DIY dari Oatmel: Pembersih Wajah dan Lulur Racik

DIY dari Oatmel_ Pembersih Wajah dan Lulur Racik

DIY dari Oatmel: Pembersih Wajah dan Lulur Racik. Semenjak menjadi ibu rumah tangga, saya agak kesulitan mengontrol berat badan dibandingkan saat masih bekerja. Mungkin karena aktivitas perjalanan dari rumah ke kantor cukup melelahkan. Selain itu, kalau di kantor khan nggak bisa ngemil sembarangan. Apalagi kalau saat jam-jam hectic, mana sempat ngemil. Lain ceritany setelah tinggal di rumah seharian.Mulai dari bangun tidur, perut udah keroncongan, langsung cemal-cemil. Siapin sarapa anak, nggak habis, diembat juga sama emaknya. Belum lagi, nemenin si kecil makan dan ngemil. Tapa terasa berat badan pun naik terus. Saya pun bertekad menurunkan berat badan dengan sarapan oatmeal. Saya pun beli stock oameal lumayan banyak, biar semangat menghabiskannya. Tapi ternyata bosan juga setiap pagi sarapan oatmeal. Tahu sendiri khan bagaimana rasa oatmeal itu. Kalau nggak dihabiskan, sayang juga mubazir. Eh, ternyata oatmeal bermanfaat untuk merawat kulit. Bisa dijadikan pembersih wajah alias cleanser dan lulur.

Wuih, kayaknya sudah banyak ya yang membahas oatmeal bisa dijadikan pembersih wajah. Nah, saya pun penasaran karena memang kalau cuci wajah dengan sabun, kulit sering agak kering. Katanya sih pembersih wajah nih bisa dipakai untuk kulitnya yang sensitif sekalipun, bahkan kulit yag sedang jerawatan meradang alias acne prone. Sebenarnya kulit wajah saya tidak terlalu bermasalah, masalahnya bintik hitam karena faktor usia dan minyak berlebih karena jenis kulit berminyak. Nah, saya pun penasaran dengan pembersih wajah oatmeal, semanjur itukah membersihkan wajah.

Kenapa Oatmeal bisa jadi pembersih  kulit?

lulur racik oatmel

Oatmeal itu mengandung saponin yang terbukti ampuh membersihkan minyak dan kotoran dari kulit dengan cara yang lembut. Jadi memang amandigunakan untuk kulit sensitif sekalipun. Minyak dan kotoran yang tersembunyi di pori-pori kulit dapat dibersihkan dengan baik. Kandungan lainnya yaitu polisakarida yang membuat kulit bebas kusam. Mungkin bisa membuat kulit lebih cerah kali ya. Kandungan lainnya yaitu protein yag bisa mencegah sel kulit mati dan radikal bebas masuk ke lapisan epidermis kulit. Oateal juga mampu melembabkan kulit dengan baik.

Baca Juga: Make Up Sederhana untuk Hari Raya

Nah itu kenapa oatmeal bisa dijadikan pembersih kulit yang ampuh dan aman untuk kulit. Setelah mengetahui kemampuan si oatmeal, saya pun jadi nggak sabar untuk mencobanya.

Orang-orang sih menyarankan menggunakan oatmeal instan dari Quaker yang kemasannya berwarna merah. Namun saya punyanya oatmeal kemasan berwarna biru, ya dicoba aja. Memang sih teksturnya lebih kasar tapi mungkin karena kulit muka saya kuit badak jadi masih asyik-asyik aja saat dipakai.

lulur racik oatmeal

Cara membuat oatmeal pembersih wajah

  1. Ambil segenggam oatmel, simpan di piring kecil/mangkuk.
  2. Berhubung tekstur oatmel biru agak kasar jadi saya remas-remas dulu.
  3. Tambahkan air secukupnya, remas-remas sampai keluar air berwarna putih. Si air putih ini katanya bagus banget untuk menghaluskan wajah.

Cara menggunakan oatmel pembersih wajah

  1. Pastikan tangan dalam keadaan bersih.
  2. Usapkan air dari oatmeal terlebih dahulu ke seluruh kulit wajah.
  3. Setelah rata, ambil pasta oatmeal dan balurkan ke wajah sambil pijatgerakan memutar secara ringan.
  4. Biarkan kering sekitar 10 menit.
  5. Basuh dengan air dingin.

Kapan digunakan?

Biasanya saya menggunakan pembersih wajah oatmeal ini pada malam hari sebelum menggunakan skincare malam.

Hasilnya?

Mungkin setiap orang akan merasakan hasil berbeda. Namun kalau saya sih merasakan kulit saya menjadi lebih segar dan lembab. Kalau efek mencerahkan mungkin belum terasa ya karena mungkin harus terus-menerus dilakukan secara rutin. Namun, sejauh ini saya merasa kulit saya jadi lebih halus aja, gitu. Unuk awal-awal mungkin agak ribet yah, dan kotor kalau pasta oatmealnya jatuh-jatuh ke baju. Tapi lama-lama kalau sudah jago, rapi juga lho meratakan di klit wajah.

Lulur Racikan Oatmeal

Nah, yang kedua saya akan mencoba membuat lulur racikan dari oatmel. Sekarang ini saya lagi rajin berkebun. Minimal satu kali sehari ke kebun untuk menyiram tanaman dan membersihkan rumput-rumput yang cepet banget tumbuh dan tinggi. Namanya berkebun pastinya panas-panasan. Punggung tangan dan punggung kaki jadi hita,m banget. Hahaha..memang pada dasarnya kulit saya tuh sawo matang itambah panas-panasan, jadinya tambah hitam. Selain jadi tambah hitam, kulit juga jadi kasar dan kering.

Walaupun sering ke kebun tapi saya masih mendambakan kulit bisa bersih. Makanya perlu usaha nih agar kulit kembali bersih, sehat, dan cerah. Caranya ya rajin luluran. Tapi ternyata lulur jadi yang sudah dijual di pasaran rasanya belum nendang banget nih hasilnya. Kayaknya capek banget udah luluran tapi kok belum berubah aja. Lalu katanya ada info bisa meracik lulur dengan menggunakan oatmeal dan susu. Oke, nggak masalah. Stok oatmeal masih banyak, akan sangat bermanfaat kalau dijadikan lulur.

Bahan-bahan untuk membuat lulur racik oatmeal

lukur racik oatmeal 4

  1. 100 gr oatmeal bisa merek apa saja. Stok oatmeal saya yang berwarna biru jadi habiskan saja yang ada.
  2. Satu kaleng susu murni. Saya pakainya susu beruang karena banyak klaim yang mengatakan susu beruang ini murni dan diolah dengan cara higienis. Sangat bagus untuk perawatan kulit karena susu kaya dengan kalsium yang mampu memperbaiki kulit. Kandungan vitamin B3 dalam susu bisa membuat kulit jadi lebih mulus dan putih. Yeaaaayy…mau dong kulit yang hitam kusam ini jadi putih bersih.
  3. Bisa pakai lulur merek apa saja satu wadah isi 250 gr. Sudah tahu khan fungsi lulur sebagai agen eksfoliator yang mampu meregenerasi kulit.

Kombinasi oatmeal, susu, dan lulur katanya sangat ampuh membuat kulit menjadi lebih sehat, bersih, dan tentunya lebih cerah.

Cara membuat lulur racik oatmeal

  1. Masukkan 100 gr oatmeal ke dalam mangkuk.Jika oatmeal masih kasar bisa dihaluskan dengan cara direms-remas.
  2. Tambahkan 250 gr lulur ke dalam mangkuk. Aduk rata.
  3. Tambahkan satu kaleng susu beruang.aduk rata.
  4. Masukkan ke dalam wadah bertutup.
  5. Simpan di dalam kulkas.

Lulur racikan ini bisa tahan selama 4 bulan jika disimpan di dalam kulkas dalam keadaan tertutup. Jika akan dipakai, ambil secukupnya ke dalam piring kecil atau mangkuk kecil.

Cara menggunakan

lulur racik oatmeal 5

Cara menggunakan lulur racik oatmeal ini sama dengan lulur lainnya yaitu digosokkan ke kulit yang ingin dibersihkan,misalnya punggung tangan. Gosok dengan lembut dan gerakan memutar. Tunggu hingga kering baru bilas dengan air dingin. Lulur ini bisa digunakan untuk seluruh tubuh. Berhubung  problem kulit saya ada di area terbuka seperti punggung tangan dan punggung kaki, saya fokuskan di area tersebut.

Baca Juga: Kulit Kering Pada Musim Kemarau Lakukan Hal Ini

Hasil pada setiap orang tentunya berbeda-beda tergantung kulitnya. Kalau di saya sih tidak langsung terlihat lebih cerah hanya rasanya lebih lembab dan lebih  bersih. Kulit  tangan dan kaki saya memang cenderung lebih kering dibandingkan dengan kulit wajah. Jika sudah kering suka bersisik dan gatal, rasanya tidak nyaman. Setelah penggunaan sekali, rasanya kulit saya jauh lebih baik dan terasa kenyal dan lembut.

Satu lagi keuntungan menggunakan lulur itu yaitu hemat. Jika lulus biasa bisa habis dalam waktu satu bulan, lulur racik ini tentunya lebih lama habisnya.  Pastinya lebih hemat dengan khasiat yang luar biasa.

Jadi yah, selalu ada cara untuk melakukan perawatan kulit. Tidak harus selalu melakukan perawatan spa agar mendapatkan kulit idaman. Kita bisa melakukannya di rumah dengan biaya yang tentunya lebih hemat. Selamat mencoba.

Cara lengkapnya bisa nonton video ini

 

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

25 Responses

  1. Saya juga suka pakai oatmeal ini buat maskeran dan luluran kalau lagi rajin

  2. Dicampur madu juga bagus Mbak. Cuma kalo dipakainya di badan, uhuk, entah bisa ngehabisin banyak madu tuh entar. Hehehe…

  3. Fenni Bungsu says:

    Daku pernah dengar memang outmeal bisa jadi facial juga

  4. Hihi, aku ngebayangin ya kalau luluran atau maskeran pakai oatmeal ini suamiku akan komentar apa “luluran pake bubur ya, bu?”. Tapi emang banyak yang bilang oatmeal sangat baik khasiatnya. Kapan-kapan aku mau cobain juga lah.

  5. Wuih, Rani rajin deh. Kudu nyobain bikin kayaknya. Soalnya, aku jarang luluran gara2 abis dsb. Kalo bisa bikin gini, gak ada alasan lagi. 😀

  6. Wah, tipsnya menarik banget mba. Biasanya saya kalau oat cuma buat sarapan aja,tapi bisa ya dibukain jadi lulur.

  7. Oooh ditambahin susu beruang toh. Lah kan lebih enak dimakan ya mbak. Haha

    Tapi ya gitu sih, lagi2 ya bikin nambah BB malahan

  8. Mbak, campuran outmealnya pakai air dingin atau air biasa? Di rumah juga banyak oatmeal nih punya ibuku.mau kupakai ah:)

  9. unggulcenter says:

    Wah boleh juga nih.. oatmeal drumahku ga pernH ad yg makan. Pengen hidup sehat tp ga cocok dilidah hihi.. bisa nih dimanfaatin

  10. Saya baru tahu kalau oatmeal bisa dijadikan lulur dan pembersih gini. Padahal dulu, sisa oatmeal saya buang. Hiks hiks

  11. Jiah says:

    Kalau punya stok oatmeal banyak sih buat masker atau lulur ya oke. Tapi kalau sengaja beli oat buat luluran, mikir, hahaha

    Enak ya kalau barang bisa dimakan sama dibuat perawatan juga

  12. Ade UFi says:

    Kebetulan nih di rumah ada stok oatmeal. Tapi kayaknha buat pembersih muka aja nih. Kalau lulur ga cukup dibody.. hahaha

  13. April Hamsa says:

    Lulur yang ditambahkan bisa apa aja ya mbak? Pokoke lulur gtu?
    Tapi kok sayang ya makai buat luluran, kecuali kalau stok agak lama dan mau kadaluwarsa krn kelupaan gak dimakan, eh boleh gak sih dipakai? hehe
    TFS resepnya

  14. Wah, info baru juga nih. Kapan-kapan kalo beli oatmeal bisa dicoba nih. Btw oatmeal sama susu beruang suka semua tuh saya 😀

  15. tomi says:

    wahh bisa jadi solusi pembersih wajah dengan biaya yang lebih murah nih mba.. coba saya info ke istri sapa tahu mau coba juga luluran pake Quaker Oatmeal hehee.. Saya dulu sering konsumsi oatmeal trus lama-lama bosen dan ngerasa enek wkwkwk

  16. Yati Rachmat says:

    Aaah, mau ikutan karena ada persediaannya di rmh anak bunda. Tp kali hrs rajin ya. Huhuhu…ninik2 ikutan aja nih.

  17. Liza says:

    oatmeal ini memang multifungsi yang mbak, kalau anak lagi demam juga ampuh kalau diolesin oatmeal plus air gitu

  18. lendyagasshi says:

    Kangeeen sama teh Rani.
    Nonton video teteh jadi ingat ngobrol sama teteh panjang lebar tentang perkembangan anak.

    Inspiratif niih..
    Bikin aah~

    Biar ketularan cantik kaya teh Rani.

  19. Nova Violita says:

    Oh iya..aku pernah buat maskeran pake quaker.., tekstur yang kasar dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati tapi tidak bikin iritasi…

  20. aku baru tau loh.. Ternyata oatmeal selain buat menu makan sehat, tapi juga bisa buat perawatan kulit.

    Jadi penasaran sensasi luluran pake oatmeal. Ntar aku cobalah di rumah

  21. Ohhh gitu toh,, brrti gak usah beli lagi ya mbak, bisa bikin sendiri dirumah… Memang terkadang sih masih mencoba beberapa merk untuk melihat yang aman sih yang paling cocok untuk kulit, mer ini kadang cocok tapi 3 kemudian malah muncul jerawat, make yang itu terkadang baru 1 hari udah kering,, hahaha

  22. Mildaini says:

    Saat dilukutkan jangan lupa dicicpi dulu ya Mba. Apa rasanya…kalo pun enak terusin ajah, hihihi. Penemuan baru yaa

  23. indah nuria says:

    rasanya anak ya Mba? Kebayang aku seperti scrub gituuu ya Karena memang teksturnya kasar. Mau aaah coba nanti 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *