres mudah yaitu dengan membungkus es batu pada handuk bersih.Lalu tekankan handuk berisi es tersebut pada gusi dengan lembut.

Cara Merawat Gusi Berdarah

Cara Merawat Gusi Berdarah

Saya mengalami gusi berdarah saat sedang menggosok gigi. Saya pun curiga kalau gusi berdarah yang saya alami karena bulu sikat gigi yang keras karena sudah lama. Saya pun harus segera mengganti skat gigi dengan sikat gigi yang berbulu lembut dan bagian ujungnya tumpul. Saya harus mengganti sikat gigi dengan sikat gigi yang dirancang untuk mencegah penyakit gusi. Agar kesehatan gigi lebih terjaga, saya pun coba membiasakan sikat gigi secara perlahan secara rutin yiatu dua kali sehari yaitu pagi hari setelah sarapan, dan malam hari sebelum tidur. Biasanya kalau malam hari sering kelupaan karena keburu ngantuk. Selain rutin menggosok gigi, saya pun mencoba menggunakan floss yang membisa membantu membersihkan makanan yang tersangkut di antara gigi dan tidak hilang saat digosok dengna sikat gigi. Floss harus digunakan secara tepat di antara gigi dan gus, jangan dihentakkan karena bisa mengiritasi gusi dan menyebabkan peradangan pada gusi. Cara menggunakan floss yaitu dengan menyelipkan benang di antara gigi dengan perlahan. Pegang benang membentuk huruf U, lalu tarik di bawah garis gusi, kemudian gerakkan ke atas dan ke bawah untuk membersihkan plak di gigi.

Agar mulut terasa segar, saya juga biasanya berkumur dengan mouthwash. Tapi ternyata moutwash yang mengandung alkohol dapat menyebabkan mulut kering sehingga gusi bisa berdarah. Oleh karenanya saya memakai mouthwash yang tidak mengandung alkohol. Jika sulit menemukan mouthwash yang bebas alkohol, bisa berkumur dengan menggunakan air garam.

Ternyata pola makan yang tidak bagus juga mempengarui kesehatan gusidan gigi. Makanan yang kurang mengandung nutrisi dan mengandug gula tinggi tidak baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Sebaiknya saya mulai membiasakan mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi dan Zinc seperti bayam, kacang merah, dan kacang panjang. Mengonsumsi biji-bijian utuh, sayuran, dan buah pun bisa memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan gigi, gusi, bahkan kesehatan tubuh. Seperti kita tahu buah-buahan dan ayur-sayuran mengandung banyak Vitamin C. Memilih produk olahan susu yang mengandung kalsium tinggi juga sangat baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Makanan yang sebaiknya dihindari saat gusi berdarah yaitu makanan yang mengandung gula tinggi dan karbohidrat olahan seperti roti. Makanan seperti itu malah akan menyebabkan plak berkembang cepat dan gigi pun rusak.

Agar saya tidak mengalami lagi gusi berdarah, sebaiknya saya tahu apa penyebab gusi berdarah. Saya pun sebaiknya rutin berkunjung ke dokter gigi untuk memeriksakan kesehata gigi dan gusi. Disarankan sih untuk memeriksakan kesehatan gigi 6 bulan sekali agar gigi tetap sehat dan gusi pun tidak mengalami peradangan.

Itulah cara merwat gusi berdarah yang saya lakukan. Semoga cara-cara sederhana itu bermanfaat bagi saya danĀ  teman-teman yang mengalami gusi berdarah.

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

47 Responses

  1. zefy says:

    Aku pernah kena gusi berdarah mbak, ga enak banget, mau ngunyah makan apapun ga enak. dan terpaksa sangat pelan. Makanan enak jadi ga enak lagi. Semoga ga banyak yang kena gusi berdarah

  2. wah ternyata begini merawatnya ya, sama saya juga gusinya suka berdarah sikit-sikit.
    thx infonya ya mba !

  3. Jiah says:

    Catet, aku akhir2 mengalami gusi berdarah. Kalau pakai es, duh aku kurang tahan sama yg dingin, hahaha. Mungkin butuh makanan yg lbh baik utk gigi dan gusi

  4. Rajin menggosok gigi, membersihkan lidah dan gusi serta menjaga pola makan emang penting ya kak. selain itu pilihan odol dan sikat gigi juga harus pas

  5. Novitania says:

    Makasih sarannya kak gusiku sering banget berdarah nih soalnya

  6. Fenni Bungsu says:

    Bulu sikat gigi yang nggak lembut bisa jadi pemicu gusi berdarah juga yah, soalnya saya mengalami juga

  7. Ooo gitu yaaa
    Aku dulu kena gusi berdarah karena ada plak2nya. Jadi harus skeling.. Alhamdulillah bersih dan gak berdarah lagi

  8. Ya ya 6 bulan skali yaaa..
    terimakasih infonyaaaa kak
    Aq juga mesti periksakan gusi dan gigi nih 6 bulan sekali itu biar sehat dan segar …

  9. April Hamsa says:

    Biasanya perempuan hamil itu yg kena gusi berdarah.
    Ooo ternyata mouthwash bisa jd penyebabnya krn bikin are sana kering ya mbak. Emang baiknya rajin cek up ke dokter ya, supaya terhindar dr penyakit mulut dan gigi TFS

  10. ulya says:

    Gusi dan gigiku saat ini sedang dalam masa perawatan sih, sebebernya. Harus ke dokter tiap minggu tapi lebih sering ga bisa karena berbagai alasan. Aku tu sedih kalo ngomongin ini. Tapi ya gimana, udah terlanjur kejadian.

  11. retno says:

    dulu kalau mudik suka galau kalau ga bawa sikat gigi. Soalnya warung warung dekat rumah ibuku cuma jual sikat gigi yang murah. Kalau dipakai bikin gusi berdarah, rasanya ga nyaman banget. Untunglah sekarang sudah banyak pilihan…
    Ternyata mouthwash yang mengandung alkohol itu bikin mulut kering, ya…

  12. Hiks aku juga pernah berdarah gusinya. Habis sikat gigi malah keluar darahnya. Untung enggak banyak dan langsung berhenti. Aku kumurin air garam.

  13. Fandy says:

    Sepertinya setiap orang sudah pernah mengalami gusi berdarah,dan penyebabnya pun rrelatif hampir sama. Karena terlalu bersemangat dalam menyikat gigi, jadinya gusi tergesek dan berdarah..

    Kalau dulu sih, saran.orang tua cara mengatasinya itu pakai cara kumur dengan larutan air garam..

  14. Ooh…pakai kompres dingin.
    Selama ini kalau gusi saya berdarah, gak pernah diapa-apain, Mbak hihihi.
    Ternyata dikompres pakai es ya..

  15. lendyagasshi says:

    Gusi berdarah ini dulunya bikin panik…tapi alhamdulillah, sekarang lebih slow kalau lihat darah sehabis gosok gigi.
    Karena ada yang pernah bilang, karang gigi yang terkikis, itu juga bisa melukai gusi.
    Jadi saya selalu mensugesti…”Waah..karang gigi nya terkikis.”

    hihii…
    Memang harusnya rutin ke dokter gigi siih yaa…teh, buat perawatan.

  16. tomi says:

    hihi lihat foto mba rani baru menyikat gigi jadi senyum-senyum saya hehe.. Pantesan gusinya berdarah mba soalnya sikatnya arah vertikal.. harusnya kan horizontal dan digerakkan ke atas dan ke bawah mba CMIIW
    Saya dulu juga sering gusi berdarah tapi setelah cukup vitamin C akhirnya sekarang jarang banget kena gusi berdarah mba

  17. Omith says:

    Baru tau kl yg mengandung gula tinggi dan karbohidrat olahan itu patut dihindari buat yg terkena gusi berdarah.

    Pas bgt mba daku sering gusinya berdarah. Tp uda ga lagi krn uda bersiin karang gigi

  18. Abby Onety says:

    Untuk kesehatan gigi dan gusi memang wajib dong ya periksakan ke dokter gigi. But makasihbya sharingx jadi tahu ada bbrp cara merawat gusi yg berdarah

  19. Terima kasih mba Rani telah berbagi tentang cara-cara merawat gusi yang berdarah. Informasi yang sangat berfaedah.

  20. Samaaa.. Gusi berdarah klo sikat giginya ga sabar hee. Juga krn bristle nya yg ga halus sih huhu. Biasanya aku makan buah sm minum yg banyak. Klo mouthwash ga pernah pake.

  21. Aku selama ini jarang banget cek kesehatan gusi maupun gigi. Nambah ilmu banget ini.

  22. Ira Hamid says:

    baca tulisan ini membuatku sadar, ternyata udah lama saya gak ke dokter gigi. Nanti ke dokter gigi ahhh, sekalian bersihin karang gigi yang udah mulai bikin gak nyaman

  23. Ilham says:

    Aku pernah sih kena gusi berdarah. Tapi nggak sampai yang parah. Aku sih seringnya sariawan dan itu bisa sampai parah banget semulut kena banyak. Mulai dari situ perawatan mulut jadi hal penting yang kulakuin tiap hari. Pemilihan sikat gigi juga harus berani bayar mahal demi mendapat kualitas yang baik.

  24. Elva Susanti says:

    Baru tahu saya mbak kalau pola makan ternyata bisa mempengaruhi kesehatan gusi. Selama ini saya gak memperhatikan pola makan, pantesan kalau menyikat gigi saat berkumur kelihatan ada darah sedikit.
    Note banget nih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *