Eksplorasi Wisata Alam Sukabumi Bagian dari Wonderful Indonesia

“The most beautiful in the world is, of course, the world itself.” – Wallace Stevens.

Pernahkah tebersit rasa iri saat melihat teman-teman sedang traveling ke tempat wisata yang indah naneksotis? Sebagai ibu dengan kegiatan sehari-hari hanya urusan dapur dan sumur, tentunya terkadang muncul keinginan traveling ke tempat indah, foto-foto syantik. Lalu lirik bocah-bocah yang ngeganduli, pupus sudah impian tersebut. Memiliki dua bocah balita tentu membuat saya tidak bisa melakukan traveling kece seperti teman-teman di media sosial. Pilihan saya tentunya hanya tempat-tempat yang dekat dengan tempat tinggal. Tapi heeey, jangan salah, ternyata menemukan keindahan tidak harus melangkah jauh dengan meninggalkan anak-anak. Keindahan itu ada di sekitar kita, seperti kutipan Wallace  Stevens di atas. Apalagi sesungguhnya saya sudah tinggal di sebuah tempat yang sudah dianugerahi keindahan alam. Kenapa tidak saya eksplorasi wisata alam Sukabumi bagian dari Wonderful Indonesia. Bukankah Sukabumi juga bagian dari negara Indonesia yang memiliki keindahan alam yang mesti dieksplorasi?

Udara dingin memang sudah menjadi bagian dari denyut nadi kota ini. Pagi hari akan disambut udara dingin yang membuat siapa pun ingin menarik selimut kembali. Tapi sayang khan jika harus melewatkan keindahan alam yang ada di luar dan hanya bergumul di balik selimut. Sekarang waktunya untuk keluar dan menikmati keindahan yang ada di sekitar. Wisata alam apa saja nih yang ada di Sukabumi dan bisa dieksplorasi keindahannya?

Situ Gunung Sukabumi

Menginjakkan kaki di Situ Gunung Sukabumi, kita akan disuguhi pemandangan danau yang dikelilingi pohon pinus yang berada di lereng gunung gede pangrango. Kita bisa mengambil foto saat sunrise atau sunset di sana sehingga bisa menangkap momen indah melalui lensa kamera. Untuk bisa menikmati pemandangan indah di Danau Situ Gunung, pengunjung ckup berjalan sekitar 20 menit dari pintu masuk. Perjalanan tidak terasa melelahkan karena kita akan disuguhi pemandangan hijau yang menyejukkan mata dan menyegarkan pikiran. Udara sejuk pun menambah semangat untuk berjalan cepat hingga tiba di tujuan.

Selain Danau Situ Gunung, rasanya kurang lengkap jika tidak melangkahkan kaki ke Curug Sawer. Untuk bisa mencapai air terun Curug Sawer, kita akan melewati jembatan gantung sepanjang 240 meter yang sekarang menjadi tempat hits untuk foto-foto syantik. Tiba di Curug Sawer, kita akan melihat keindahan air terjun dengan air derasnya. Pengunjung pun bisa sekadar bermain air di tepian.

Pondok Halimun Sukabumi

Berkemah merupakan aktivitas seru menginap di tengah alam terbuka dengan menggunakan tenda. Aktivitas berkemah biasanya dilakukan di tempat-tempat yang memang memiliki keindahan alam sehingga saat berkemah kita bisa sambil menikmati suasana alam yang masih asri dan udara dingin yang menggigit tulang. Tempat berkemah yang cukup populer di Sukabumi yaitu Pondok Halimun atau disingkat PH.

Pondok Halimun berada di perbatasan Desa Perbawati dan Desa Sudajaya Girang, Kecamatan Sukabumi. Jarak yang ditempuh untuk mencapai lokasi wisata alam ini sekitar 12 km ke arah utara dari Kota Sukabumi. Jalanan berkelok dengan pemandangan perkebunan teh akan kita nikmati saat akan mencapai tempat wisata ini. Sebaiknya siapkan jaket agak tebal karena memang udara di sana sangat dingin. Pada pagi hari, kita akan melihat pemandangan alam yang diselimuti kabut tebal. Pantas saja tempat ini dinamai pondok halimun karena memang kabut tebal sering menghadang pada pagi hari atau pun agak sore. Halimun merupakan bahasa Sunda yang artinya kabut.

Saat memasuki bumi perkemahan Pondok Halimun, kita akan mendengar gemericik air sungai yang membuat kita ingin segera melihatnya. Kita pun disambut pemandangan indah air sungai jernih mengalir di antara bebatuan.

Pemandian Air Panas Cikundul

Wisata alam Sukabumi itu kaya, tidak hanya menyajikan wisata alam dengan udara sejuk yang menenangkan. Di Sukabumi pun terdapat wisata alam pemandian air panas Cikundul. Di tempat tersebut kita bisa relaksasi dan menyegarkan tubuh serta pikiran setelah penat dengan aktivitas harian yang padat. Lokasinya tidak jauh dari pusa kota Sukabumi sekitar 7 km ke arah selatan Kota Sukabumi. Tempat pemandian air panas ini terletak di pinggir Sungai Cimandiri. Pengunjung yang datang ke tempat ini biasanya dengan tujuan untuk pengobatan karena memang pemandian air panas Cikundul dikenal sebagai tempat terapi dan perawatan pasca pengobatan.

Di sana juga terdapat Pasar Cikundul yang menyajikan aneka macam barang unik, jajanan khas Sukabumi, tempat cantik untuk foto-foto instragamable.

Pantai Pelabuhan Ratu

Eksplorasi wisata alam Sukabumi tidak akan lengkap jika belum eksplorasi wisata pantainya. Pantai Pelabuhan Ratu merupakan pantai Selatan yang banyak menarik minat pengunjung. Pantai yang terkenal dengan gulungan ombaknya yang besar dan konon sering memakan korban ini tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi cerita mistis Nyi Roro Kidul menambah daya tarik  pantai indah ini.

Salah satu pantai terkenal di Pelabuhan Ratu yaitu Pantai Karang Hawu. Di pantai ini terdapat sebuah karang yang menjorok ke laut dan berlubang di beberapa bagian dan bentuk seperti tungku (hawu dalam bahasa Sunda).

Keindahan Pantai Karang Hawu tidak lepas dari mitos petilasan Nyi Roro Kidul. Konon kabarnya, di sana menjadi tempat favorit Ratu Penguasa Pantai Selatan tersebut.

Geopark Ciletuh

Dari Pelabuhan Ratu, rasanya tidak akan lengkap jika tidak meneruskan eksplorasi ke Geopark Ciletuh. Tempat wisata alam yang akhir-akhir ini menjadi sangat hits ini memang menyajikan wisata alam yang menakjubkan hingga Unesco pun mengakuinya sebagai  UNESCO Global Geopark (UGG). Geopark Ciletuh terbagi menjadi tiga area yaitu Geoarea Ciletuh, Geoarea Simpenan, Geoarea Cislok. Di sana terdapat 50 objek wisata alam yang bisa dinikmati, di antaranya 9 curug di antara tebing-tebing. Di sana juga terdapat situs konservasi berupa hutan primer dan sekunder, di antaranya Cagar Alam Cibanteng dan Konservasi Penyu Hijau. Pantai cantik juga menjadi daya tarik dari Geopark Ciletuh yang membuat siapa pun ingin mengeksplorasi tempat wisata alam ini.

Ekplorasi wisata alam Sukabumi memang menjadi bagian Wonderful Indonesia menunjukkan banyak keindahan alam Indonesia yang bisa dinikmati. Artikel ini diturutsertakan dalam Wonderful Indonesia Blog Competition. Teman-teman juga bisa ikut berpartisipasi pada Wonderful Blog Competition. Info lengkap di sini.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

24 Responses

  1. Pantainya cantik banget ya di Geopark Ciletuh itu, terlihat bersih.
    Kadang miris juga kalo liat pantai yg kotor dengan sampah2.

  2. Lidya says:

    Aku ke Pantai Pelabuhan Ratu waktu jaman SD hehehe udah lama banget ya. Pasti udah banyka perbahannya ya skr

  3. Siti Faridah says:

    Banyak juga ya tempat wisata menarik di Sukabumi. Seketika aku teringat teman sekaligus tetangga saya yang pernah tinggal lumayan lama di Sukabumi.

  4. Mechta says:

    Aiih…cakep2 yah wisata di Sukabumi.. Semoga suatu saat bisa langsung menikmati.keindahannya.. Oya, semoga sukses di lomba ini ya..

  5. Noe says:

    Kalo baca artikel ttg obyek wisata lokal yg ditulis oleh penduduk sentempat gini bikin aku mikir, udah berapa banyak ya tmp wisata di daerahku yg udh aku promosikan. Heuheu

  6. Rani R Tyas says:

    Baru tahu aku kalau Pelabuhan Ratu ada di Sukabumi, Teh
    Sukabumi banyak pisan ya yang bisa dieksplor.

  7. Dawiah says:

    Baru tahu kalau di Sukabumi banyak juga destinasi wisatanya. Indonesia memang wonderful.

  8. Aku baru tau teh kalau Sukabumi menyimpan tempat wonderful hehehe semogalah bisa kesana deket pan dari Cimahi mah 🙂

  9. Indah Nuria says:

    ini kampung mamaku lhooo..aku tapi élûmes pernah main ke Geoparks yang disampaikan di sini..keren-kereeen Mba tempatnya.

  10. Banyak juga ya, tempat wisata di Sukabumi. Selama ini yang paling terkenal itu Pantai Pelabuhan Ratu. Saya penasaran dengan Geopark Ciletuh, deh…pengen ke sana sekali-kali mah.

  11. Aku belum pernah euy ke Sukabumi,, ajak-ajak aku lah kalau kesana teh hehe. Nah Pelabuhan Ratu ini nih yang pengen banget aku kunjungi dari kecil tapi belum juga kesampaian, semoga saja ya bisa secepatnay kesana.

  12. Tuty Queen says:

    Senang deh kalau baca artikel wisata di Indonesia punya teman-teman blogger, soalnya jadi nambah referensi dan jadi tahu kalau masih banyak destinasi wisata di Indonesia yang belum pernah aku lihat dan dengar 🙂

  13. Saya belum pernah ke Sukabumi. Tapi saya tau kalo alamnya sejuk dan indah dari sinetron Halimun di RCTI dulu, kalo gak salah..

  14. Pernah ada masa di mana saya sampai bosan ke Situ Gunung. Tiap kali camping di Tanakita, sering main ke danaunya. Sekarang malah kangen pengen ke sana lagi. Termasuk ke Curug Sawer

  15. Mugniar says:

    Lumayan banyak yang bisa dieksplorasi di Sukabumi ya, Mbak. Belum lagi tempat2 makannya ya

  16. Aku belum pernah ke Sukabumi. Ternyata banyak tempat wisata juga di sana ya. Dulu pernah diajak temen yang kampungnya di sana, tapi saya belum bisa ikut, karena waktunya yg gak pas.

  17. Ade anita says:

    waktu kecil aku bolak balik ke sukabumi. sering banget. karena dulu kakek angkatnya tinggal disana, di soreang

  18. Ade anita says:

    waktu kecil tiap kali ke soreang, sukabumi, aku pasti berusaha untuk mandi di sungainya yang berbatu-batu dan tidak dalam. airnya dingin dan bersih. Entah deh sekarang gimana

  19. Leyla says:

    Sukabumi itu justru jadi tempat tujuan wisata orang Jakarta nih. Semoga makin dikembangkan oleh dinas pariwisata setempat ya.

  20. lendyagasshi says:

    Suami kebetulan (lagi) sering bolak-balik Bandung-Sukabumi.
    Nanti kalo aku sama anak-anak ikutan, kopdar yuu teh…

    Penasaran sama Pelabuhan Ratu.
    Geopark Cileteuh…semuanyaa deeh….
    Hihii~

  21. April Hamsa says:

    Situ Gunung dan Situ Gintung itu dua tepat yang beda ya mbak? Krn dulu aku taunya Situ Gintung yang sempet longsor itu…
    Suamiku pengen ngajakin aku ke Sukabumi ntr pas liburan. enak bisa berrangkat dr Bogor tapi aku msh ragu di sana transportasi enak gk ya hehe

  22. Heni Puspita says:

    Masyaa Allah, Indonesia ini banyak banget tempat wisata yang indah-indah

  23. Aku pengin ke Geopark Ciletuh. Beberapa kali membaca postingan teman2 yang pada jalan2 ke sana. Envyyyy… kayaknya indah dan cocok buat menghabiskan liburan bareng anak2.

  24. Rahmah says:

    Jadi pengen nyebur aja ke Geopark Ciletuh
    Nanti aku masukkan ke bahan diskusi sama keluarga besar untuk liburan kali ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *