Kenapa Memelihara Kucing Itu Baik?

Kenapa Memelihara Kucing Itu Baik_

Kenapa Memelihara Kucing Itu Baik? Karena memang banyak manfaat dari memelihara hewan seperti kucing.

Ngeooong…terdengar suara lirih seekor kucing. Kucing itu tampak kelaparan.

“Ada kuciiiing,” pekik Fakhira seneng. Dia pun segera memberikan jajanan yang dipegangnya pada kucing itu. Sayangnya si kucing Cuma mengendus snack itu, kemudian berlalu pergi. Hihihi..kucing nggak suka jajanan anak-anak.

Saya pun segera masuk rumah dan memberikan beberapa potong ikan untuk si kucing. Dengan lahap kucing pun segera menghabiskan ikan tersebut. Fakhira senang melihatnya. Anak-anak memang suka kucing, terutama Fakhira. Tapi saya tidak memelihara kucing karena memang belum mampu memelihara kucing di dalam rumah. Tapi jika ada kucing liar yang mampir ke halaman, biasanya saya akan memberi makan.  Makanan apa saja yang ada di rumah, sehingga Fakhira sering memberikan jajanannya untuk kucing. Saya sendiri bukan pecinta kucing, tapi saya kasihan jika melhat kucing liar kelaparan.

Saya pernah mendengar kisah tentang Nabi Muhammad yang memiliki seekor kucing. Suatu saat, Rasulullah hendak mengambil jubahnya namun ternyata kucingnya itu sedang terlelap tidur di atas jubah beliau. Rasulullah tidak tega membangunkan kucingnya sehingga memotong belahan lengan yang ditiduri kucingnya.

Rasulullah pun selalu menggendong kucingnya dan menaruh di pahanya saat  duduk. Sebuah teladan kasih sayang terhadap hewan kucing yang dicontohkan Rasulullah. Kalau ingat kisah itu jadi malu sendiri karena belum bisa mencontoh sikap dan kasih sayang terhadap kucing. Padahal Rasulullah berpesan pada para sahabatnya supaya menyayangi kucing.

Baca Juga: Berkebun, Salah Satu Cara Mendekatkan Diri dengan Alam

Kucing memang hewan peliharaan yang mudah dijumpai di mana-mana. Baik di desa maupun di kota. Para pecinta kucing biasanya memelihara kucing di rumahnya dan memeliharanya dengan baik, memberi makan makanan yang berkualitas, bahkan salah seorang sahabatsaya bercerita bahwa budgetnya untuk makanan kucing setiap bulan lebih mahal daripada budget untuk makan dia. Hihihi…saking sayangnya sama kucing, nggak apa-apalah keluar budget besar, yang penting kucing-kucingnya itu sehat.

Namun, tidak setiap orang menyukai hewan peliharaan yang satu ini. Bahkan, sering saya melihat ada anak-anak yang mengganggu kucing-kucing liar. Entah itu melemparinya dengan batu, mengejar dan menangkapnya, atau melemparnya. Seringkali saya ingatkan kepada anak-anak supaya jangan mengganggu kucing. Walaupun tidak memelihara kucing di rumah tapi bukan berarti mejahati kucing liar yang Ada di jalanan, bukan?

Jika di sini saya sering melihat kucing-kucing liar tidak terurus, lain halnya di Istanbul, Turki. Menurut artikel yang saya baca, di sana kucing-kucing liar dibiarkan berkeliaran dengan bebas, bahkan bisa kelar masuk area perkantoran. Masyarakat di sana sangat menyayangi kucing, bahkan banyak yang sengaja memberi makan kucing-kucing liar tersebut. Di kota itu, mudah ditemukan kucing-kucing di sudut-sudut kota sedang berjalan, atau pun bersantai. Tidak ada kesan jorok karena kucing-kucing tersebut terpelihara dengabaik. Bahkan, orang-orang membuatkan rumah-rumah kucing di pinggir jalan, agar kucing-kucing liar itu tidak kedinginan saat musim dingin. Kehidupan para kucing tersebut tampak menghiasi kota dan berdampingan dengan masyarakat Kota Istanbul.

Setelah membaca artikel tersebut, saya pun mengajak anak-anak supaya lebih memperhatikan kucing-kucing yang sering berkeliaran di halaman atau di jalan. Kami mungkin belum bisa memelihara kucing-kucing itu di dalam rumah, namun kami tidak membiarkan kucing yang kami temukan kelaparan. Ternyata, kegiatan lebih memperhatikan kucing tersebut ada manfaatnya yaitu melatih rasa empati pada anak-anak. Bahkan seorang anak yang terbiasa dikelilingi kucing akan menumbuhkan rasa kasih sayang pada dirinya dan kelak jika besar akan selalu mempertimbangkan perbuatannya apakah berdampak baik atau tidak untuk lingkungan.

Baca Juga: Nutrisi Seimbang untuk Anak

Ternyata tubuh kucing itu tdak memiliki kuman karena kucing itu takut air. Air merupakan tepat subur tumbuhnya kuman, karena tidak pernah tersentuh air, tubuh kucing bebas dari kuman. Sehingga anak-anak aman bermain dengan kucing. Tidak usah khawatir anak-anak akan sakit jika bermain dengan kucing. Namun, walaubagaimana pun, kita tetap mesti memperhatikan kesehatan kucing yang menjadi teman bermain anak-anak. Jika kucing tampak kurang sehat sebaiknya segera dibawa ke dokter hewan atau tempat yang bisa mengobati hewan.

Memelihara kucing juga bermanfaat lho dalam mengusir tikus. Apalagi zaman sekarang tikusnya gede-gede. Pernah lho tikus gede banget, ngeri juga lihatnya. Entahlah kalau tikus segede kucing gitu, takut nggak ya sama kucing. Yang jelas, di kota besar, populasi tikus semakin meningkat. Bahkan, pernah lho mobil yang diparkir lama di garasi eh ternyata nggak bisa jalan karena kabel-kabelnya digigiti tikus. Tuh, merugikan banget khan si tikus. Coba kalau ada kucing, tikus biasanya takut. Ternyata memelihara kucing itu, selain bermanfaat untuk perkembangan anak juga bisa menjaga rumah dari tikus-tikus nakal. Tikus juga bisa membawa virus dan kuman penyakit jika dibiarkan berkeliaran di dalam rumah.

Kucing lucu kesukaan Fakhira

Kucing lucu kesukaan Fakhira

Nah, ternyata di bulan Agustus ini ada hari kucing sedunia, lho. Tepatnya diperingati setiap tanggal 8 Agustus. Untuk memperingati hari kucing sedunia ini, alangkah baiknya jika kita mulai berempati pada hewan yang satu ini. Mengajak anak-anak dan lingkungan sekitar untuk bisa berbuat baik pada kucing, walaupun mungkin belum bisa mencontoh sikap dan kasih sayang Rasulullah kepada kucing sepenuhnya, setidaknya tidak membiarkan kucing kelaparan, atau membiarkan jika melihat kucing-kucing diganggu.

 

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

19 Responses

  1. Kontengaptek says:

    Kucing tuh hewan yang lucu dan menggemaskan tingkah lakunya..
    Seneng sih kalo bisa melihara kucing..

  2. Wah kucing ada harinya hee. Aku suka kucing tp ga mau pelihara krn takut bulunya hee

  3. Elly Nurul says:

    Anakku suka banget sama hewan, termasuk kucing.. tapi mba, karena terlalu sayang sama hewan peliharaannya, anak juga jadi terbawa emosi, ketika hewan sakit dan sampai akhirnya meninggal.. sedihnya itu loh sampai berhari-hari.. jadi kasian juga

  4. nursaidr says:

    Wah baru tahu ada hari kucing sedunia. Saya dulu sempat melihara kucing. Sampe akhirnha dia kabur karena saya tinggal ngekos. Dan melihara kucing lagi sampe akhirnya mati keracunan. Abis itu ga miara lagi. Karena gak kuat ditinggal lagim hihi

  5. Iya sih kutahu memelihara kucing itu baik dan kucing juga peliharaan Rasul tp gimana atuh aku geli bgt sama kucing dan duuuh merinding euy

  6. Ooh bulan ini ada hari kucing toh, aku baru tau, hehe

    Kucing liar di turki terjaga ya. Pasti gemuk2 dan sehat. Di sini, hmm… kucingny pup di karpet yang biasa dipakai anak tahfidz setor hafalan. Pup 2 kali juga. Dibuang ke pasar, eh balik lagi.

    Keluarga temannya adikku, juga kena penyakit dari kucing sih. Bikin gatal2. Virus kali ya. Aku kurang tau.

    Di rumah gak pelihara kucing. Gak ada yang sanggup merawat. Juga perasaannya biasa aja ke kucing. Kalau di rumah mbah, melihara kucing. Jadi liat kucingnya di situ, hehe

  7. Fania surya says:

    Aku pun suka banget sama kucing. Tapi kenapa ngerawatnya males ya.
    Kucing itu lucu banget aplaagi aklau udah minta makan nih. Selalu deket2 sama kaki deh. Mau kalau dielus2 dan bisa diajak bermain. Intinya bisa bikin stress hilang deh.

  8. Ade UFi says:

    Di rumah kucing liar banyak banget. Tiap pagi ngeong2 siap menyantap makanan yang dilempar. Kadang saya suruh masuk buat nangkap tikus xixixi.. tapi kucing yang makan tikus jadi galak, dibanding kucing yang makan makanan sisa kita.

    Dan saya baru tau looh kalau kucing itu ga ada kumannya. Saya hanya khawatir bulu kucingnya rontok saja sih. Bulu kucing yg bahaya bagi kandungan dan penderita asma

  9. Utie adnu says:

    Bener y Rosul juga suka kucing bahkan ada kucing kesayangannya.. di rumah ada mba cuma kmrn khilangan ada yg ambil udah 5th bareng sedih sih.. baru tahu klo agustus ini buln kucing

  10. Nova Violita says:

    Ya ampun…ada ya hari kucing sedunia .., kucing sih lucu banget aku suka.., tapi udah lama gak melihara kucing .., jadi rasanya geli gitu…

  11. Sukaaa banget sama tulisan ini, karena aku piara kucing.
    Kucing stray aku ada beberapa, kasihan aja, kalo lihat yang sakit

  12. ulya says:

    Kalo aku dibilang kasian ya kasian sama kucing gelandangan. Tapi kadang suka ngeselin kalo masuk rumah dan ngambil jatah makan. Hiks hiks

  13. Anis Khoir says:

    Saya sebenarnya suka sama kucing tapi ya gitu takut sama penyakit yang dibawanya jadi saya lebih memilih untuk menghindar dari kucing terutama kalau kucing liar

  14. Jiah says:

    Hari Kucing, berarti hari ini dong!

    Aku udah lama gak miara kucing, terakhir kucingnya ilang gak tau ke mana. Di rumah ada ada kucing datang, tapi cuma buat nyari tikus. Kalau udah gitu ya dibiarin. Tp kalo kucingnya nakal, udah diusir deh

  15. Eni Martini says:

    Aku ga melihara kucing, kucing di kompleks buanyaaaak dan pupnya dimana-mana.sampai putus asa harus bersihin,dulu ada yang nakal sering ambil lauk di dapur. Tapi buat nyakitin kucing juga ga tega, akhirnya pasrah

  16. April Hamsa says:

    Aku sukja kucing mbak. Keluargaku jg suka kucing dan kami pelihara.’Ini pengen jg sih pelihara kucing tapi aku khawatir gak ada waktu ngurusin, kalau kasi mkan aja msh bisa. Akhirnya yawes sementara ini kasi makan kucing2 liar aja yg mampir ke rumah hehe.

  17. uly says:

    Aku Suka banget sama kucing teh, dirumah punya kucing juga, kucing itu bisa bikin happy dan balikin mood lho…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *