Manfaat Buku Bacaan untuk Anak

Saat membaca sebuah buku cerita, anak-anak akan mengikuti alur cerita yang menegangkan, misalnya mengikuti petualangan kelinci masuk ke dalam lubang atau bertualang ke negri antah berantah. Terdengar menyenangkan, bukan? Hal itu membuktikan selain memberikan manfaat pengetahuan, buku bacaan juga memberi manfaat untuk hiburan. Apalagi jika buku bacaan dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi yang menarik.

Buku bacaan memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perkembangan kognisi anak-anak, lho. Selain itu, buku bacaan juga mengenalkan nilai-nilai budaya lokal maupun budaya asing. Buku bacaan juga dapat mengembangkan kebiasaan positif bagi anak-anak. Yang lebih penting lagi, buku bacaan dapat mengembangkan kepribadian positif anak.

Buku mengajak anak ke dalam dunia imajinasi kata-kata sehingga dapat menstimulasi pengalaman kreatif anak-anak. Buku membuka pintu pengetahuan sehingga anak-anak dapat mengetahui hal-hal yang jauh, hal-hal yang ajaib, hal-hal yang luar biasa hebat melalui buku bacaan. Anak-anak juga dapat belajar menyelesaikan masalah, belajar dari berbagai karakter yang ada di dalam buku, belajar bagaimana para karakter tersebut menghadapi dan menyelesaikan masalah. Buku bacaan sangat membantu anak-anak untuk memahami perasaan orang lain.

Banyak sekali manfaat buku, bukan? Namun, seringkali buku belum bisa menjadi teman yang sangat akrab bagi anak-anak. Bahkan, seringkali terkalahkan oleh hal-hal lain yang dianggap lebih menyenangkan, seperti televisi dan games online. Lalu, bagaimana caranya agar buku bisa menjadi teman sehari-hari anak-anak di rumah? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar anak-anak terbiasa dengan buku.

  1. Anak-anak diberi kesempatan untuk membaca setiap hari, caranya sudah tentu disediakan buku di rumah.
  2. Orang tua sebaiknya bertanya kepada anak tentang ketertarikan anak dan membantu mereka menemukan apa yang mereka sukai.
  3. Orang tua sebaiknya mengajak anak mengenai buku yang sudah mereka baca.
  4. Orang tua atau guru juga memberikan waktu kepada anak-anak untuk saling bercerita dan membicarakan buku yang mereka sukai.

Semoga bermanfaat…

Happy Reading

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *