Cikundul: Sukabumi Juga Punya Pemandian Air Panas

Cikundul: Sukabumi Juga Punya Pemandian Air Panas. Begitu ucap saya pada suami yang memang hobinya berendam di air panas. Sejak menikah dan tinggal di Bandung, suami kerap mengajak saya untuk berendam di air panas. Tentu saja tujuannya Pemandian Air Panas Ciater atau Cipanas Garut. Saat belum punya anak, kami sering sekali mendadak pergi ke pemandian air panas tanpa direncanakan. Seperti pada suatu hari Minggu, kami keluar rumah dengan tujuan untuk olahraga pagi di Siliwangi dengan mengendarai sepeda motor. Kami pun hanya memakai baju olahraga biasa. Tanpa bekal apa-apa, saat selesai joging, tiba-tiba suami mengajak ke Ciater. Rencana mau sarapan bubur Mang Oyo pun batal, akhir suami melajukan sepeda motor ke kawasan utara Bandung dan sempat sarapan bubur ayam di Lembang, dan lanjut ke Ciater. Tanpa bekal baju ganti, saya cuma bisa berendam kaki, sementara suami sih nekat berendam. Setelah berendam, kami pun beli oleh-oleh nanas madu Subang.

Petualangan berendam di pemandian air panas tidak terbatas Ciater, kadang saat akhir pekan, suami juga sering mengajak ke Cipanas Garut. Biasanya kami berangkat dari Bandung pukul 03.00 WIB, lalu sampai di Cipanas, shalat Subuh, barulah ke Tirta Gangga, tempat pemandian panas di Cipanas Garut yang menjadi tempat favorit kami. Kami pun sering mampir ke Cipanas Garut, saat pulang ke Tasik Malaya. Kami sengaja lewat Garut untuk berendam dulu di Cipanas Garut. Seringnya, kami mampir ke Cipanas Garut saat perjalanan dari Tasik ke Bandung. Pernah juga kami tiba di Cipanas sekitar tengah malam, mau nginep di penginapan juga sayang soalnya udah tanggung, mau berendam juga belum buka, kami akhirnya menunggu di lobi hotel Tirtagangga sampai kolam pemandian air panas buka. Kenapa kolam pemandian air panas Tirtagangga jadi tempat favorit kami karena menurut kami kolam renang di sana bersih, tiket masuknya pun masih terjangkau. Setelah berendam di sana biasanya lanjut sarapan. Badan pun jadi rileks sekali.

Berendam di air panas juga menjadi kegiatan favorit kami sekeluarga setelah ada anak-anak. Mereka juga suka diajak berendam di air panas, baik di Ciater maupun di Cipanas Garut. Mereka kerap diajak ke Ciater saat malam hari dan berendam di sana. Apalagi ada saudara di Lembang, jadi habis berendam pun, kami menginap di Lembang.  Begitu pula Pemandian Air Panas Cipanas Garut pun menjadi tempat favorit anak-anak juga. Intinya, salah satu kegiatan liburan kami sekeluarga adalah berendam di air panas.

Sejak pindah ke Sukabumi, kami tidak lagi berendam air panas di Ciater atau pun Cipanas Garut. Lalu, suatu hari suami tampak capek sekali dan katanya pengen berendam air panas. Saya ingat, di Sukabumi juga ada pemandian air panas Cikundul. Saya pernah ke sana saat masih kecil. Sehingga saya lupa lokasi dan bagaimana suasana di sana. Satu hal yang saya ingat, orang berendam ke Cikundul karena punya penyakit kulit.

Baiklah, akhirnya dengan rasa penasaran bagaimana wajah Cikundul saat ini, kami pun berangkat ke sana. Tentunya dengan ekspekstasi tinggi bisa ke tempat wisata Sukabumi suasana akan sama dengan pemandian air panas Ciater atau pun Cipanas Garut. Ternyata lokasinya tidak terlalu jauh, di daerah Santiong (komplek pemakaman etnis Tionghoa). Padahal, dulu sewaktu SMP suka main ke daerah sana karena ada teman yang tinggal dekat sana. Tapi enggak ngeh kalau dekat dengan pemandian air panas Cikundul. Kami ke sana memang saat tanggal merah, jadi sepertinya banyak juga warga sekitar Sukabumi yang berendam di sana. Tempat parkir pun penuh padahal tempat parkirnya cukup luas. Alhamdulillah masih kebagian tempat parkir. Kami pun masuk dan membeli tiket masuk yang murah meriah jika dibandingkan dengan pemandian air panas Ciater pun Cipanas Garut. HTM hanya 8K. Murah banget, khan.

Oke, kita masuk dan disambut oleh taman kecil. Ternyata, lokasi pemandian ada di bawah, jadi kami menuruni anak tangga yang lumayan curam. Di bawah, ada tiga kamar kolam rendam. Jadi, kalau mau berendam di kamar rendam mesti bayr lagi 25K. Di luar hanya ada satu kolam renang. Ya, hanya satu kolam renang. Suasana penuh sekali karena kolam memang hanya ada satu. Para pengunjung banyak yang membawa bekal nasi dari rumah dan makan bersama keluarga di sana. Terdapat fasilitas saung besar untuk kumpul, duduk, leyehan ataupun botram. Sayang penuh banget dan kami pun tidak kebagian tempat di sana.

Siang itu udara cukup panas sehingga mandi di pemandian air panas saat cuaca panas agak kurang nyaman. Ternyata air panas di sana juga sangat panas menurut ukuran kami yang biasa berendam di Cipanas Garut. Mungkin karena kolamnya kecil sehingga panas air cukup menyengat kulit. Fathan sampai kepanasan dan tidak mau lama-lama berendam.

Wisata Sukabumi ini berada di sebelah Sungai Cimandiri. Jadi sambil berendam air panas bisa menyaksikan pemandangan arus sungai yang cukup deras. Tempat wisata yang dikelola oleh Dispudpar Sukabumi ini menurut saya memang belum senyaman pemandian air panas Ciater ataupun Cipanas Garut. Areanya yang tidak begitu luas sementara pengunjung yang banyak di hari libur membuat suasana kurang nyaman. Di sana juga ada beberapa pedagang yang berjualan kue ape, es krim, jajanan khas lainnya.

Hingga bulan berikutnya, suami kembali mengajak ke pemandian air panas Cikundul tapi malam hari, sehabis Magrib. Sepertinya ke sana pada waktu sore atau malam hari lebih tepat karena suasana lebih nyaman. Pengunjung tidak begitu banyak, sehingga kami bisa leluasa berendam di kolam. Ternyata penduduk sekitar pun banyak yang sengaja untuk mandi di sana. Air pemandian air panas Cikundul memang terkenal memiliki khasiat menyembuhkan beberapa penyakit dan untuk relaksasi setelah pengobatan.

Suasana kolam lebih sepi pada malam hari

Anak-anak pun tampak lebih nyaman berendam di sana pada malam hari. Udara malam yang dingin membuat suasana lebih rileks saat berendam. Langit gelap dengan taburan bintang diiringi suara derasnya air sungai membuat suasana terasa syahdu. Ternyata pada malam hari pun pengunjung banyak yang berdatangan walaupun tidak sepenuh pada siang hari.

Suasana saung di Cikundul pada malam hari

Kami cukup puas berendam di kolam air panas. Kalau lagi berendam bawaannya suka lapar, untungnya sempat bekal nasi dan lauk pauknya. Anak-anak pun makan dengan lahap. Sepertinya berendam pada malam hari.

Fasilitas mushola

Fasilitas umum cukup lengkap seperti toilet untuk mandi, kamar ganti, dan pancuran untuk membersihkan diri. Di sana disediakan mushola juga bagi yang akan melaksanakan ibadah shalat. Alat shalat pun disediakan. Bagi ibu menyusui disediakan ruang laktasi. Saya nggak tahu apakah ruang laktasi itu nyaman atau nggak karena nggak masuk ke dalamnya.

Fasilitas ruang laktasi

Pengalaman berendam di pemandian air panas Cikundul

Lokasi tidak jauh dari pusat kota

Harga tiket murah meriah

Fasilitas lumayan lengkap

Air panasnya sangat panas

Pemandangan alamnya bagus

Minus

Kurang nyaman saat pengunjung penuh

Hanya ada satu kolam berendam

Area tidak terlalu luas

Kebersihan kurang terjaga

Nah buat warga Sukabumi, kayaknya udah nggak asing ya dengan tempat wisata ini. Bagu tamu dari luar kota yang ingun rileks merasakan hangatnya air panas, bisa berkunjung ke pemandian air panas Cikundul Sukabumi. Kalau beruntung, setiap hari Minggu juga suka diadakan pasar seni Cikundul sehingga tentunya suasananya ramai. Sayangnya saat kami sekeluarga ke sana, lagi tidak ada pasar seni.

Sungai Cimandiri berarus deras

Oke, udah tahu khan Sukabumi juga punya pemandian air panas. Yang mau berkunjung atau jalan-jalan ke Sukabumi bisa mampir deh ke pemandian air panas Cikundul, sejenak rileks dari aktivitas jalan-jalannya.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

52 Responses

1. Elliza Efina says:

Wah, asik juga nih Sukabumi ada pemandian air panas juga. Tapi sayangnya cuma ada 1 kolam ya mbak. Kurang bersih juga itu di foto sekilas. Amat disayangkan, sih. Semoga ke depannya bisa makin berkembang baik. Bisa jadi objek wisata yang potensial banget ini soalnya ke depan-depannya.

2. kalau cape seharian, berendem disini kayaknya enak banget ya mbak 🙂 kayaknya penat, capek bisa hilang seketika

3. Paling asyik mandi air panas apalagi sampai berendam, duh nikmatnya itu, serasa semua otot dan saraf di massage hahhaha

4. Mechta says:

Kalau habis berendam malam begitu apa nggak lebih dingin rasanya? Saya pernah di Dieng..aduuh..malah terasa lebih dingin saat sudah selesai hehe..

5. Jiah says:

Ada juga ya di Sukabumi pemandian air panas ini. Aku blm pernah berendam di kolam air panas. Dulu pas ke Subang kan ada tuh. Tapi lagi libur. Jadi kaki doang yang masuk

6. Saya juga taunya kalau mau berendam di air panas itu ke Ciater atau ke Garut. Ternyata di Sukabumi juga ada. Bisa cobain kapan-kapan ke sini buat merasakan suasana yang lain

7. Tomi says:

saya malah pernah mandi air panas di Ciater mba padahal dari dulu pengen banget kesana.. transport paling enak pakai apa ya mba klo dr Jakarta?

kalau pas ke Sukabumi, saya coba maen ke Cikundul ah..

8. Demia KamiL says:

waaah aku baru tau looh kalo di sukabumi juga ada pemandian air panas, selama ini cuma taunya garut hehehe,
    tapi ko jadi penasaran sih pengen coba juga, kapan2 kalo pas lagi ke sukabumi ah mau cobain hehehe

9. Rhialita says:

Belum pernah ke kota sukabumi, padahal dulu tinggal di bandung jawa barat.. lumayan untuk santai bareng keluarga yah mbak, masuknya juga murah meriah..

10. Pegunungan di Pulau Jawa kaya dengan sumber air panas, banyak pilihan destinasi wistanya. Air Panas Cikundul Sukabumi bisa menjadi alternatif wisata baru nih.

11. Lily Kanaya says:

Selalu happy bisa tau tentang informasi wisata mandi air panas gini mba, berendam sambil menikmati indahnya alam sekitarnya

12. Marfa says:

Ngebayangin kalau malem2 lagi capek2nya abis kerja, berendam di sini, terus dilanjut tidur kayanya enak banget ya besoknha langsunh seger :3 wah, jadi tiket sama ke kolam renang kepisah ya bayarnya?

13. Suzannita says:

Masya Allah tabarakallah sepertinya asik banget ya bisa datang ke pemandian air panas ini, jadi pengen main ke sini juga

14. Rima Angel says:

Ah, sudah lama ga liburan wisata begini, jadi pengen ke pemandian air panas juga deh kalo liat beginian.

15. Enychan says:

Lama bgt gk pemandian air panas, jadi mau liburan nih hehe..
    Belum pernah kesukabumi, nanti pengen deh kesana

16. indah nuria says:

aku jadi pengen ikutan berendam deeeh..enak nih kayaknya mba. Dan relaxing juga ya pastinya. Is it always this crowded? ukabumi itu kampung mamaku mba..kita banyak punya saudara di Cigunung dan Cikaret. Asli kangeeen main ke Sukabumi

17. ivonie says:

Saya belum pernah merasakan berendam di pemandian air panas, di Malang ada tapi lokasinya lumayan jauh dan jalannya berkelok-kelok, suami udah pernah ke sana tapi saya ajakin lagi gak mau. anak-anak juga kurang suka kalau airnya panas hehehe. masih sebatas impian berenang di pemandian air panas

18. Jadi pengen ke Cipanas, garut. Oke, saya catat bahwa Tirtagangga bagus untuk dikunjungi, dan merupakan bagian dari hotel. Saya fokus pada ini dulu, ya. Lebih dekat dari Balubur Limbangan, Garut, sih.
    Berendam di kolam air panas itu menyenangkan banget, meski tak bisa renang tetap terasa nyaman karena airnya panas-panas hangat. Saya pertama kali ke Cipanas namun lupa nama tempatnya. Kolam biasa, kayaknya. Ada dua untuk anak-anak dan dewasa. Sedang di Drajat lebih nyaman kala berombongan dan ngabotram.
    Saya belum tahu tentang Cikundul karena tak pernah ke Sukabumi lagi, kecuali kala kecil pernah ke Palabuhan Ratu. Seru juga, ya, Teh bisa berendam bareng keluarga. Melipur hati karena Ciater dan Cipanas sekarang jauh jaraknya, ha ha.
    Semoga saja pemerintah daerah memperbaiki fasilitas yang ada di Cikundul agar kolamnya bisa diperbanyak. Sayang memang tempat ramai itu jika dikelola asal-asalam karena kurang bersih dan tak nyaman jika eamai.

19. unggulcenter says:

Saya jg nyari kemarin bubur mang oyo eh ga sempat hehe. Seru jg ya ke pemandian air panas sekalian detoks tubuh

20. Sayang banget ya kolam renangnya cuma satu. Kurang puas kalau lagi rame pengunjung. Tapi tetep seneng sih, karena bisa berendam air panas rame2. Hohoii

21. April Hamsa says:

Wah buka sampai malam gtu ya? Enak tu berendam air panas malam2. Saya pernah juga tapi di NTT waktu itu, pas sepi, sambil liat bintang2 😀
    Itu bayar 25 ribu utk mandi berendam berapa lama mbak? Apa di-jam-in atau bebas aja sepuasnya? 😀

22. Sally says:

Seru ya teh, ke pemandian air panas malam2. Aku terakhir nyoba pemandian air panas pas ke sekitaran Tangkuban Perahu. Tapi karena rame malah jadi gak nyaman.

23. Aku kog bacanya “Cigundul” ya, hahaha. Untung bukan Si Gundul, hihihi

Seingatku, aku belum pernah nih ke pemandian alam begini.
    Paling banter di whirlpool di spa saja.

Baidewei, itu fotonya bisa jadi besar-besar gitu, diapain ya, mba?

24. Pemandian air panas adalah salahsatu tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi apalagi air panas cocok untuk kesehatan tubuh. didukug dengan wisata lain yang dielola bagus pasti membuat banyak orang datang untuk liburan

25. Liza says:

Tempatnya tertata dengan rapi ya mbak. Jadinya makin asyik mandi air panasnya. Ah, aku jadi kepingin juga berendam di air panas.weekend ini mau ajak keluarga ke pemandian air panas juga

26. Berendam air panas itu selain menghangatkan juga membersihkan kulit. Katanya kandungan belerangnya bisa membuat kulit lebih mulus.
    Jadi pengen berendam air panas, apalagi di cuaca penghujan seperti sekarang.

27. lendyagasshi says:

Asiik~
    Tapi teh….pernah ngerasain berendam di Kolam Air Panas di Garut, yang terkenal itu loo…teh…apa namanya yaa…?
    Dan benar saja, rasanya memang nyaman, tapi kok aku gak kuat lama-lama yaa…rasanya napas langsung sesak, kaya tercekat.
    Apa aku sakit sesuatu gitu teh?

28. Dua tahun tinggal di Sukabumi berkali2 kami berencana singgah ke Cikundul dan selalu gagal. Sekarang sudah 9 tahun meninggalkan kota ini, eh baca tulisan ttg Cikundul. Hati terasa perih karena belum kesampaian ke sini.hehe..

29. Indira W says:

Semoga nanti kedepannya kebersihan tetap terjaga ya mba. Jadi pengunjung makin banyak 😀

30. Eka Mustika says:

aku kalau liat film jepang pengen banget ke pamandian air panas gini. tapi belum kesampaian. gak apa rame jiga dijabanin asalkan bisa merasakan hehehe

31. Inda Chakim says:

Jadi kangen ke pemandian air panas. Di bali juga ada, kolamnya lumayan banyak. Cuma ya gitu pas musim liburan pasti rame banget. Makanya kadang kalau aku sekeluarga ke sana kami memilih waktu tidak bersamaan dengan hari libur.

32. Siska Dwyta says:

Asyik yah mbak pemandian air panasnya tidak jauh dari pusat kota. Kalau di daerah saya ini pemandian air panasnya jauh bangeet jadi yah cuma sesekali saja ke sana. Klu dekat juga mungkin bisa hampir tiap liburan saya dan keluarga sering2 saya dan keluarga mandi2 di sana, hehe

33. Wah kaget juga ya teh kalau misal dadakan ga ada persiapan terus tiba tiba ke pemandian air panas. Tapi seneng kayaknya daripada yg udah direncanain. Seruu aja jadi happy. Waah ke cikundul pengen kesana nih

34. Indah Nuria says:

Kalau u pemandian air panas itu aku kok ya kebayangnya relaksasi. Pasti enak dan seruuu.. ini banyak yang kunjungi yaaa mba

35. Elly Nurul says:

Asikkknyaaaa sukabumi punya destinasi pemandian air hangat ya… aku pertama kali menikmati pemandian air hangat di daerah jawa tengah namanya guci.. dan memang menyenangkan ya.. relaksasi tubuh dan infonya airnya bagus untuk kesehatan kulit.. jadi mau ke tempat wisata pemandian air hangat juga nih bersama anak-anak

36. Tempatnya asyik juga ya teh. Kalau saya dulu waktu kecil suka ke gunung Galunggung aja berendam air panasnya. Itu juga dulu waktu SD kelas 5 pas masih tinggal di Tasikmalaya.

37. Lidya says:

Nah kalau pemandian air panas Ciater atau Cipanas Garut aku udah pernah ke sana mbak. Ternyata di Sukabumi juga ada ya pemandian ari panas.
    Untng bawa bekal ya mbak, habis berendam bisa langsung makan.

38. Wah di Sukabumi ada tempat pemandian air panas ya. Asyik nih, udah lama pengen jalan jalan ke Sukabumi naik kereta. Catet ah buat tujuan nanti. Makasih teh ulasannya

39. Raaaan, entah mengapa aku tuh paling gak kuat berendam di air panas gitu lho Ran. Dulu waktu ke Ciater juga aku cuma nyelup2 kaki doang terus udahan deh hahaha.

Nah kalo Abah, emang sukaannya tuh. Tapi murah meriah juga yah tempat berendam air panas di Sukabumi ini. Anak2 juga udah lama banget gak dibawa ke tempat berendam nih.

40. Siti hairul says:

Destinasi yang kudu dikunjungi nih. Meskipun kadang aku tuh agak gimana kalo di pemandian hahahaha

41. Aku belum pernah sih ke sukabumi, pengen deh kapan kapan main kesana kayaknya banyak tempat wisata seru

42. Ira says:

Mandi air hangat gini bisa melemaskan otot-otot yaa, Mba. Yang capek bekerja selama seminggu bisa jadi pilihan nih berendam di air hangat agar capeknya hilang 🙂

43. Echi mustika says:

Ak ndak pernah berendal air panas mba, beberapa kali ke sukabumi hanya lewat saja

44. retno says:

aku itu suka sedih kalau ada tempat wisata yang pengunjungnya males buang sampah pada tempatnya. Mengurangi kenyamanan berwisata jadinya…

45. Semoga ke depannya pemandian Cikundul ini makin terawat ya. Soalnya kalau dari segi tampilan kurang bersih kan jadi agak gimana gitu ya. Kita kan mau berendam, kalau udah berasa ngga nyaman dengan kondisi pemandiannya malah jadi ga enak hati.

46. Dewi Natalia says:

Sudah lama ga pemandian air panas. Terakhir ke pemandian air panas itu 2 tahun lalu saat ke Bandung. Ternyata di Sukabumi juga ada ya.

47. Ika Puspita says:

Sayangnya di Semarang nggak ada pemandian air panas, ya mungkin karena areanya pesisir ya. Tapi beberapa bulan lalu aku ke Dieng dan sempat berendam di DQiano. Kolam air panasnya ada beberapa. Ada juga kolam yang lebih kecil, tingkat kepanasannya lebih tinggi dari kolam lain. Dan bener, emang setelah berendam jadi rileks banget

48. qiahladkiya says:

terakhir aku ke sukabumi itu masih kecil banget masih SD kelas 3
    di sukabumi enak hawanya
    dan ada air panas permandian gini nyaman pastinya ya
    ajak keluarga liburan

49. Sahabat says:

Seru banget nih bisa mandi air panas, seger banget ya apalagi daerah nya sejuk jadi betah berlama lama disitu