Cara Mudah Membersihkan Kompor Gas

Cara Mudah Membersihkan Kompor Gas

 

“Kalau nikah nanti, kamu harus pinter masak,” nasihat itu seringkali mampir ke telinga saya dari saudara-saudara yang tahu saya paling ogah sama urusan dapur. Kalau makan saya doyan, tapi kalau masak? Duh, kasian deh nasib bawang merah sama bawang putih yang jarang disentuh hingga bersiung dan tumbuh. Hahaha …sebenarnya niat untuk bisa masak sudah setinggi Gunung Semeru tapi selalu dihempaskan oleh berbagai alasan yang tidak masuk akal.Ujung-ujungnya, acara masak di dapur hanya seputar masak air buat mandi atau paling banter masak mie instan.

Kompor gas yang jarang dipakai kegiatan memasak pun ternyata perlu dibersihkan secara rutin. Tetap saja, muncul noda-noda tidak menyenangkan di atas kompor gas. Terus terang, noda kurang menyenangkan tersebut membuat mood rusak dan malas memasak. Haiyaaah, masak aja enggak jago, alasan ditambah karena melihat kompor gas yang kotor membuat acara masak pun terus tertunda. Pantas aja merusak moode karena kompor gas yang kurang terawat juga mengeluarkan bau yang kurang sedap. Bahkan bisa merusak alat masak. Pantes aja panci mudah gosong. Heuu… Kalau itu masalahnya, saya harus menuntaskan masalah pertama yaitu membersihkan kompor gas. Ternyata mebersihkan kompor gas tidak semudah mengelap kaca. Hahaha.. banyak noda membandel yang bikin tangan pegal saat menggosoknya.

Kalau sudah begitu, saya harus mencari cara membersihkan kompor gas yang mudah. Ah ternyata setelah menemukan caranya, membersihkan kompor gas tidak sesulit yang saya kira. Ada tiga bagian yang mesti dibersihkan yaitu bagian ring, bagian tungku api, dan permukaan kompor. Saya pun menggunakan pembersih untuk membersihkan ketiga bagian tersebut.

Yang pertama saya bersihkan adalah ring kompor gas.Bagian ini merupakan bagian yang mudah kotor dan kotorannya paling sulit dibersihkan. Saya pun mengangkat ring kompor yang berupa kerangka tatakan panci yang bisa dilepas. Ring tersebut saya rendam dalam lauran sabun cuci piring yang dicamur air hangat. Kotoran pun perlahan lepas. Saya pun menyikatnya dengan menggunakan spons hingga kotoran dan lemak pun lepas. Setelah disikat, ring diangkat dan dibilas dengan air biasa. Ring kompor dikeringkan hingga bagian-bagian lain selesai dibersihkan.

Setelah membersihkan bagian ring, lanjut ke bagian tungku api. Nah, kalau bagian ini sebaiknya tidak menggunakan larutan sabun dan air. Jika bagian ini basah akan membuat api tidak menyala sempurna. Untuk bagian ini bisa menggunkaan produk pembersih khusus dapur yang banyak dijual di pasaran.

Dua bagian sudah dibersihkan, lanjut ke bagian permukaan kompor yang sering terlihat kotor karena makanan yang jatuh saat memasak. Pada bagian permukaan kompor bisa menggunakan cairan pembersih dapur. Cukup disemprotkan ke atas permukaan kompor dilap dengan spons. Ulangi beberapa kali jika terdapat noda yang membandel.

Nah, kompor sudah terlihat bersih. Memasak dan menyajikan makanan kesukaan keluarga pun jadi semangat. Sekarang naik, dong, sudah bisalah bikin nasi goreng. Hehehehe..

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

2 Responses

  1. Amanda ratih says:

    Postingan ini cocok banget sama ibuku, ibuku rajin bersihin kompor ampe mengkilaaaaaaap banget, padahal ya besok kotor lagi kotor lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *