Memilih Tips Skincare Aman

 

Tips Memilih Skincare yang AmanUsia 20an, saya mendambakan memiliki kulit putih. Pada masa itu, godaan memiliki kulit putih bersinar sungguh memikat, apalagi iklan pemutih kulit wajah cukup masiv membuat siapa pun ingin berkulit putih bersinar.

Untuk memenuhi impian memiliki kulit putih, saya bahkan berani mencoba-coba produk skincare yang bisa memutihkan kulit wajah secara instan. Produk skincare pemutih wajah yang saya pakai memang tidak bermerk tapi memang cukup efektif memutihkan kulit wajah dengan cepat. Sayangnya saya nggak memerhatikan efek samping yang bisa terjadi pada pemakaian produk skincare yang tidak terjamin kualitasnya.  Untungnya, saya disadarkan oleh seorang teman untuk lebih memerhatikan produk skincare yang saya pakai, dan produk skincare yang mengandung bahan tertentu bisa memberikan efek berbahaya untuk kulit.

Saya pun mulai selektif dalam memilih produk skincare dan mulai penasaran dengan perawatan kulit di beberapa klinik kecantikan di Bandung. Ternyata tidak semua produk skincare dari klinik kecantikan cocok untuk kulit, ada juga yang berefek kulit jadi kemerahan. Kalau kata dokter Dave, produk skincare dari klinik kecantikan memang tidak semua cocok, bahkan bisa berefek kurang baik, salah satu penyebabnya terkadang klinik kecantikan tersebut memberikan krim wajah yang sama untuk beragam problematika kulit.

Beruntungnya di usia 30-an, saya sempat mendapat perawatan di klinik kecantikan yang cocok untuk kulit wajah. Bahkan pernah mendapatkan beragam perawatan wajah, seperti facial, akupuntur, laser, dan lain-lain.

Sekarang, saya disibukkan dengan aktivitas mengurus rumah dan anak-anak. Hingga kadang tidak ada waktu untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan. Agak repot juga sih jika meninggalkan anak-anak di rumah untuk perawatan kulit. Jadinya, saya ingin melakukan perawatan kulit di rumah.

Saya pernah rajin melakukan perawatan kulit wajah di rumah dengan membuat sendiri dari bahan-bahan alami, seperti lidah buaya, masker buah pisang, masker susu, toner dari teh hijau, dan lain-lain. Namun lama-lama, capek juga melakukan perawatan alami di rumah karena mesti menyiapkan dan meracik sendiri, cukup merepotkan dan menghabiskan waktu. Saya ingin produk skincare dari bahan alami yang tidak berefek samping tapi praktis penggunaannya. Saya pun mulai mencari produk skincare alami yang kira-kira cocok untuk kulit. Ada beberapa kriteria yang saya perhatikan saat memilih skincare yaitu di antaranya.

Memilih Skincare yang Sesuai Jenis Kulit

Sepertinya, pertama kali yang saya perhatikan saat memilih skincare adalah peruntukannya. Jenis kulit saya oily, pastinya mencari skincare yang memang ditujukan untuk jenis kulit berminyak. Ada 5 jenis kulit yang umum yaitu normal, berminyak, kering, kombinasi, dan sensitif. Skincare yang tidak sesuai jenis pastinya hasilnya tidak maksimal bahkan bisa memberikan efek negatif. Misalnya, saya yang memiliki jenis kulit berminyak lalu memakai skincare untuk kulit kering yang kandungannya membuat kulit lebih lembap. Nah, bisa jadi kulit saya malah jadi makin berminyak.

Kenali Permasalahan Kulit

Setiap orang pastinya memiliki permasalajan kulit yang berbeda. Ada yang memiliki masalah kulit berjerawat, ada juga yang memiliki masalah kulit kusam. Permasalahan kulit yang saya alami saat ini adalah kulit kusam, bintik hitam, munculnya garis halus, dan pori-pori besar. Makanya saya mencari skincare yang bisa mencerahkan kulit wajah dan mengecilkan pori-pori di kulit wajah. Pastinya dengan melihat kandungan yang terdapat di produk skincare, kira-kira apakah bisa mengatasi permasalahan kulit saya. Jika skincare yang digunakan tidak tepat bisa jadi menambah permasalahan kulit.

Membaca Komposisi Produk

Sejak “aware” dengan penggunaan produk skincare, saya selalu membiasakan untuk membaca komposisi produk. Seringkali, penamaan komposisi menggunakan istilah kimia yang tidak dimengerti oleh orang awam seperti saya. Namun, setidaknya saya bisa mencari tahu artinya dan tahu fungsi dan manfaat dari bahan tersebut. Selain itu, saya juga jadi bisa mencari informasi apakah bahan tersebut berbahaya atau tidak.

Saya biasanya melihat kandungan komposisi produk skincare untuk melihat apakah bahan yang dikandung cocok atau tidak untuk jenis kulit saya. Saya menghindari kandungan oil-based pada produk skincare yang saya gunakan karena kulit saya sudah berminyak.  Untuk kulit kering, hindari produk skincare yang mengandung alkohol, dan untuk kulit sensitif hindari produk skincare yang mengandung pewangi dan alkohol.

Kandungan Sunscreen Penting

Saya cukup telat mengetahui pentingnya sunscreen. Sehingga bintik wajah keburu muncul di kulit. Tapi saya sudah tobat dan selalu menggunakan sunscreen, baik itu keluar rumah maupun di dalam rumah. Karena ternyata, walaupun di dalam rumah, kulit tetap terpapar sinar matahari baik dari sinar matahari maupun dari sinar layar hape.

Memerhatikan Tanggal Expired

Saya pernah diberi tahu kalau produk yang menempel untuk kulit mesti memerhatikan tanggal expired.  Produk skincare umumnya memiliki masa expired 6 sampai 12 bulan. Jika saya sudah membuka produk skincare dan habis masa waktunya,  langsung deh dibuang. Kalau kelupaan dan dipakai khan bisa berbahaya untuk kulit.

Perhatikan Izin BPOM

Penting sekali memerhatikan izin BPOM untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Masih ingat khan kasus skincare yang diendorse oleh para selebritis yang ternyata tidak memiliki izin BPOM dan ditarik dari pasaran. Biasanya izin BPOM terdapat di kemasan produk skincare.

Selalu Tes Reaksi Kulit

Tidak semua produk skincare cocok, oleh karenanya mesti lakukan tes sebelum digunakan secara rutin. Hal itu dilakukan agar melihat kecocokan skincare dengan kulit. Salah satu tanda skincare tidak cocok untuk kulit biasanya kulit langsung bereaksi seperti keluar bruntus-bruntus di kulit, kulit memerah, timbulnya jerawat, dan lain-lain.

Beberapa minggu ini, saya menemukan produk skincare alami dari Shederma. Saya mencoba 4 rangkaian skincare Shederma yaitu, Shederma Cleansing Oil, Shederma Peeling Oil, Shederma Foaming Facial Cleansing, dan Shederma Serum Vitamin C. Keempat rangkaian produk Shederma ini saya pilih karena berbahan alami dan bisa mengatasi permasalahan kulit saya yaitu kulit kusam dan pori-pori kulit yang membesar.

Shederma Cleansing Oil

Kemasan

Shederma Cleansing oil dikemas dengan kemasan botol plastik bening ukuran 100 ml dengan tutup pump. Tulisan nama produk dan keterangan produk ditulis di stiker yang ditempel di botol. Tutup pump seperti membuat penggunaan produk bisa ditakar dan tidak berlebihan, juga mencegah produk bleberan.

Tekstur, Warna, dan Aroma

Tekstur dari cleansing oil ini  lebih cair daripada cleansing oil yang pernah saya pakai. Mungkin karena komposisi bahannya yang mengandung air. Saya lebih suka dengan tekstur seperti ini karena tidak berasa lengket di kulit wajah. Warnanya agak keruh seperti halnya warna oil tapi tidak terlalu pekat. Aromanya ringan dan enak untuk dicium.

Manfaat

Shederma Cleansing Oil merupakan pembersih wajah 3 in 1 yang praktis. Sebagai pembersih, pelembab, sekaligus sebagai toner penyegar kulit wajah. Sangat praktis karena tidak perlu dibilas dengan air.

Bahan Komposisi

Aqua, Butylene Glycol, PEG-20 Glyceryl Triisostearate, PEG-20 Glyceryl Isostearate, Hydrolyzed Collagen, Fragrance, Sodium Citrate, Citric Acid.

Aturan Pakai

Tuangkan Shederma Cleansing Oil ke kapas wajah, usapkan dengan lembut ke seluruh wajah dan leher.

Setelah Pemakaian

Saya menggunakan Shederma Cleansing Oil saat lelah dan tidak sempat melakukan double cleansing. Memakai Shederma Cleansing Oil ini lebih praktis karena sudah mengandung pembersih, pelembab, dan toner.

Shederma Peeling Oil

Kemasan

Shederma Peeling Oil dikemas dengan kemasan plastik bening berukuran 20 ml. Sama dengan produk Cleansing Oil, Peeling Oil-nya menggunakan tutup pump. Tulisan nama produk dan keterangan produk ditulis di stiker yang ditempel di botol plastik.

Tekstur dan Warna

Teksturnya kental dan berwarna putih susu. Aromanya seperti aroma sabun susu.

Manfaat

Membantu mengangkat dan membersihkan debu, kotoran, dan sebum di wajah, sekaligus mengangkat sel kulit mati.

Bahan Komposisi

Water, Acrylates, Copolymer, Ethanol, Cetyl Alcohol, Mineral Oil, Stearic Acid, Tocooheryl acetate, Propylene glycol, Hydrolyzed Collagen, Polyethylene, Phenoxyethanol, Triethanolamine, Citric acid, Allantoin, Glycolic acid, Fragrance.

Aturan Pakai

Keluarkan Shederma Peeling Oil secukupnya pada telapak tangan. Oleskan pada wajah dan leher. Diamkan selama 1-2 menit. Gosok sambil lakukan gerakan memijat hingga terbentuk butiran scrub yang mengangkat kotoran pada kulit. Bilas dengan air hingga bersih.

Shederma Foaming Facial Cleansing

Kemasan

Dikemas dalam botol plastik transparan berukuran 100 ml.

Merupakan pembersih wajah cair, dengan aroma yang lembut. Membersihkan sekaligus merawat kelembaban kulit wajah anda. Kulit jadi lebih bersih dan segar sekaligus lembut terawat.

COLLAGEN

  • mengembalikan elastisitas  kulit
  • menghilangkan kerutan
  • kulit lebih kencang
  • kulit lebih bercahaya

GLUTATHIONE

  • mencerahkan kulit
  • mempercepat regenerasi sel kulit
  • memperlambat penuaan dini
  • pelindungan dari radikal bebas

OLIVE OIL

  • mengecilkan pori – pori kulit
  • menghaluskan kulit
  • melembabkan kulit
  • menyamarkan bekas jerawat

SALICYLIC ACID

  • menghilangkan jerawat
  • mencegah komedo
  • mencerahkan kulit wajah
  • sebagai anti-inflamasi

Shederma Serum Vitamin C

 

Kemasan

Dikemas dalam botol plastik dengan nuansa gold. Nama produk dan keterangan produk ditulis di atas stiker yang ditempel di botol plastik. Tutupnya berbentuk pump.

Tekstur dan Warna

Teksturnya cair dengan warna bening. Aromanya agak sedikit beraroma jeruk/vitamin C.

Manfaat

Shederma Serum Vitamin C merupakan serum lembut yang membantu mencerahkan kulit wajah sekaligus menjaga kelembapannya. Kulit nampak lebih putih bercahaya.

Bahan Komposisi

Water, Glycerin, Propylene Glycol, Ascorbyl Glucoside, Glutathione, Tephrosia purpurea seed extract, 1,2-Propanediol USP. Xanthan zgun, Diglucosyl gallic acid, DMDam Hydantoin, Fragrance, Hyaluronic acid.

Pakai

Keluarkan serum secukupnya. Oleskan ke seluruh wajah dan leher. Gunakan setiap pagi dan malam hari.

Foto 1 bintik hitam tebal, foto 2 bintik hitam menipis

Setelah Pemakaian produk rangkaian Shederma skincare, saya merasa kulit tampak cerah dan halus. Saat memakai foundation, foundation pun nempel dengan sempurna. Saya suka semua produk skincare Shederma tapi yang paling favorit Shederma Serum Vitamin C. Setelah pemakaian, warna kulit pun merata.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

18 Responses

  1. Farida Pane says:

    Ternyata ada juga peeling oil, ya.
    Kalau cleansing oil sama facial cleansing, cukup dipilih salah satu?

  2. Saya belum pernah cobain serum. Ngebayangin aromanya yang seperti jerik kayaknya berasa segar, nih

  3. Setujuuu! Kita memang harus pintar memilih skincare yang cocok dengan jenis kulit wajah kita ya…
    Karena kalau sampai salah malah bisa merusak kulit.

  4. nurulrahma says:

    Duh, urusan skincare ini kerap bikin pening, kakaaaa
    mereknya buanyaak, beragam banget
    harga2nya juga gitu.
    moga2 cocok dgn Shederma yaaa

  5. Raisa Hakim says:

    Penasaran sama shaderma kemasan nya lucu ya dan lengkap juga bisa all in treatment pake one brand

  6. Okti Li says:

    Mengenali permasalahan kulit sendiri jadi dasar untuk memilih skincare mana yang cocok untuk kita ya Teh. Emang kalau asal pakai bisa bisa nambah masalah di kulit kalau ternyata skincare nya gak cocok ya…

  7. Ida says:

    Iya beneran yg Teh Rani tulis itu, kalau ke.dokter juga pertama yg dikuatkan jenis kulit dulu jd memang hrs paham jenis kulit wajah kita dulu ya..

  8. Jiah says:

    Kulitku sebenarnya gak terlalu rewel. Tapi tetap kalau coba produk kecantikan ya dites, kali aja bikin gatal dan lainnya. Kalau menurut yang lain oke, belum tentu kan di kulit kita cocok

  9. Lidya says:

    BEner banget mbak sebelum pakai perawatan kulit harus tau dulu jenis kulitnya supaya gak salah dan hasilnya maksimal karena cocok dengan kulitnya masing-masing. Shaderma ini baru ya mbak? aku baru tau nih. Wah mukanya tambah cerah aja setelah pakai produk perawatannya

  10. Elly Nurul says:

    Menggunakan skincare itu memang harus hati hati ya.. karena yang kita gunakan untuk kulit wajah sendiri.. dan itu investasi untuk masa depan juga ya mbak..ngga mau dong untuk kulit wajah sendiri pakai skincare yang tidak aman..aku sih ngga mau dong..Shederma ini enak ya mbak digunakan dan sepertinya cocok di kulit wajah mbak

  11. Huaa teh Rani akin cantik aja ya sekarang duh dah lama ga ketemu euy. Btw aku sama teh Rani untuk mendambakan kulit wajah lebih cerah melakukan berbagai perawatan dan aku baru beberapa tahun ini melakukan perawatan wajah huhu.

  12. Aku baru liat produk ini teh. Hasilnya cukup bagus ya

  13. Uniek Kaswarganti says:

    Mba, aku juga baru nyoba She Derma dan seneeeeng sekali dengan serum Vitamin C nya. Bikin wajah lembab dan ceraaaah banget. Sukaaa…

  14. Sebelum dan sesudah beda banget ya Mba Ran. Jadi cling.
    Aduh aku mupeng juga ama serumnya nih. Kapan-kapan mau nyoba ah biar bisa make sharing ama ibuk

  15. novitania says:

    jadi penasaran sama produk ini deh mba. jujur aku baru tahu. trus liat perubahan di wajah mba, kayanya produknya bagusss. pengen coba

  16. Siska Dwyta says:

    Hasilnya oke juga nih Mbak. Saya jadi penasaran dengan produk skincare yang satu ini. Boleh deh kapan-kapan dicoba. Yang pastinya kalau mau pilih skincare memang nggak boleh sembarangan ya Mbak. Kudu cari yang aman seperti she derma ini.

  17. Diah says:

    kemasan nya terkesan mewah ya Mbak, dari hasil di Mbak kayaknya mantul ya ini produknya.

  18. Wah, terima kasih tipsnya. Ini aku baca sambil dicatat dijurnal. Soalnya baru mau mulai melakukan perawatan kulit wajah secara teratur nih. Dan memang masih butuh banget pengathuan tentang skincare, kegunaannya, dan cara memilihnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *