Kamar Anak Minimalis Wujudkan Kemandirian

Usia anak terus bertambah tapi sebagai ibu saya masih merasa kemandirian Fathan dan Fakhira masih sangat kurang. Keduanya masih sangat tergantung pada saya dan tentunya sangat merepotkan. Saat saya harus mengerjakan pekerjaan rutin seputar pekerjaan rumah tangga yang tiada henti, saya pun harus memenuhi permintaan duo F yang kadang sepele tapi bikin jengkel. Saya merasa ada yang keliru dengan pola asuh saya, sehingga saya pun mengikuti kelas Bu Sara Risman. Di kelas itu saya mendapatkan pencerahan. Saat saya mengutarakan permasalahan kemandirian pada Bu Sara Risman, beliau bertanya bagaimana anak-anak tidur? Apakah kamarnya terpisah? Saya jawab kalau mereka berdua masih tidur bersama saya. Ternyata solusi dari persoalan saya cukup mudah yaitu membuat anak-anak bisa tidur terpisah dari saya. Terutama si sulung sudah berusia 7 tahun lebih. Saya pun ingin membuat kamar anak minimalis untuk si sulung.

Kamar minimalis yang saya maksud adalah kamar yang ukurannya tidak terlalu besar. Kamar itu sebelumnya dipakai sebagai penyimpanan barang-barang yang tidak terpakai. Lalu, saya pun mencoba sounding ide kepada si sulung untuk memiliki kamar sendiri. Tentu saja ide saya mendapat penentangan darinya. Dia tidak mau tidur terpisah, dia mau tidur terus sama saya.

Akhirnya, saya pun segera membereskan kamar tersebut, mengeluarkan barang-barang yang tidak terpakai dari kamar. Saya tempatkan dipan dan Kasur berukuran kecil. Lalu, lemari yang dulu berada di kamar saya dan dipakai untuk menyimpan pakaian dia dan adiknya, saya pindahkan ke kamar baru. Saya yakinkan bahwa lemari itu sekarang menjadi miliknya dan tidak usah berbagi dengan adiknya. Dia tampak antusias mendengar bahwa dia memiliki kamar, Kasur, dan lemari sendiri. Tidak lupa, saya tempatkan juga meja kecil dan karpet di kamar tersebut. Dalam waktu satu hari sudah terwujud kamar anak laki-laki sederhana.

Kamar anak minimalis tersebut pun tampaknya sudah siap ditempati. Namun, tetap ada yang saya khawatirkan. Kamar ini akan menjadi kamarnya yang pertama dan pastinya dia mesti terus diajari bagaimana merapikan dan membersihkan kamar. Sementara itu, kamar ini dulunya tempat penyimpanan barang yang tidak terpakai. Tidak menutup kemungkinan di dalam kamar anak minimalis ini terdapat bakteri dan kuman yang bisa membahayakan kesehatannya. Sementara, dia sendiri belum pandai menjaga kebersihan kamarnya. Sementara tanggung jawab saya sebagai ibu pastinya menjaga kebersihan dan kesehatan rumah.

Malam pertama tidur di kamar sendiri, Fathan ingin ditemani terlebih dahulu. Saya pun menemaninya sampai dia tidur. Tapi tengah malam, dia bangun dan pindah tidur ke kamar saya. Kejadian it uterus berulang. Saya tanyakan kenapa dia selalu bangun tengah malam dan pindah kamar. Dia bilang, kamarnya gelap dan dia merasa takut tidur sendirian. Saya memang memiliki kebiasaan mematikan lampu kamar setiap tidur. Entah kenapa dia bisa tidur di kamar saya padahal lampunya sama-sama dimatikan. Mungkin di kamar saya, dia tidak merasa takut tidur sendirian. Saya pun butuh solusi karena tidak mungkin saya membiarkan si sulung terus pindah tidur ke kamar saya.

Ternyata, Fathan merasa kamarnya kurang cerah dan saya berpikir untuk mengganti cat tembok kamar sederhana anak laki-laki itu. Setelah saya berselancar di dunia maya, saya mendapat solusi yaitu cat glow in the dark. Ya, cat ini bisa jadi solusi karena saat Fathan bangun dia tidak merasa takut lagi bangun dalam suasana gelap.

Saya pun makin tertarik dengan Cat Glow in The Dark ini yang ternyata merupakan produk Avian Brands ini. Avian Brands meluncurkan #ProdukCatDisney yang memiliki keunggulan cat anti bakteri dan juga cat dengan efek spesial, cat glow in the dark.

Produk Cat Seri Disney dari Avian Brand dijamin aman digunakan dan ramah ligkungan karena tidak mengandung zat berbahaya dan memiliki kadar VOC yang sangat rendah. Ada 5 produk Avian Brands Cat Seri Disney. Keunggulan dari produk cat Disney ini yaitu:

  • Semua produk Cat Seri Disney merupakan produk yang ramah lingkungan.
  • Aman digunakan oleh keluarga di rumah karena tidak mengandung zat berbahaya (tanpa merkuri, formaldehyde)
  • Kadar VOC (Volatile Organic Compound) yang sangat rendah.
  • Seluruh produk Cat Seri Disney memiliki sertifikat Green Label Singapore.
produk-cat-disney

Cat Tembok Interior Avitex 4Kids

cat-glow-in-the-dark

Cat tembok Avitex 4kids ini merupakan cat interior yang dilengkapi dengan formula antibakteri, mampu menutup ketidaksempurnaan tembok, anti jamur dan lumur, sehingga kamar bersih, sehat, dan terbebas dari kuman dan baketri. Cat Tembok Avitex 4Kids tersedia dalam 170 varian warna, produk cat ini pastinya akan membuat kamar anak sederhana ini menjadi kamar anak lucu yang nyaman ditempati.

Saya dapat menghembuskan napas lega karena kekhawatiran saya terhadap kamar bekas penyimpanan barang tidak terpakai itu pupus. Saya merasa aman membiarkan Fathan tidur di kamar anak laki-laki sederhana tersebut.

Cat Tembok Interior Everglo Kids Care

cat-magnetic

Cat tembok premum ini mampu menciptakan ruang kamar anak yang tampak mewah dan sehat. Pastinya cat tembok ini membuat #KeajaibanDiSetiapRuangan dengan semua keistimewaannya. Terdapat 88 pilihan warna dengan formula antibakteri, tahan sikat atau gosokan dan kotoran tidak mudah menempel. Hasil akhir yang ditampilkan oleh Cat Tembok Everglo Kids Care adalah kilau mewah atau mid sheen, sehingga sangat cocok untuk anak yang suka menuangkan kreativitasnya dengan mencoret-coret tembok. Hehehe, nggak usah khawatir deh tembok akan kotor karena coretan.

Cat Efek Spesial HomeDeco Glow in the Dark

cat-glow-in-the-dark

Nah, Cat HomeDeco Glow in the Dark ini memang incaran saya sebagai solusi Fathan biar tidak takut saat bangun tengah malam. Cat phosphorescence berbahan dasar air yang dapat menyala/berpendar dalam keadaan gelap. ย Pastinya #CatGlowInTheDark ini sangat istimewa bagi anak-anak. Dilengkap dengan stensil karakter favorit anak, sehingga siluet karater Disney yang diaplikasikan dapat berkilau saat lampu kamar dipadamkan

Cat Efek Spesial HomeDeco Magnetic

cat-glow-in-the-dark

Nah, Cat efek Spesial HomeDeco Magnetic pun tidak kalah keren dengan cat-cat sebelumnya. Keunggulan #CatMagnetic saat produk ini diaplikasikan sebanyak 3-4 lapis akan memberikan hasil akhir membuat magnet menempel di dinding dengan kuat. Pastinya bisa membuat anak asyik bermain di kamarnya. Cat dengan spesial efek HomeDeco Magnetic ini tersedia dalam warna black diamond dengan hasil akhir matt. Cat ini dapat diberi warna cat tembok jenis lain seperti Avitex 4kids maupun Cat Tembok Everglo Kids Care.

Cat Efek Spesial HomeDeco Glitz

produk-cat-disney

HomeDeco Glitz dirancang untuk menghadirkan dunia imajinasi anak dengan dua varian warna yaitu gold dan silver. Cat ini berbahan dasar air dengan nuansa tekstur glitter yang berkilau. Cat ini dapat diaplikasikan dengan mudah menggunakan roller/kuas. #CatGlitter dengan spesial efek HomeDeco Glitz bebas timbal dan merkuri, tahan lama serta ramah lingkungan. Cat ini memberikan efek berkilau yang menawan sehingga bisa diaplikasikan dalam berbagai medium seperti furniture dan kerajinan anak.

Manfaat Anak Memiliki Kamar Sendiri

  1. Melatih Kemandirian
    Saya membuat kamar untuk Fathan memang bertujuan agar dia lebih mandiri. Alhamdulillah, setelah dia memiliki kamar sendiri, dia lebih mandiri. Dia mampu melakukan hal-hal dasar seperti bangun tidur sendiri tanpa dibangunkan, mencari pakaian sendiri, bahkan dia mau membantu merapikan kamar dan merapikan pakaiannya di lemari.
  2. Melatih Disiplin
    Sejak tidur di kamarnya sendiri, Fathan lebih disiplin dengan jam tidur dan jam bangun tidur. Sekarang setiap pukul 21.00 WIB, dia sudah minta tidur di kamarnya sendiri. Dia pun bisa bangun pas waktu Subuh, tanpa ada drama rewel, nangis, merengek, tidak mau bangun. Alhamdulillah, sekarang dia bisa tertib shalat Subuh.
  3. Melatih Keberanian
    Tidur sendiri berarti dia berani dan bisa menjadi penjaga bagi saya dan adiknya. Dia adalah laki-laki di keluaga kami yang pastinya dituntut untuk memiliki keberanian dan mapu melindungi kami kelak.
  4. Melatih Tanggung Jawab
    Alhamdulillah, sejak tidur di kamar sendiri, Fathan jadi lebih memiliki tanggung jawabterhadap barang-barang miliknya. Dia mau merawat mainannya dan menyimpan dengan rapi di kamar. Dia pun mau merapikan pakaiannya di lemari. Jika saya selesai menyetrika pakaian, dia akan sukarela membawa tumpukan pakaian miliknya dan menyimpan di lemari miliknya.

Peer saya satu lagi menyiapkan kamar untuk Fakhira. Sebenarnya masih ada satu lagi kamar kosong yang tidak terpakai. Tapi kamar tersebut kondisinya agak bocor jika hujan dan ukurannya cukup luas. Fakhira juga belum mau tidur terpisah. Menurut Bu Sara Risman, saya masih punya waktu 3 tahun untuk menyiapkan kamar anak perempuan untuk Fakhira. Tapi jika bisa lebih cepat itu lebih baik, itu tandanya saya bisa melatih kemandirian bagi Fakhira lebih awal. Pastinya saya akan menyiapkan kamar tidur Fakhira dengan produk Cat Disney dari Avian Brands.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

27 Responses

  1. sarahjalan_ says:

    membiasakan anak tidur sendiri memang harus dimulai dengan menata kamarnya supaya dia merasa nyaman dan tidak takut selama berada dikamar, bersyukur juga ya avian punya jenis cat tembok yang bisa membuat dinding menjadi berwarna ceria dengan glitter dan tempelan yang bisa tetap menyala saat gelap ๐Ÿ™‚

  2. Lidya says:

    Alhamdulillah jadi kamar buat si kasep ya teh. Walaupun minimalis tapi bermanfaat & bikin anak mandiri. Anak-anak suka pastinya pakai cat flow in the dark di kamarnya, keren aja

  3. Hendra Suhendra says:

    Iya ya, penting juga ya membiarkan anak punya kamar sendiri dan tidur sendiri, gak sama orang tuanya. Kayak orang-orang barat, anak kecil udah berani tidur sendiri, pantesan pada mandiri di usia anak-anak.

    Supaya betah, ternyata tembok kamarnya perlu dicat dengan warna yang menarik ya, untungnya ada cat Avian, jadi kamarnya bisa glowing in the dark gitu deh… Keren nih Avian

  4. Triani Retno says:

    Catnya menggoda banget ya, Teh. Mana pilihan warnanya banyak banget gitu lagi. Kayaknya asik nih tahun baru warna kamar pun baru.

  5. Dwi Puspita says:

    Mupeng banget sama catnya, rencana pengen ganti warna cat kamar anak memang yang bisa dihapus saat si anak mulai beraksi corat-coret

  6. 4 melatih melatih ini memang harus selalu dipraktekkan supaya anak nggak dikit dikit bergantung sama kita ya mbak. Saya sendiri sedang melatih anak saya buat tidur berdua sama adeknya, meskipun tengah malam selalu ngetokin kamar Abi Ummi nya hahaha.. pokoknya berusaha terus, bisa ditiru buat bikin mereka suka sama kamarnya.. ๐Ÿ˜€

  7. Anak memiliki kamar sendiri ini bagus banget ya mba. Aku pun menekankan ke anak kami supaya dia betah di kamarnya, meski masih lumayan sering dia nyusul ke kamar kami. Ahahaha.

  8. Rini Novita Sari says:

    astagaaa dragon, desain cover catnya gemesin bangettt dong wkwkwkkw

    ini si anak liat tempat catnya paling dikira mainan yaaa wkwk

  9. Adriana Dian says:

    ya ampun, cute amat sih si avian disney series iniii.. liat tabung catnya aja gemezzz.. hihi. Abis liat avian disney series jadi pengen ngecat ulang kamar nih. hihi

  10. Wah sama, saya tertarik juga dengan cat glow in the darknya. Jangankan buat anak, saya juga mau tuh kamarnya dikasih cat ini. Kesannya jadi keren gitu ya kamarnya.

  11. Kalau catnya sebagus ini sih anak-anak pasti bakal nyaman dan merasa betal melakukan berbagai aktivitas di kamarnya sendiri. Gak hanya bagus catnya, tapi juga ramah lingkungan yaa..

  12. Kang Alee says:

    Penting banget neh Kak, cat yang sesuai dengan kamar anak-anak, soalnya nggak semua cat bisa untuk kamar anak-anak. Beruntung banget neh ada Avitex seri ini

  13. Aku yang bukan anak anak aja seneng nih kalau kamar diberi senuhan cat glow in the dark. Jadi menyenangkan banget berlama lama dikamar, jadi tempat paling menyenangkan deh ya

  14. Kamar anakku pakai lampu tidur mba kalau malam. Jadi memang redup tapi ga yang gelap banget. Cat glow in the dark bisa jadi solusi

  15. Saya tertarik banget sama cat dinding yang Glitter dan Magnet, cocok buat tingkatkan daya imajinasi dan kreativitas anak

  16. Anak2 pasti senang kamar pribadinya dicat dengan warna2 ceria dari Avian Brands ini. Mereka bisa jadi lebih bersemnagat untuk bermian, belajar, dan bahkan tidur di sana.

  17. Apakah aku juga harus nyapih Keponakan biar bobok sendiri? Dia punya kamar, tapi memang kurang menarik kaya tembok dan catnya. Kayanya harus nyoba Avian ini deh biar mereka betah

  18. Nuansa glow in the darknya bikin penasaran Uni. Pasti seru banget ya anak-anak suka
    aku jadi pengne ubah juga cat di kamarku dengan avian

  19. Retno says:

    Liat kaleng catnya aja udah gemes. Apalagi lihat hsilny di kamar anak anak. Pasti mereka bakalan betah di kamar…

  20. Dian Safitri says:

    aku pengen liat hasil yang glow in the dark deh ih. pasti seru banget itu buat kamar tidur. pas mau tidur, matiin lampu, ga perlu lagi lampu tidur kali ya.
    lagian itu kaleng-kaleng catnya aja bikin gemes banget. yang magnet juga asik ih

  21. Ruli retno says:

    Kayanya ini memang produk yg di design khusus utk anak dan sesuai kebutuhan kamar mereka ya.pasti warnanya cakep2

  22. Marfa says:

    Unik sekali glow in the dark, baca gini malah aku pengin cat ulang kamar! Khusus diperuntukan utk anak ini ya baik warna dan anti bakteri.

    Lucu2 lho ini wadahnya, kalau ditaruh kamar buat wadah barang2 pun tetep kece. Gemesh2 ey

  23. Pilihan catnya menarik dan unik ya mbak. Cocok emang buat kamar anak.
    Moga bisa nih renov rumah dan memberikan kamar buat anak2 ๐Ÿ˜€
    Noted buat catnya, siapa tahu ada rezeki renov dan ngecat kamar anak jd lbh bagusan ๐Ÿ˜€

  24. Keren nih, Teh, sampai ikut kelas parenting untuk menemukan pola asuh yang tepat. Saya jadi inget acara Nanny 911 di Metro TV dulu
    BTW, lihat varian cat-cat ini kok jadi pengin ganti warna cat kamar si sulung ya

  25. lendyagasshi says:

    Uwwuu….teteh uda siap banget yaa….pisah bobok sama anak.
    Aku niih…giliran pisah, akunya yang baper. Eh, kayanya aku uda sering tjurcol masalah ini yaa..
    Maaf…maaf, teh.

    Bener yaa…kamar anak mesti yang menyenangkan.
    Agar anak nyaman dan mandiri.

  26. Zefy says:

    Jadi warna-warna yang sering di lihat di film disney ya mbak, warna gold glitter kayaknya lucu juga lho.

  27. Proyek perumahan saya juga biasanya pake cat avian sih, jadi saya udah tahu banget gimana kualiatas cat avian. Seri disney ini kayaknya cocok untuk ngasih aksen yang fresh ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *