Family Staycation Bandung di Hotel Jayakarta

Family Staycation Bandung

Family Staycation Bandung di Hotel Jayakarta hari Rabu kemarin merupakan hadiah dari si ayah untuk kami bertiga. Tanpa disangka-sangka, hari Selasa malam, si ayah kirim pesan via WA. Isinya singkat dan padat seperti biasa.

“Siap-siap ya, siapin baju anak-anak kita ke Bandung”

Pesan singkat dan mendadak seperti ini sudah biasa. Jadinya sudah nggak kaget lagi. Padahal, hari Rabu tuh khan sebenarnya saya dapat jatah buat konsumsi untuk pembangunan masjid di komplek rumah. Namun, tentu saja isi pesan singkat dari suami tidak bisa dibantah. Akhirnya saya cari alternatif lain, yaitu meminta tetangga yang pintar masak untuk menyiapkan konsumsi berupa nasi bungkus, snack, dan kopi. Saya tinggal kasih uangnya. Untungnya sang tetangga menyanggupi, padahal saya minta bantuannya malam-malam. Duh, jadi nggak enak, merepotkan banget, tapi gimana lagi, ya.

Saya pun segera menyiapkan koper dan pakaian anak-anak. Saya menyiapkan beberapa stel pakaian, dan peralatan mandi.  Lalu, anak-anak disuruh cepat tidur setelah sebelumnya diberi tahu kalau besok akan diajak ke Bandung. Suami pulang setelah tengah malam, istirahat sebentar. Lalu, menjelang Subuh, saya membangunkan anak-anak, mengajak mereka mandi dan berganti pakaian. Setelah shalat Subuh, kami pun berangkat. Anak-anak tampak riang gembira karena akan diajak ke Bandung. Rasa kangen terhadap kota ini sudah membuncah di dada kami.

Pukul 09.00, kami tiba di Bandung. Si ayah mengajak kami ke Mc Donald Simpang Dago. Si ayah bertemu dan meeting dengan rekan kerjanya. Sementara saya dan anak-anak pesan menu kesukaan kami. Seperti biasa, anak-anak pesan paket happy meal dan es krim, sementara saya pesan paket ayam nasi. Eh anak-anak pengen nambah pesan burger.

Sekitar pukul 12.00 lebih, si ayah mengajak pergi.

“Kita cari penginapan, Bun, “ kata si ayah.

“Yang ada kolam renangnya,” pinta si sulung, Fathan. Awalnya, kami akan menginap di hotel Park Bandung. Lalu, buka traveloka, dan kami akhirnya memutuskan untuk family staycation Bandung di Hotel Jayakarta. Kenapa memilih di sana karena berdasarkan beberapa review yang dibaca, hotel bandung kolam renangnya oke banget. Jadi penasaran, khan.

Cukup 15 menit untuk tiba di hotel Jayakarta Bandung. Lokasinya yang ada di Jalan Dago, sangat strategis. Kami pun memasuki area parkir yang luas. Kami disambut petugas di lobi hotel. Lobi hotel Jayakarta sangat luas menurut saya. Oh iya, saya memesan kamar via traveloka dan ternyata memang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan memesan langsung di hotel. Setelah check ini, kami langsung masuk ke kamar yang ada di lantai 3. Fathan sudah nggak sabar ingin berenang, tapi saya belum siap, masih capek, lagian cuaca masih panas. Jadi, saya menyarankan untuk berenang sore hari.

Family Staycation Bandung

Kami pun menikmati fasilitas yang disediakan di kamar hotel jayakarta. Dua tempat tidur, tayangan televisi, kamar mandi dengan bathtub, lemari penyimpanan, kulkas, dan free wifi. Saya langsung leyeh-leyeh di kasur, suami sibuk kerja di kursi, Fathan main game, dan si kecil Fakhira sibuk loncat-loncat. Lalu, Fathan pengen nelp ateu-nya yang ada di Lembang. Ternyata, Ateu Nova lagi jalan-jalan di Ciwalk. Tadinya kami mau nyusul ke Ciwalk, tapi ternyata jalanan macet dan si ayah ada pekerjaan, akhirnya kami pun batal ke Ciwalk. Padahal kangen juga sih jalan-jalan di Ciwalk, tapi kebayang macet dan pasti di sana susah cari parkiran juga. Baiklah, sekarang mah mending cemal-cemil aja di kamar hotel. Sambil menikmati Family Staycation Bandung di Hotel Jayakarta.

Kalau ke Bandung rasanya kurang afdol kalau tidak jelajah kuliner. Ada beberapa kuliner yang kami kangeni. Di antaranya gado-gado tengku angkasa Bandung. Duh kangen banget dengan kelezatannya. Berhubung, si ayah masih sibuk, akhirnya saya pesan via gofood. Hiks, sayangnya kami belum jodoh menikmati kelezatan gado-gado tengku angkasa karena sudah habis. Akhirnya si ayah janji kalau nanti malam akan mengajak kami ke Jalan Setia Budhi, Bandung. Ada beberapa tempat kuliner di sana yang pengen dinikmati, salah satunya surabi Bandung.

Sorenya, saya menunaikan janji pada anak-anak untuk mengajak mereka berenang. Hotel Jayakarta Bandung kolam renangnya memang benar-benar keren. Didesain dengan indah di tengah-tengah taman. Kolam renangnya besar dan ada kolam renang untuk anak-anak juga. Selain kolam renang, ada playground dan area main pasir juga. Jadi serasa main di pantai, deh. Family Staycation Bandung di Hotel Jayakarta benar-benar asyik, deh, menurut saya. Fasilitasnya lengkap membuat kami bisa betah menghabiskan waktu di hotel tanpa harus keluar hotel.

1. Family Staycation Bandung

Sehabis maghrib, perut kami keroncongan. Lalu kami kangen dengan nasi goreng mafia yang ada di Jalan Dipatiukur. Sayangnya, pekerjaan si ayah belum selesai, dan kami pun pasti akan kelaparan di jalan. Saya pun pesan via gofood. Alhamdulillah, malam itu, kami bisa menikmati nasi goreng kambing dan nasi goreng gengster dari nasi goreng mafia. Duh, ngidamnya terlaksana, deh. Menghabiskan waktu bersama di kamar hotel ternyata menyenangkan juga, bersantai, leyeh-leyeh, pesan makanan, makan bersama, nonton bersama. Benar-benar family staycation Bandung, deh.

Family Staycation Bandung

Saya pun menagih janji si ayah untuk jalan keluar. Sayangnya, pukul 08.00, anak-anak udah kecapekan. Fakhira pun tidur. Yaaah, nggak jadi dong, menikmati lezatnya surabi dengan aneka toping. Si ayah pun mengusulkan untuk pesan gofood lagi. Saya pun pesan surabi Bandung, dengan beberapa rasa, ada surabi rasa telur mayonaise, keju susu, keju susu coklat, surabi pisang susu, dan tidak ketinggalan surabi oncom.

Pukul 09.30, pesanan datang dengan sedikit drama yaitu mamang gojek menyelesaikan orderan sementara orderan belum saya terima langsung. Ternyata si mamang gojek menitipkan orderan ke resepsionis, huhuhu hampir saja tidak bisa menikmati surabi dalam keadaan hangat.

Fakhira sudah terlelap dalam tidurnya, Fathan masih asyik dengan permainannya, si ayah keliatannya udah capek juga. Sebelum tidur minta bars terlebih dahulu. Baiklah, saya pun bars si ayah, dia pun langsung teler. Saya pun ajak tidur Fathan, dan malam itu, kami berempat tidur dengan nyenyak. Benar-benar Family Staycation Bandung di Hotel Jayakarta karena seharian tidak keluar kamar.

Sebelum adzan Subuh berkumandang, saya bangun tidur sengan badan dan pikiran yang segar. Segera mengambil air wudhu dan melaksanakan shalat Subuh. Untungnya ada tanda kiblat di langit-langit kamar, jadi saya tidak harus ke mushola hotel untuk melaksanakan shalat. Pukul 06.00 pagi membangunkan anak-anak, mengajak mereka mandi dan bersiap untuk menikmati sarapan.

Pukul 07.00, kami pun siap dan turun ke area makan yang berada di lantai dasar, dekat kolam renang. Lihat kolam renang, Fathan langsung ingin berenang lagi, tapi saya ajak saya isi dulu perutnya. Anak-anak pun semangat memilih menu kesukaan mereka untuk sarapan. Awalnya mereka memilih lontong sayur, ternyata rasanya pedas. Lalu, Fakhira memilih sarapan sereal dan susu. Fathan memilih sarapan roti oles selai kacang. Senang sekali mereka sangat antusias menikmati sarapan mereka. Anak-anak pun belajar percaya diri mengambil makanan dan minuman sendiri.

Family Staycation Bandung

Sesekali saya membantu tangan-tangan kecil itu meraih tempat makan yang terlalu tinggi untuk mereka atau membawakan makanan dan minuman agar tidak tumpah. Menu sarapan di Hotel Jayakarta cukup banyak dan lengkap, selain menu nasi goreng dan lauk paiknya lengkap, terdapat aneka minuman jus, aneka roti, aneka kue, wedang, bubur kacang, bubur ayam, bubur ketan hitam, telur, sosis goreng, dan lain-lain. Tersedia juga aneka salad yang sangat segar. Wuih pokoknya komplet deh, makanya, puas banget family staycation Bandung di Hotel Jayakarta kali ini.  Kami sarapan tidak lama karena Fathan ingin segera berenang lagi. Saya pun bergegas mengganti pakaian mereka dengan baju renang. Sementara si ayah kembali ke kamar untuk melanjutkan pekerjaanya.

Pagi itu, kolam renang tampak lebih ramai daripada sebelumnya. Banyak keluarga juga yang family staycation Bandung di hotel ini dan menghabiskan waktu di kolam renang. Bahkan, Fathan sempat berkenalan dan bermain bersama teman-teman sebayanya yang berenang. Melihat Fathan percaya diri mengajak anak sebayanya kenalan dan saling mengobrol membuat saya lega dan yakin bisa melepas Fathan ke SD. Dia tampaknya sudah nyaman dengan dirinya dan percaya diri untuk mengenal teman baru. Menghabiskan waktu di tempat bertemunya banyak keluarga yang family staycation Bandung membuat anak-anak bisa bersosialisasi dan melatih kepercayaan dirinya.

Pukul 9.30 pagi, saya segera ajak anak-anak mandi dan berganti pakaian. Awalnya, kami akan checkout pukul 12.00 siang dan lanjut ke Lembang untuk main ke rumah Ateu-nya anak-anak. Tapi ternyata, kami mendapat kabar duka, ada saudara yang meninggal dunia tadi pagi di Garut. Sehingga si ayah segera mengajak kami ke Garut. Setelah beres-beres, kami pun menyudahi family staycation Bandung di Hotel Jayakarta dan segera checkout. Sebelum ke Garut, kami menjemput Ateu-nya anak-anak di Lembang, baru kemudian melanjutkan perjalanan ke Garut.

Alhamdulillah, anak-anak tampak sangat bahagia sudah menghabiskan waktu dan family staycation Bandung di Hotel Jayakarta. Ada beberapa hal positif yang kami rasakan selama menghabiskan waktu bersama, di antaranya:

1. Bonding antara anak-anak dan ayahnya makin dekat, maklum ayahnya bekerja di luar kota, dan kami LDR.
  2. Anak-anak bisa menemukan hal baru dan belajar banyak (seperti naik lift dan cara mengoperasikannya)
  3. Anak-anak belajar tertib di tempat umum (saat sarapan bersama di hotel)
  4. Anak-anak belajar percaya diri dan bersosialisasi saat bertemu dengan teman baru.
  5. Anak-anak makin percaya diri saat berada di tempat baru dan lingkungan baru.

Nah itulah, pengalaman kami, Family Staycation Bandung di Hotel Jayakarta. Bagaimana menurut teman-teman? Mengasyikkan, bukan?

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

41 Responses

1. Helena says:

go-food bener-bener jadi penyelamat yaa saat staycation.
    btw suka deh kalau ada playground dan kolam renang gede. Fitur wajib saat memilih tempat staycation.

2. Wah, seru banget nih sekeluarga bisa staycation. Ada kolam renangnya pula. Pasti suka nih anak-anak. Dan pasti kepengen sering2 jadinya ya 😀

3. Elly Nurul says:

Jadi kangen bandung akutuh.. setuju banget mba, staycation itu bisa dijadikan momen bonding antara orangtua dan anak.. dan memang anak-anak suka banget kalo diajak staycation, hotel keluarga yang menyediakan fasilitas bermain anak, ada kolam renangnya dan juga kamar luas selalu menjadi pilihan kami untuk staycation.. semoga next ke Bandung bisa merasakan menginap di hotel jayakarta ini

4. ZILQIAH says:

aku suka hotel yang ada playgroundnya juga
    jadi beneran pas buat family yang anak2 nya masih kecil ya
    heheheh

5. Mporatne says:

Wah asik sebelum bobo di bars dulu. Tambah relax tidur di hotel Jayakarta. Nyaman , bersih dan strategis

6. 5 hal positifnya bermanfaat banget bagi keluargs Teteh. Bahwa staycation pun sepadan bagi anak-anak, apalagi pesan kamar pakai aplikasi. Soal makanan bisa pesan lewat aplikasi pula. Mudah banget, ya.
    Hotel Jayakarta bikin saya mupeng, kolam renangnya itu dan menu sarapan jadi daya tarik. Tamu jadi betah.

7. Marfa says:

Hey kak aku bacanya sambil seneng gitu loh rasanya lega walaupun sehari, dan juga nanti ada tujuan buat beli nasi goreng mafia sama surabi bandungnya aww

8. Liburan singkat kayak staycation kayak gini emang menyenangkan ya. Sederhana tapi yang penting bisa quality time sama keluarga. Nanti aku juga mau kayak gini kalo udah nikah dan punya anak nanti. hihihi

9. Wah… gambar pertama saya langsung fokus ke foto si bapak nya hehehe. Hotelnya nyaman banget ya kak. sepertinya ukuran kamarnya juga luas. yang penting liburan singkat arus menyenangkan dan semua keluarga bahagia. Apalagi kalau udah berenang seharian, pasti puas banget …..

10. Nabilla DP says:

Steykesyen kalo ama anak2 emang jadi lebih spesial ya mba. Kudu lebih selektif juga cari fasilitas. Kalo aku juga bakal cari yg ada kolam renang ama mainannya hihihi

11. Boleh nih kapan-kapan kalau ke Bandung staycation di Hotel Jayakarta aja. Banyak fasilitas pendukung yang bisa dinikmati tamu ya, Kak. Oh ya, makanan di sana enak juga kah?

12. Mporatne says:

Wah enak nih malam malam makan yang hangat-hangat . Serabi dengan varian kekinian menghangatkan suasana hotel yang dingin , hotel Jayakarta

13. Ida Tahmidah says:

Sudah lama ga bs jalan2 nginep di hotel bareng anak2 komplit hehe..dua sdh ga bareng jd susah kumpul…

14. Indah nuria says:

Staycation will always be perfect for the whole family. We can have some quality time, enjoy the pool, and having a great laugh. Happy to see you enjoy your stay vacation

15. Lidya says:

Seneng pasti anak-anak kalau diajak staycation ya apalagi kalau ada kolam renangnya. Wah teh itu nasgornya coklat gitu manis ya kayanya?

16. lendyagasshi says:

Kyaa…
    Teteh nginepnya gak pas aku lagi olahraga.
    Aku ikutan club gym nya Jayakarta.
    Hehehe…assiik teh, ada zumba, yoga sama pilates.

Keknya tamu boleh ikutan…

• lendyagasshi says:

Kolamnya lucu yaa, teh…ada batu-batuannya..(apa pasir yaa…)
      Anak-anakku kalo aku olahraga suka juga ttuh…minta ngikut.
      Ntar beres aku olahraga, mereka nyemplung.
      Wkkwkw…

Oh ya,
      Tiap weekend, ada air terjunnya di kolam itu teh…
      Anak-anak makin gembira ria…
      Tapi airnya brrr….

17. dulu ak pernah ngineo di hotel jayakarta ini, enak memang walaupun hotel tua tapi masih bagus

18. wah Fathan udha mau SD lagi, perasaan dulu ketemu masih kecil, waktu nggak berasa berlalu demikian cepat ya teh

19. Diah says:

Seru banget ya Mbak.
    Bersantai tanpa pusing mikirin kerjaan rumah, secara sekarang semua udah bisa dipesan via online pun, gak usah repot keluar lagi. Bisa benar2 quality time dengan keluarga ya Mbak. Fasilitas hotelnya pun juga mendukung 🙂

20. Uniek Kaswarganti says:

Waahh senang sekali nih Fathan dan Fakhira diajakin staycation sama si ayah. Kalau jarang ketemu memang berasa rindu terus ya mba dengan ayahnya. Makanya pada seneng banget pas diajakin nginep bareng gini. Mana hotelnya juga nyaman kan yaaa… sayang ga sempet jalan2 menyusuri Bandung ya.

21. Natara says:

Kolam renang tuh fasilitas wajib deh kalo pas staycation bawa anak anak, jadi aku juga pasti cari hotel yang ada kolam renangnya mbak, hehehe

22. Staycation memang menyenangkan. Apalagi dg fasilitas selengkap di hotel Jayakarta ini. Harus fokus nikmatin semuanya. Ga sempat jalan2.

23. Diyanika says:

Mbak, anak-anak nggak protes ya, kok staycation, tapi ayah masih kerja dan kerja? Hihihi.

24. Mechta says:

Pengalaman staycation yg menyenangkan ya mba.. ikut nyatet hotelnya ah..kalau2 bisa mampir juga saat ke Bandung

25. Yoanna Fayza says:

memang paling seru ngajak anak-anak staycation, mereka kelihatan happy banget, dan ortunya juga bisa leyeh-leyeh seharian 🙂

26. Jiah says:

Asyiknya yang staycation!
    Itu kolam renang juga sepi. Kalau kaya gitu ya aku mau main2 di sana. Btw, Nasi Gorengnya kelihatan hitam banget ya

27. Rachmanita says:

Seneng banget bisa staycation di hotel sekeren ini ya dibandung.. Bersama keluarga pula..

28. Aku noted dulu mba penginapan di bandung ini kayanya asyik banget nih nginep disana kamarnya nyaman terus ada arena bermain untuk anak anak lagi

29. omith says:

menurut gw hotel ini vintages banget ya, dan lokasinya itu loh deket juga ke dago atas. Waktu kemarin Tahura juga banyak yg staycation di Jayakarta ini. Mayan deket ke Tahura lokasi race, naik gojek jg cm ceban hihi.

30. April Hamsa says:

Kalau bawa anak2 aku jg milihnya yang ada kolam renang 😀 Plus ada playgroundnya gtu ya mbak.

31. April Hamsa says:

Oalah ayahnya anak2 di luarb kota to, pastinya anak2 hepi banget ya bisa qualty time sama ortu terutama ayahnya 😀 .

32. aduh aku jadi kangen sama nasgor mafia nih, inget jaman kuliah dulu hihi

33. Hatta Shani says:

Staycation bareng keluarga gini pastinya seru ya mbak 🙂 jadi kangen pengen jalan-jalan terus nginep di bandung

34. Grandys says:

Enaknya staycation bisa sambil d bars juga nih mbaa. Ak juga kangen banget sm surabi setia budhi yg oncom memang endolita! Pankapan pengen deh staycation di Jayakarta ini

35. Anak-anak jadi betah staycationnya yah mbak
    Bisa buas berenang dan bermain, mana fasilitas di Hotel Jayakarta juga oke banget buat keluarga nih heheee

36. Suzannita says:

Aku jadi kangen ke Bandung lagi terakhir tahun lalu aku main ke Bandung waktu ikut Bandung Marathon ya

37. asik nih staycation. Sama kayak neng Marwah nih kalau staycation milih yang ada kolam renangnya

38. wah jayakarta, di jogja juga ada, tapi kayaknya di tiap kota beda-beda yah fasilitas dan kenyamanannya mungkin hanya namanya aja yang sama hehe

39. Lily Kanaya says:

Sekarang kalo nginep pertimbangan pertama adalah fasilitas buat anak seperti kolam renang dan playground, totally kudu main ke sini nanti kalo mampir ke Bandung 🙂

40. Nova Violita says:

Seru banget bisa stay cation di hotel..bisa seseruan bareng anak…yah nyenengin hati anak..lah..minimal..berenang..makan..main.play ground..