Happiness Management, Satu Langkah Menciptakan Kebahagiaan

Happiness Management, Satu Langkah Menciptakan Kebahagiaan

Happiness Management, Satu Langkah Menciptakan Kebahagiaan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bahagia merupakan keadaan atau perasaan senang dan tenteram bebas dari segala yang menyusahkan. Sementara ‘kebahagiaan’ artinya kesenangan dan ketenteraman hidup (lahir batin); keberuntungan; ‘kemujuran yang bersifat lahir batin. Dari kedua definisi tersebut tampak arti bahagia adalah sesuatu yang menyenangkan untuk dijalani. Oleh karenanya banyak orang yang memiliki cita-cita mencapai kebahagiaan. Walaupun pada dasarnya kebahagiaan bagi setiap orang tentunya berbeda. Ada orang yang merasa bahagia hanya karena bisa berkumpul dengan keluarganya, ada juga orang yang mengukur kebahagiaan dari segi pencapaian prestasi, dan masih banyak lagi ukuran kebahagiaan yang berbeda. Namun pada dasarnya, saat manusia menghirup napas dan melangkahkan kaki tentu jauh dalam dirinya mengharapkan kebahagiaan dalam hidupnya. Begitu pun dengan saya.

Baca Juga: Tips Pipi Gembil Menjadi Tirus

Dulu saya berprasangka, saya akan merasa bahagia jika menikah. Setelah menikah apakah saya bahagia? Lalu, saya berpikir tentunya saya akan bahagia jika memiliki buah hati? Apakah setelah memilikinya saya bahagia? Aah, pada saat itu saya masih mengukur kebahagiaan dari pencapaian dan apa kata lingkungan. Saya termasuk jenis orang yang mudah terganggu dengan lingkungan, dengan anggapan orang lain, dan mengikuti standar masyarakat. Setelah saya mengikuti semua standar itu apakah saya bahagia?

Setelah menyelam jauh ke dalam, ternyata itu semua bukanlah ukuran bahagia. Memiliki kendaraan roda empat, bisa memiliki  gawai canggih, bisa memakai pakaian bagus, apakah saya bahagia? Ternyata saya bahagia saat menonton drama korea, wkwkwkw…semu, bukan?

Saat berusia 35 tahun, saya mulai me-review ulang hidup saya. Kenapa saya merasa hidup itu begitu ruwet, begitu sempit. Saya pun mulai mencari cara menciptakan kebahagiaan. Saya mulai mencari cara agar bisa berbahagia karena jika saya tidak bahagia, bagaimana anak-anak saya bisa bahagia? Saya coba mempraktekkan setiap teori, ilmu yang saya temui? Apakah berhasil? Kadang berhasil kadang tidak, mungkin karena belum menemukan cara yang tepat. Hingga ujian-ujian terus datang bertubi-tubi. Ujian yang tentu saja menggoyahkan hati dan seringkali membuat saya tergelincir melakukan kesalahan yang berulang-ulang. Ketidakmampuan mengelola emosi saat merasa beban begitu berat menghimpit, saat hati terasa sempit karena gencetan-gencetan dari berbagai sisi membuat hati begitu rapuh dan selalu muncul keinginan untuk berhenti. Entah berhenti di mana. Hanya kelelahan seringkali begitu menggayut membuat diri ini terasa hampa. Itu saya beberapa bulan yang lalu sebelum mengikuti program Happiness Management dari DF Clinic.

Baca Juga: Wajah Tirus Plus Tidak Berkerut Berkat Perawatan RF

Saya tahu kebahagiaan itu dari dalam dan memang harus diciptakan. Namun, saya tidak tahu bagaimana menciptakannya sehingga yang muncul ke permukaan hanya perasaan tidak nyaman dan stress. Stress merupakan gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan itu muncul dari kegagalan diri dalam memenuhi kebutuhan atau keingian. Tekanan itu bisa berasal dari dalam diri atau luar diri. Kalau dari kasus saya tekanan berasal dari luar diri namun begitu berpengaruh ke dalam diri karena saya termasuk orang yang begitu mudah terganggu dengan lingkungan.

I'm Happy now after took steps Happiness Management

I’m Happy now after took steps Happiness Management

Stress yang saya alami sering membuat saya gagal fokus dalam menghadapi sesuatu, sering lupa, sering tidak sadar sudah melakukan hal apa, sulit tidur, pikiran berkecamuk tidak tenang. Efeknya hidup terasa ruwet dan sulit untuk diurai keruwetan tersebut. Namun, saya tidak mau mengakui bahkan tidak menyadari mengalami gejala stress. Saya masih menganggap wajar. Sayangnya efek stress itu berpengaruh kepada anak-anak. Sulit sekali mengontrol emosi kepada anak-anak. Apalagi anak-anak sedang dalam usia balita yang sangat membutuhkan perhatian dari orangtuanya. Namun, saya sering merasa tidak berdaya dan jika mulai terganggu dengan faktor luar, emosi saya bisa tidak terkendali.

Baca Juga: Menciptakan kebahagiaan di Usia Cantik

Jujur, saya tidak mau datang ke psikiater. Saya tidak mau mengungkapkan semua persoalan yang saya hadapi kepada seorang psikiater. Saya juga tidak mau minum obat. Oleh karenanya saya sangat tertarik dengan program Happiness Management DF Clinic yang menawarkan beberapa langkah yang bisa dilakukan agar terlepas dari stress.

Langkah Pertama: Management Screening

Saat memeriksakan diri ke dokter, biasanya kita akan ditanya tentang keluhan yang kita alami. Langkah itu merupakan langkah screening dari dokter untuk akhirnya bisa mendianosis penyakit yang diderita pasien. Namun, DF Clinic memiliki metode lain untuk bisa screening. Seorang pasien tidak harus menyebutkan keluhannya kepada dokter melainkan dengan cara lebih mengenal diri sendiri (Knowing Self). Bagaimankah caranya?

Baca Juga: Cantik Luar Dalam Menjelang Lebaran

Allah Swt. telah menciptakan setiap manusia unik dengan ciri khas masing-masing sehingga satu sama lain berbeda. Bahkan, penciptaan manusia itu lengkap dengan cara kerja otaknya. Sayang, kadangkala manusia tidak tahu cara kerja otaknya sendiri. Padahal itu merupakan anugerah dari Allah Swt. yang sudah tercetak sejak kita dalam kandungan. Lalu bagaimana caranya agar kita mengetahui cetakan kerja otak kita. Semua itu ternyata ada di ujung jari setiap manusia. Ya, namanya finger print analysis (akan dibahas lebih lengkap di artikel berikutnya). Dengan mengetahui siapa kita, bagaimana cara kerja otak kita,tentunya kita bisa leih tahu kekuatan dan kelemahan kita sehingga bisa meminimalisir stress.

Langkah Kedua : Trauma Release Exercise

Nah, saya suka dengan teknik yang satu ini karena saya bisa me-release stress tanpa harus mengungkapkannya pada orang lain. Teknik ini merupakan teknik yang mempergunakankecerdasan tubuh kita sendiri untuk self healing dalam kondisi apa pun. Ternyata stress yang kita alami itu karena tumpukan tekanan yang kita terima dan tidak pernah dikeluarkan. Teknik Trauma Realese Exercise (TRE) merealease tumpukkan trauma, beban yang ada di tubuh kita. Dan, saya sudah mempraktekkannya. Sungguh luar biasa manfaatnya (akan dibahas lebih lengkap di artikel selanjutnya).

Langkah Ketiga: My Brain Gym Diary

Saya sering mengalami gagal fokus dan kadang badan dan pikiran tidak siap jika harus menghadapi sesuatu yang mendadak. Sementara itu,kita seringkali tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Jika pikiran dan tubuh tidak siap membuat semuanya kacau balau. Teknik yang dipakai untuk menyiapkan badan kita untuk menghadapi semua tantangan yaitu Brain Gym. Teknik ini juga cocok dipakai oleh anak-anak, lho. (Materi ini akan dibahas lebih lengkap di artikel berikutnya).

Langkah Keempat: Energy Mind Reprograming Diary

Energy dan Mind Reprogramming (EMR) adalah kebutuhan manusia modern, sifatnya tidak memberikan pengetahuan kognitif semata tapi juga memberi solusi nyata dan aplikatif untuk mengelola stress menjadi energi kreatif. Pengetahuan tentang stress dan korelasinya dengan kesehatan holistik, kesuksesan total, dan kebahagiaan sejati. Metode khusus pengelolaan stress berbasis Transpersonal Psychology, Energi Tubuh, Pola Bangun Alam Sadar dan Bawah Sadar, EFT, Senam Singkat, Meditasi membuat semua stress menjadi pola yang sangat indah dalam kehidupan manusia modern.

Baca Juga: Sistem Perawatan Antiaging Ala Dr David

Manfaat yang didapatkan:

  1. Dampak kesehatan holistic (fisik – mental – emosional)
  2. Meningkatkan produktivitas, efisiensi, kreativitas
  3. Dampak positif bagi kinerja organisasi

(Artikel lengkap akan dibahas di postingan berikutnya)

Langkah Kelima: Pain Management

Pernah merasa sakit di tengkuk? Atau pundak dan leher terasa tegang? Itu bisa jadi sakit/pain yang diakibatkan oleh stress. Bisa juga sebaliknya, pain yang diderita tubuh mengakibatkan stress. Nah, salah satu cara mengatasinya dengan pain management yaitu teknik fisioterapi. Fisioterapi merupakan bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan/atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis) pelatihan fungsi dan komunikasi.

Tujuan utama dari pelayanan fisioterapi adalah untuk memelihara, memulihkan dan meningkatkan semaksimal mungkin gerak normal tubuh dan kemandirian pasien. Untuk mencapai tujuan tersebut, fisioterapi menggunakan berbagai bentuk latihan gerak, penggunaan eletroterapi, terapi pemanasan dan massage.

Seminar Happiness MAnagement

Seminar Happiness MAnagement

Nah itu, layanan happiness managemen di DF Clinic yang bisa kita dapatkan. Nah, sebelum datang untuk menerima pelayanan, bisa lho cek sendiri apakah mengalami stress atau tidak. Coba deh cek daftar di bawah ini.

Kamu sehat jika:

  1. Merasa bahagia
  2. Tawamu lepas
  3. Pikiranmu jernih
  4. Fokus bekerja
  5. Tidurmu pulas
  6. Kulitmubersinar
  7. Tidak mudah lelah
  8. Hidup dalam hubungan keluarga yang hangat dan harmonis

Cek deh 8 poin di atas. Jika ada beberapa poin tidak sesuai, mungkin kamu memerlukan happiness management. Bisa mengambil semua paket pelayanan bisa juga ambil salah satunya, tergantung kebutuhan dan tingkat stressnya.

Oh iya, saya belum menjabarkan pengalaman setelah mengikuti pelayanan Happiness Management DF Clinic. Di artikel selanjutnya saya akan membahas satu per satu.

 

Kamu yang mau tahu info lebih lengkap tentang Happiness Management bisa hubungi

DF Clinic

Jl.Lemah Nendeit No.10 Setrasari Bandung

Telp. (022) 2010593

Atau bisa juga kepoin

FB: Konsultan DF

IG: DF Clinic

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

8 Responses

  1. Bahagia itu diciptakan. Keren tulisannya, teteh. Makasih yaa. Inspiring banget nih 🙂

  2. Nchie Hanie says:

    Bahagiaku kalo ngelihat dok dave, bawaannya selalu membuat happy dan menularkan happy eeaa
    *meski bawel (hahahaa, ampoon dok)

    Yuk ahh, kelola stress kita dengan happinest management

  3. Ida Tahmidah says:

    Bahagia memang pilihan, apakah hidup kita mau bahagia atau mau dibawa sedih… iya enggak? Hehe.. Inna Bidxikrillah tatmainul qulub… Sesungguhnya mengingat Allah hati akan tentram… Itu sebetulnya inti kebahagiaan sudah Allah berikan resepnya kembalikan semua pada yang Maha, ia tau yang terbaik untuk kita. Berpegangan pada yang Maha Kuat membuat kita lebih kuat dan tenang… hehe kepanjangan komennya.

  4. Bagi saya, bahagia adalah pilihan. Ditengah begitu bnyknya kepedihan jika pilihan kita adalah bahagia mk selalu ada kebahagiaan dan rasa syukur dihati. Hidup ini adalah pilihan dan sy memilih bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *