Kenapa Menulis Blog?

Kenapa Menulis Blog? Pertanyaan itu biasanya datang dari orang-orang yang baru saya kenal dan berada di luar lingkaran. Ada banyak alasan kenapa menulis blog. Salah satunya, menulis blog itu menyenangkan.

Sejak Kapan Menulis Blog?

Sebelum saya menguraikan alasan-alasan kenapa menulis blog, saya ingin bercerita sejak kapan menulis  di blog. Saya menulis blog sejak zaman adanya friendster. Tahun berapa ya? Mungkin sekitar tahun 2007-an, ya.Tapi saya enggak konsisten. Saat itu menulis hanya beberapa paragraf. Senang aja, saat tulisan mendapat tanggapan dan komentar dari teman-teman di friendster. Lalu tiba-tiba, aplikasi itu hilang dan saya pun kehilangan tempat untuk nenuliskan kenangan.

Saya coba-coba menulis blog di flatform gratisan punya wordpress. Namun tidak bertahan lama, menulis sekadarnya. Tidak jelas tema dan apa yang ingin ditulis. Tahun 2011, mulai serius menulis blog setelah memantapkan hati membeli domain dan hosting berbayar. Padahal zaman itu masih belum ramai kayak sekarang, belum banyak tawaran kerja sama menulis blog ataupun undangan untuk blogger menghadiri  event. Zaman itu menulis blog benar-benar untuk menuliskan kesan yang saya rasakan dan alami, sehingga kemudian hadir  www.raniyulianty.com, dengan tagline I don’t to loose this feeling. Setidaknya dengan menuliskan kesan saya di blog, pengalaman yang pernah saya alami dan rasakan akan bertahan lebih lama dalam bentuk untaian cerita.

Awalnya, motivasi saya menulis blog itu karena saya ingin menuangkan isi pikiran dan ide dalam bentuk tulisan yang lebh panjang. Saat itu, saya masih aktif menulis buku cerita anak yang memang durasinya pendek. Kadangkala, saya merasa kurang bisa menguraikan kesan mendalam dalam bentuk tulisan superpendek.  Saya pun belum punya pengalaman menulis artikel atau feature di media massa. Sehingga, blog menjadi wadah saya dalam menguraikan isi pikiran,  pengalaman, dan kisah untuk dibagikan.

Saya pun mengalami pasang surut saat menulis blog. Saat teman-teman lain makin mempercantik tampilan desain blog dan meningkatkan kualitas tulisannya di blog dengan memenangi banyak lomba blog, saya mengalami penurunan. Alasan klise, saya hamil dan sibuk dengan cerita baru menjadi seorang ibu. Padahal, seharusnya menjadi seorang ibu itu menambah banyak materi tulisan untuk blog. Saya malah menjadi kurang teratur dalam menulis blog. Lalu, saat anak kedua lahir, barulah saya mulai akif di komunitas Blogger Bandung dan banyak bergaul dengan blogger-blogger kece nanhebat. Dari situ, saya mulai kembali mendapatkan passion menulis blog.

Saat sedang semangat-semangatnya menulis blog, saya sempat memiliki dua blog, yaitu blog  niche lifestyle dan niche parenting. Namun blog dengan niche domainnya sudah habis dan lupa perpanjang. Saya pun belum ada rencana untuk maintenance kembali blog tersebut.

Oke itu tadi awalnya saya menulis blog. Tanpa terasa sudah hampir 7 tahun saya menulis blog. Sudah mengalami pasang surut menulis blog. Walaupun tentu saja pengalaman itu masih belum ada artinya dibandingkan dengan teman-teman blogger lainnya yang sudah lebih lama ngeblog. Ada yang sudah belasan tahun lho nge-blog. Tentunya sudah punya pengalaman luar biasa. Biasanya blogger-blogger senior tersebut sering berbagi ilmu dan pengalaman di acara/event blogger.

Lalu kenapa saya masih menulis blog sampai sekarang?

Alangkah senangnya jika kita bisa melakukan sesuatu sesuai dengan passion kita. Menulis merupakan passion saya, walaupun tulisan saya masih begitu-begitu saja dan tidak ada peningkatan signifikan dalam bentuk teknik, rasa, dan lain-lain. Yang penting saat menulis saya merasa sangat bahagia. Entah kenapa, setiap selesai menulis saya selalu merasa lega. Apalagi saya termasuk tipe introvert yang tidak terlalu mampu mengungkapkan maksud dan tujuan secara verbal. Sehingga menulis menjadi wadah bagi saya mengungkapkan isi pikiran dan perasaan.

Bagi seorang ibu rumah tangga dengan dua anak balita, kadang rutinitas aktivitas di rumah cukup melelahkan jiwa raga. Apalagi tanpa ada bantuan ART, rasanya sudah jungkir balik tapi pekerjaan nggak kelar-kelar. Dari bangun pagi sudah akrobat dengan segala kesibuka mengurus rumah dan anak-anak. Saat anak-anak tidur dan punya sedikit waktu menulis, saya segera menulis. Ternyata menulis blog bisa menjadi moodbooster bagi saya. Rasanya perasaan bahagia setelah berhasil menyelesaikan postingan blog tuh bisa menambah energi. Saat anak-anak bangun, saya pun kembali bahagia dan ceria.

Bagi saya yang setiap hari berkutat dengak aktivitas rumahan, memiliki teman tuh rasanya suatu hal yang luar biasa. Maksudnya teman di sini adalah teman yang memiliki passion yang sama dan bisa nyambung kalau ngobrol walaupun hanya di dunia maya. Nah, menulis blog itu menambah teman, lho. Dengan mengikuti grup-grup blogger dan melakukan kegiatan blog walking, saya mendapatkan teman-teman baru dengan passion dan hobi yang sama. Misalnya, saat ini saya sedang suka sekali menulis tema kecantikan, saya pun bergabung  dengan WAG BW Beauty. Disana bertemu dengan teman-teman baru para beauty blogger yang tentunya punya pengalaman lebih mendalam tentang tema tersebut. Saat blogwalking dan membaca tulisan tersebut, saya merasa mendapat teman baru yang memiliki ketertarikan dalam bidang yang sama.

 

Sudah tahu khan kalau menulis blog itu tidak hanya harus meningkatkan keterampilam menulis. Ternyata sebuah blog itu lebih kompleks, tidak hanya berkutat pada satu bidang yaitu menulis. Seorang blogger mesti menguasai tetek bengek blognya, mulai dari desain template blog, menguasai flatform blog (perbedan flatform blog tentunya memengaruhi skill yang dimiliki, saya belum tentu faham bagaimana mengutak-atik blogspot, utak-atik wordpress aja masih keder), memiliki keterampilan mempercantik tampilan blog, memiliki sense art yang oke untuk tampilan visual pendukung seperti foto dan gambar, bisa membuat infografik, membuat video, yang kesemuanya itu mendukung artikel/tulisan yang kita posting di blog. Sehingga pembaca pun tidak merasa bosan. Dengan menulis blog, saya yang ibu rumah tangga setidaknya tahu di mana mencari gambar yang oke, membuat infografik, dan membuat video.

Hadirnya media sosial tentunya saja memberikan efek luar biasa bagi kita semua. Semua orang bisa menjadi orang yang berbeda dan luar biasa di media sosial. Percayalah dengan menulis blog, kita akan lebih eksis di media sosial. Setidaknya saat bergaul di media sosial, blogger tidak akan banyak mengeluhkan harga kebutuhan pokok, atau naiknya tarif listrik. Walaupun mengeluarkan keluhan tentunya dengan cara yang lebih menarik dengan ditambah data. Bukan sekadar curcol. Bahkan bisa menuliskan dengan lengkap di blog dan membagikannya di media sosial. Selain itu, seorang blogger biasanya amendapatkan job-job dari brand tertentu dan posting di media sosial. Misalnya, saat mendapat job produk susu, saya posting foto anak dengan brand susu tersebut disertai link tulisan, lalu sering mendapatkan pertanyaan dari teman, kok bisa sih jadi bintang iklan susu. Teman-teman yang bukan blogger sering menanyakan, kenapa bisa foto dengan produk A, kenapa bisa begini dan begitu.

 

Tidak dapat dipungkiri, menjadi blogger dan menulis blog sekarang ini memiliki peluang besar untuk mendapatkan uang. Saya pun bukan orang idealis yang menulis blog hanya untuk kesenangan. Malah saya merasa, mendapatkan kesenangan dan dibayar. Saya senang menulis, baik itu tulisan pengalaman, review, baik itu organik maupun tulisan berbayar. Sama-sama senang. Jika sama-sama senang, akan tambah senang khan kalau dibayar juga. Jadi, kalau memang tulisan kita dihargai dan mendapatkan uang dari kegiatan menulis tersebut, apa salahnya, yekaaan.

Itulah beberapa alasan kenapa saya menulis blog, bahkan sampai sekarang. Bagi saya, blog adalah rumah kedua saya, rumah saya di dunia maya. Rumah itu tentunya akan membuat nyaman pemiliknya dan sebagai pemilik tentunya ingin terus bebenah agar rumah tersebut menyenangkan juga bagi para tamu yang datang. Mungkin rumah kedua saya ini tidak bisa menyenangkan semua pihak, namun setidaknya rumah kedua ini bisa membagi hal-hal yang saya pikirkan, dan orang lain pun bisa mengenal saya lewat tulisan.

 

 

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

82 Responses

  1. iya bener semakin nulis semakin eksis berasa semakin femes *halahhhh wkwkwk pokoknya aku suka banget nulis yuk semangat ya teh :p

  2. retno says:

    sama mbak, kalau enggak ngeblog mungkin aku juga udah malas main sosmed. Gara-gara ngeblog sosmedku masih aktif sampai sekarang. Btw, Ngeblog itu ngangenin (duitnya) wkwkwkwk

  3. Sama mbak, pernah mengalami fase menurun ketika punya baby yang umurnya beda setahun malah,, duhhh.. tapi karena pengen eksis menulis bloglah awalnya, karena kalau sekedar menulis di status tanpa arti atau kepo ke sosmed orang jadinya gak faedah banget yah mba,,,

  4. Diah says:

    saya juga suka nulis Mbak, nulis apa aja *termasuk curhat, hihih
    iyaah, lhaa blog saya mostly cerita dari pengalaman sendiri 😀
    makanya sampai sekarang masih tetap ngeblog
    daaaaaaan alasan terakhirnya sama juga tuh Mbak, pay daaay, yaaaa biar bisa dapat duit sendiri juga, biar bisa jajan tanpa mengurangi anggaran RT, hihihih

  5. haha…zaman makin berubah ya. dulu yg cm sekedar iseng2 skr malah bisa menghasilkan. ngeblog emang asyik ya.

  6. Wardha says:

    Kalo cewe kayanya sama ya, alesan klasiknya kl nulis tuh angin-anginan. Kalo lagi semangat, semangattt bangett sampe lupa waktu. Kl lagi males, malessss banget (aku sih gtu kadang) heheh
    Tapi kl udh jd passion pasti ditekunin ya mba krn menghasilkan juga.hihi

  7. wah udah lama ya nulis blognya hahaha hebat hebat masih konsisten sampai sekarang. Kalau aku mah nulis bukan passion lg mbak, lebih ke bagian diri wkwk aku makan dari nulis, hobi nulis, enggak ada kerjaan nulis, kalau bisa dibilang aku cuma bisa nulis wkwk

  8. Aku juga ngerasa kalo dari ngeblog itu nambah temen baru plus nambah ilmu baru. Makanya seneng banget kalo ikutan bw, suka nemu sesuatu yg baru aku tau lewat baca blog post temen-temen yg lain hihi. Semangat terus teh ngeblognya

  9. indah nuria says:

    Beneeer kan mba..ngeblog itu bener-bener membawa banyak berkah dan buatku salah satunya adalah berkah pertemanan yang menyenangkaaan banget 🙂

  10. Inda Chakim says:

    Banyak hal positif yg bisa didapetkan dari ngeblog selama 7 tahun ya mbk.
    Btw naksir bgd sm tampilan blog dikau mbk. Kereeennnn. Diklik muncul muncul gitu.

  11. Setuju bangets teh, saya juga masih newbie tapi alhamdulillah udah banyak bgt yg didapat, teman dan rezeki tak terduga dari blog

  12. EkaMS Uchan says:

    Karena masih baru ngeblog saya masih happy2 aja, ternyata ngoblog juga ada pasang surutnya ya mba. Maksudnya pasang surut moodnya kali ya. TDL saya pernah mati dan kehilangan tulisan gara2 pasang surut ini sampai lupa perpanjang domain

  13. Desi mel says:

    Semangat selalu mba menulis nya! Saya malah baru banget terjun di dunia blogger, Ngutak ngatik sendiri, sambil menyalurkan hobi di dunia kecantikan, semoga jadi bisa Istiqomah dalam menulis ya

  14. Menulis itu menyenangkan ya.. Bisa menumpahkan segala yg di pikiran kita, aku senang sih apalagi kalau menulis tanpa tekanan, tambah enjoy..
    Motivasi kk buat menulis ternyata ada kemiripan ya sama aku hhehe

  15. CatatanRia says:

    Sama mba saya juga vakum lama saat menikah dan punya anak pertama, mungkin masih keasyikan baru punya anak hehe. Yapu skrg punya anak dua juga tetep lanjut ngeblog, ngeblog udah kayak candu bikin nagih hihihi

  16. dewaayuinda says:

    Dulu saya juga main friendster mba theme templatenya warna item ungu ada kupu kupu yang kerlap kerlip tapi disana cuman buat ngegalauu aja,stelah tahun 2013 baru kenal namanya ngeblog.

  17. Siti Faridah says:

    Kalau aku bikin blog tahun 2011 karena dapat tugas pelajaran KKPI untuk bikin blog. Tapi baru belajar serius ngeblog mulai April 2018. Betul banget nih kalau ngeblog bisa menambah banyak teman dan tentunya akan dapat pengalaman baru.

  18. Raisa Hakim says:

    Ternyata pengalaman pasang surut itu hampir dirasakan banyak orang ya teh aku kemarin sih sempat aura negatif yg bikin down itu malah dari luar alah sih bisa di skip dan woles aja. Hehehehe

  19. Teh Rani, blognya keren pisan. bikin betah

    Hehe , maaf komen out of topic

  20. Sukansama blog teh Rani bisa gerak-gerak gitu hehe ini ya enaknya pakai wordpres. Btw emang dari ngeblog kita mendapatkan banyak banget benefit ya mulai dari temen baru sampai rezeki hehe.

  21. Sama teh, saya juga menulis blog karena bahagia. terus juga menghilangkan stress.
    semoga tantangan ini bisa kita lewati sampai akhir ya, teh 🙂

  22. Sekarang ini lagi pengen nulis yang curhatan mamak galau, nih dari pada nulis reportase meski nggak ada yang salah dengan itu. Cuma lagi jenuh aja 😀

  23. Dewi Natalia says:

    Perjalanan ngeblognya panjang juga ya mba 🙂 Oh iya, itu buat gambarnya bagaimanna mba? Lucu sekali.

  24. handriati says:

    Yes, blog juga rumah kedua aku… Kalau lagi bosen dan gak ada kerjaan ya pasti bukanya blog hehehe

  25. susie ncuss says:

    semua alasannya sama dengankuuu
    pokoknya mah nulis aja terus mau apapun alasannya

  26. Mbaaa itu gambar kartunnya bikin sendiri? kasih tutorialnya donk mbaa….
    kok lucu banget sih… aku jadi pengen buat jugaa mbaaa….

  27. Yati Rachmat says:

    Bunda yg renta ini juga gimana gitu kl rasa jd blogger koq gak nulis.

  28. Gita says:

    Wah setuju banget nih alasan kenapa masih nulis blog smpai sekarang. Nice article..kusuka tulisannya teh rani

  29. Yoanna Fayza says:

    akupun merasa banget kalau skill dan wawasan nambah setelah jadi blogger, mulai dari beauty sampai techno, mulai dari belajar menjahit sampai belajar infografis, semua gara2 menulis blog 🙂

  30. Iya Raaaan, buat ibu-ibu yang biasa nongkrong di rumah kayak kita, ngeblog itu bener2 kerasa banget buat nambah temen dan wawasan yaaaah.

    Semoga kita bisa semangat ngeblog terus yah Raaaan :))

  31. Mechta says:

    Yang penting kita enjoy dg blog dan tulisan2 kita ya mba.. eh setidaknya buatku..itu cukup membahagiakanku..hehe..

  32. Indah Nuria says:

    Betul bangeeet mba. Buatku ngeblog itu bikin super happy yaaa. Aku capek-capek tetap ajaaa ngeblog lhooo. Seru banget!

  33. Cilya says:

    Aku pernah mba ngalamin 1 tahun ngga buka-buka blog, tapi kerjanya perpanjang tld terus tanpa diisi tulisan ahaha. Karena lagi fokus mengerjakan usaha ditambah urus 3 anak yang lagi butuh effort attention. Tapi mulai dirapihkan management waktu nya di tahun 2017 sampai sekarang. Semangaat terus menulis nya

  34. Sekarang aku dapat banyak banget manfaat dari ngeblog. Apalagi bisa menambah tali silaturahmi dan juga dapat pendapatan lain ya :). Alhamdulillah banget ya

  35. Tuty Queen says:

    Ngeblog itu bikin happy, bisa berbagi pengalaman lewat tulisan dan semoga bermanfaat untuk orang lain yang sedang mencari informasi yang diinginkan.

  36. Hanny says:

    Bener banget kak. Aku setuju aku juga lagi memulai menulis dan menjadikan ini hobby. Menulis blog itu menurutku kegiatan positif. Karna kita membagikan pengetahuan kepada orang yang membaca blog kita.

  37. Leyla says:

    Ngeblog tambah hepy kalo bisa dapat penghasilan tambahan ya. Apalagi kita ibu RT di rumah aja.

  38. Waaah sama kita, Teh. Berawal di blog Friendster. Sayang belum sempet dipindahin isinya yang dulu.

  39. Nona says:

    Iyaaa aku jug semangat banget buat nulis lagi nih meskipun blog ku runyam ahhahaha , semangat kak nulis sampe 30 hari hehehehe

  40. Indira W says:

    Aku tuh ya kalau nulis blog bikin balikin mood jadi happy dari yg tadinya lg BT.

  41. Utie adnu says:

    Bener mba manfaatnya banyak banget selain hobi nulis tersalurkan bnyk teman dan tambah ilmu juga terakhir dpt fee deh

  42. Siti hairul says:

    Jadi inget friendster dulu pas kuliah pakenya friendster tahun 2004-an suka banget pake akun ini. Temannya ya cuman teman kampus tapi hebohnya minta ampun.

  43. Rahmah says:

    Pastilah mendapatkan uang juga alasan untuk membuat blog. Meski tanpa sadar orang di luar sana terlalu pusing sama hidup akhirnya ga jaga kualitas tulisan..

  44. Rima Angel says:

    Wah suhu perbloggeran neh karena menulis dari tahun 2007. Aku sendiri menulis dari tahun 2014 tapi itu juga belum aktif-aktif banget sih menulisnya.

  45. Aku setuju banget mba Ran, alasan menulis blogmu. Apalagi setelah resign dan nikah aku keluar dari pekerjaan. Sampai sekarang ngeblog yang membuat dapurku terus mengepul alhamdulillah. Semangat selalu untuk menulis kebaikan buat kita!

  46. Prita HW says:

    gambarny alucu2 banget sih mbak. Tapi emang bener ya, nulis blog itu memenuhi jiwa raga, asal konsisten, terbukti ya mbak, sekarang efek sampingnya dateng, hehe

  47. Noe says:

    Komunitas emang kayak power bank ya, cucook buat recharge semangat kita dalam hal blogging

  48. Rani R Tyas says:

    Wiih Teteh udah lama banget ngeblognya, tahun 2007 mah aku masih mengkhayal aja punya blog. Nggak ngerti caranya buat blog waktu itu, dan kok ya nggak kepikiran browsing cara membuat blog. Hahaha, lha dulu ada sunbae yang nawarin kursus bikin website. Kalau tak pikir-pikir, website yang akan dia ajarkan mah kayaknya beda sama blog yang aku mau. Huhuhu jadinya mundur teratur deh.
    Untung beberapa tahun setelahnya, aku langsung browsing sendiri cara membuat blog, hehehhee.

  49. salut deh sama mama2 yang sibuk tapi masih sempet ngeblog, keren udah lama banget ngeblognya masih konsisten

  50. Uniek Kaswarganti says:

    Sampai sekarang aku pun masih bahagia nih ngeblog. Makin membuka wawasan karena harus banyak baca. Juga dapet banyak teman karena silaturahminya blogger kan bisa online dan offline 😉

  51. April Hamsa says:

    Blogging tuh emang kayak membuka wawasan gtu ya mbak? Lbh banyak hal positif dr blogging 😀
    Selain dapat banyak pengetahuan baru, dapat kenala, dapat pendapatan jg hal paling kusukai dr blogging 😀

  52. Ngeblog emang bikin kita bahagia ya mbak. Pertama bisa mengungkapkan perasaan dan
    kedua bisaa berbagi dengan orang lain. Semoga senantiasa bermanfaat dan berkah ya mbak

  53. Wah, selisih dua tahun mulai nge-blog nya Mbak.. saya baru mulai tahun 2013. Itu pun masih nulis sesuka hati. Kadang posting, seringnya enggak. Hahaha..

  54. Novi H says:

    Sama beb, nulis blog juga jadi moodbooster dan bikin aku bahagia. seneng rasanya pas liat berhasil nulis satu postingan yaaa, rasanya hati plong banget 😀

  55. Ade says:

    mendatangkan uang itu yang bikin menulis blog tetap seksi untuk ditekuni

  56. ade says:

    dapat teman, mengisi waktu, dapat uang, buang stress. Paket lengkap ya

  57. Aku sendiri gak nyangka kalau perjalanan ngeblogku bakalan sampai sejauh ini

  58. Ida Tahmidah says:

    Keren dirimu tu…konsisten rajin nulisnya…jd terinspirasilah teteh…:)

  59. Rotun DF says:

    Rata-rata sama yaaa alasan setia masih ngeblog sampai sekarang. Banyak banget hal positif yang didapat, dan paling kerasa sama diri sendiri, jadi nggak gampang stress dan mudah bahagiaaa, hihi. Liat traffic rame dikit bahagia, apalagi liat banyak yang komen, apalagii kalau tulisan kita bermanfaat bagi pembacanya. Masya Allah <3

  60. Nulis di blog emang asyek ya teh. Banyak berkahnya juga. Semoga kita bisa tetep nulis dan ngeblog yah. Apapun masalahnya, ngeblog dululah

  61. Beda setahun kita Teh awal ngeblognya. Aku mah 2012 🙂

  62. Euisry Noor says:

    Sama dong Teh, awal kenal blog 2007 diawali dg Friendster, hehe so old banget… Tapi kalo aku sih terus mainan multiply sama blogspot yg masih dipake sampe sekarang.
    Ngeblog itu bikin happy lah yah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *