Double Cleansing atau Triple Cleansing, Mana Yang Lebih Efektif?

Double Cleansing atau Triple Cleansing, Mana Yang Lebih Efektif?  Menurut saya dua-duanya efektif dalam membersihkan kulit wajah. Oh iya, sebenarnya saya baru beberapa bulan terakhir ini tahu istilah double cleansing, gara-garanya rajin mantengin Female Daily. Bagi yang belum tahu tentang double cleansing, ini merupakan membersihkan wajah dengan dua tahap yaitu first cleansing dan second cleansing.  Sebelumnya saya abai dalam membersihkan kulit wajah. Saya pikir rajin mencuci wajah setiap malam itu sudah cukup membersihkan kulit wajah. Ternyata,  itu salah, karena sisa-sisa kotoran masih banyak yang suka sembunyi di dalam pori-pori kulit wajah. Makanya mudah banget khn muncul komedo dan bahkan jerawat karena memang kulit wajah kurang maksimal dalam tahap pembersihannya. Bahkan, sisa kotoran yang menyumbat pori-pori akanmengakibatkan kurang maksimalnya produk skincare seperti serum dan krim malam. Sayang khan sudah beli serum mahal-mahal, eh hasilnya kurang maksimal.

Double cleansing menjadi tahap dasar untuk mendapatkan kulit yang sehat. Konsep dari double cleansing yaitu mengangkat make up, minyak berlebih, debu atau kotoran yang menempel di kulit wajah.  Kemudian, kulit wajah yang sudah bebas dari make up dibersihkan kembali hingga benar-benar bersih.

Sebenarnya double cleansing dan triple cleansing ini sudah dilakukan oleh banyak beauty enthusias. Saya aja yang telat dapetin infonya. Maklumlah, baru sekarang saya suka mengurus-urus kulit wajah. Setelah sadar usia terus bertambah dan penuaan dini terus mengintai kesehatan kulit wajah.

Produk yang digunakan

Untuk membersihkan kulit wajah tentunya kita membutuhkan produk-produk pembersih wajah seperti milk cleanser, oil cleanser, balm cleanser, micellar water, dan sabun wajah. Nah, untuk melakukan double cleanser,  kita menggunakan produk-produk yang bisa digunakan untuk first cleanser dan second cleanser.

First Cleanser

Kita bisa menggunakan produk pembersih wajah seperti milk cleanser,oil cleanser, balm cleanser, dan micellar celansing water.

Milk Cleanser

Produk pembersih wajah dengan bahan dasar susu ini sudah sangat populer menjadi produk pembersih wajah. Biasanya milk cleanser selalu dipasangkan dengan toner. Di mana ada milk cleanser di situ ada toner.  Sudah banyak produk milk cleanser di pasaran. Bahkan, saya pernah mencoba membuat milk cleanser sendiri, dengan bahan dasar susu dan ketimun.

Oil cleanser

Nah, kalau ini pembersih wajah berbentuk oil alias minyak. Produk oil cleanser memang belum banyak dibuat oleh perusahaan kosmetik lokal. Tidak banyak merek oil cleanser yang bisa direkomendasikan. Yang saya tahu baru ada 3 oil cleanser yang mudah ditemukan di drugstore yaitu Biore Cleansing Oil, Hada Labo Gokujyun Cleansing Oil, dan Emina Oil Cleanser. Saya sendiri pakai Emina Traceless Oil Cleanser karena menurut saya ini ini produk lokal sehingga mudah ditemukan di counter emina atau drugstore dan harganya pun terjangkau.

Balm Cleanser

Nah kalau balm cleanser jujur saya belum pernah pakai karena memang agak jarang ditemukan untuk merek lokal. Namun katanya balm cleanser ini sejenis pembersih berbentuk padat yang akan lumer menjadi oil ketika bersentuhan dengan kulit. Produk balm cleanser yang bisa ditemukan dengan mudah yaitu balm oil dari The Body Shop. Sayangnya, toko The Body Shop hanya aja di kota-kota besar. Bagi saya yang sekarang tinggal di kota kecil tentunya akan sulit menemukan balm dari The Body Shop, kecuali beli secara online. Selain itu, harga balm oil agak cukup tinggi jika dibandingkan dengan pembersih lainnya.

Micellar Water

Nah, pembersih jenis micellar water ini lagi banyak digandrungi oleh para perempuan. Harganya terjangkau, ukuran botolnya besar, sangat ringan di kulit, berasa diusap air, membuat produk ini menjadi sangat ngeheits.  Ada banyak merek mcella water, baik produk lokal maupun produk luar, dengan berbagai varian harga. Produk micellar water mudah ditemukan di mini market, supermarket, dan drugstore. Saya sendiri menggunakan micellar water merek lokal yaitu Ovale Micellar Cleansing Water.

Semua produk pembersih wajah di atas bisa digunakan pada tahap first cleanser pada metode pembersihan wajah secara double cleansing.

Second Cleansing

Nah ini merupakan tahap pembersihan kulit wajah yang sudah bebas make up. Pada second cleansing ini kita menggunakan sabun wajah yang cocok dengan jenis kulit kita. Kita bisa mengunakan face wash bagi kulit berminyak, dan kulit kering menggunakan face foam.

Kapan dilakukan?

Double cleansing sebaiknya setiap malam menjelan tidur, sebelum menggunakan serum dan krim malam. Sebelum tidur, sebaknya wajah dalam keadaan bersih dan kulit yang bersih akan mmaksimalkan penyerapan skincare. Biarkan skincare bekerja dengan maksimal saat kita tidur.

Triple Cleanser

Selain double cleanser, ternyata agar hasil pembersihan kulit lebih maksimal, kita juga bisa melakukan triple cleanser, yaitu membersihkan wajah dengan tiga tahap pembersihan kulit. Dengan melakukan metode ini, maka kita melakukan pembersihan kulit selangkah lebih bersih lagi

Tahap pertama

Pada tahap ini pijat wajah dengan gerakan memutar dengan menggunakan oil cleanser. Kita juga bisa menggunakan VCO atau Virgin Coconut Oil. Namun, saat ini produk oil cleanser khusus pembersih wajah sudah ada di pasaran. Saya sendiri menggunakan Emina Traceless Oil Cleanser. Saya sudah menggunakannya sekitar 2 minggu, dan rasanya kulit wajah lebih bersih, lembut, dan lembab. Teksturnya seperti minyak bening dengan wangi yang samar. Kelebihan dari oil cleanser dapat membersihkan make up waterproof, tidak meninggalkan rasa licin, harganya cukup affordable.

Pada tahap ini, oleskan minyak di tiga area utama yaitu area kening, area mata (penggunaan eyeshadow, maskara, dan eyeliner perlu dibersihkan dengan saksama), area bibir, dan lalu menyebar ke sekitarnya seperti dagu dan pipi. Pijat dengan lembut dengan gerakan melingkar.

Setelah itu usap dengan waslap.

Tahap Kedua

Tahap kedua, wajah sudah terasa bersih namun ternyata perlu dilakukan pembersihan lagi dengan menggunakan micellar water. Ternyata, saat saya membersihkan wajah pada tahap kedua ini, masih ada sisa kotoran yang terangkat oleh micellar water. Waduh, ternyata memang kulit perlu dibersihkan lagi karena masih ada sisa kotoran.

.

Tahap Ketiga

Pada tahap ketiga ini, kulitharus benar-benar dipastikan telah bersih dengan membersihkan menggunakan sabun wajah.

Pendapat saya

Saya baru melakukan double cleansing selama dua bulan dan hasilnya memang beda. Kulit terasa lebih sehat, lembab, dan bersih. Lalu saya pun melakukan tahap selanjutnya yaitu menggunakan cara triple cleansing. Cara ini baru saya lakukan sekitar tiga hari, tapi memang kulit terasa benar-benar bersih dan lebih cerah. Mungkin ini memang dikarenakan serum dan krim malam yang saya gunakan sudah bekerja dengan maksimal.

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

60 Responses

  1. Kalo aku biasanya masih pake double cleansing aja, itupun kadang nggak rutin karena banyak malesnya hahaha 😀
    Harus mulai rajin nih membersihkan wajah, biar sehat. Semangat!

  2. gita siwi says:

    Nah gimana bisa dapat umur tua wajah muda nih hahaha aku biasanya bersihin wajah terus terakhir pakai pencuci wajah lagi. Serum memang efeknya baik ya ke wajah

  3. Okti Li says:

    Sebenarnya saya gak tahu menahu mending mana karena baik double cleansing maupun triple cleansing tidak pernah saya lakukan. Boro2 membersihkan punya alatnya aja enggak. Hahaha… Seringnya cuci muka malah sama air cucian beras hehehe

  4. Biasanya aku pakai double cleansing kak tapi itu kalau rajin lho kalau malas paling cuma pakai pembersih sama sabun muka aja haha.

  5. Annafi says:

    Saya paling double cleanser mba, kalau pakai oil cleanser riweh karena harus di lap dengan air hangat hihi

  6. Annafi says:

    Saya paling double cleanser mba, kalau pakai oil cleanser riweh karena harus di lap dengan air hangat, milk cleanser / micellar water + facial wash udah beres deh hahaha

  7. Berarti habis oil cleanser bisa pakai micellar water ya mba? Saya baru tau nih. Soalnya pernah denger soal micellar water tapi bingung pakainya habis apa hehehe. Lanjut sabun muka terakhir ya? Kalau toner biasanya sebelum sabun muka atau setelah ya mba?

  8. Fenni Bungsu says:

    Biasanya aku kenal double cleanser aja, eh ternyata sama Ovale lengkap yah bisa triple cleanser.

  9. Wah, banyak macem juga ya. Aku mah kedul. Jadinya gak tahu. Aku seringnya pake air putih aja. Atau paling bagus, ya pake sabun wajah. Duuuh… payah ya. 😀

  10. Double cleansing pernah. Triple pun pernah. Semuanya cuma rutin di awal2, setelah beberapa hari, udah kacau dan akhirnya blas gak pernah cleansing lagi. Sampe produknya udah buluk dan kadaluarsa. Duuh…

  11. Lidya says:

    ternyata namanya triple cleansing ya, aku sudah melakukkannya tiap hari tapi gak ngerti istilahnya. Awalnya coba-coba aja biar lebih bersih aja wajahnya

  12. Dwi Puspita says:

    Kalau aku pakai yg doble cleansing mbak…hehehe… tapi kadang juga malas buat bersihin wajah..wkwwkkw

  13. Mbak, kalau pakai double cleansing, sebetulnya perlu nggak sih kita bilas dulu pakai air? Saya sebetulnya malah hobi single cleansing. Eh, bener nggak ya istilahnya? Jadi yang sekali usap saja. Hehehe…

  14. Aku kalau pakai makeup tebel pasti triple cleansing hehehe. Kalau sehari-hari double cleansing aja pakai micellar water dan facial foam. Tapi memang jadi lebih bersih daripada cuman dibersihkan pakai facial foam 😀

  15. Ira Sufa says:

    wuoooo jadi kalau double cleansing hasilnya bisa lebih maksimal ya… hmm sepertinya ini warning biar saya jadi lebih rajin cleansing….

  16. Akarui Cha says:

    Sepertinya aku juga perlu sadar usia nih. Soalnya masih suka malas bersihin muka. Aku biasanya pake style double cleansing sih, tapi nggak sering.

    Duh nggak seringnya ini lho.

  17. huah teteh banyak yah macemnya ku ga tau malahan wkwkwk PR banget buat dapetin wajah mulus sehalus teteh Bella ;p

  18. saya sampai triple cleansing..ribet sih..tapi ngerasa lebih bersih..jadi tetep aja dijalanin

  19. Mungkin bagi perempuan mungkin penting banget ngebersihin wajah karena sering menggunakan make up. Aku pun wajib sih ngebersihin muka walaupun cuman pak sabun pembersih aja, biar ngga jerawatan

  20. Oalah, ternyata VCO bisa dipakai sebagai cleanser to? Saya punya, tapi cuma diminum sesekali aja.. besok nyoba bersihin wajah pake VCO ah, belum punya Emina Traceless Oil Cleanser soalnya.

  21. Jiah says:

    Aku masih pakai dua tahap dan itu kadang males, hahaha. Kelly produk hits dari zaman dahulu kala

  22. sri untari says:

    oh sayangnya aku tak telaten babarblas. Biasa bersihin wajah 1x aja pake aloe gel. Tapi seminggu sekali dipobling. Untunglah wajahku ga rewel

  23. rizka edmanda says:

    kalau saya lebih senang micellar water, tapi kalau lagi makeup tebal pasti triple cleansing karna memang kunci skincare itu ada di teknik cleansing

  24. Yoanna Fayza says:

    Aku lagi berusaha rutin triple cleansing, kalo buat muka berminyak & acne prone rasanya lebih bersih

  25. Indah Nuria says:

    Aku udah cobain semua mba.. dan memang yg triple lebih bersih. Cuma suka maleees hehehe

  26. siti hairul says:

    aku suka pakai VCO udah dari zaman behula pakai VCO. Kebiasaan dari keluarga soalnya

  27. Tuty Queen says:

    aku pakai keduanya..kadang double cleanser kadang triple cleanser juga tergantung kondisi make up lagi tebal atau enggak 🙂

  28. Kalo saya kadang pake double kadang triple cleansing wekekke

  29. Diyanika says:

    Andalanku ini, Mbak, micellar water. Hihihi. Nyari yang simpel.

  30. Baru tahu teh ada dobel cleaning dan triple cleaning. Iya sama teh saya juga bersihkan cukup aja dengan sabun wajah. Teryata harus dibersihkan lagi ya.

  31. Samaaa Mbak, saya juga kenal istilah istilah cleansing ini dari Female Daily, videonya Mbak Affi Assegaf yaaa? Toosss dulu 🙂
    Aku rajin nonton, tapi nggak rajin praktik ni. Kadang-kadang aja kalau sedang rajin double cleansing. Bawaannya sampai rumah pengen cepet-cepet aja mainan sama bocah….
    Makanya jadi kusam ya kulitku ini…. Makasi ya Mbak, tipsnya 🙂

  32. Ah Mbak, telaten sekali ya sampai tiga kali cleanser, saya juga baru tahu. Biasanya Saya cuman pakai pembersih wajah aja, makasih infonya

  33. April Hamsa says:

    Aku biasanya double cleansing aja mbak.
    Ternyata yang disarankan semain bersih pakai triple cleanseing makin baik yaaaa 😀

  34. Indri Noor says:

    Oh berarti selama ini aku pake yang double cleansing ya. Kayaknya musti kudu coba yang triple juga nih, biar makin kinclong kayak mba rani

  35. Inda Chakim says:

    Pengen punya yg micellar cleanser, kayaknya asyik nih kalau dibawa kemana2 . Nggak perlu nyarik kamar mandi kalau pgn bersihkan atau menyegarkan wajah

  36. Suwer, baru tahu tentang ini.
    Paling banter pakai facial foam doang, HAHAHA.
    Kalau lagi mood, sauna muka pakai uap air mendidih, setelah itu olesi day cream.
    Sesekali pakai masker juga.
    Tapi ritual malam rutin, facial foam dan night cream.

  37. Hida says:

    Aku bersihin muka kadang double kadang triple mbak..hehehe klo pas cape banget ya double aja, tp kalo ngga bisa triple sekalian mandi trus bersihin lagi pake sabun muka.

  38. Wajah jadi putih bersinar ya kalau pakai ini lebih kinclong ya

  39. jalan2aisyah says:

    Wajah jadi putih bersinar ya kalau pakai ini lebih kinclong ya

  40. jalan2aisyah says:

    Wah, Wajah jadi putih bersinar ya kalau pakai ini lebih kinclong ya

  41. Eni Martini says:

    Sejak hamil gak pernah perawatan dan bersihin muka, setelah paska lahiran penhen juga coba ini. Aoalagi usia sudah kepala 4.

  42. Ooww baru ngerti ada tiga tahap gini mba. Yg oil cleanser aku nda pernah melakukan nih. Biasanya cuma pake micelar water aja lanjut cleansing foam. Mau cobain juga deh.

  43. Bersihin wajah aku kok masih pake sabun wajah doak ya mba hehe
    Pernah mau cara triple kayak gitu. Tapi takut ntar sensitif dan malah keluar merah2.
    Hl

  44. Zia says:

    Asyik banget ini sharingnya teh. Aku perlu pengetahuan memang masalah skincare atau perawatan. Makasih ilmunya ya. Hehehe

  45. Ida Tahmidah says:

    Wah mantaps tRani…nanti klo ketemu makin kinclong aja aja..hehe

  46. Milda Ini says:

    Aku ga paham kak. Baru ngeh juga istilah beginian…hahahaha. ma kasih bgt infohnya

  47. diane says:

    wah penting nih buat dicoba.. biar proses perawatan lainnya bisa bekerja dengan baik juga ya. Sabun muka Kelly masih ada ya.. hehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *