Membiasakan Gosok Gigi Pada Anak

cara mengobato sakit gigi secara alami 1

Membiasakan Gosok Gigi Pada Anak merupakan peer terbesar saya saat ini. Si sulung Fathan suka lupa atau tidak mau gosok gigi. Alasannya macem-macem, mulai dari pasta gigi yang pedas padahal sudah dipilihkan pasta gigi rasa buah-buahan, sikat gigi yang keras,dan lain-lain. Entah berapa sikat dan pasta gigi yang dibeli dan akhirnya nggak terpakai. Hampir setiap pergi ke supermarket untuk belanja bulanan, pasti selalu pengen beli sikat gigi karena tergoda dengan hadiah mainan atau bentuknya yang lucu. Namun, apakah sampai di rumah sikat gigi itu dipakai? Oh tentu tidak, malah yang terjadi suka dijadiin mainin. Gemeeeesss, deh.

Perilaku Fathan tersebut juga diikuti oleh adiknya Fakhira. Keduanya seakan kompak menguji kesabaran ibunya dalam hal menyuruh gosok gigi.Padahal gigi mereka saat ini sudah dalam kondisi siaga 3, alias perlu penanganan karena sudah terlihat kurang sehat. Penyebabnya tentu saja karena suka makan-makanan manis seperti permen, coklat, kue, dan tidak diimbangi dengan menjaga kebersihan gigi mereka.

Baca Juga: Cara Merawat Gusi Berdarah

Hingga suatu sore, Fathan mengeluh sakit pada gigi depannya. Saya lihat memang gigi depannya sudah karies parah. Sepertinya memang agak goyang. Lalu, saya cek gigi belakangnya, sudah tampak warna gelap di atas permukaannya. Wah, ini bakal calon gigi berlubang. Sebelum bertambah parah, saya pun mencari cara mengobati sakit gigi secara alami terlebih dahulu, untuk pengobatan pertama di rumah. Saya pun membuat air garam untuk berkumur. Alhamdulillah, setelah beberapa kali berkumur dengan air garam, keluhannya berkurang.

Setelah pengalaman sakit gigi yang membuat dia tidak nyaman, akhirnya Fathan pun mulai mau saat saya memintanya menggosok gigi. Saya kembali ajak dia memilih sikat gigi yang dia sukai. Selain bentuknya yang lucu, saya pilih sikat gigi yang bulunya halus agar dia merasa nyaman. Lalu, dia pun memilih pasta gigi rasa stroberi kesukaannya. Begitu pun dengan Fakhira, dia pun ikut-ikutan memilih sikat gigi yang dia sukai.

cara mengobati sakit gigi secara alami 2

Mulai sekarang saya sudah harus tegas dalam membiasakan anak gosok gigi minimal dua kali dalam sehari. Setiap pagi, saat waktu mandi sebelum sekolah, saya selalu menunggui Fathan sampai dia gosok gigi. Fathan sudah bisa mandi sendiri tapi memang kadang perlu diawasi agar mandinya benar dan bersih. Jika dia lupa atau malas, saya ingatkan dengan tegas. Biasanya, yang suka kelewat gosok gigi saat malam hari menjelang tidur. Malam hari biasanya suka langsung tidur dan lupa gosok gigi. Padahal saat itulah waktu yang sangat penting untuk membersihkan gigi dari sisa makanan dan kotoran. Pada saat tidur,  mulut tidak melakukan aktivitas dan membuat pH-nya bersifat asam. Sering khan kita meras amulut kita terasa asam saat bangun tidur. Nah, dalam kondisi ini, kuman dan bakteri berkembang biak dengan sangat cepat dibandingkan dengan siang hari. Pada saat anak tidak menggosok gigi sebelum tidur maka bakteri akan berkembang biak dengan sangat cepat dan mengubah sisa-sisa makanan yang menempel di gigi menjadi asam yang mampu melarutkan email gigi hingga gigi pun bisa berlubang.  Tuh, khan berarti memang penting banget menggosok gigi sebelum tidur. Pantas saja gigi belakang Fathan menunjukkan gejala akan berlubang, ini karena kelakuan para bakteri yang berkembang pesat karena tidak dibersihkan.

Baca Juga: Obat Herbal yang Berasal dari Tanaman Memiliki Banyak Khasiat untuk Kesehatan

Saya pun memerhatikan karang gigi pada gigi Fathan semakin banyak dan perlu dibersihkan. Karang gigi bisa menyebabkan bau mulut juga. Namun membersihkan karang gigi biasanya harus dilakukan oleh dokter gigi. Semoga Fathan mau diajak ke dokter gigi karena biasanya anak agak takut kalau diajak berobat ke dokter gigi. Anak pun sering tidak merasa nyaman saat diminta membuka mulut dengan durasi waktu lama, apalagi saat beberapa alat masuk ke mulut untuk membersihkan gigi mereka.

 

 

 

 

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

65 Responses

  1. Heheu anak bayi ku juga suka disikat gigi, nangis sih tapi klo udah rusak bisa merusak dompet ya btw saya bukan takut k drg tapi bayarnya kan harus ada budget khusus, kayaknya bulan ini kita bertiga mau kontrol deh ke. Drg

  2. Zia says:

    Dulu perjuangan banget nyuruh Vito gosok gigi, tapi mau ga mau harus mau ya. Sekarang mulai males gosok gigi malem, tapi beneran harus dipaksain slnya kebawa sampe dewasa dan kalo gigi udah rusak kan repot ya, teh.

  3. Jadi peer banget buat sri karena aska giginya udah mulai karies. Membiasakannya untuk gosok gigi tiap mau tidur juga perjuangan banget karena biasanya suka modus jadi malah basah semua bajunya, hheu.. mudah mudahan bisa istiqomah menyemangatinya gosok gigi tiap pagi dan malam..

  4. Nchie Hanie says:

    Fathaaan, ayo gosok gigi sama Tante nih..
    Btw emang sama Ran, dulu juga ngajarin Olip susah banget, huhuu butuh kesabaran ya. Moga Fathan giginya bagus,
    Hmm, jangankah Fathan, Tante aja suka malem kalo gosok gigi malem2 hahahahaa

  5. susie ncuss says:

    apakah sampai di rumah sikat gigi itu dipakai? Oh tentu tidak, malah yang terjadi suka dijadiin mainin.
    me be like: ngakak so hard
    ya ampun, bocah2 mah emang kelakuannya begitu ya… =))

  6. Semangat Fathan, kayak Akmal ya kalau beli sikat gigi + odol yang dicari adalah hadiahnya

  7. Uwien Budi says:

    Jadi keingetan belum ke dokter gigi lagi buat periksain gigi anak-anak.

  8. sama Neyna juga paling seneng sama hadiahnya dan skrg uda kena caries duh pernah sampe abses juga jadi PR banget buat jaga gigi anak

  9. Euisry Noor says:

    Sepertinya perjuangan banget ya Teh, ngebiasain anak gosok gigi. Apalagi sblm tidur malam hari. Padahal gawat kalo udah bermasalah giginya…

  10. Kang Masroer says:

    Memang butuh usaha keras untuk menanamkan rutinitas baik pada anak. Seperti pembiasaan gosok gigi ini. Semoga para orang tua tetep sabar dalam melatih kebiasaan baik pada anak-anaknya.

  11. Ima says:

    Awalnya anak2 Ima juga susah banget gosok gigi kalo ga diingetin, tapi skrg mulai suka teh setelah dibeliin sikat yg bentuknya lucu-lucu.

  12. Fillyawie says:

    Jadi inget hasil medical checkup up aku PR nya cuma di gigi, badan Alhamdulillah sehat tapi harus ke Dokter gigi. Padahal aku selalu gosok gigi sebelum tidur lho dari kecil, tapi aku malas ke Dokter Gigi. Jadilah begini.

  13. Dwina says:

    Pasti Fathan berani ke dokter gigi. Anakku dulu waktu TK agak susah ke dokter gigi, awalnya sih dia mau tapi pas kunjungan selanjutnya ogah karena capek buka mulut katanya.

  14. Fenni Bungsu says:

    Bang Fathan jangan takut ke dokter gigi yah buat membersihkan karang, karena dokternya ramah dan baik kok

  15. Kalau dulu waktu duo sipit masih kecil perjuangan banget deh kalau gosok gigi tapi sekarang ga lagi soale udah kesadaran sendiri.

  16. Echi mustika says:

    Ku paling cerewet kalo nyuruh anak gosok gigi karna kadang nereka suka asal, jadi kalo waktunya gisok gigi bundanya jafi satoan duduk di hadaoan mereka

  17. Juliastri Sn says:

    Membiasakan anak gosok gigi sejak dini memang jadi tantangan tersendiri bagi seorang ibu ya. Anakku juga sukanya pakai pasta gigi rasa buah..

  18. dwi puspita says:

    anak saya juga belajar gosok gigi, umurnya yg belum genap 3 tahun emang sudah saya biasakan menggosok gigi 2x sehari maksud saya agar males gogok gigi spt ortunya…hahahaha

  19. iya teh, beneran perjuangan ya mengajak anak sikat gigi, saya juga begitu, dari si kakak sampai yang usia TK, semua sama perjuangannya. sekarang masih PR besar juga buat saya., teh.

  20. Kontrol ke dokter gigi emang wajib nih. Apalagi buat anak karena gigi susu adalah awal dari gigi seri. Semakin bagusnperawatan dari kecil maka gigi yang tumbuh juga jadi bagus dan sehat

  21. April Hamsa says:

    Memang harus dibiasakan supaya gigi anak tetep bagus ya mbak. Dulu zaman Maxy aku kurang aware krn fokusku ke tumbangnya, begitu udah besar aku banyak koreksi giginya ke dokter gigi hehe

  22. VHAranie says:

    akutuh sering banget dibilang bawel sama anak-anak soal kesehatan gigi 😀 karena setelah mereka sikat gigi sendiri, aku pastiin banget mereka sikat giginya benar dan bersih, sekiranya kurang bersih aku pasti akan suruh ulang kalau perlu aku yg sikatin gigi mereka hahaha.. maklum mereka masih balita semua

  23. Ida Tahmidah says:

    Iya mendingan dari kecil terbiasa merawat gigi jd giginya bs tumbuh dgn rapi n bersih ya…anakku ada yg kurang bagus giginya jd butuh dana khusus deh hehe..

  24. Dyah says:

    Kalau Al mah bolak balik gosok gigi. Nggak peduli siang atau malem. Wkwkwk. Boros pasta gigi jadinya xD

  25. Mildaini says:

    Nah, pas banget ini soalnya aku lagi mengajarkan hal yg sama ama nasya, ma kasih share nya mba

  26. Kalao Athifah, malam suka lupa gosok gigi

  27. Emak Cantik says:

    Anak2 kadang giginya juga bau, jadi harus dibiasakan sikat gigi sejak dini ya

  28. saya pernah baca katanya supaya anak terbiasa menggosok gigi, sejak bayi harus sering diteken teken gitu gusi nya hehe gak tau deh bener apa gak, tapi sekarang sedang saya coba.

  29. apura says:

    perjuangan tiada akhir ini membiasakan anak sikat gigi. Apalagi yang sebelum tidur, wah banyak banget alasannya. Jadi emak emang harus telaten

  30. Kebiasaan gosok gigi dr kecil kayak gini bakal diinget terus sampe gede.

  31. Indah Nuria says:

    Aku juga galak mba kalau urusan sikat gigi.. soalnya kalau ngga disiplin jadinya pada maleees

  32. Ade UFi says:

    Si Adek nih yg agak susah sikat gigi. Sikat giginya digigit sama dia coba. Jadi sikatnya sebentar2. Hhh..

  33. Sissassy says:

    Aku juga baru mulai nih, ibunya males sikat gigi malam, anaknya juga deh. Alhasil sekarang tiap malam seret kaki ke kamar mandi dulu buat sikat gigi, eh, si kecil ikutan juga.

  34. Duh pe er aku juga nih. Dulu padahal waktu kecil anakku rajin banget sikat gigi sebelum tidur. Ke sini sini kok malah jadi males dan susah disuruh sikat gigi XD

  35. Judulnya ” You are not alone!” mba Rani ^^
    Dulu juga Yasmin, putriku, perlu perjuangan untuk membiasakan sikat gigi.
    Biasanya saat motivasinya drop untuk sikat gigi, aku “mendongeng” saat pernah alami sakit gigi waktu kuliah.
    Betapa sakit dan tersiksanya.
    Biasanya untuk bebarapa waktu, berhasil, hahaha.
    Pas ‘down’ lagi, ya ‘disuntik’ lagi.
    Gitu terus deh berulang-ulang.

  36. Jiah says:

    Ponakanku nih agak susyah kalau diminta teratur sikat gigi. Kadang aku jd ikutan nyikat gigi. Dia kalau habis gosok gigi mulutnya dibauin ke aku juga, hahaha

  37. Helena says:

    gigi anakku bolong nih, huhu. Dia mau sih gosok gigi tapi kalau sebelum tidur diajak gosok gigi masih tergantung mood.

  38. lendyagasshi says:

    Heuu~
    Gigibya Hana ((anak keduaku)) lebih bagus dari kakanya…tapi saat ini menampakkan tanda-tanda siaga juga niih, teh…
    Karies.

    Dan kaka, giginya sudah mulai gigi tetap.
    Semakin ketat mamak minta anak-anak buat sikat gigi.

  39. Menyuruh anak sikat gigi masih jadi PR saya terbesar teh, ternyata sama aja ya ibu ibu mah masalahnya hehe

  40. Tuty Queen says:

    Memang harus sejak dini ya mak membiasakan sikat gigi pada anak, dulu aku waktu kecil suka komplain kok ibuku bawel banget nyuruh sikat gigi karena aku suka malas-malasan hehe ternyata manfaatnya sampai dewasa gini benar-benar berasa 😀

  41. Alhamdulillah ya anak-anak pada rajin sikat gigi. Anak-anakku juga diajarkan sejak kecil, walau anak pertama sempat menjadi produk gagal emaknya kurang pinter huhu… giginya mulai rusak

  42. Yati Rachmat says:

    Rani si Ratu buku anak, sama tuh cucu bunda juga suka susah kl disuruh gosok gigi, Kudu diawasin kl gosok gigi, kl gak odol dibuang ktnya udah gosok gigi. Haddeuh, anak2. Ke drg takuuutnya bukan maen. Untune wis numpuk tp pede banget dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *