Kulit Kering Pada Musim Kemarau Lakukan Hal Ini

Kulit Kering Pada Musim Kemarau Lakukan Hal Ini

Kulit Kering Pada Musim Kemarau Lakukan Hal Ini. Musim kemarau tahun ini cukup panjang dan berdampak besar dalam berbagai aspek kehidupan. Menonton berita di televisi, beberapa daerah kesulitan air bersih hingga mendapat bantuan air dari pemerintah. Sampai-sampai penduduk antre untuk mendapatkan air bersih. Di daerah lain pun beberapa petani mengalami kerugian karena gagal panen akibat kekeringan. Saya sendiri saat ini di rumah mengalami defisit air. Sudah beberapa minggu, air PAM tidak mengalr ke rumah. Terpaksa kami sekeluarga menggunakan air sumur yang berwarna keruh. Air sumur di komplek perumahan kami memang kurang bagus kualitasnya. Ada sih beberapa rumah yang air sumurnya bagus dan kebetulan rumah kami air sumurnya kurang bagus, berwarna keruh kemerahan dan berbau. Namun karena tidak ada lagi air,terpaksa kami menggunakannya untuk mandi dan lain-lain.

Dampak kekeringan pun langsung terasa ke kulit, terutama kulit telapak kaki. Langsung deh kaki pecah-pecah dan rasanya perih banget. Kulit tangan kaki pun menjadi kasar dan bersisik. Saya pun mencari cara agar keadaan kulit menjadi lebih lembap. Pada dasarnya jenis kulit badan saya memang cenderung kering dan ditambah musim kemarau, kebayang khan gimana keringnya. Udara malam yang pagi yang dingin menggigit ,menambah ketidaknyamanan pada kulit.

Baca Juga: Kulit Sehat dengan Chizu Saeki Method

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kekeringan pada kulit

  1. Membilas Wajah dengan Bersih Saat Mencuci Wajah

Pada saat menjelang tidur alangkah baiknya wajah dalam keadaan bersih. Oleh karenanya kegiatan mencuci wajah sebelum tidur itu penting, ya. Ada yang suka mencuci wajah dengan dua langkah milk-cleanser dan toner, ada juga yang mencuci dengan double cleanser yaitu pakai milk-cleanser lalu pakai facial foam barulah toner, ada yang juga cukup mencuci wajah dengan micellar water. Nah, bagi yang mencuci wajah dengan sabun wajah atau facial foam alangkah baiknya membilas wajah dengan benar-benar bersih karena sisa sabun pada wajah akan membuat kulit menjadi kering. Kalau mencuci wajah pakai sabun suka terasa kesat, khan. Nah sisa sabun tersebut bisa menyebabkan kulit kering. Kebayang khan sudah mah musim kemarau, jenis kulitnya kering, dan ada sisa sabun di kulit. Begitu pula saat mandi, usahakan bilas dengan sangat bersih sehingga tidak ada sisa sabun di kulit badan yang bisa menyebabkan kulit kering.

  1. Memperbanyak Minum Air Putih

Ingatlah sebagian besar tubuh kita berisi air. Jika tubuh kekurangan air akan mengalami dehidrasi. Tentunya jika sudah dehidrasi kulit pun berkurang. Cairan dalam tubuh bisa berkurang akibat keingat yang keluar karena cuaca panas. Oleh karena sebaiknya membiasakab memperbanyak minum air putih. Dengan minum air putih, racun-racun di dalam tubuh pun bisa keluar. Kulit pun bisa terjaga kelembapannya.

Baca Juga: Seberapa Penting Sunblock?

  1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Asupan makanan yang kurang bergizi, banyak mengonsumsi junkfood bisa mengakibatkan kulit menjadi kering dan kusam. Mengonsumsi makanan bergizi bisa memberikan vitamin bagi kulit sehingga kulit pun tetap sehat dan segar. Beberapa buah dan sayur memiliki kandungan vitamin yang bermanfaat bagi kulit dan dapat menangkah radikal bebas. So, kalau musim kemarau begini perbanyak saja konsumsi sayur hijau walaupun daun-daunan sudah mulai berkurang di kebun karena kekeringan. Hehehe..maklumlah kalau saya mau daun-daunan biasanya tinggal metik di kebun.

  1. Tidak Terlalu Lama Berada di Ruangan Ber-AC

Saat masih bekerja, saya bisa seharaian berada di ruangan ber-AC. Akibatnya kulit sering terasa kering. Alhamdulillah sekarang sih sudah nggak berada di ruangan bera-AC, maklumlah tinggal di kampung yang udaranya masih dingin nggak perlu AC di dalam ruangan. Udara panas jika berada di luar ruangan, di dalam ruangan masih cenderung adem. Jika terasa agak panas tinggal buka pintu dan jendela.

  1. Memakai Pelindung Wajah

Saat ini memang sudah tidak aneh melihat orang berseliweran di jalan menggunakan masker atau pelindung wajah. Ternyata memang menggunakan pelindung wajah saat cuaca terik tuh penting banget. Apalagi jika saat mengendarai kendaraan motor, wajib banget tuh pakai masker agar kulit tidak kering dan tidak terbakar sinar matahari secara langsung.

 

  1. Memakai Pelembab Wajah dan Tubuh

Nah, sejak musim kemarau ini saya jadi rajin menggunakan pelembab wajah dan badan. Pasalnya kulit memang sangat kering. Setiap habis wudhu biasanya saya langsung oleskan pelembab wajah dan badan. Terutama bagian kaki yang pecah-pecah. Syukurlah sekarang kulit kaki yangpecah-pecah sudah mulai berkurang karena perawatan intensif. Jika dibiarkan akan semakin parah dan rasanya perih banget.

Baca Juga: Merawat Kulit Secara Alami Menjelang Usia 40

Nah itulah hal-hal yang saya lakukan saat musim kemau dan kulit kering. Saya berdoa semoga musim kemarau berlalu sesuai dengan waktunya dan air PAM di rumah kembali mengalir sehingga kami sekeluarga bisa kembali merasakan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

31 Responses

  1. makana bergizi ini yang aku kurang. jarang makan sayur. tapi dicoba ah

  2. Dwina says:

    Kalau udara panas paling nyaman di ruangan ber-ac. Tapi ternyata itu bisa membuat kulit kering ya

  3. Musim pancaroba ni emang bikin kulit jadi kering ya. Daerah pipi saya pun jadi belang bulet-bulet kalau pas pakai bedak powder biasa. Tapi kalau pakai pelembab, kulit asli yang berminyak jadi makin menjadi minyaknya.

  4. unggulcenter says:

    Btul.. trims tipsnya krn kemarau memang membuat kt hrs ekstra jaga kesehatan diri pun jg kulit. Cuaca mayan ekstrim blakangan ini

  5. Okti Li says:

    Tipsnya saya saved Teh. Secara saya mah suka ke sawah dan berkebun. Papanasan pokoknya. Kulit jadi rusak

  6. April Hamsa says:

    Minum tu penting banget.
    Trus kadang saya suka pakai handbody mbak. Ooo justru jgn lama2 di ruangan ber-AC ya? Maklum gerah haha

  7. Ida Tahmidah says:

    wah iya nih saya juga jadi kering begini..paling ga bisa tuh minum sampai dua liter sehari heu…

  8. Aku sempat mengalami nih mbak, kulit kaki kering, pecah-pecah sampai perih banget. Mungkin aku masih kurang minum air putihnya ketika itu.

  9. Satu hal yang ngga pernah kulewati adalah banyak minum air putih terutama pagi hari, selain membantu mengeluarkan racun, kulit juga terasa lembab selain itu aku juga rajin pake xunblock kalau bepergian sih. Jadi kulit aman dan terjaga selalu

  10. Awan says:

    Saya belum coba pake pelembab-pelembab gitu, padahal perlu juga ya Mba klo situasi memang panas supaya kulit nggak kering hahahaha

  11. Abby Onety says:

    Makasih ya tipsnya. Kadangnklo sdh di ruangan ber AC sering lupa diri. Betah aja dalam suasana sejuk tpbtak sadar bahwa itu gak baik untuk kesehatan.kulit ya?

  12. ZILQIAH says:

    wah noted banget ini untuk saya,
    saya sering lama di ruangan ber AC
    harus mulai cukupin kelembaban kulit ya memang
    makasih tipsnya mbak

  13. Yoanna Fayza says:

    Panasnya kaya gini pingin ngadem di ac terus mba.. tapi malah bisa makin kering yaa.. stok pelembab lebih banyak aja kali ya hehee

  14. Tumit kering jadi masalahku banget kalo pas musim kemarau kayak gini… Hiks.

  15. Inda Chakim says:

    Iya mbk, kulit jadi kering banget, sekering kantongq kalok pas tanggal tua *hahay.
    Makasih tipnya mbk, praktekin ah, sederhana gini

  16. Yoanna Fayza says:

    Sekarang ga pernah ketinggalan bawa air putih kemana2, kalau kurang minum terasa banget di kulit.

  17. aku nih malas banget minum air putih padahal lg kemarau alhasil bibir pecah2 dan kulit rentang luka karena kering
    pakai handbody juga masih aja merasa kering
    ternyata memang harus rajin2 air putih ke dalam tubuh ya

  18. Tuty Queen says:

    Aku nih punya masalah kulit kering,memang betul harus banyak minum air putih dan konsumsi buah juga pakai pelembab.

  19. Minum air buat mencukupi kebutuhan dari dalam, skincare untuk melindungi dan melembabkan dari luar ya Mbaaaa….
    Semangaaat! Kulitku juga kering banget dan selalu terpapar AC ni Mbak….

  20. Aku kalau kulit kering tuh aku biasin pakai pelembab mba. Penolong paling sederhana dan mudah. Soalnya kulitku tuh kering banget jadi selalu pakai pelembab

  21. Aku tuh termasuk pemilik kulit kering dan selalu gunakan pelembab. Soalnya kalau nggak gitu ya agak kliatan bersisik di wajah. Tapi konsumsi air dingin juga bikin kulit lebih lembab ya mba

  22. lendyagasshi says:

    HUhuu…selama ini kalau kulit mulai pecah-pecah terutama di daerah tumit, aku selalu mikir…aah~ ini mungkin gak cucok sama skin care yang ini niih…
    Padahal mungkin aku kurang minum atau makanan sehat bergizi yaa…

    Haturnuhun diingatkan, teh Rany.

  23. Lidya says:

    Untuk kulit biasanya aku pakai body butter, kata dokter kulit lebih lembabdibandingkan body lotion biasa. Nah untuk minum airputih harus lebih diseringin lai nih aku

  24. Kunci berhasilnya perawatan kulit itu memang kudu rutin dan disiplin
    Aku pribadi belum disiplin sehingga telapak kakiku suka terkelupas.
    Duh… pe-er banget memang ini!
    Kalau ritual membersihkan wajah dan sikat gigi, tak bisa ditawar-tawar lagi. It is a MUST!

  25. Wah, aku seharian ada di ruang AC mba, mau nda mau ya harus mengimbangi dengan konsumsi air putih yang banyak ya. Padahal kalau di ruang AC terus tuh rasanya enggak haus, jadi jarang minum. Nah, jadi kering deh hehehee… Kudu giat minum air putih nih dan menggunakan pelembab beberapa kali sehari.

  26. indah nuria says:

    Memang harus benar-benar rutin dan disiplin kalau mau Kult kinclong ya mbaaa

  27. Iya sekarang terasa banget kulit kering dan pecah2 . Harus diikuti nih tips2 di atas. Terutama banyak minum air putih.

  28. Mugniar says:

    Kebanyakan orang malah akan berada di ruang berAC saat kemarau hehe.
    Kalau saya memang tidak biasa berada di ruang berAC jadinya santai saja. Trus bisa banyak minum air juga jadinya. Alhamdulillah. Tapi kesulitan itu datang saat harus masuk ruangan atau kendaraan yang berAC karena sakit kepala 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *