Kenapa Harus Bergabung dengan Komunitas Blogger?

Kenapa Harus Bergabung dengan Komunitas Blogger? Dalam pelajar sosial, saya pernah mendapakan materi bahwa manusia itu merupakan makhluk indivual sekaligus makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia akan selalu melakukan sosialisasi bahkan orang yang memiliki karakter introvert seperti saya, tetap membutuhkan sosialisasi. Salah satu cara bersosialisasi yaitu tentu saja berteman, berkumpul dengan teman yang memiliki tujuan yang sama, memiliki hobi sama, pokoknya memiliki kesamaan. Nah, dalam Wikipedia disebutkan kelompok sosial  yang umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama.

Sejak dari kecil, rasanya tanpa sengaja kita sudah hidup berkomunitas. Sejak kita mulai mengenal pertemanan, lalu masuk lingkungan sekolah, mulai dari TK dan seterusnya. Semakin bertambah usia, kita kembali akan berkumpul dengan orang-orang yang memiliki kesamaan. Misalnya, saat di sekolah tingkat SMP atau SMU, kita akan berkumpul dengan komunitas yang sama, seperti komunitas mading bagi yang suka menulis, komunitas basket bagi yang suka olahraga basket, dan lain-lain. Semakin dewasa, kita akan masuk ke komunitas yang mendukung hobi, atau pekerjaan yang sedang kita lakukan.

Beberapa tahun ini, saya sedang menekuni passion sebagai blogger. Blogger bisa berawal dari hobi yang berujung pada peluang untuk mendapatkan rezeki. Saat ini, Blogger juga sudah bisa menjadi sebuah profesi yang tentunya harus dilakukan secara profesional dan bertanggung jawab. Bukan sekadar hobi namun lebih kepada profesionalisme dalam menjalankan pekerjaan.

Pada masa awal-awal menekuni passion sebagai blogger, saya melakukannya sendiri, lalu bertemu dengan teman-teman yang memiliki passion yang sama. Lalu saya diajak bergabung dengan komunitas blogger yang ada di kota saya. Alhamdulillah, saya bertemu dengan teman-teman blogger yang sangat baik hati dlam memberikan ilmu, masukan, dan pengetahuan tentang segala hal yang berhubungan dengan blog, baik teknis dan nonteknis.

Internet dan teknologi membuat kita semua bisa terhubung walaupun berada di tempat yang berjauhan. Sehingga kita pun bisa berkomunitas di dunia maya. Saat itu, saya mencari komunitas blogger yang kira-kira sesuai dengan saya. Hingga akhirnya berkenalam dengan Blogger Perempuan Network. Saat itu saya bergabung di grup facebook. Pada awal bergabung, saya masih malu-malu meong karena merasa diri masih dikit pengetahuan tentang blognya. Namun, melalui arisan link yang diadakan oleh Blogger Perempuan saya pun mendapatkan banyak teman blogger perempuan yang luar biasa keren. Saya tergabung dalam kelompok 6 arisan link. Walaupun program arisan link sudah tidak berjalan, tapi kelompok ini masih ada dan kami semakin dekat satu sama lain. Terima kasih Blogger Perempuan yang sudah membuat program ini sehingga saya bisa berkenalan dengan teman-teman yang luar biasa kerennya.

Mari Berkenalan dengan Blogger Perempuan Network

BPN atau Blogger Perempuan Network merupakan komunitas blogger yang ditujukan untuk anggota perempuan. BPN sendiri dibentuk oleh beberapa co founder yaitu Shintaries, Almazia Pratita, dan Dyane Dorothy, lalu ada mba Alaika Abdullah sebagai Community Relation,  Desy Yusnita, Nunik Utami, Putri KPM, Rani Novariany, Aprojanti, Astari Ratnadya, dan Mia Kamila.

BPN sendiri berdiri sejak tahun 2015 dan terus berkembang hingga sekarang beranggotakan kurang lebih 4000 blogger perempuan yang ada di seluruh penjuru dunia. BPN juga memiliki fasilitas yang mendukung visi misinya yaitu berupa.

Website utama yang berisi informasi, ilmu, yang memudahkan para anggotanya. Wbsite tersebut berisi infromasi penting seperti job untuk blogger dna lomba bagi para anggotanya.

Website khusus komunitas yang ditujukan untuk tempat berkreasi para anggotanya demi mengembangkan blognya, seperti fasilitas submit blogpost terbaru untuk blogwalking, dan lain-lain.

Grup Facebook khusus untuk anggota BPN, yang berisi info seputar job, juga para anggotanya bisa share link artikel agar bisa dikunjungi anggota lainnya.

Kenapa saya bergabung dengan Blogger Perempuan Network?

Sudah saya sebutkan di awal, saya memiliki kebutuhan berkomuniitas. Walaupun kecenderngan saya sebagai anggota yang lebih banyak menyimak, namun tetap saya membutuhkan komunitas yang memiliki kesamaan passion. Saya merasa teman-teman di Blogger Perempuan memiliki aura positif yang mampu memberikan kenyamanan pada para anggotanya. Tanpa saya sadari, perjalanan saya ngeblog pun mulai berkembang sejak bergabung dengan Blogger Perempuan Network.

Dalam dunia kerja, saya dulu mengenal istilah link channel, kalau dimaknai mungkin saluran. Nah, menurut bos saya dulu, penting banget memiliki channel/link yang bisa mendukung karier kita. Nah, dengan bergabung di sebuah komunitas yang memiliki komitmen tinggi, kita akan mendapatkan slauran yang bisa mendukung karier kita.

 

Saya bukan orang yang mudah menyerap masalah skill blog. Dulu mana tahu itu yang namanya Google Analytic. Cara bukanya juga nggak ngerti. Pokoknya sangat gaptek. BPN sangat faham hal tersebut, sehingga membantu sekali para emak gaptek seperti saya untuk mengenal beragam skill yang mesti dikuasai oleh seorang blogger. Mba Shintaries sebagai Founder BPN sering memberikan pelatihan terkait SEO, mengatasi masalah teknis blog seperti template blog, dan persoalan-persoalan lainnya terkait blog. Bahkan BPN sering berbagi tips bagaimana menghasilkan uang dari blog.

Nah ini yang paling disuka, membuka peluang mendapatkan job. Entah sudah berapa job yang alhamdulillah saya dan teman-teman di BPN mendapatkan job dari BPN. Ya, alhamdulillah BPN mendapatkan banyak job untuk kami para blogger perempuan. Sehingga kami ini bisa mendapatkan penghasilan walaupun bekerja dari rumah. Kami bisa mengaktualisasikan diri lewat tulisan sekaligus mendapatkan rezeki yang halal. Ternyata, peluang mendapatkan job dari BPN tidak hanya bagi blogger perempuan karena banyak blogger laki-laki yang bergabung juga dengan BPN.

Itulah alasan-alasan kenapa saya bergabung dengan BPN. Tentunya karena banyak manfaat yang sudah saya dapatkan. Jadi, buat teman-teman blogger yang belum bergabung dengan BPN, cepat bergabung ya, bisa lwat grup facebook dan mengikuti challenge yang sedang diselenggarakan oleh BPN. Dengan mengikuti challenge ini tentunya akan mendapatkan banyak manfaat bagi perkembangan blognya.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

3 Responses

  1. Wah jadi pengen gabung di komunitas blogger, lagi asyik-asyiknya ngeblog nih. Butuh ilmu tambahan dari blogger senior.

  2. uly says:

    Kayanya sama teteh aku juga introvert hehe tepat banget kalo gabung sama komunitas ini ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *