Manfaat Menonton Channel Youtube Anak

Manfaat Menonton Channel Youtube Anak

“Sahabat Aisyah tetap Ceria dan semangaaaat”. Itulh kalimat yang selalu diucapkan Aisyah Hanifah di video youtube-nya. Sampai-sampai si kecil Fakhira hapal. Hahaha...iyah, kalau dulu Fathan yang hobi banget nonton video anak-anak di Youtube, sekarang Fakhira yang suka.

Kok membiarkan anak-anak main hape sih? Seringkali saya mendapatkan sindiran seperti itu, saat melihat anak-anak memegang gadget. Padahal, saya tetap membatasi interaksi anak-anak dengan gadget. Hanya hari Sabtu-Minggu, mereka boleh pegang gadget. Kalau kakaknya, Fathan sekarang sedang hobi main games, sementara Fakhira sedang senang nonton video anak-anak di Youtube. Salah satu tontonan favoritnya yaitu video Aisyah Hanifah, Aiyah Hanifah dan Naura, serta video-video youtube anak lainnya.

Kenapa saya membiarkan anak-anak berinteraksi dengan gadget? Jujur ini karena saya sendiri masih belum bisa lepas dai gadget. Beberapa pekerjaan saya dikerjakan secara online melalui smartphone dan laptop. Anak-anak tentu melihat ibunya yang sedang megang gadget penasaran, walaupun sudah dijelaskan kalau Bunda pegang henpon untuk kerja, tapi anak-anak tetap saja mau main gadget. Apalagi mereka tahu kalau di dalam gadget ada hal-hal yang menarik seperti games dan tontonan di youtube. Baiklah, saya pun tidak bisa menghindarkan anak-anak drai gadget, sehingga saya tetap membiarkan mereka berinteraksi dengan gadget namun pada waktu tertentu dan permainan dan tontonan tertentu. Untuk games, saya selalu pilihkan games yang sesuai untuk rate usia Fathan (biasanya tertera di Aps Store pada saat mau unggah games) dan untuk tontonan Youtube pastinya tontonan khusus anak-anak, salah satu chanel favorit anak-anak adalah channel Youtube Aisyah Hanifah. Dulu, Fathan suka nonton Aisyah Hanifah, sekarang adiknya, Fakhira.

“Bunda, ade, mau nonton teman-teman, boleh?” Itu permintaan Fakhira setiap kali mau nonton channel Youtube kesayangannya itu.

Sebelumnya, saya pernah menulis tentang Asiyah Hanifah yang memang menjadi tontonan kesukaan Fathan. Sekarang saya menulis kembali tentang Youtuber Cilik ini karena saya melihat prestasi yang diraihnya begitu luar biasa. Pertama kali menulis tentang Aisyah Hanifah sekitar tahun 2016 dan dalam kurun waktu 2 tahun, Aisyah Hanifah tetap konsisten membuat video yang memang untuk anak-anak dan disukai anak-anak. Bahkan, prestasinya terus melejit, Aisyah Hanifah sering diundang jadi bintang tamu acara talkshow di televisi sebagai Youtuber Cilik yang berprestasi.

Aisyah Hanifah memulai debutnya sebagai Yuotuber cilik sejak Mei 2015. Sejak saat itu, Aisyah Hanifah secara konsisten mengunggah video setiap pekannya di Youtube. Awalnya, Aisyah suka nonton channel youtuber anak dari luar negeri, lalu Aisyah berpikir, selama ini dia menonton video kenapa tidak membuat video yang bisa ditonton juga. Aisyah  pun ditemani abi dan kakak-kakaknya membuat video dengan konten review mainan anak

Sudah banyak pengalaman menyenangkan yang dirasakan Aisyah selama jadi Youtuber. Setiap tempat yang dikunjungi, Aisyah pasti bertemu dengan sahabat Aisyah yang menyapa dan pasti mengajaknya berfoto. Ow, Aisyah sudah jadi seleb tentunya dan banyak fans-nya, hehehe.

Tahukah, channel Youtube Aisyah sudah mencapai silver play button yaitu penghargaan dari Youtube kepada Youtube yang memiliki 100.000 subscriber. Saya lihat sekarang memiliki 383 ribu subscriber. Wow, luar biasa banget, khan. Apalah dengan kita ini yang hanya punya subscriber ratusan doang, hehehe… Nah, Aisyah juga punya target selanjutnya yaitu mendapatkan gold play button yaitu penghargaan bagi Youtuber yang memiliki 1000.000 subscriber. Semoga targetnya segera tercapai, ya, Aisyah.

Nah, Aisyah Hanifah punya tips-tips nih bagi teman-teman seusianya yang ingin menjadi Youtuber Cilik seperti dirinya. Menurut Aisyah, tetaplah menjadi anak-anak dengan konten anak-anak, dan tetap konsisten berkarya membuat video yang menarik.

Ya, menurut saya Aisyah itu sangat pintar mengajak interaksi dengan penontonnya sehingga tidak membosankan saat ditonton. Jadi sangatlah wajar jika Aisyah Hanifah punya banyak subscriber dan fans.

Buat saya pribadi, saat ini memang masih memberikan akses anak nonton Youtube, tentu saja dengan rambu-rambu tertentu. Karena saya tetap melihat ada nilai positif dari Youtube, asalkan kita memang bisa mengawasinya dengan baik sehingga anak-anak tetap menonton konten-konten positif yang memang sesuai dengan usianya.

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan sebagai orang tua agar anak aman Youtube-an.

Nonton bersama

Saya belum membiarkan anak-anak nonton Youtube sendiri karena tahu sendiri khan, seringkali tiba-tiba nongol video dengan konten dewasa yang membuat anak penasaran. Biasanya sayayang search tema video yang kira-kira sesuai untuk anak.

Seting pengamanan

Sekarang khan sudah banyak aplikasi pengaman untuk Youtube. Selain itu, kita bisa juga seting sendiri lho. Ini dia caranya:

  1. Buka Youtube
  2. Pilih tiga titik di pojok kanan atas
  3. Klik tulisan seting, lalu klik umum/general
  4. Klik restricted mode/mode terbata, lalu klik save/simpan
  5. Restricted mode/mode terbatas akan menyaring video yang tidak layak tonton untuk anak-anak dan dewasa

Memasang aplikasi Youtube Kids

Bisa juga nih download aplikasi Youtube Kids. Di Youtube Kids sudah tersaring video-video yang memang kontennya anak-anak. Fathan dan Fakhira sudah tahu ikon Youtube Kids, jadi mereka tidak pernah mengklik aplikasi Youtube biasa.

Subscribe

Saya mengajak anak subscribe ke channel youtube favorit mereka. Salah satunya channel Aisyah Hanifah, sehingga saat Fakhira ingin menonton sudah tidak mencari-cari lagi.

Ada beberapa manfaat yang saya rasakan saat Fakhira suka menonton channel Youtube yaitu di antaranya:

Fakhira menirukan kata-kata Aisyah Hanifah, sehingga menambah kosa katanya

Punya rules model yang pintar dan percaya diri.

Menimbulkan rasa percaya diri pada Fakhira saat diajak ngomong di depan kamera.

Menambah pengetahuannya

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

60 Responses

  1. Anak2ku juga suka banget nonton youtube. Keren ya youtuber cilik asal kontennya bermanfaat.

  2. indah says:

    keponakanku dikit2 nonton you tube mbak. Tapk kadang aku tegur kalau udah kelamaan

  3. Jiah says:

    Aku juga bikin mode terbatas kalau ponakanku pinjam HP buat yutuban. Atau seringnya kudonlotin oflen gitu biar hemat kuota. Pas nonton juga kutemenin biar tetep dlm pengawasan

  4. Beautyasti1 says:

    Sekarang udah ada aplikasi youtube for kids mba, jadi aman. Anak ku suka youtube tapi cuma lagu anak anak aja sih sama winnie the pooh

  5. Wow 380 an ribu subscriber. Kalah telak deh saya, hehe. Jadi kepo videonya Aisyah Hanifah isinya apa aja ya

  6. indah nuria says:

    Kalau YouTube for kids aku ngga deg-degan mbaaa..soalnya punya ABG di rumah Mba. Tapi akt setuju, lika aman dan dipilah dengan baik, YT bisa beri manfaat positif.

  7. Awan says:

    Sekarang banyak anak kecil yang senang belajar dari youtube, tinggal kita sebagai orang tua yang mengarahkannya, dan ponakan saya juga terobsesi pengen punya channel youtube juga karena lihat anak seusianya punya youtube.

  8. Mechta says:

    Jadi ingat ponakan terkecil juga hobby banget nonton lagu anak di youtube

  9. Keren ya kecil-kecil udah berprestasi sebagai Youtuber. Kalau anak-anakku sukanya liat Maswaditya, itu lho bapak sama dua anaknya. Lucu-lucuan aja sih. Asyik hubungan mereka sbg ayah-anak

  10. Ida Tahmidah says:

    Wah anak2 sekarang mainannya youtube ya..untung ada for kids ya teh jd aman ..

  11. Farida Pane says:

    Mantap. Yg penting tetap di bwh pengawasan ya

  12. Waaah, 2 bocah di rumah juga pada suka nonton Youtube. Macem2 channelnya. Dulu, anak yg ketiga gak aku saring tontonannya. Sampe sebulan kemaren, pas lagi nonton Youtube, dia nangis. Ternyata ada video suggestion yang dia tonton yang bikin nangis. Pas aku lihat, ternyata tentang siksa neraka. Duh… dia ngeri katanya. Alhamdulillah sekarang udah disaring settingannya. Jadinya yang nongol cuma yang aman buat anak. Nah kalo yang bungsu, sukanya yang unboxing mainan2. Mayan deh, wawasan anak jadi nambah. Mereka juga jadi bisa sedkit2 Bahasa Inggris. 😀

  13. Elisa Koraag says:

    Setuju. Van belajar bahasa inggris dari YouTube. Van belajar bnyk ketrampilan termasuk baking, dari YouTube.

  14. Wah, malah baru tau nih ada youtuber cilik kreatif karena baca post mba Rani. Anak anakku juga suka melihat review robot robot mba. Inj bisa jadi referensi bagus buat mereka. Tfs mba

  15. Yoanna Fayza says:

    Aku juga sering banget kok nonton yutub bareng anak2, bonding time bukan berarti harus bebas gadget, yg penting kita bisa bebas berinteraksi dg anak 🙂

  16. Yoanna Fayza says:

    Aku juga sering nonton yutub bareng anak2, bonding time bukan berarti harus bebas gadget, yg penting kita bisa bebas berinteraksi dg anak 🙂

  17. Anak lanangku kok udah ga mau nonton channel anak2 ya. Dia demennya nonton youtube yang menyajikan aneka tutorial. Ada tutorial origami, bahkan tutorial menyetir truk lho dia lihat bolak-balik. Hahahaa…emang kapan mau nyetir truk coba.

  18. Utie adnu says:

    Iya aku juga dh menandai video youtube dgn setingan.. klo plng enak sih iy nonton brsama atau jgn biarkn anak nonton youtub sendiri d kmar

  19. Aku pernah ikut seminar parenting.
    Idealnya anak diberi gadget minimal sudah mencapai usian 2 tahun.

    Dan saat diberi gadget, kita selaku orang tua harus sudah mengetahui kiat-kiat agar buah hati kita terhindar dari candu gadget.
    Aku percaya mba Rani pasti sudah khatam laa gimana kiat-kiatnya 😀

  20. Klo saya blm ngasih screentime karena bocil 2th.meski kerja pake hp sebisa mungkin sekarang ga pegang gadget saat maij sama anak heheu

  21. Eka Mustika says:

    Subscriber ku cuma 2 haha #ketawamiris
    Anak ku jg suka ku ajak nonton youtube bareng mba. Tp kami nonton video resep makanan kalo ga kue. Jadinya sering nya dia bilang mi mau nonton masak2

  22. Betul banget dari youtube anak-anak banyak belajar. Anakku yang sulung kreatif suka bikin2 craft gitu. Dan belajarnya dari youtube. Memang disetting agar aman ya. Dan bila perlu didampingi

  23. Elly Nurul says:

    Nice to share kakak, aku baru tahu cara ini.. beneran bisa membantu memfilter dari hal-hal negatif ketika anak sedang bermain youtube ya.. sudah aku coba and it’s work

  24. Aku ngasih jadwal ke anak-anak pas weekend, tapi ternyata weekday jebol juga hiks.

  25. kalo ngomongin tentang pemberian gadget sama anak tuh pasti selalu ada yg pro kontranya ya kak..

    Tapi, gak bisa dipungkiri juga klo sekarang anak bisa belajar sambil main gadget juga. Hehe.. Aku masih bingung nanti punya anak akan ada di garis mana…

  26. Meskipun bagus utk wawasan anak2, tetep urusan mata juga tidak boleh diabaikan ya. ^_^

  27. solusi buat ponakan au yang suka nonton yt nih download yt kids ya

  28. siti hairul says:

    aku baru tahu nih Youtube Kids, ta unduh ah buat anak-anak di rumah.

  29. Mugniar says:

    Tidak dipungkiri ya memang ada manfaatnya juga bagi anak-anak.
    Jaman now, anak-anak kita itu penduduk asli dunia digital jadi memang menjadi bagian juga dari dunia mereka

  30. Alasanku masih kadang ngebolehin anak liat Youtube juga sama. Karena pas garap kerjaan di rumah. Tapi liat sikon juga. Kalo sayanya nggak lagi kerja dia juga nggak boleh liat hp. Pun sambil diawasin terus. Posisi kepala terlalu deket apa nggak sama hp, yang lagi diliat apa, dan nggak boleh dipegang terus hpnya.

  31. Tuty Queen says:

    Anak bermain gadget jangan ditakuti ya mbak..benar kata psikolog Elizabeth Santosa sewaktu aku ikutin seminar parenthing justru penggunaan gadget boleh selama ada kontrol pemakaian oleh ortu, banyak hal bagus yang bisa dipelajari anak dari gadget dan membuat anak pintar.. contohnya kayak YouTube Kids gini ya 🙂

  32. April Hamsa says:

    Wow subscribernya luar biasa hehe.
    Iya ya mbak kita gak bisa larang anak main gadget apalagi nonton yutub, yg penting kontrol.
    Kalau anak2ku krn msh kecil biasanya aku yg pilihan tontonan yutubnya apa hehe

  33. Desy oktafia says:

    Setuju.
    Awalnya saya sama sekali menjauhkan gadget dr Anak saya.
    Namun setelah 3th.
    Terasa ada manfaatnya
    Jd sekarang waktunya dibatasi. Bukan menghapus total gadget time dalam kesehariannya

  34. Lidya says:

    Anak juga bisa kreatif karena menonton video asalkan didampingi dan dan ada pembatasan

  35. Diah says:

    Saya baru tahu ini lho Mbak, beneran. Anakku sukanya Ryan, CKN. Ponakan2 yg lain jg suka lihat yg channel anak dari luar.

  36. Anak saya suka banget channel The Rempong HD. seru katanya. :)))

  37. Zia says:

    Anak saya juga hobby banget main games dan nonton youtube. Selama masih dalam ruang lingkup kita, di bawah pengawasan, dan ada aturan, nonton youtube ga masalah. Anak-anak bisa belajatr banyak ya mba.

  38. Hai Mbak anak-anak aku juga suka nonton YouTube tapi tetap harus aku awasi karena ada iklan iklannya sih padahal banyak pembelajaran di YouTube Itu yang sangat bermanfaat untuk anak-anak.

  39. Dede Fakhira anteng banget nonton youtube nya.. Ateu juga suka nonton youtube channel anak loh, chanelnya zara cute hihi

  40. Aku kadang buat ngehibur diri sendiri dan belajar nonton youtube anak hehehe
    Mereka itu gemesin dan asyik dunianya.

  41. Ulu says:

    Saya pake yutub for kids. Lebih aman. Si nabil bole pake hp hari minggu aja. Segitu juga udh kebanyakan menurut saya mah heeuu

  42. Dawiah says:

    Widiih keren yah Aisyah, sudah jadi youtuber cilik.
    Anak-anakku juga suka nonton you tebe, apa-apa suruh lihat youtube. Mau belajar masak, katanya lihat di youtube .

  43. Sama, Teh. Saya juga memperbolehkan anak pegang gadget di hari libur. Diseting supaya nonton channel yang bermanfaat.

  44. Uwien Budi says:

    Anak-anakku juga suka nonton Youtube, teh. Kadang aku merasa jadi orang tua yang buruk banget kalau dibandingin orang tua yg bisa melarang anaknya sama sekali nggak main gadget atau hanya hari tertentu saja. hiks

  45. Bagus juga ad channel youtube anak ya..jadi lebih aman engga hariwang kitanya hehe.. Yang ngeri itu anak2 SMA yang sudah ga bisa kita filter larang ini itu…Itu mah basic agama yg hrs kuat 🙂

  46. Iya,gimana pun anak harus mengenal internet of things karena sudah zamannya. Yang penting kendali tetap ada pada orangtua agar anak menggunakannya dengan sehat dan aman.

  47. Nchie Hanie says:

    Fakhiraaaa, meni antng..
    Sinii Tante temenin, biar bisa belajar bareng, udah lupaa chanel anak2..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *