Ibadah Umrah Pada Bulan Ramadhan

Umrah pada bulan Ramadhan

Ibadah Umrah Pada Bulan Ramadhan menjadi cita-cita suami sejak lama. Bahkan suami pernah mau berangkat umrah pada bulan Ramadhan, sayangnya batal karena travel perjalanan umrahnya tidak amanah. Mungkin memang belum rezeki bersimpuh di baitullah saat itu. Lalu bagaimana dengan saya? Sebelumnya ide umrah di bulan Ramadhan masih absurd menurut saya. Soalnya saya masih terpaku pada tradisi Ramadhan di negeri sendiri. Banyak pertanyaan berkecamuk, bagaimana sahurnya nanti? Bagaimana dengan buka puasanya? Bagaimana kalau saya kelelahan menjalankan ibadah umrah sambil berpuasa? Ah, iman saya memang masih cetek hingga mempermasalahkan persoalan yang nggak jelas. Padahal kata suami, kalau sudah di tanah suci dan kita niatnya ibadah pasti akan banyak pertolongan dari Allah Swt. Saya pun mencari-cari informasi dan mendapatkan paket umroh Oktober. Sepertinya memang bukan umrah pada bulan Ramadhan, tapi setidaknya saya sudah mendapatkan informasi tentang paket umrah.

Kenapa Ibadah Umrah di Bulan Ramadhan?
Bulan Ramadhan selalu disambut sukacita oleh seluruh umat Islam di dunia, pada bulan ini, pintu surga dibuka dan dan pintu neraka ditutup, setan pun dibelengu. Pada bulan ini, kita semua berlomba untuk beribadah dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda sepuluh kali lipat. Begitu pula saat berbuat buruk, maka amalan buruk tersebut akan dilipatgandakan juga dosanya, maka sebaiknya kita berlomba beramal salih.

Pikiran saya pun tercerahkan saat mengikuti pengajian, sang ustadz memaparkan tentang keistimewaan ibadah umrah pada bulan Ramadhan. Allah Swt. memberikan keutamaan luar biasa jika ibadah umrah yaitu berupa pahala yang setara dengan ibadah haji.

Hal tersebut seperti yang diterangkan hadist di bawah ini.

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bertanya pada seorang wanita,

مَا مَنَعَكِ أَنْ تَحُجِّى مَعَنَا

“Apa alasanmu sehingga tidak ikut berhaji bersama kami?”

Wanita itu menjawab, “Aku punya tugas untuk memberi minum pada seekor unta di mana unta tersebut ditunggangi oleh ayah fulan dan anaknya –ditunggangi suami dan anaknya-. Ia meninggalkan unta tadi tanpa diberi minum, lantas kamilah yang bertugas membawakan air pada unta tersebut. Lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ

“Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1256).

Dalam lafazh Muslim disebutkan,

فَإِنَّ عُمْرَةً فِيهِ تَعْدِلُ حَجَّةً

“Umrah pada bulan Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Muslim no. 1256)

Dalam lafazh Bukhari yang lain disebutkan,

فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ تَقْضِى حَجَّةً مَعِى

“Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku” (HR. Bukhari no. 1863).

Pahala umrah pada bulan Ramadhan memang senilai dengan ibadah haji pahalanya namun tetap tidak bisa disamakan dengan ibadah haji. Seperti keterangan Imam Nawawi rahimahullah berkata, “Yang dimaksud adalah umrah Ramadhan mendapati pahala seperti pahala haji. Namun bukan berarti umrah Ramadhan sama dengan haji secara keseluruhan. Sehingga jika seseorang punya kewajiban haji, lalu ia berumrah di bulan Ramadhan, maka umrah tersebut tidak bisa menggantikan haji tadi.” (Syarh Shahih Muslim, 9:2)

Berdasarkan tauziyah dari sang ustadz, saya pun kini jadi punya cita-cita yang sama dengan suami yaitu melaksanakan ibadah umrah pada bulan Ramadhan. Bahkan, menurut cerita dari teman yang sudah melaksanakan ibadah umrah pada bulan Ramadhan lebih khidmat dan lebih ramai. Sajian untuk berbuka dan sahur tidak henti-hentinya mengalir di masjidil haram. Pada bulan itu, masyarakat di sana pun berlomba bersedekah makanan bagai para jamaah yang sedang beribadah di sana. Subhanallah, sudah terbayang bagaimana ramainya umat Islam dari berbagai belahan dunia berkumpul, tanpa mempermasalahkan warna kulit, adat kebiasaan, semuanya bersatu untuk beribadah dan berlomba dalam kebaikan. Semoga saya dan suami segera mendapatkan rezeki untuk melaksanakan ibadah umrah dan mencari informasi semua informasi tengang umrah termasuk Umroh Promo.

Sumber https://rumaysho.com/2657-umrah-ramadhan-seperti-haji-bersama-nabi336.html

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

11 Responses

  1. Seru ya kayaknya umroh di bulan Ramadan. Menantang karena bakal haus banget. Tapi senengnya bisa ibadah secara bersamaan.

  2. unggulcenter says:

    iya aku juga pengen, tapi punya nazar ngabisin cicilan utang dulu ke seseorang baru nabung buat umroh hehe.. mudah2an rejeki lancar jadi utang bs cepat lunas.

  3. Nikmatnya double ya mbak,, Puasa iya, Umrah pula.

  4. Waaah, semoga impian dan harapannya segera terkabul ya mbak. Saya tunggu deh ceritanya tentang umrah saat Ramadan di sini. :))

  5. Ruli retno says:

    Saya sering baca memang umroh di bulan ramadhan sangat besar pahala nya. Semoga kita semua nantinya di beri kesempatan umroh pas ramadhan ya. Aamiin

  6. Wah aku juga baru tahu keutamaan nya. Pantesan biasanya harganya berkali lipat. Tapi nampaknya seru umroh bulan Ramadan. Pasti lebih terasa terharunya

  7. Mimpi aku banget ini Mbak. Mohon doanya ya, semoga tahun depan bisa umroh pas Ramadhan di sana. Pas anak sudah bisa lepas diapers. Bismillah. Semoga Allah berkenan. Aamiin.

  8. aku ya pengen umrah saat ramadan
    hmm kira2 tahun depan bisa gak ya?
    kuat gak ya? mampu gak ya?
    semoga dikuatkan dan dimampukan
    aamiin

    makasih mbak Rani untuk tulisannya yang mengingatkan

  9. Jiah says:

    Amin….
    Semoga ibadah kita nanti dimudahkan jalannya ya Mbak. Hari biasa saja orang2 sana hobi sedekah, kalau puasa ya malah lebih ke mana-mana. Mungkin yang agak PR itu cuacanya kali ya

  10. lendyagasshi says:

    Barakallahu fiikum, teteh dan suami.
    Semoga bisa di segerakan umrohnya yaa…
    Kalau sudah di sana, doakan kami sekeluarga juga yaa, teh…

    Tabarakallahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *