Colour To Life Faber-Castell Mewarnai dan Permainan Membahagiakan

Colour To Life Faber-Castell Mewarnai dan Permainan Membahagiakan
Colour To Life Faber- Castell Mewarnai dan Permainan Membahagiakan.  Dulu saya mendambakan hidup penuh warna karena merasa hidup hitam putih itu membosankan. Warna-warna dalam hidup akan membuat kesan lebih mendalam.

Semasa kecil, saya memang lebih tenggelam dalam dunia kata daripada dunia bentuk dan warna. Saat itu, imajinasi saya terbang tinggi bersama untaian kata yang memikat dan memengaruhi cara berpikir. Dunia warna seakan sesuatu yang jauh dari jangkauan. Maklumlah, masa-masa saya kecil, televisi saja masih hitam putih, itu pun bisa dinikmati secara puas hanya pada akhir pekan. Siaran radio menjadi satu-satunya hiburan yang memikat. Namun, dunia warna mulai saya kenal saat mengenal lingkungan lebih luas bersama teman-teman sekolah menengah pertama. Salah satu sahabat saya sangat menyukai gambar, bahkan sering membuat komik sendiri. Saya pun ikut-ikutan. Saya sering meminjam peralatan gambar yang dimilikinya, salah satunya pensil warna Faber- Castell. Saya memiliki waktu yang menyenangkan memasuki dunia gambar penuh warna bersama Faber- Castell.

Waktu berlalu, saya pun tumbuh besar dan mulai memupuk impian bekerja di penerbitan. Alhamdulillah, impian saya tercapai dan saya pun sering bekerja sama dengan ilustrator dalam membuat buku cerita bergambar. Pada masa-masa itu, saya kembali bertemu dengan Faber-Castell. Saya pun memiliki saat-saat menyenangkan merangkai kata ditemani dengan warna dari faber castell. Bisa dibilang Fabe- Castell ada semenjak saya kecil hingga saat ini dan turut serta memberi warna perjalanan panjang yang telah dilewati. Namun, ternyata usia Faber-Castell sendiri jauh lebih tua daripada usia saya.

Usia Faber-Castell sudah lebih dari dua abad dan melampaui jalan yang sangat panjang. Salah satu produsen alat tulis tertua di dunia ini didirikan tahun 1761 di Stein, Jerman. Selama perjalanan panjangnya sampai sekarang, banyak hal yang telah dilakukan Faber-Castell, hingga tahun 1990-an, Faber-Castell masuk ke Indonesia dan mendirikan pabrik pensil bernama PT A.W Faber-Castell Indonesia.

Produk-produk yang diproduksi oleh Faber-Castell ada 6 kategori produk yaitu di antaranya:

Kategori pertama, Playing and Learning yaitu produk menggambar dan mewarnai untuk anak usia 3-12 tahun.

Kategori kedua, Art and Graphic yaitu poduk lanjutan dari kategori pertama dengansegmen remaja hingga dewasa, juga untuk odewasa yang memiliki hobi melukis bahkan untuk pelukis profesional.

Kategori ketiga merupakan produk premium di antaranya alat tulis mewah untuk segmen profesional, eksekutif, dan kolektor.

Kategori keempat yaitu General Writing yaitu produk alat tulis umum untuk sekolah dan perkantoran.

Kategori keempat yaitu Marking yang merupakan produk untuk menandai.

Kategori keenam yaitu Creativity for Kids yang merupakan produk Faber-Castell yang dikhususkan sebagai produk edukatif.

Jadi, sebenarnya produk Faber-Castell tidak hanya terbatas pada pensil gambar dan alat tulis umum namun melingkupi semua hal yang berkaitan dengan alat tulis dan mewarnai. Salah satunya adalah produk inovasi terbaru dari Faber-Castell yaitu Colour to Life.

Colour to Life merupakan produk inovasi dari Faber-Castell yang memadukan antara kegiatan mewarnai dan teknologi game. Wah, seperti apa itu? Saya pun penasaran, apalagi saya punya pengalaman menarik dengan Faber-Castell. Saya pun mencoba produk terbaru Colour to Life.

Saya pikir, kegiatan mewarnai hanya untuk kegiatan menyenangkan untuk anak-anak. Ternyata salah besar. Kegiatan mewarnai merupakan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk ibu rumah tangga seperti saya. Di sela-sela waktu mengurus pekerjaan rumah dan mengasuh anak, saya bisa mencurahkan imajinasi saya dengan Colour to Life.

Colour To Life

faber castell 4

Colour to Life merupakan paket yang berisi buku mewarnai sebanyak 15 halaman – Augmented Reality Colouring Book  yang siap diwarnai. Pada bagian sisi terdapat binglai scanning yang merupakan teknologi AR sehingga gambar karakter bisa muncul menjadi bentuk 3D. Tentu saja ada alat mewarnai berupa 20 connector pens Faber-Castell.

Tentang Augmented Reality Colour

faber castell 8

Teknologi Augemnetd Reality atau disingkat AR memang merupakan teknologi yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Beberapa games saya temukan menggunakan teknologi ini. Namun, ternyata teknologi ini sudah ditemukan oleh seorang cinematographer bernama Morton Heilig. AR sendiri didefinisikan sebagai teknologi yang menggabungkan obyek-obyek mata yang ada dan dihasilkan oleh komputer dengan benda-benda yang ada di dunia nyata sekitar kita (Azuma, 2007). Teknologi AR terus berkembang dan membuka peluang bagi pelaku industri untuk mengembangkannya menajdi beragam produk yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Faber-Castell menjadi salah satu pelaku yang melakukan inovasi dan menggunakan teknologi AR dalam produk Colour to Life.

Tentang Connector Pens

faber castell 3

Connector pens Faber-Castell merupakan produk inovatif dari Faber Castell yang bisa digunakan untuk melatih kreativitas anak. Tutupnya bisa digabung-gabungkan dan membentuk beragam rancang bangun. Fathan suka main lego, saat ketemu dengan connetor pens, langsung deh dioprek jadi beragam bentuk kreasi dia. Oh iya, Connector pens ini terbuat dari air lho sehingga jika terkena baju bisa dicuci dengan mudah. Selain itu aman digunakan oleh anak-anak karena tidak beracun. Jadi, saya nggak khawatir saat Conncetor pens dipakai menggambar di tangan sama Fakhira. Fathan dan Fakhira sering lupa menutup kembali connector pens setelah selesai menggunakannya. Untungnya, connector pens ini punya kelebihan tidak bakalan kering walaupun lupa menutup. Fiuuhh…saya tenang, deh, dan nggak akan bawel mengingatkan anak-anak supaya tidak lupa menutup kembali connector pens.

Kegiatan Mewarnai Bersama Colour to Life

faber castell 5

Saat produk ini di tangan. Saya dan anak-anak tidak sabar untuk segera melakukan kegiatan mewarnai. Terutama Fathan yang memang sudah sering melakukan kegiatan mewarnai di sekolah. Dia langsung anteng mewarnai buku AR-nya. Oh iya, sebenarnya connector pens ini sangat bagus digunakan mewarnai dengan teknik pointilism. Namun, Fathan belum bisa dan mewarnai sesuka hatinya. Saya biarkan dia berkreasi dengan warna-warna connector pens yang memikat.

faber castell 6

Oh iya, saat mewarnai saya ingatkan Fathan untuk tidak mewarnai bagian bingkai karena memang di sana terdapat tulisan “ Please do not colour the frame”. Rupanya frame tersebut merupakan kode untuk teknologi AR sehingga karakter bisa muncul menjadi bentuk 3D.

Download Aplikasi Colour to Life

faber castell 10

Tidak selesai sampai mewarnai, tapi ada kegiatan seru lainnya yang menanti kami. Apa itu? Oh tentu saja memainkan permainan Colour to Life. Caranya mudah, tinggal download aplikasi Colour to Life yang ada di Playstore dan Apstore. Oh iya, untuk mendownload aplikasi tersebut dengan cara scand barcode yang ada di buku mewarnai AR.

faber castell 13

faber castell 14

 

faber castell 15

Selfie duluuuu…

faber castell 7

Setelah download, lalu saya buka aplikasi Colour to Life. Saya scan gambar yang sudah diwarnai. Oh iya, ada triknya lho saat melakukan scan gambar. Saya mengalami kegagalan beberapa kali karena salah melakukan scan. Jarak antara gambar dan smartphone minimal 30 cm. Jika terlalu dekat, scan gambar akan gagal dan mesti mengarahkan smartphone ke objek lain baru mulai scan lagi.

faber castell 19

Jika scan berhasil, maka karakter akan muncul dalam bentuk 3D. Asli keren banget. Eh, ada fitur selfie. Jangan disia-siakan dong, selfie dulu ah. Fathan juga ikut-ikutan selfie bareng karakter favoritnya.

faber castell 9

Ayo, Mainkan ….

faber castell 11

Sekarang saatnya bersenang-senang. Yang paling senang tentu saja Fathan yang memang hobi main games. Biasanya saya membatasi Fathan bermain games di smartphone karena dirasa kurang berfaedah.Tapi eits, beda dengan permainan Colour to Life, dong. Permainan ini sangat berfaedah dan meningkatkan daya imajinasi anak. Kalau untuk saya, permainan Colour to Life meningkatkan mood dan menguransi stress. Sebagai ibu rumah tangga, tentu saya juga bisa stress dan mood kacau. Kalau sudah gitu khan kasihan anak-anak. Nah, setelah main permainan Colour to Life bawaannya hepi terus, hehehe.

Ada 5 permainan di games Colour to Life yaitu:

Giddy Up!

faber castell 20

Pogo Boy

faber castell 21

Dress-Up Challenge

faber castell 22

Balance Your Brain

faber castell 23

Safe Flight!

faber castell 25

Sebelum bermain ada petunjuk permainan terlebih dahulu…

faber castell 17

faber castell 18

Permainan favorit saya Balance Your Brain karena memang ampuh membuat saya tertantang untuk menebak warna dan bentuk. Awalnya sempat terkecoh karena kurang terliti, tapi lama-lama mulai enjoy. Kalau permainan favorit Fathan Giddy Up! Anak ini memang sukanya tantangan dan permainan yang adu kecepatan dan ketangkasan.

Permainan Colour to Life berhasil membuat hidup saya kembali berwarna dan menguatkan bonding saya bersama Fathan. Di sela-sela kesibukan mengurus rumah, saya menghabiskan waktu bermain bersama dengan Fathan dan menikmati saat menyenangkan. Tentunya Colour to Life Faber Castell menjadi aktivitas seru, menyenangkan, dan meningkatkan kebahagiaan.

Saat bosan menunggu di tempat les Fathan, saya bisa membuka smartphone dan mulai scan karakter dalam permainan. Lalu asyik main. Waktu satu jam menunggu yang dulu membosankan menjadi terasa singkat. Biasanya Fathan suka mau langsung ikutan main, hehehe.

Oh iya, buat yang ingin punya Colour to Life Faber-Castell seperti saya bisa membeli secara online di Tokopedia, atau bisa berkunjung ke toko buku Gramedia atau toko buku terdekat.

 

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

18 Responses

  1. asik ya abis mewarnai bisa selfi dan mainin games nya, asik banget lah pokoknya.

  2. Umurnya faber castle sudah lebih dari dua abad? Wah… Pantesan ya ada inovasi seperti ini. Kegiatan mewarnai yang dilakukan anak jadi makin menyenangkan.

  3. Milda Ini says:

    Pas karakternya gerak2. Ini bikin gemes apalagi bisa selfiea. Duh, makin gemes

  4. Uwien Budi says:

    Dhia sama Akram juga langsung bongkar paket dan langsung mewarnai. Game nya asyiqeu banget ya mamah cantik.

  5. Dyah says:

    Aku jadi berebutan nih sama Al main Colour to Life xD

  6. aplikasinya menarik banget ya..dan pengen langsung download untuk coba. Saya juga pengguna faber castell. dan memang produknya awet dan warnanya bold menyenangkan kalau dipakai.

  7. Windah says:

    Anakku happy banget main beginian. Kemarin nyobain yang pasang pasang baju itu, dia salah terus jadi ngambek. Hihihi

  8. Dengan adanya games colour to life, anak menjadi senang ya Mba. Inovasi yang unik nih dari Faber Castell.

  9. keren abis nih. dengan gambar dua dimensi tiba tiba bisa menjadi gambar 3 dimensi. teknologi yang menyempurnakan hasil karya. keren banget ya 🙂 pantesan ponakan ngotot beli faber castel kemaren hehehe

  10. Hahahaha, iya. Main ini tuh membahagiakan banget. Bikin inget masa sekolah dulu. Dan bikin lupaaaaa yang ruwet2. Wkwkwk

  11. Hihihi..sekarang nungguin anak yang lagi les, gak terlalu boring ya…bisa disambi main game faber castell

  12. Amy Zet says:

    Main colour to life bikin happy sekeluarga ya teh. 😀

  13. susie ncuss says:

    mewarnai jadi makin seru ya kalau pake aplikasi ini

  14. Happy banget ngewarnain ini teh, bikin ketagihan.. lumayan pelepas penat dari kerjaan ahensi :))

  15. Huaaa mau ikutan mewarnai juga

  16. Euisry Noor says:

    Samaan Teh, aku juga suka games yg Balance Your Brain. Yg model gitu suka dipake sama trainer buat ngetes fokus audience, hehe

  17. Ya ampun… Lucu banget ekspresi Teh Rany pas lagi selfie sama karakter permainan ini 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *