Kesan Pertama Drama Korea My Unfamiliar Family

AKesan Pertama Drama Korea My Unfamiliar Family

Saat membaca judul drama korea ongoing ini, saya sudah bisa menebak bahwa ini adalah drama keluarga, salah satu genre drama favorit. Genre drama keluarga sering membuat saya becermin tentang diri dan peran saya sebagai bagian dari anggota keluarga, baik itu keluarga besar maupun keluarga ini.

Biasanya drama keluarga itu episodenya banyak. Saya pernah menonton drama keluarga sepanjang 52 episode berjudul My Father is Strange yang dibintangi aktris cantik Jung So Min. Saat menonton drama Father is Strange saya tidak merasa bosan dan lelah padahal saya paling anti menonton drama lebih dari 24 episode. Batas toleransi saya menonton drama sampai 24 episode. Jika melihat episode drama sepanjang gerbong kereta api, saya sudah menyerah duluan. Makanya, sebuah prestasi ini saya sanggup menyelesaikan 52 episode drama. Mungkin karena ini drama keluarga, konfliknya lebih kompleks sehingga tidak membuat bosan.

Saya langsung tertarik menonton drama My Unfamiliar Family karena jumlah episodenya 16 saja. Sebuah batas wajar kekuatan saya dalam menonton drama. Setelah menonton episode pertama drama ini, saya sama sekali tidak menyesal telah menontonnya karena ini drama keluarga yang menurut saya membuat penonton berjiwa lemah seperti saya penasaran. Di setiap episodenya selalu ada kejutan dari setiap karakter.

Drama Korea My Unfamiliar Family baru tayang 6 episode tapi membuat saya menantikan terus episodenya. Menurut pendapat saya, cara editing drama ini bagus sekali sehingga tidak menganggu penonton. Bahkan potongan-potongan kejadian bagaikan puzzle yang bisa diinterpresikan sendiri oleh penonton. Setiap akhir episode memberikan kejutan kepada penonton dan meninggalkan rasa penasaran yang pas tidak berlebihan tapi juga tidak menggantung.

Saat melanjutkan episode selanjutnya, ternyata bukan langsung sambungan dari ending episode. Saat memulai episode, dimulai dari perpanjangan kejadian yang sebelumnya tidak dijelaskan di ending episode sebelumnya. Menurut saya pemenggalannya pas sekali dan tidak membosankan penonton.

Deskripsi Drama My Unfamiliar Family

📂DETAIL
Judul: My Unfamiliar Family / (I Don’t Know Much, But) We Are Family / (Aneun Gun Byeolro Eobjiman) Gajokibmida / (아는 건 별로 없지만) 가족입니다
Genre: Drama, Family
Negara: Korea Selatan
Sutradara: Kwon Young-Il
Produser: –
Penulis Naskah: Kim Eun-Jung
Produksi: –
Channel TV: tvN
Jumlah Episode: 16
Masa Tayang: 1 Juni 2020
Jadwal Tayang: Senin – Selasa pukul 21:00 KST

 

📂PLOT
Plot cerita dalam drama ini umumnya plot maju dengan sesekali menampilkan plot kilas balik yang terdapat dalam kenangan para karakter, terutama karakter ayah dan ibu semasa muda. Plot kilas balik juga digunakan untuk menjelaskan beberapa hal dalam drama ini.

📂PEMERAN UTAMA
Han Ye-Ri sebagai Kim Eun-Hee
Kim Ji-Suk sebagai Park Chan-Hyeok
Choo Ja-Hyun sebagai Kim Eun-Joo
Shin Jae-Ha sebagai Kim Ji-Woo
Jung Jin-Young sebagai Kim Sang-Sik
Won Mi-Kyung sebagai Lee Jin-Sook

Untuk para pemeran utamanya dan pemeran lainnya memang baru saya lihat aktingnya. Hanya Kim Ji-Suk yang sudah saya lihat aktingnya di beberapa drama. Selama ini, saya lihat aktor tampan ini memanh belum jadi pemeran utama, mungkin ada drama Kim Ji-Suk lain yang belum saya tonton dan dia jadi pemeran utama. Akting Kim Ji-Suk pertama kali saya lihat di dramanya Lee Min Ho bareng Son Ya Jin, Personal Taste. Lalu akting dia sebagai pengacara playboy saya lihat di drama Another Miss Oh bareng Eric Moon. Dia pun berperan sebagai atlet bisbol ganteng dan ayah kandung dari Pil Goo di drama When The Camellia Blooms. Perannya sebagai ayah yang baru tahu tentang keberadaan anaknya itu cukup menyentuh. Di drama ini, dia berperan sebagai sahabat Kim Eun Hee, putri kedua keluarga Kim.

Aktor kedua yang saya kenali wajahnya adalah Shin Jae-Ha yang berperan sebagai adik bungsu keluarga Kim yaitu Kim Ji-Woo. Ternyata dia memang pernah main di drama-drama hits seperti Pinochio, While You Were Sleeping, dan Prison Playbook.

Akting Han Y-Ri baru saya lihat di drama ini. Padahal katanya sebelumnya aktingnya banyak dipuji di drama Age of Youth. Sepertinya, saya akan tonton drama Age of Youth karena saya langsung suka dengan Han Ye-Ri di drama ini dan penasaran dengan akting dia di drama-dramanya yang lain.

Konflik
Konflik sudah muncul di awal episode drama ini saat ibu ingin berpisah tanpa bercerai dengan ayah. Ibu adalah ibu rumah tangga sejati yang sehari-harinya sibuk mengurus keluarga dan anak-anak. Entah kenapa, saya menjadi faham dengan keinginan ibu untuk berpisah dengan ayah tanpa bercerai. Proses perceraian di usia tua itu akan sangat rumit dan melelahkan bagi perempuan seusianya. Sementara baginya mungkin dia merasa tugas dia sebagai ibu sudah selesai karena ketiga anaknya sudah dewasa, sudah bekerja, dan sudah punya kehidupan masing-masing. Di sisi lain, dia sudah tidak sanggup menjadi istri ayah yang tidak bisa memahami istri, sibuk bekerja sebagai sopir truk sehingga meninggalkan keluarga dalam jangka waktu lama. Saat pulang, sibuk dengan dirinya sendiri tanpa memberi perhatian pada sang istri.

Konflik menjadi semakin rumit, saat si ayah kecelakaan dan ingatannya kembali ke usia 22 tahun, saat usia mereka baru menikah. Sikap sang ayah berbeda 180 derajat, dia berubah menjadi pemuda yang romantis dan sangat mencintai istrinya. Selama kondisi tersebut, ternyata banyak rahasia antara suami-istri yang tidak diketahui anak-anak mereka.

Para anak pun memiliki konflik masing-masing. Anak tertua, Kim Eun Joo paling cantik dan pernah menjadi tulang punggung keluarga telah menjadi istri seorang dokter yang punya klinik sendiri. Tapi ternyata rumah tangga mereka tidak seindah yang dibayangkan. Banyak rahasia di antara mereka. Bahkan, saya sempat kecele. Saya pikir, kakak tertua akan punya affair dengan barista kafe langganannya. Ternyata salah, yang punya affair malah suaminya.

Sebagai anak tengah, Kim Eun Hee ingin membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi orangtua dan kakaknya. Tapi ternyata, keterlibatannya malah memperburuk suasana. Sementara itu, dia sendiri punya kisah romantis dengan sang bos baru yang ganteng. Suka deh sama bos barunya, ganteng, baik, dan kayaknya cinta banget sama Eun Hee. Penonton berjiwa lemah seperti saya dibuat baper dengan kebersamaan mereka sambil menebak-nebak apakah Eun Hee akan bersama dengan sang bos atau sang sahabat yang menjadi tempat sampahnya.

Pesan
Sebuah keluarga kadang menjadi asing satu sama lain jika tidak pernah bercerita. Keluarga hanyalah beberapa orang yang saling mengenal dengan hubungan sebagai orangtua, anak, kakak, adik, kakak ipar. Sepertinya salah satu pesan yang ingin disampaikan di drama ini. Walaupun keluarga, ternyata setiap anggota keluarga menyimpan rahasia dan masalah mereka sendiri. Sikap setiap anggota keluarga berbeda dalam menyikapi persoalan.

Simpulan
Setelah menonton 6 episode drama ini, saya memutuskan lanjut menonton. Seperti saya ceritakan sebelumnya, setiap episode dalam drama ini penuh kejutan dan membuat penasaran. Konflik di antara beberapa karakter membuat saya terharu, terutama hubungan antara ayah dan ibu. Saya sampai berpikir, jika saya tua nanti, akan seperti apakah hubungan saya dan suami, setelah sekian tahun terlalui dengan penuh luka dan bahagia. Apakah kami akan tetap sama seperti sekarang, atau akan berubah saling menyembunyikan masalah.

Drama Korea My Unfamiliar Family memberikan banyak hal mengenai kehidupan keluarga. Saya pun berpikir, akan seperti apakah anak-anak saat kelak mereka dewasa? Apakah mereka akan bisa mengatasi setiap permasalahan yang mereka hadapi di masa depan?

Jadi, adakah teman-teman kdrama lovers yang menonton drama My Unfamiliar Family? Menurut kalian bagaimana? Sharing yuk di kolom komentar.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

40 Responses

  1. Farida Pane says:

    Menarik sekali ini ceritanya. Kadang memang resep jitunya hanya komunikasi, ya.

  2. Dwi Puspita says:

    Saya belum nonton nih mbak, jadi penasaran aja pengen nonton setelah baca review nya. Biasanya sih sebelum nonton suka sekali baca review dari teman-teman bagus nggaknya

  3. Tori says:

    Ini drama ongoing ya, aku jg suka nih nont drakor yg genre kluarga gini. Biasanya bisa bikin aku nangis kwkw

  4. Ria Kiyandra says:

    Jadi penasaran pngen lihat film ini, aku jg ga suka klo terlalu panjang dan cinta2an melulu. Ini sptnya menarik sih

  5. drakor itu plotnya selalu kompleks dan menarik ya mbak, aku juga lagi ketagihan nonton nih haha makasi ya rekomendasinyaa

  6. seru ya mba filmnya . jadi pengen nonton juga nih…

  7. wah penasaran nih sama filmnya kayanya bagus nih ceritanya.

  8. Aku selalu suka drama dengan genre keluarga begini. Hm…bener juga ya, seperti apa hubungan kita nanti dengan pasangan, anak, mantu…dst
    Sekarang saja seperti hubungan di keluarga besar, dengan sudara kandung ada saja riaknya
    Setuju, meski keluarga, ternyata setiap anggota bisa saja menyimpan rahasia dan masalah mereka sendiri. Karena sikap setiap anggota keluarga berbeda dalam menyikapi persoalan yang menimpa diri

  9. Reyne Raea says:

    Baca review drakor tuh biasanya saya skip-skip, takut teracuni hahaha.
    Ini menarik ya, pengen nonton, tapi jangan dulu ah.
    Saya suka lupa stop kalau udah nonton sesuatu, mungkin kalau on going bakal lebih aman, meski takutnya, setelah nonton 1 episode, berikutnya lupa dan malas nontonnya saking lama nunggunya 😀

  10. Walaupun aku bukan pecinta drakor tapi aku tuh setuju banget sama statementnya mba,
    Buat skip drakor atau drama apapun itu yang lebih dari 20 episode.

    Untuk tema, pilihan tentang tema keluarga memang yang paling aku suka
    Kita jadinya Seakan belajar mencari Insight dari kasus keluarga lain

  11. Kayaknya memang ada juga keluarga yang saat di rumah pada sibuk sendiri-sendiri. Tidak bercerita satu sama lain, memendam masalah sendiri-sendiri. Rumah hanya digunakan untuk tidur saja. Semoga aja kita enggak gitu ya mba. Harus tetap menjalin komunikasi dan berbagi kasih sayang sesama anggota keluarga.

  12. 16 episode ya, bolehlah nanti saya coba nonton 🙂 sepertinya lumayan soalnya, kalau kebanyakan, tema seperti ini biasanya bikin saya bosan

  13. Saya juga sesekali suka nonton drakor, Mbak Rani. Soalnya alur ceritanya tidak berbelit, dan sangat natural pemainnya. Misalnya kalau tokohnya nenek-nenek, ya benar-benar nenek-nenek, bukan tua karena make up.
    Dan saya juga suka yang tidak terlalu panjang episodenya. karena kalau panjang, akan banyak tokoh dan banyak masalah. Dan saya penasaran dengan drama korea yang satu ini.

  14. Cuma 16 episode gak bikin bosen ya Mba.. aku malah pernah ngikutin Korea drama yang sampe puluhan. Cerita keluarga juga. Pemainnya itu seingatku adalah anggota girlband Korea.

  15. Mechta says:

    Wah aku jadi ikut penasaran nih dg endingnya. Sekilas seperti kisah keluarga biasa, namun dikemas dalam rangkaian cerita yg apik ya mba..

  16. Meilia Wuryantati says:

    Duh aku udah lama ga nonton Drakor. Beberapa kali baca review jadi tergoda deh penasaran dengan drama ini. kayaknya bagus dan seru nih ceritanya. Jadi komunikasi sebuah keluarga tetap ada rahasia pribadi yang ga diungkapkan dan setuap anggota keluarga berbeda dalam menyikapi nya. Jadi seperti mengalami sendiri ketika nonton Drakor ini

  17. iidYanie says:

    Sama nih mba saya kalau nonton drama gak drakor gak dorama jepang cuman bisa bertahan minimal 16 episod aja sisanya bosen dan skip di akhir episod, kayaknya ni drakor bisa jadi pilihan saya buat nonton penasaran liat ayahnya yg kembali romantis seperti awal nikah

  18. wakakak iyaa mbak aku juga capek loh nonton 16 episode tuuh, tapi memang harus aku akui beberapa genre dan judul drakor bikin ketagihan nonton. unfamiliar family ini, kayaknya jadi next drakor yang bakal kutonton.

  19. Reyne Raea says:

    Btw, memikirkan masa depan anak, adalah sebuah hal yang kadang bikin saya sedih sekaligus semangat.
    Saya kadang takut, anak-anak nggak bisa lebih kuat menghadapi kerasnya dunia ini.
    Tapi memang, dengan bantuan kita sebagai orang tua, serta izin-Nya, anak-anak akan tumbuh jadi orang yang kuat dan bijak 🙂

  20. Wah reviewnya bagus teh. Setiap anggota keluarga punya masalah masing masing. Jadi pengen tau juga nanti kalau udah tua gimana yaa hubungan saya dengn suami. Tentu saling jujur menerima dan terbuka jadi ciri komunikasi yg baik juga

  21. lendyagasshi says:

    Aku belum nyentuh drama ini sama sekali, teh…
    Rekomen yaa..?
    Tertarik….aku selalu suka drama Korea yang menyentuh tema keluarga.
    It’s make us deep learning.

  22. Farida Pane says:

    Masalah keluarga itu memang kompleks, ya. Setiap anggotanya punya masalah sendiri, dan hubungan satu sama lain pun bisa memicu konflik.

  23. Diyanika says:

    Bagus, ya?
    Aku belum nonton sama sekali.
    Sama nih, Mbak, akupun kalau episodenya panjang-panjang gitu sudah malas duluan. Malas sama kuotanya. Entar entong. Wkwkwwwkwk.

  24. enny says:

    Pas banget saya juga lagi suka ngedrakor nih. Tapi yang on going sekarang yang saya tonton it’s okat not to be okay. Unfamiliar family ini bakal jadi refrensi dan list selanjutnya deh ^^

  25. Dawiah says:

    Yang namanya drama pasti isinya hal-hal yang menyentuh ya mbak? Tapi ada juga drama yang jantung berdebar-debar sih.. ha-ha-ha
    Segitunya saya kalau nonton drama. Betewe, ini drama baru tahu dari artikel ini, makasih infonya ya. Bisa nih ditonton saat kegabutanku mulai menyerang

  26. Idah Ceris says:

    Belajar dari film. Komunikasi di keluarga emang penting bangett. Pastinya miris bgtt kalau antar anggota keluarga ngga pada ngga saling perhatian. Hiks.

  27. Inda Chakim says:

    Aku suka nih yang genre keluarga, kdg malah genre ini lebih bikin baper ketimbang cinta cintaan. Makasih reviewnya ya mbak, aku masukin ke daftar film yg mau aku tonton.

  28. Aku belum pernah nonton teh jadi masiih suka baca reviewnya aja dulu siapa tahu ntar dikasih suka drama korea hahaha

  29. Rizka Edmanda says:

    Aku jujur ga kuat kalau nonton drakor yang episodenya banyak huhu suka penasaran tapi kalau udah dimulai malah ketagihan

  30. Rahmah says:

    Belum nonton
    Sebenarnya lagi hiatus gara gara VIU yang ga nayangin drakor trending
    Minggu depan mau coba cari ah

  31. termasuk baru ya tayangan inii, aku suka nonton yang suasana keluarga gini.. kalo ada waktu luang mau coba nontoon

  32. BayuFitri says:

    Drakor nih nyandu bngt buat sy soalnya jln cerita seru dan mengharu biru..hihi terbaik deh..

  33. Jasmi Bakri says:

    Drakor genre family gini kadang bikin lebih haru ya mbak. Karna ada aja kejadian yang bisa di relate dengan kehidupan sehari-hari dan ini bisa jadi pembelajaran banget. Nice review anyway!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *