Ke Jogja Selalu Ingin Kembali

Ke Jogja selalu ingin kembali karena banyak tempat wisata jogja yang mengasyikkan. Itu yang saya rasakan saat pertama kali menginjakkan kaki di kota yang penuh pesona budaya ini. Pertama kali ke Jogja saat masih berstatus mahasiswa. Saat itu, jurusan saya mengadakan studi banding dengan jurusan bahasa dan sastra di UNY. Tentu saja, kami sangat antusias karena akan bertemu dengan teman-teman kami yang memiliki minat dan jurusan sama di kota dan budaya berbeda. Kami dari tanah Sunda akan berkunjung ke teman-teman kami di tanah Jawa. Itulah pemikiran kami saat itu. Selain melakukan studi banding, tentu saja kami juga mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar jogja. Saat itu, kami mengunjungi Candi Borobudu

Baca juga: Tempat Wisata Bogor yang Mudah Dijangkau

Ternyata itu bukanlah pertemuan sekali saya dengan kota ini. Panggilan mengunjungi kota penuh seni ini kembali datang setahun kemudian saat saya menjadi pimpinan produksi pertunjukkan teater. Saat itu, saya bersama teman-teman mengadakan pertunjukkan teater Homo Homini Lupus di Bandung. Lalu kami pun bekerja sama dengan Bentang Budaya Jogja untuk mengadakan pertunjukkan di sana. Saat itu saya berdua dengan Evi menuju Jogja dengan menggunakan bus karena lebih cepat dan hemat. Kami berdua pun melakukan petualangan seru di Jogja, menyusuri jalanan kota ini yang lalu lalang dengan pesepeda. Mengelilingi kampus UGM yang luas. Bagi kami, kampus UGM sangat luas jika dibandingkan dengan kampus kami, UPI. Lalu, kami pun melanjutkan petualangan ke kamlus ISIS Jogja, bertemu dengan para seniman dan penggiat teater. Menikmati  suasana jalan Malioboro saat malam hari, mencicipi aneka kuliner enak di sana, hingga mendengarkan cerita-cerita seru tentang kehidupan para mahasiswa yang tinggal di sekitar kampus. Petualangan seru bagi mahasiswi seperti saya yang memang jarang melakukan perjalanan keluar kota. Pulangnya kami membeli  tiket bus jogja jakarta  karena kami akan ke rumah Evi dulu di Jakarta. Sebulan kemudian, saya dan Evi pun berhasil mengadakan pertunjukkan teater Homo Homini Lupus di Bentang Budaya dan bekerja sama dengan para penggiat teater di kota gudeg tersebut.

Tahun berlalu, saya pun disibukkan dengan aktivitas baru sebagai karyawan sebuah perusahaan. Kemudian, sibuk mengurus keluarga kecil yang diamanahkan Allah Swt. Hingga kerinduan kerap hadir untuk kembali ke Jogja. Namun ternyata butuh waktu bertahun-tahun, hingga saya bisa kembali menghirup aroma khas kota ini. Tahun 2016, saya berkesempatan mengunjungi kota ini bersama para mombassador batch 5. Baru kali itu saya bepergian meninggalkan anak-anak dan suami. Seru banget bisa melakukan kegiatan seru bersama para mombassador dari seluruh nusantara. Kami dijamu dengan sangat baik selama 3 hari, menginap di hotel yang lagi ngehits yaitu, makan di restoran dengan view Candi Prambanan. Pengalaman luar bagi saya yang memang jarang pergi ke mana-mana.

Tiket bus jogja jakarta

Rezeki ke Jogja ternyata masih jadi milik saya. Doa saya untuk bisa mengunjungi kota ini bersama anak-anak dan suami terkabul pada tahun 2017. Saya bersama keluarga berkunjung ke tempat wisata di Jogjakarta, tepatnya tempat wisata di daerah Gunung Kidul, seperti Merapi Tour, Tubing di Goa Pindul, dan bermain di Pantai Sadranan. 

Pengalaman baru bagi saya dan anak-anak bertualang di tempat wisata Gunung Kidul, Jogjakarta. Ternyata sisa letusan gunung Merapi meninggalkan potensi wisata luar biasa, seperti petualangan menyusuri sisa-sisa letusan gunung berapi. Dengan menaiki mobil jeep, kami menelusuri setiap jejak peristiwa yang terjadi saat meletusnya lahar gunung Merapi.

Tiket bus jogja jakarta

Kami melalui jalanan terjal berbatu, namun ternyata anak-anak tidak terganggu. Mereka malah tampak sangat menikmati perjalanan yang sesungguhnya menghidupkan adrenalin setiap penumpang. Belum lagi aksi sang sopir yang sering melakukan manuver selama perjalanan. Namun, ternyata kami semua begitu terpesona dengan Anak-anak begitu takjub saat tiba di museum merapi. Di sana, anak-anak melihat benda-benda yang sudah rusak akibat lahar merapi. Rumah yang tinggal setengahnya, peralatan rumah tangga, televisi, radio, dan lain-lain. Kami pun tiba di bunker kaliadem, tempat persembunyian saat ada lahar. Fathan dan ayahnya masuk, kalau saya nggak berani masuk dan menunggu di luar.

Tiket bus jogja jakarta

Petualangan selanjutnya adalah tubing di Goa Pindul. Saat itu Fathan masih berusia 5,5 tahun dan Fakhira 2,5 tahun. Namun keduanya tampak antusias mau naik ban besar. Fathan dipangku ayahnya, sementara Fakhira saya pangku. Menaiki ban dan mengikuti aliran sungai hingga masuk ke dalam goa pindul yang gelap merupakan tantangan luar biasa bagi anak-anak. Ternyata Fathan dan Fakhira tampak asyik aja, malah mereka antusias saat tahu di dalam goa ada banyak kelelawar yang bergelantungan.

Tiket bus jogja jakarta

 

 

Tiket bus jogja jakarta

Tempat terakhir yang dikunjungi yaitu Pantai Sadranan. Main di pantai merupakan kesukaan anak-anak. Di antara banyaknya pantai yang ada di Jogja, kami ke pantai Sadranan karena memang searah dengan goa pindul. Jadi enggak terlalu jauh. Seperti biasa, kalau ke pantai, anak-anak pasti berenang.

Bagi anak-anak, itu pertama kalinya mereka berkunjung ke Jogja dan bertualang ke tempat-tempat wisata di sana. Sebenarnya, saya belum puas menjelajahi Jogja dan ingin menjelajahi lebih banyak tempat seru di sana. Apalagi Fathan ingin sekali ke Candi Borobudur. Namun saat itu, memang hanya 3 tempat wisata itu yang jadi tujuan wisata. Saya dan suami pasti ingin kembali ke Jogja dan menikmati nuansa Jogja bersama anak-anak, bertualang dengan aneka kuliner di Jalan Malioboro, berbelanja di Pasar Beringharjo, serta menikmati wedang ronde yang menghangatkan tubuh. 

Ke Jogja, kami selalu ingin kembali, walaupun di sana bukanlan kota tempat kami mengais rezeki, tapi Jogja selalu memberi kami kenangan berarti.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

74 Responses

  1. Arda Sitepu says:

    Pengalaman seru keJogja, wah jadi pengen balik ke sana Mba mau makan di angkringan. Mau beli batik sebanyak2nya, mau jalan2 ke candi dan sebagainya. Seru juga ya pengalaman mba nya di Jogja, itu si adek pakai pelampung gede amat hehe..

  2. Pengen ke Jogja.
    dari awal taun direncanakan, tapi belum juga bisa terealisasi.
    Kami belum banyak mengeksplor Jogja, meski sebenarnya udah berkali2 ke sana.

    hanya sekitar pantai parangtritis dan sekitar kota Jogja aja.
    Padahal masih banyak yang bisa di eksplor ya
    pantainya aja bejibun banget.
    sedang kami hanya di sekitaran parang tritis selalu hahaha

  3. Yuni says:

    Jogja selalu indah untuk dikunjungi ya mbak, bisa jadi tempat wisata yg nyaman bagi keluarga. Terlebih menghabiskan waktu liburan disana…. Bener2 puas dan mengesankan.

  4. Lidya says:

    Oh teh Rani batch 5 ya berarti setelah aku, pantesan kita gak ketemu ya waktu ke Jogja.
    Yuk jalan-jalan ke JOgja lagi, banyak yang masih bisa diexplore di sana. TErnyata punay kenangan berarti ya di Jogja, pastinya yang manis dong ya.

  5. Sissy says:

    Saya baru akhir tahun lalu liburan ke Yogya. Tapi kalau kangen saya kangen ke Singapura. Dulu tiap tahun saya dan hubby liburan kesana, refreshing aja. Sekarang jadi ga pernah karena kami sama-sama males ngurusin paspor buat si kecil. Haha. Yogya itu yang ngangenin slow nya sih Mbak kalau saya. Maklum kerjaan saya hectic, tiap hari ada target harian yang mesti dikejar. Jadi enak aja liat kota yang kayaknya orang-orangnya santai

  6. Rani R Tyas says:

    Wah baru tahu ternyata Teh Rani pernah ikut momambassador ya. Jogja emang selalu ngangenin ya Teh. Aku juga kadang pengen ke sana, tapi perjalanan yang menghabiskan waktu 6 jam di jalan bikin mikir 2x, kecuali kalau naik pesawat ya, hihihi. Ayok Teh, pankapan kita ketemu di Jogja 😀

  7. Ayok ditunggu lagi kembali ke Jogja yaa, kmrn waktu ke Jogja sudah wiskul apa saja?

  8. Terakhir ke Yogya kala SMP, Desember 1993. Sudah lama sekali, ha ha. Musim hujan namun panas banget di sana dan bagi orang Bandung pasti mana tahan.
    semoga teh Rani bisa ke Yogya lagi bersama keluarga, ada banyak tempat wisata yang asyik di sana, juga untuk anak-anak selain Candi Borobudur. di Yogya ada banyak taman tematik, kulinernya pun konon lezat disantap.
    Syukurlah anak-anak suka bertuialang dengan jip menyusuri monumen letusan Merapi. Mereka bisa belajar geografi, ilmu bumi, dan rasa kepedulian kepada sesama yang ditimpa bencana, juga keagungan Allah.
    Saya jadi pengen naik jip ke sana, he he. Lebih untuk tadabur bersama keluarga, juga mengenalkan pada palung tentang makna gunung sebagai pasak bumi.

  9. pengen balik lagi ke Yogya 🙁 bener deh lagu ke Yogya aku ingin kembali hahahaa

  10. Siska Dwyta says:

    Yang udah pernah ke Jogja aja pengen kembali lagi ke sana apalagi yang belum pernah seperti saya. Duh, untuk sekarang mau nabung aja dulu deh semoga saya juga bisa injak Jogja bareng keluarga

  11. Ira says:

    semoga suatu saat nanti saya bisa menginjakkan kaki lagi di JOgja bersama anak dan suami tentunya 🙂

  12. Halo mbaa Jogjakarta emang ngangenin. Aku pun senang kalau ke Yogyakarta. Banyak wisata alam juga yang indah ya mba Kulinernya ya sedap sedap

  13. susie ncuss says:

    sama teh…
    aku sama jogja itu kadang bertemu di waktu-waktu yang tidak disangka.
    pernah dalam 1 bulan saya bolakbalik ke jogja 2 kali.
    capek tapi seneng 😀

  14. Tau ga teh aku ke Borobudur itu terakhir waktu SD lho sekitar 21 th lalu lah hahaha. Pengen rasanya balik lagi kesana sama anak-anak biar mereka tau keindahan Jogja dan Borobudur.

  15. yola widya says:

    aku juga mau ke yogya lagi hehe…udah lama banget enggak kesana. Ternyata yogya punya banyak tempat wisata yang asyik

  16. Yoanna Fayza says:

    Waah mombassador juga ya mba? batch berapa? Ayoo ke jogja lagi, masih banyak tempat asik di jogja lhoo hehehe

  17. sama teh, saya juga kalau udah ke jogja, rasanya pengen balik lagi, pengen balik lagi, gak bosen gitu. sampai suami juga ngajak, nanti kalau udah tua, pengen tinggal di jogja, kayaknya kotanya adem ayem gitu

  18. Rahmah says:

    Betul, mbak. Jogja memang ngangenin.
    Apalagi jika punya kenangan manis dengan orang Jogja wkwkwkw

    Udah banyak spot buat liburan keluarga ya jadinya.

  19. lendyagasshi says:

    Iyaa…
    Jogja selalu ngangenin yaa, teh…

    Tapi jangan kuatir, teh…belum sempet ke Jogja beneran, mendingan kalau belanja di Jogja, bukan Griya apalagi Borma.
    Wkkwkkwk~

    ((garink modeon))

  20. Jogja banyak menjadi tempat kunjungan, wisata, dan lain sebagainya
    aku juga seneng dengan JOgja, terakhir kali tahun lalu ke sana.
    Ya Allah mudah-mudahan bisa ke sana lagi, aamiin

  21. Elly Nurul says:

    Selain Bali.. Jogya tempat yang selalu bikin aku kangen untuk balik lagi lagi dan lagi.. selain banyak tempat wisata di jogya yang semakin menarik dan instagramable.. juga budaya serta makanannya hehe.. masih suka makan gudeng angkringan yang rasanya itu luar biasa endesss

  22. Eka Mustika says:

    aku kalau bisa balik lagi pengen nyaberdua suami buat bulan madu lagi hahaha. karena terakhir sama keluarga besar kurang dapat romantisnya jogja

  23. Ah bener sekaleee…. Jogja itu kok selalu ngangenin ya. Berulang-ulang ke sana kok ya rasanya tidak bosan.
    Ada banyak sekali tempat menarik yang membuat kita selalu rindu untuk datang ke Jogja.

  24. Jogja selalu meninggalkan kesan yang sangat berarti bagiku. Padahal, belum seminggu aku meninggalkan kota itu untuk wajib kerja. Aduh, mengenang masa 6 tahun di Jogja ini terlalu berat. Semoga tidak terbawa pula. Memang, sudah ada rencana untuk menjadikan Jogja sebagai tempat tinggal resmi setelah orangtuaku pensiun.

  25. Novitania says:

    Jogja emang never ending stories ya mba. Akupun pengen balik lagi ke jogja dan menikmati keindahan alam di sana

  26. pantas saja banyak orang ingin ke jogja lagi, kenangan yang diberi selalu berbekas dihati ya

  27. Berencana ke Yogyakarta soalnya belum pernah menjejakkan kaki kesana
    Mungkin kalau sudah berkeliling di Yogyakarta akan merasakan pengalaman yg berkesan dan tak terlupakan pastinya hheee

  28. Nabilla DP says:

    ah, saya juga jadi teringat saat awal merajut rumah tangga bareng suami di Jogja. saya sempat di Jogja selama 3 tahunan mba. sampe sekarang masih suka kangen hihi

  29. Diah says:

    Jogja itu emang selalu dirindukan ya Mbak.
    saya baru sekali ke Jogja tapi rasanya pengen segera bisa kesana lagi, apalagi belakangan sering baca cerita teman-teman tentang Jogja, huhuh.

  30. Marfa says:

    Aih, lagi2 jogja yang selalu dirindukan. Kalau mie ayam tumini yang hitz itu pengin coba juga nggak kak? Hihi

  31. Zefy Arlinda says:

    Eh, entah kenapa gitu ya perasaan sering banget dengar orang bilang “pengen balik ke Jogja”. Suer deh
    Kayaknya Jogja beneran ngangenin yah, aku soalnya belum pernah ke sana

  32. Jogja emang ngangenin, aku Insya Allah pertengahan Maret ke Jogja nemenin anak piknik. Hehehe..yuk mbak ke Jogja lagi.

  33. Wah nemu lagi bloger yang kuliahnya satu jurusan huehehe halo, Mbak! Salam dari mahasiswa sastra Indonesia UNJ. Jogja, sejauh ini bagiku pribadi, memang selalu punya cerita yang menyenangkan. Kangen! Udah lama juga gak main.

  34. Eni Martini says:

    Bener banget, Yogya memang kota yang penuh dengan sudut kenangan buatku juga. Apalagi ibu dan suami asal.Yogya..dududu kuingin kesana lagi

  35. Iya ya, ke jogja sama pasangan
    Meromantiskan diri di sudut manapun, asal di jogja
    Huaaaah pengeeeeeen

  36. Nova says:

    Orang2 bilang Jogja bikin kangen..
    Dulu pernah keborobudur… Tapi udah lama banget..

    Belum sempat menikmati Jogja seutuhnya..y

  37. April Hamsa says:

    Mbak itu fotonya emang sengaja dibikin kebalik kah xixixi.
    Semenjak gunung meletus itu, Jogja gak terpuruk malah makin mengeliat potensi wisatanya ya mbak.
    Pengen jg tour liat sisa2 letusan gunung berapi eui. Moga bisa ke Jogya lg sama anak2 😀

  38. Banyak banget kenangan di Jogja ya teh, fakhira lucu banget di fotonya pake pelampung ke gedean hehe

  39. Wah Mbak Rany itu lulusan bahasa dan sastra to? Pentesan tulisannya bersih rapi. Berawal dari mampir soanya ada tugas smpai akhirnya kayak gini.

  40. cicifera says:

    ah iya, Jogja selalu bikin kangen ya mbak.. kalo nyari suasa yang tenang, bisa main lagi ke Jogja.. masih asri, minim gedung tinggi dan kulinernya pun murah, hihi.. jadi pengen makan gudeg dan pecel *lho

  41. Okti Li says:

    Yogyakarta memang bikin pengunjung balik dan balik lagi. Ga da bosannya pokoknya
    Teman saya malah ada yang sengaja pindah dari DKI ke Yogyakarta. Sampai anak sekolahnya juga pindah.

  42. Natara says:

    Jogja emang ngangenin ya kak, aku baru sekali ke Jogja dan itu juga cuma sempat ke candi Prambanan aja, semoga secepatnya bisa balik ke Jogja lagi… Aamiin

  43. unggulcenter says:

    oo rani yulianty ini istrinya Fauzi yaaa hehe.. bandung ke jogja nih? eh bandung atau apa ya Fauzi?

  44. Bener banget. Jogja mah kota yang selalu dirindukan. Jalan-jalannya, makanannya, dan tempat belanjanya. Semoga bisa segera main ke Jogja bareng keluarga deh 😀

  45. Kalau ke kota Jogja gak afdol mbak kalau gak mencicipi gudeg, angkringan dan wedang uwuh. BTW aku juga stay di Jogja karena udah jatuh cinta ama kota ini. Oh iya, wisatanya juga keren-keren kan mbak? Pantes bikin njenengan rindu heheh

  46. Elly Nurul says:

    Jogja… akupun selalu rindu akan jogja.. kota yang ngga pernah bosan untuk selalu dikunjungi.. apalagi sekarang sudah banyak tempat wisata baru bermunculan.. semuanya sangat bagus, indah dan juga kekinian banget, jadi ke jogja itu ngga cukup sekali dua kali tapi harus sering hehe.. akupun beberapa kali ke jogya belum semua tempat destinasi wisata aku kunjungi

  47. Tian belum pernah ke Jogja loh teh, huhuhu suka mupeng kalau denger cerita dari temen tentang indahnya dan selalu bikin kangen Jogja

  48. Fenni Bungsu says:

    Benar mbak, kalau pernah ke jogja jadinya ingin kembali lagi ke sana, kangen

  49. Sayapun mba, ke yogya udah kaya mudik hampir setahun sekali pasti berkunjung. Benarlah kiranya bahwa yogya itu punya daya magis kerinduan utk kembali datang

  50. Aku suka jogja dengan kehidupannya, bagaimana cara mereka hidup sehari hari. Makinkedaerah pinggiran makin berasa guyub. termasuk dengan makanan tradisionalnya yang banyak dansedap banget

  51. Awan says:

    Baca ini bikin saya makin kangen dan pengen cepat-cepat balik ke Jogja, dan benar sih, jogja selalu di hati dan bikin kita pengen balik lagi dan lagi.

  52. Rizki Rakhmat Abdullah says:

    jadi mau ke jogja.. aarrrhhhh otww aaah.. jogja itu selalu ada cinta dan rindu

  53. Ly says:

    AihhhJogja ngangenin, kota budaya yang hangat dan cukup gak expensive..

  54. Hellofika says:

    Bener nih jogja emang ngangenin krn murah, ramah, nyaman.. Sama kayak lombok. Aku selalu pengen ke jogja terus.. eh kupikir2 emang hampir tiap tahun ya ke jogja.. ga bossn bosan

  55. Milda Ini says:

    Alhamdulillah beberapa kali ke yogja dan gratis malah dikasih banyak oleh2 pula dan uang saku. Tapi tetap mau balik lagi kalo bisa ,hahaha

  56. Pengen ke yogja bersama keluarga. Naik kereta atau bus. Kayaknya seru yaaah

  57. Emak Cantik says:

    Kalo di yogja paling suka kulineran dan nyari oleh2 jadi perlu banyak bawak duit yaaak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *