Interview di Majalah Gatra

Bulan Ramadhan kemarin, dalam edisi khusus mengenai Napas Islam Industri Kreatif, saya berkesempatan di wawancara oleh Majalah Gatra yang terbit tanggal 25 Agustus 2011. Dalam kesempatan tersebut, saya memperkenalkan produk Myfa (My First Al Qur’an).

Inilah cuplikan wawancara tersebut dalam kolom yang berjudul

Pena Baca Al-Qur’an

“Jenis MYFA ini memang khusus ditujukan bagi anak-anak agar lebih gampang belajar Al Qur’an,” kata Rani Yulianty, Manajer Buku Anak dan Remaja Sygma.

Menurut Rani, sejak awal Sygma Publishing memang ingin membuat Al-Qur’an untuk anak, yang kemudian terwujud pada MYFA. Dalam perkembangannya, kata Rani, anak-anak terpengaruh kuat oleh berbagai jenis audio selain bidang visual. “Makanya, anak-anak sangat suka dengerin dongeng dan cerita,” katanya.

Teknologi I Pen menjadi bagian yang relatif gampang dikembangkan. Namun mendesain Al-Quran agar menarik minat anak-anak menjadi tantangan tersendiri. Awalnya, AL Qur’an anak-anak ini dirancang memiliki gambar. Namun ternyata penafsiran visual Al-Qur’an harus dilakukan ahli agama dan ahli tafsir. “Jadi, rencana itu kami batalkan,” tutur Rani.

Akhirnya, Sygma memisahkan bagian terjemahan dan tafsirnya. Dengan pemisahan ini, gambar-gambar bisa dimasukkan pada bagina yang memuat terjemahan dan tafsir, sedangkan pada bagina yang memuat huruf Al Qur’an tidak dimasukkan gambar. Pada terjemahan dan tafsir ini juga dicantumkan doa, jejak Rasul, dan tafsir tematik.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *