Ini Dia Alasan Suka Drama Korea

alasan-suka-drama-korea

Ini Dia Alasan Suka Drama Korea. Sebelum suka berkenalan dengan drama korea, jauh sebelumnya masa kecil saya sudah diramaikan dengan cerita telenovela yang mengharu biru dan alir cerita yang berbelit-belit. Kadang utama beberapa kali papasan tapi nggak pernah bertemu, bikin gemes penonton.

Sampai sekarang, nama-nama tokoh-tokoh telenovela masih sering disebut-sebut walaupun sekadar guyonan. Siapa sih yang nggak kenal Maria Mercedess, Marimar, Fernando Jose, dan tentu saja si cantik bintang telenovela Thalia. Walaupun saya tidak terlalu suka dengan alur ceritanya yang berbelit-belit, tapi masa itu, alternatif tontonan sangat sedikit, jadinya ya telenovela jadi tontonan favorit segala usia, mulai dari anak-anak hingga ibu-ibu.

Masa kecil dijejali tontonan telenovela dengan alur yang njelimet, membuat saya kadang berpikir njelimet juga. Padahal memang itu udah bawaan orok kali ya, nggak usah menyalahkan tontonan. Setelah era telenovela mulai berkurang, saya mulai jatuh cinta dengan dorama, kisah-kisah manis dari negeri Jepang. Sebenarnya, perjalanan dorama sudah dimulai dari drama seri Jepang sepanjang masa “Oshin”, lalu bertemu lagi dengan jurnalis cantik Rika Akana (duh lupa judul doramanya apa). Yang jelas, dorama sering membuat jiwa saya yang lemah ini berderai air mata dengan kisah-kisahnya.

Sampai saat ini, saya masih suka nonton dorama, tapi tidak terlalu sering, kalah prioritas sama nonton drakor. Ya, sejak kenal dengan drama korea, saya memang jadi hobi nonton drama korea terbaik. Sebenarnya, ada alternatif lain sih, seperti lakorn (drama Thailand) dan drama China juga kadang saya tonton. Tapi teuteup pamornya masih kalah dengan drama korea. Terus terang untuk lakorn dan drama China, telinga saya masih kurang terbiasa dengan cara mereka bicara. Jadi, bisa dibilang, saya suka banget drama korea, dan kalau sehari nggak nonton kayaknya ada yang kurang, kayak masak sayur kelupaan kasih garam.

Banyak yang nanya, “Kok masih bisa sih nonton drakor?” “Kalau aku males nonton drakor, bersambung terus” “Aku nggak ada waktu nih nonton drakor”. Yeaap, kalau dipikir-pikir, memang bener kok sempet sih nonton drakor, sementara mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi rempong banget sama urusan anak dan rumah. Kalau dulu, waktu masih ngantor, nonton drakor tuh pas jam istirahat dan kadang bela-belain bangun tengah malam untuk nonton drakor. Kalau sekarang, waktu lebih fleksibel. Saya biasanya nonton drakor pas jam waktu nunggu anak di sekolah atau tempat les. Khan lumayan daripada bengong, mendingan nonton, hehehe.

Kalau menurut saya, malahan nonton drama korea terbaik tuh nggak panjang, saya biasanya nonton paling panjang itu cuma 50 episode, itu pun cuma satu drama. Drakor yang lain, paling panjang sampai 24 episode, selebihnya favorit saya masih drama korea 16 episode. Menurut saya sih, drama korea 50 episode pun masih kalah sama sinetron Indonesia yang sampai ribuan episode, bahkan bisa tayang selama bertahun-tahun. Jadi saya tetap jabanin nonton drama korea.

Nah ini dia alasan suka drama korea terbaik.

Alur Cerita Menarik dan Tidak Njelimet

Seperti sudah saya sebutkan sebelumnya, saya kurang suka alur drama yang berbelit-belit. Nah, menurut saya, drama korea  alurnya menarik dan suka bikin kejutan, tapi konfliknya tidak berbelit-belit. Kalau pun pasangan dalam drama berantem karena salah paham biasanya cepat selesai tanpa ada drama lainnya.

Akting Pemain Berkualitas

Saya selalu suka dengan akting para pemain drama korea karena saya melihat totalitas. Aktor A tidak selalu memerankan karakter yang sama di setiap drama. Misalnya aktor Shin Sun Rok, memainkan karakter yang berbeda di drama My Love From The Star, The Last Empress, dan Perfume.

Alasan-suka-nonton-drama-korea

Akting Shin Sun Rok jadi seorang desainer di drama perfume

Sering Menyajikan Cerita Tentang Suatu Profesi

Nah dari drama korea juga, saya kadang belajar tentang sebuah profesi, misalnya profesi chef, pengacara, jaksa, detektif, direktur perusahaan game, model, penulis, dan lain-lain. Seperti drama search:www, saya jadi lebih tahu tentang sebuah cara kerja perusahaan pencari kata kunci.

Kisah Cinta Tidak Biasa

Di drama korea tuh sering menyajikan kisah cinta yang antimainstream. Misalnya kisah cinta antara orang dari masa depan dengan tokoh dari masa lalu (Moon Lovers : Scarlet Horyeo), atau kisah cinta antara manusia dan malaikat (Angels Last Mission) dan pastinya kisah-kisah cinta yang bikin baper penontonnya. Kadang ending ceritanya bikin pengen nyemil batako.

alasan-suka-nonton-drama-korea

Hayo siapa yang mau ditaksir sama malaikat ganteng “L Infinite”

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

20 Responses

  1. Ida Raihan says:

    Drama Korea emang belum ada tandingannya ya Mak. Selalu menjadi favorite banyak orang.

  2. YSalma says:

    Saya baru satu menuntaskan tontonan drakor krn ga sengaja nonton di tv, trus penasaran dan nyari dari awal hingga episode akhir, 100 Days My Prince, penasarannya mungkin krn ber-genre sageuk , romance dan jg kocak barangkali.

  3. Raisa Hakim says:

    Imaginasi nya memang luar biasa ya drakor ini bikin kita ngayal mulu

    Kalo anak-anak betah sama superhero atau tokoh khayalan lah emaknya ya ini. Sama aja ya. Hihihi

  4. Okti Li says:

    Darimana saja termasuk dari film Korea ilmu dan pelajaran hidup tetap bisa kita dapat ya Teh…
    Yang penting kewajiban pribadi saja tdk kita kesampingkan…

  5. Siti Hairul says:

    Nyerah aku kalo sama Drakor hahahaha. Ga kuat maraton buat nonton drakor padahal kalo nonton nya per episode bisa penasaran sampe ga bisa tidur. Jadi mending nonton filmnya aja

  6. Ida says:

    Aku mah ga sabaran nunggu kelanjutannya kalau film bersambung itu teh..jadi mendingan ga nonton aja jadinya hahaha…

  7. Kalau aku masih memilih apa aja sih nonton film drakor nya jadi nggak berani juga ngebut-ngebut pernah sih begadang tapi bikin aku drop jadi nggak akan terjadi lagi deh

  8. Siska Dwyta says:

    Kalau saya suka nonton drakor karena alurnya yang nggak mudah ketebak. Dari awal episode saja sudah disuguhkan dengan alur yang bikin penasaran sampai berasa pengen lanjut trus nontonya. Ya kurleb nonton drakor mirip dengan baca novelnya tereliye *itu sih kalau menurut saya ya… trus saya tipenya kalau nonton drakor aja gak bisa cuma satu episode/hari makanya kalau sudah sekali nonton drakor bisa kecanduan sampai lupa waktu *eh

  9. Elly Nurul says:

    Semua orang punya alasan masing masing ya untuk menyukai sesuatu, apalagi tentang drama korea, hampir semua orang yang aku kenal suka dengan drama korea, tapi saya memang belum terlalu menjadikan drama korea sebagai hobby untuk di tonton, masih suka film action figure hehe.. sesekali drama thailand, walaupun bahasanya agak aneh dan kadang suka ngajak berantem hehe..

  10. Desri Desri says:

    aku setuju mba, jadi memang akting para tokohnya itu beneran digodog sampe menjiwai gitu. jadi pesan yang sampe ke penonton beneran kerasa dan berkesan banget.

  11. lendyagasshi says:

    Aku kalo suka, ga butuh alasan, teh..
    Hehhee…
    Alhamdulillahnya, suami juga hobi nonton.
    Malah doi lebih lengkap donlotannya.

    Apalah aku yang hanya istri nurut sama suami.
    Kikkkii~

  12. Indah Nuria says:

    Hahaha kalau udah cinta mah semuaa jadi bagus ya mba.. aku pun punya banyak teman dan saudara yang sukaaa banget

  13. April Hamsa says:

    Aku dah lama banget gak ngedrakor skrng lbh suka jepang. Tapi sesekali ada sih drama yang aku liat onlen di YT tapi biasanya lebih ke film gtu. Semalam aku malah nemu Winter Sonata jd pengen nonton lagi haha selera jadul.

  14. Drakor memang bikin nagih. Dari akting pemainnya yang keren-keren, totalitas, hingga nilai2 positifnya. Lop bangetlah pokona saya sama drakor :)))

  15. kalau aku jujur suka nonton drakor karna pemainnya cakep cakep wkakakaka sama kadang mereka total banget bikin film, sejauh ini nonton horor rasanya paling serem ya horor nya korea

  16. Aku suka drakor soale ceritanya tuh banyak yang mengejutkan dan diluar ekspetasi terus pemainnya yang ganteng dan catik hehe.

  17. Rahmah says:

    Alasan utamaku suka drakor adalah “Me Time” yang tak perlu merogoh kocek terlalu dalam
    Cukup langganan aplikasi dan bayar premium

  18. Kalau alasan saya suka Drama Korea itu selain kisahnya yang sering mengangkat hal tak biasa, atau romance sederhana yang manis, juga lebih ke cara mereka menyajikan cerita dengan detail, bahkan andai pun di drama tersebut ada iklan, mereka bisa menyelipkannya sebagai bagian dari cerita tanpa mengganggu apalagi memotong cerita. Belum lagi setting waktu dan tempatnya. Keren pokoknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *