Hidup Sehat Saat Pandemi dengan Ramuan Herbal

Life must be goon – Hidup mesti terus berjalan. Pandemi ini mengajarkan saya untuk tetap bergerak dan melakukan hal-hal yang saya sukai meskipun semuanya tampak membuat kita terpaku pada keadaan. Pandemi covid-19 datang menyambut tahun 2020 dan membuat kehidupan jungkir balik. Namun kehidupan mesti tetap berjalan makanya saya meniatkan diri untuk tetap hidup sehat saat pandemi. Apalagi covid-19 semakin dekat dengan circle kita pada kebiasaan hidup yang baru ini. 

Awal tahun 2020, virus covid 19 mewabah di negeri tetangga dan sudah melumpuhkan negara-negara besar di dunia. Negara kita pun tidak ketinggalan, wabah ini membuat kehidupan berubah total. Para pekerja mesti bekerja di rumah dan para pelajar pun mesti belajar di rumah. Efek dari pandemi ini ternyata tidak hanya merengut korban jiwa namun juga melumpuhkan perekonomian. Di lingkungan tempat tinggal saya pun, para tetangga yang bekerja di pabrik sudah terkena imbasnya. PHK terjadi di mana-mana membuat semua orang mesti memutar otak agar bisa tetap bertahan dalam situasi yang serbasulit. Salah satu cara untuk tetap bertahan pastinya mestinya memiliki tubuh sehat saat pandemi corona sehingga bisa tetap melanjutkan hidup.

Masa depan tetap mesti disambut dengan penuh harapan dan doa. Dengan badan yang sehat, pastinya kita bisa membuat rencana untuk bisa menyongsong masa depan. Apalagi pergantian tahun sudah di depan mata. Tanpa terasa sudah hamper setahun, kita semua bergulat dengan kondisi sulit saat pandemic covid-19.

Pemerintah sudah mencanangkan kebiasaan hidup baru dan kita semua bisa melakukan kegiatan namun tetap dengan melakukan protokol kesehatan,yaitu memakai masker, selalu mencuci tangan sebelum menyentuh wajah, selalu jaga jarak dan menghindari kerumunan. Namun, ternyata tidak semua orang bisa melaksanakan protokol kesehatan dengan berbagai alasan. Bahkan, akhir-akhir ini, terjadi demo besar-besaran terkait UU Cipta Kerja yang dianggap merugikan para pekerja pabrik. 

Saya tidak akan membahas hal tersebut karena sungguh saya tidak begitu faham dengan persoalan yang terjadi. Semua pemberitaan terasa simpang siur dan masing-masing mengungkapkan opini yang tampak sama-sama benar namun dalam sudut pandang yang berbeda. Saya pribadi hanya berharap bahwa kondisi kita akan semakin baik dan pemerintah bisa bijak dalam menanggapi aspirasi rakyat dan membuat kebijakan yang mampu menyejahterakan rakyat. Sebagai rakyat biasa, yang bisa saya lakukan adalah tetap menjaga kesehatan pribadi dan keluarga, memutus rantai penyebaran covid-19, dan berusaha tetap tenang menghadapi situasi yang tampak tidak menentu ini.

Sebagai seorang ibu, pastinya saya bertanggung jawab terhadap ksehatan keluarga. Namun, agar saya bisa menjaga kesehatan keluarga saya mesti tetap sehat saat pandemi corona ini. Selain itu, saya mesti tetap berpikir positif agar imunitas tubuh tetap terjaga. Menurut beberapa artikel yang saya baca, rasa cemas dan khawatir bisa menurunkan imunitas tubuh dan virus pun akan mudah menyerang.

Ada beberapa hal yang saya lakukan agar hidup sehat saat pandemi corona.

  1. Tetap Bersyukur dalam Berbagai Kondisi

Wabah pandemi corona ini memang dampaknya luar biasa. Tidak hanya membuat cemas akan masalah penyebaran virus covid-19 yang massif dan memakan banyak korban jiwa tapi juga memukul sendi perekonomian. Entah berapa banyak karyawan yang sudah PHK karena wabah ini. Daya beli masyarakat pun menurun dan kita semua harus berhemat. Selain itu, aktivitas yang dibatasi seringkali menimbulkan kejenuhan. Belum lagi, hal-hal lain yang bisa membuat stress dan kondisi lebih buruk lagi. Salah satu hal yang coba saya tanamkan pada diri sendiri dan anak-anak adalah selalu bersyukur.  Saat kondisi terasa sangat sulit, tetap ingat bahwa ada Sang Pemilik Kehidupan yang mengatur semuanya dan pasti akan memberikan rezeki pada setiap hambanya. Alhamdulillah, saat kondisi sulit, kami masih tetap bertahan, anak-anak tetap sehat dan ceria menjalani hari-hari di rumah saat pandemi ini.

  1. Olahraga Teratur

Olahraga menjadi kegiatan yang sangat ekslusif saat kondisi sibuk. Namun, agar badan tetap fit dan sehat saat pandemi, saya mesti meluangkan waktu untuk olahraga. Olahraga rutin yang saya lakukan saat pandemi yaitu berjalan tanpa alas kaki saat pagi hari selama 30 menit. Manfaat yang saya rasakan setelah rutin melakukan kegiatan ini, tidur lebih nyenyak, pikiran lebih fresh, dan emosi pun lebih terkendali. Maklumlah, selama menemani pembelajaran jarak jauh tidak jarang membuat emosi meledak karena memang menemani anak belajar tuh butuh kesabaran ekstra. Saya pun mulai nih ikut senam aerobic bersama teman-teman. Rasanya seru dan membuat badan lebih segar. Awalnya sih bdan terasa pegal-pegal karena belum terbiasa. Tapi lama-lama, badan terasa lebih segar dan ringan.

  1. Mengatur Pola Makan

Keadaan memang sedang sulit, namun sebagai ibu saya mesti tetap bisa menyajikan menu makanan yang sehat dan kaya nutrisi. Makanan sehat tidak harus mahal, khan. Saya bisa memanfaatkan bahan makanan yang ada di lingkungan sekitar untuk diolah menjadi makanan yang enak dan menyehatkan. Alhamdulillah, ada sepetak tanah yang saya tanami pohon singkong dan pohon pisang. Buah pisang bisa menjadi sumber vitamin dan nutrisi bagi keluarga. Daun singkong bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat untuk keluarga. Begitu pula dengan singkong yang bisa dibuat berbagai menu makanan kesukaan keluarga.

Mengatur pola makan sangat penting untuk menjaga badan sehat saat pandemi. Ada hikmah di balik wabah ini, kami jadi mengurangi jajan di luar dan mengonsumsi makanan yang kurang sehat. Saya pun lebih banyak berkreasi di dapur untuk menyiapkan makanan untuk keluarga.

  1. Mengonsumsi Suplemen HERBAMUNO+

Sebelum mengenal HERBAMUNO+ saya membuat ramuan herbal sendiri. Namun, lama-lama nggak sempat juga apalagi saya mesti mengawasi anak-anak selama pembelajaran di rumah. Belum lagi melakukan kegiatan-kegiatan lainnya seperti mengurus rumah, menyiapkan makanan, dan tetek bengek lainnya yang lumayan menyita waktu. Saya pun mencari suplemen herbal yang bisa membantu saya tetap sehat saat pandemi covid-19. Saya pun berkenalan dengan HERBAMUNO+ dari Mustika Ratu.

Saya langsung tertarik mengonsumsi HERBAMUNO+ karena mengandung ramuan herbal berkhasiat asli Indonesia. Pastinya dengan mengonsumsi produk lokal juga turut mendukung perekonomian kita yang sedang lesu. Pastinya bahan-bahan lokal yang digunakan berasal dari para petani lokal dengan begitu setidaknya bisa membantu para petani lokal untuk tetap bersemangat pada masa pandemi ini.

Selain itu, keunggulan HERBAMUNO+ yang menurut saya sangat penting karena mengandung bahan herbal berkhasiat dari alam Indonesia yang 100% alami. HERBAMUNO+ juga tanpa pengawet dan aman dikonsumsi setiap hari. Produk ini juga sudah tersertifkasi HALAL oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sudah terbukti secara empiris khasiat dan kegunaannya. HERBAMUNO+ juga merupakan resep turun termuri dari Empu Jamu BRA Mooryati Soedibyo.

Manfaat dan Kandungan HERBAMUNO+

Sambiloto: Antivirus, antiradang/antinyeri, penurun demam

Akar Manis: Antivirus, antiradang, antinyeri, meredakan batuk (Ekspektoran) dan sesak napas.

Meniran: Immunomodulator dan hepatoprotektor

Jahe Emprit: mengatasi mual, Immunomodulator, gastroprotektor.

Daun Jambu Mete: Antinyeri, meredakan diare, melegakan pernapasan (brontodilator).

HERBAMUNO+ bisa dikonsumsi oleh dewasa juga anak-anak. Tapi pastinya mesti mengikuti aturan pakainya. 

Dewasa: Untuk menjaga daya tahan tubuh dikonsumsi 2 kali sehari 2 kaplet. Bila meredakan gejala-gejala sakit dikonsumsi 2 kali sehari 3 kaplet. Saat sedang sakit dikonsumsi 2 kali sehari 3 kaplet. Untuk anka-anak 2-12 tahun bisa konsumsi 2 kali sehar 1 kaplet.

Pergantian cuaca sering membuat kondisi badan tidak stabil. Ditambah dengan aktivitas yang lumana padat dengan dua krucil yang selalu harus diperhatikan membuat badan sering terasa tidak nyaman. Untuk menjaga badan tetap sehat saat pandemi, saya konsumsi HERBAMUNO+. Namun, saya tetap mesti memerhatikan cara pakainya yaitu jika digunakan selama 4 minggu terus-menerus, harap diberi jarak 2 minggu sebelum dikonsumsi kembali dan harus dalam pengawasan dokter. Ini penting juga nih, HERBAMUNO+ tidak dianjurkan dikonsumsi ibu hamil dan ibu menyusui, juga tidak dikonsumsi penderita alergi terhadap tanaman Acanthaceae.

Nah, bagi teman-teman yang tertarik mengonsumsi HERBMUNO+ untuk menjaga badan sehat saat panddemi corona mesti tetap memerhatikan hal-hal tersebut di atas ya. 

Kemasan:

1 BOX isi 12 strip

1 Strip isi 4 kaplet

Shelf Life

2 tahun dari tanggal produksi

Bagaimana Cara Mendapatkannya?

HERBAMUNO+ sudah dijual bebas di apotek-apotek yang ada di Indonesia. Jika kesulitan keluar rumah untuk menjaga  diri dan keluarga dari penyebaran Virus Covid-19, produk ini bisa dibeli melalui Mustikaratuonline.com dan Official Store Mustika Ratu di semua E-Commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, Blibli.com. Bisa juga didapatkan di apotek terdekat seperti Watsons, Kimia Farma, K24, dan ada juga di Alfamart ya

Hal yang Dirasakan Setelah Pemakaian

Saya baru mengonsumsi HERBAMUNO+ ini selama tiga hari. Kebetulan, saat ini sedang pergantian cuaca ke musim penghujan. Badan pun teras akurang nyaman. Saya pun mengonsumsi HERBAMUNO+ sesuai aturan pakai. Alhamdulillah badan menjadi terasa lebih segar. Rasa gatal di tenggorokan pun mereda dan dahak yang mengganggu pun hilang. Saya bersyukur tidak sampai batuk-batuk karena khawatir bisa menulari anak-anak.  Jika anak-anak terlihat mulai lesu dan badannya lemas dan ada tanda-tanda akan pilek, saya pun memberi mereka HERBAMUNO+ sesuai aturan pakai tentunya.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

26 Responses

  1. awalnya saya kira herbamuno ini ada di mini market mba, sampe keliling2 nyari ternyata ga ada 🙂 adanya di tokped hahahaa

  2. Aku pun pandemi ini bersyukur banget karena Alhamdulillah kerjaan masih ada, gak kaya yang lain yang kena libur bahkan PHK. Btw, batu tahu kalau Mustika Ratu punya produk HERBAMUNO+. Aku tahunya bikin kosmetik, ternyata herbal juga ada. Pas banget buat nambah kesehatan

  3. Buat yang super sibuk nih pas banget nyobain Herbamuno, biar daya tahan tubuh tambah kuat dan anti drop.

  4. Zefy says:

    Jadi buat yang ragu-ragu dengan suplemen yang macem-macem, memang baiknya balik ke yang herbal nih, apalai ini dari mustika ratu, brand kesohor di indonesia.

  5. Ternyata bisa buat anak juga HERBAMUNO+ ini ya mbak. Jadi bisa beli produk ini buat dikonsumsi sekeluarga ya, biar bisa sama-sama sehat terus di masa pandemi ini.

  6. Didik says:

    Wah Herbamuno pas banget untuk menambah imunitas tubuh saat pandemi kayak gini nih. Apalagi herbal, jadi ga waswas soal kandungan kimianya. Pasti menyehatkan.

  7. Fenni Bungsu says:

    Suplemen Herbamuno+ dari Mustika Ratu ini bisa membantu kita jaga daya tahan tubuh sehingga nggak bikin cemas lagi menjalani pandemi yang belum tangkapan berakhirnya ini

  8. Mei Daema says:

    saya baru tahu kalau produk ini ternyata produknya Mustika Ratu, ngeluarin obat herbal juga ya ternyata. wah kandungan bahannya alami semua ya, pastinya aman ini. apalagis aya suka banget dengan jahe, bikin badan jadi seger banget

  9. Lidia says:

    Selama pandemi ini aku juga cari yang herbal-herbal mb rani, kayaknya lebih cepat berasa di badan yaa, termasuk Herbamuno ini temenku bilang rekomended

  10. Eko Prasetyo says:

    Sperti keadaan pandemi ini terutama jaga kesehatan kak,
    Terutama rajin olahraga yg teratur dan mengatur pola makan yg benar.
    Sbg nilai tambahan ya minum vit agar badan tetap fresh.

    Oh ya HERBAMUNO+ sudah tersedia di alfa ya kak, nanti deh mampir kesana, siapa tau stok masih ada,

  11. Aku setuju denganmu Uni, lebih aman dan nyaman dengan yang herbal.
    Aku belum make sih, jadi mau stok nyari juga di sekitar tempat tinggal udah ada belum. Soalnya ini baru kan.

  12. kalau ada yang herbal atau yang lebih alami, aku juga lebih prioritaskan itu mba. begitupula untuk kedua orang tuaku, soalnya udah tua yaa minimalisir zat2 kimia gt

  13. Dari semua kiat, aku paling berat olahraga yang konsisten, Kak. Kadang ada aja alasan buat ngerjain hal lain bukan olahraga teratur. Untuk makan dan minum ramuan, insyaallah lancar. Tapi baru tahu Herbamuno+ nih, ternyata banyak kandungan antivirus dan booster buat daya tahan tubuh ya Kak. Cocok diminum nih, apalagi pas pandemi, gausah repot meracik sendiri. Praktis dan sehat karena bahannya herbal. Bagus inovasi Mustika Ratu!

  14. Jaga kesehatan ya semuanya. Kalau perlu konsumsi Herbanmuno+ untuk menambah daya tahan tubuh.

  15. Ruli retno says:

    Praktis banget nih buat jaga imun, tinggal telan aja. Gak racik ini itu. Btw, jahe emprit itu sama gak sih sama jahe merah biasanya

  16. Paling suka dengan produk herbal sih emang dari dulu, pertama khasiat sudah terbukti dan yang kedua hampir jarang memiliki efek samping. HERBAMUNO+ juga sudah dikemas baik dan gampang dikonsumsi. Jadi aman sih dibawa kemana mana

  17. Pringadi says:

    aku paling suka minum ramuan herbal terutama jahe sereh yang alami, Kak
    sayang agak susah sekarang nnyarinya
    apakah herbamuno+ bisa menggantikannya?

  18. Wajib nih nyetok Herbamuno di rumah, terutama di masa pandemi seperti ini. Karena yaa emang penting banget menjaga daya tahan tubuh.

  19. Dian says:

    Herbamuno ini praktis banget ya mbak

    bisa bikin kita merasakan khasiat jamu tanoa harus repot

    cocok buat dikonsumsi di masa pandemi seperti ini

  20. Oh ternyata Herbamuno+ ini bisa juga dikonsumsi anak-anak ya, Mbak. Kirain buat orang dewasa aja. Hehe.
    Aku belum pernah juga sih konsumsi Herbamuno+ ini. Kayanya perlu dicoba nih, biar badan tetep sehat, ya 🙂

  21. Salut ya ternyata sekarang jamu atau ramuan herbal bisa dikemas dengan simpel dan praktis seperti ini. Jadi mudah dibawa kemana-mana dan praktis diminumnya.

  22. lendyagasshi says:

    Alhamdulillah…
    Cocok dengan Herbamuno…Aku pun konsumsi, teh…
    Kemarin juga disarankan minum Herbamuno untuk daya tahan tubuh.

  23. Marfa says:

    ternyata herbamuno ini dari mustika ratu toh. Iya nih sedang musim hujan dan rentan terkena flu, kadang aku juga keteteran membagi waktu ini, boleh kapan2 aku coba herbamuno ini dan merasakan khasiatnya

  24. Aku ms menyusui sih. Jadi belum bisa nyoba herbamuno deh. Tp makasih ulasannya, bermanfaat banget

  25. Di masa pandemi seperti sekarang, memang penting sekali untuk menjaga kesehatan ya, Teh. Saya juga lebih suka yang herbal dan alami untuk asupan agar tubuh tetap sehat. Herbamuno ini bisa jadi andalan ya…

  26. Belum dapet herbamuni di sekitar tempat tinggal aku mba, pengen beli juga merasakan manfaatnya. Aku beberapa bulan ini capek terus rasanya hehhee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *