Menjaga Daya Tahan Tubuh dengan Imumodulator Herbal

Sore itu, saya dikagetkan dengan berita Om Burhan yang terinfeksi virus Covid 19 dan sedang dirawat di RSUD Sawah Besar, Jakarta Pusat. Kondisi Om Burhan memburuk dan terus-terusan muntah. Pastinya seluruh keluarga besar khawatir, namun apa daya tidak bisa menjenguk beliau. Kami hanya bisa mengirim makanan dan pakaian ganti ke rumah sakit dan nanti akan diantarkan oleh petugas di rumah sakit.

Sebelumnya, beberapa saudara yang tinggal di Jakarta pun pernah terkena virus Covid 19. Namun, tidak memperlihatkan gejala sakit dan selama masa karantina tidak terjadi penurunan kondisi kesehatan. Berbeda dengan kondisi Om Burhan yang terus menurun, membuat keluarga besar menjadi sangat khawatir.

Menurut keterangan dokter yang merawat beliau, tingkat kesembuhan pasien Covid 19 bisa juga disebabkan oleh semangat hidup sang pasien, usia, dan penyakit bawaan. Kemungkinan kondisi Om Burhan yang menurun disebabkan juga oleh faktor usia yang sudah di atas kepala lima. Sehingga imunitas tubuhnya mudah drop apalagi virus Covid 19 ini memang menyerang imunitas tubuh sehingga menjadi lemah.

Saat ini, seseorang yang terkena virus Covid 19 sudah sulit terlacak tertular dari mana karena bermunculannya kluster-kluster baru penyebaran virus. Sementara itu, kita juga sulit untuk tetap berdiam diri di rumah karena banyaknya kebutuhan yang mesti dipenuhi. Apalagi jika masih bekerja aktif dan harus berada di luar rumah menyebabkan kita bisa mudah terpapar oleh virus. Protokol kesehatan 5 M wajib dilakukan, yaitu:

  1. Memakai masker,
  2. Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir,
  3. Menjaga jarak,
  4. Menjauhi kerumunan, serta
  5. Membatasi mobilisasi dan interaksi.

Selain tetap ketat mengikuti protokol kesehatan, menjaga imun tubuh sangat penting di masa pandemi ini. Beruntung sekali, pada hari Senin, 22 Maret 2021 saya berkesempatan mengikuti webinar kesehatan bersama Imugard dengan tema Peran Herbal Indonesia Sebagai Imunomodulator Alami Untuk Menjaga Kesehatan keluarga dengan pembicara dr. Inggrid Tania, Msi yaitu Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dan juga Apt, Agie Avionico Gaudart, S.Farm sebagai Brand Manager Imugard.dan dimoderatori oleh Mba Ika Pramono.

Apa Itu Imunomodulator?

Jujur, istilah imunomudolator masih baru saya dengar. Tapi jika dilihat dari kata-katanya sih sepertinya berkaitan dengan sistem imun tubuh. Dari webinar ini, saya mendapat penjelasan mengenai imunodulator dari dr. Ingrid yang sebelumnya menjelaskan terlebih dahulu mengenai sistem imun. Perlu kita tahu, sistem imun merupakan mekanisme tubuh untuk mempertahankan keutuhannyya terhadap bahaya dari luar tubuh maupun dalam tubuh sendiri.

Berbagai pathogen, bakteri, virus, jamur, parasite ditemukan dalam lingkungan kita. Bahkan berada di dalam benda-benda yang kita pakai sehari-hari. Semuanya itu dapat masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Tubuh memiliki mekanisme pertahanan yang dapat menyingkirkan kuman pathogen, salah satunya dengan cara bersin. Jika kuman pathogen tidak da[at disingkirkan maka akan menimbulkan penyakit, kerusakan jaringan tubuh, bahkan kematian.

Hal tersebut menunjukkan bahwa sistem imun tubuh sangat penting sebagai banteng pertahanan pertama tubuh dalam menghadapi serangan berbagai kuman pathogen, virus, dan lain-lain.

Menurut dr. Inggrid, imunomodulator merupakan zat yang dapat memodifikasi respons imun terhadap antigen dari luar tubuh dan dalam tubuh. Imunomodulator ini memiliki peran sebagai imunostimulan yang dapat meningkatkan komponen sistem imun. Ternyata imunomudolator terdapat dalam tanaman herbal.

Beberapa contoh Imunomodulator Herbal:

  1. Echinacea (Echinacea purpurea) imunodulator herbal dari luar negeri yang bersifat imunostimulasi  yaitu mempercepat penyembuhan selesma dan infeksi saluran pernapasan atas. Tanaman herbal ini dapat dipakai maksimal selama 8-16 minggu berturut-turut. Salah satu kekurangannya bisa mengakibatkan kontradiksi untuk penyakit autoimun.
  2. Meniran (Phyllanthus niruri) merupakan imunomodulator dalam negeri yang bersifat imunostimulasi yaitu mempercepat penyembuhan infeksi. Sudah terbukti mampu mempercepat penyembuhan infeksi virus cacar air, dan aman digunakan dalam jangka waktu panjang. Menurut penelitian, ekstrak meniran 50 mg dikonsumsi 3 kali sehari secara signifikan dapat meningkatkan regulasi respon imun oleh sel-sel imun seperti leukosit dan limfosit Th-2 (Radityawan, 2005). Ekstrak meniran juga dapat menghambat peradangan.
  3. Kunyit (curcuma domsetica) merupakan imunomodulator herbal dalam negeri yang bersifat imunostimulasi yaitu meningkatkan respon imun pada infeksi, bersifat antiradang, memelihara dan memperbaiki sistem pencernaan. Kunyit juga aman dikonsumsi dalam jangka waktu panjang.
  4. Daun kelor (moringa oleifera) merupakan imunomodulator herbal dalam negeri yang bersifat imunostimulasi. Daun kelor juga merupakan sumber nutrisi karena kaya akan kalsium, zat besi, fosfor, kalium, zinc, protein, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K, asam folat, dan biotin. Daun kelor juga aman dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

Menurut dr. Inggrid, banyak herbal Indonesia yang memiliki peran sebagai imunomodulator yang dapat dikombinasikan untuk mendapatkan efek modulasi respon imun yang lebih optimal dengan tetap mengutamakan keamanan pemakaian jangka panjang.  Kombinasi dari imunomodulator  herbal seperti meniran, kunyit, dan daun kelor, memperkaya manfaat karena setiap zat bersinergis dalam memperbaiki sistem pencernaan, memiliki sifat antiperadangan, dan sebagai nutrisi yang cukup seimbang.

Mengenal Imugard

Imugard merupakan produk herbal yang diproduksi oleh perusahaan Deltomed dan sudan melalui proses produksi yang sesuai dengan standard ISO 9001. Produk herbal ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena memiliki 3 in 1 Herbal Formula yaitu Meniran, Daun Kelor, dan Kunyit.

Meniran dapat membantu memelihara daya tahan tubuh

Daun kelor kaya akan vitamin dan  melengkapi kebutuhan nutrisi.

Kunyit memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Meniran atau Phyllanthus Niruri dapat meningkatkan aktivitas dan fungsi imunitas nonspesifik serta imunitas spesifik, baik humoral maupun selular. Sementara itu, daun kelor memiliki manfaat sebagai imunomudulator, antivirs, antioksidan, antiimflamasi, dan daun kelor juga kaya akan nutrisi dan berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daun kelor kaya akan kalsium sehingga dapat mencegah osteoforosis. Lalu herbal ketiga yaitu kunyit dapat meningkatkan efek terhadap fungsi utama dari sel T, sel natute killer (NK) dan makrofag, berfungsi sebagai antioksidan, dan juga antiimflamasi.

Khasiat dan Kegunaan Imugard

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saran Penggunaan Imugard

  1. Satu kaplet setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh.
  2. Dua kaplet saat kondisi tubuh terasa sedang turun/drop sampai membaik, lalu lanjutkan dengan satu kaplet setiap hari.
  3. Dapat diminum oleh anak di atas 12 tahub, dewasa, dan lansia.

Kemasan dan Harga Imugard

Satu Box Imugard berisi 3 Blister @ 10 kaplet.

Harga satu blister antara 30.000-35.000

Bisa Beli Di Mana?

Imugard tersedia di Deltomed Official Store di Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, dan JDID.

Juga bisa dibeli secara offline di Century, Watson, Apotek, dan toko oba retail.

Simpulan

Setelah mengikuti webinar ini, saya pun berniat untuk lebih menjaga daya tubuh saya dan keluarga dengan cara yang lebih praktis yaitu dengan mengonsumsi Imugard. Selain itu, saya juga menyarankan keluarga besar untuk lebih menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi imunomodulator herbal seperti yang terkandung dalam imugard.

Saya berharap, Om Burhan pun cepat sembuh dan cepat pulang ke keluarga. Setelah sebelumnya pastinya dinyatakan negatif oleh tes SWAB. Semoga semuanya juga sehat-sehat dalam masa pandemic ini, dan teman-teman yang membaca artikel ini juga bisa mendapatkan manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar lebih kuat dalam menghadapi berbagai macam virus pathogen yang bisa masuk ke dalam tubuh.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

17 Responses

  1. Imugard beneran bisa menjaga kesehatan tubuh, apalagi dari bahan bahan alami sehingga efek samping juga ngga ada. Ini jadi pilihan yang harus disiapkan dirumah biar imunitas jadi optimal

  2. Oky Maulana says:

    Kondisi kaya gini emang harus lebih extra yaa kak jaga daya tahan tubuhnya, untungnya ada imugard yang herbal. Jadi merasa aman deh heheh

  3. Suplemen yang satu ini memadukan herbal lokal dengan herbal luar yg sama2 berkhaiat ya mbak?
    Kyknya lagi mempertimbangkan juga untuk konsumsi suplemen ini buat menjaga daya tahan tubuh, khususnya saat puasa nanti 😀

  4. Wah aku juga baru denger istilah imunomodulator nih, Mbak. Dan ternyata TOGA di sekitar kita ada yang mengandung zat ini, ya.
    Makasih sharingnya, Mbak. Dan semoga om Burhan lekas sehat kembali 🙂

  5. unggulcenter says:

    Memang perlu banget menjaga daya tahan tubuh (imun) makanya denger imunoloator atau namanya apa gitu belakangnya, tetap kita bs nangkep maksudnya untuk daya tahan tubuh. Jadi ga ragu.

  6. kalo beli Imugard biasanya di Tokopedia karena suka ada potongan diskon ataupun cashback

  7. Mba Rani ekspresinya ngagetin hahhaha tapi lucu. Aduh diingatin aku soal kesehatan dan menjaga badan ya. Aku butuh banget nih imugard untuk tubuh. Mau cari online aja wes, offline belum banyak nemu

  8. maya rumi says:

    yang aku suka dari imugard ini karena di kemas dalam bentuk blister jadi lebih aman kalau kita bawa-bawa dan ttp higenis saat di konsumsi

  9. Fix banget mau nyetok imugard buat di rumah. Bahan herbal lebih ampuh atasin imunitas ya teh. Lagi pandemi gini emang harus ekstra jaga kesehatannya. Harganya juga terjangkau. Tinggal nelennya aja agak susah aku teh kalo kaplet. Hahaha.

  10. Saat Pandemi seperti ini kita emang butuh banget suplemen herbal seperti Imugard ini.

  11. Alhamdulillah ya Uni ada imugard dari rempah alami yang membantu daya tahan tubuh kita . Aku suka yang alami begini juga.

  12. Mei Daema says:

    daun kelor sama meniran ini banyak di tempat saya, ga begitu tahu manfaatnya apa, ternyata banyak banget ya manfaatnya buat kesehatan. jadi pengen cobain herbalnya, biar tambah imun badannya, apalagi saya sekarang kerja di lapangan terus

  13. Mellisa says:

    Di masa pandemi ini memang kita harus ekstra menjaga daya tahan tubuh ya. Untungnya sekarang kita bisa konsumsi suplemen yang lebih praktis kayak Imugard ini ya, jadi mempermudah.

  14. Akarui Cha says:

    Nyessss rasanya kalau di masa begini, ada keluarga yang sakit. Sedihnya, faktor usia turut berpengaruh dengan kesembuhan pasien covid.

    Mana mau jenguk jenguk ke rumah sakit nggak akan bisa setenang dulu.

    Semoga kita semua sehat selalu.

  15. ketiga rempah yang dipake untuk bahan imugard ini kan khasiatnya banyak banget ya Kak. Aku lebih suka ini sih soalnya bahannya alami kalau disuruh pilih.

  16. cukup terjangkau ya mba harganya 30 ribuan dapat 10 kaplet. bisa masuk list suplemen di rumah nih

  17. Susindra says:

    Semua superfood digabung jadi produk herbal. Ini cara menyenangkan dan mudah dalam menjaga kesehatan tubuh. Saya mau juga ah…
    Sesekali memang butuh asupan superfood gini agar selalu sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *