Mengatasi Kulit Kering Bersisik Saat Pergantian Cuaca

Mengatasi Kulit Kering Bersisik Saat Pergantian Cuaca

Mengatasi Kulit Kering  Bersisik  Saat Pergantian Cuaca harus saya lakukan karena cukup mengganggu. Brrr … malam hari terasa begitu dingin hingga menusuk ke tulang. Dinginnya angin malam sering saya membuat saya menggigil kedinginan hingga harus beselimut ria. Ternyata hal yang sama juga dirasakan oleh anak-anak. Si kecil Fakhira sering terbangun tengah malam mencari-cari selimut. Padahal biasanya dia paling ogah tidur pakai selimut,

“Cimuuut anaaaaa…cimuut anaaaa,” ucapnya sambil terkantuk-kantuk.

Sementara sang kakak langsung meluk saya kalau merasa kedinginan. Ah, ternyata kami bertiga sering kedinginan saat tengah malam. Sementara saat siang hari, panas matahari sering terik membakar kulit. Ya, mungkin ini yang disebut pancaroba atau pergantian musim. Saat malam hari terasa dingin menusuk tulang saat siang panas membakar kulit. Tentu saja rasanya sangat tidak nyaman. Biasanya, saat musim pancaroba begini, anak-anak mulai terkena flu. Untungnya si sulung daya tahan tubuhnya udah mulai bagus jadi tidak mudah terkena flu. Sementara si bungsu, sampai sekarang pileknya masih belum sembuh.

Alhamdulillah daya tahan tubuh saya masih bagus jadi tidak terkena gangguan kesehatan. Etdaah ternyata dugaan saya salah. Memang kondisi tubuh saya tidak bermasalah tapi ternyata kulit wajah saya gatal-gatal. Awalnya saya abaikan, ternyata saat becermin saya melihat kulit di pipi megar-megar. Hadeuuh, pantesan kulit saya terasa gatal.

Satu lagi gangguan yang saya alami saat pergantian cuaca seperti ini yaitu kulit kering bersisik. Kulit badan saya memang sudah cenderung kering ditambah dengan pergantian cuaca, tambah parah,deh. Di tumit kaki sudah mulai keluar rorombeheun (bahasa Sunda). Rorombeheun alias tumit bersisik itu bikin enggak nyaman banget, Jenderal. Jadi ya, ternyata rormbeheun parah itu sering membuat kulit luka. Pantesan sering perih-perih. Tidak hanya tumit, kulit di ujung jempol kaki pun megar-megar dan luka. Perih banget, deh. Baiklah, kalau seperti ini tidak bisa dibiarkan karena kaki perih itu bikin emosi tidak keruan.

senangnya kuli pun lembab kembali

senangnya kulit pun lembab kembali

Saya pun mencari cara mengatasinya. Ada beberapa cara yang saya lakukan dan lumayan berhasil mengatasi kulit bersisik saat pergantian cuaca.

  1. Banyak minum air putih. Minum air putih memang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh juga sangat bermanfaat untuk kelembaban kulit. Kulit kering saat pergantian cuaca membutuhkan asupan air untuk menjaga jumlah cairan dalam tubuh. Sehingga dapat mengurangi kulit kering bersisik.
  2. Olahraga secara rutin. Memang sudah lama saya tidak melakukan olahraga rutin. Alasannya sibuk, maklumlah emak-emak dengan dua balita yang enggak pernah mau ditinggal itu kadang suka stuck, bingung mau ngapa-ngapain. Jika harus jogging kayakanya belum memungkinkan apalagi anak-anak memang enggak bisa ditinggal. Mau yoga juga nggak bisa. Satu-satunya yang bisa saya lakukan yaitu shaking TRE. Lumayanlah daripada tidak sama sekali.
  3. Membasuh wajah dengan air hangat. Kulit wajah saya yang megar-megar ternyata dapat saya atasi dengan cara membasuhnya dengan air hangat. Lumayan rasa tidak nyaman dan gatal-gatal pun berkurang.
  4. Rutin memakai lotion setelah mandi. Biasanya setelah mandi, emak-emak langsung sibuk menyiapkan keperluan sekolah anak-anak. Belum rangkaian kegiatan pagi yang menguras emosi seluruh jiwa dan raga sering membuat gagal fokus dan melupakan kebutuhan kulit. Tapi berhubung kulit bersisik seperti alarm yang terus bunyi, akhirnya saya rutin menggunakan lotion setelah mandi. Hasilnya lumayan, kulit bersisik pun berkurang.

Nah itulah beberapa cara yang saya lakukan untuk mengatasi kulit bersisik saat pergantian cuaca. Semoga bermanfaat.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

17 Responses

  1. Dian Radiata says:

    Kulitku juga sering kering niih.. Terutama wajah. Minum air putih sih selalu. Mungkin harus coba basuh wajah pake air hangat kali ya?

  2. April Hamsa says:

    Minum air putih penting bannget ya mbak 😀
    Aku jg pakai lotion kalau keluar2 gtu sih biasanya 😀

  3. cputriarty says:

    Wow patut ditiru nih tipsnya kece buat saya berkulit busik..busem.dan bersisik

  4. Rahmi says:

    Seringnya yg kering itu telapak kaki, smpai pecah2 duuh

  5. terkadang saya sering mengabaikan untuk olahraga dan minum air putih, heeee

  6. Iya g enak bgt klo bersisik smp alarm manggil2 terus…
    Sy rutin pke olive oil klo mau tdur mb

  7. Sandra says:

    Bener banget ini, summer rasa winter kalo di Bandung jadi kulit kering banget hiks, tfs ya Teh

  8. ulu says:

    saya pisan kulit kering. sehari-hari aja udah kering, ditambah cuaca wedewwww. sebelnya teh gampang bersisik uhuhuhu. biasanya pake pwlwmbab aja, paling enak yg wardah 😀

  9. Udah tinggal ditempat dingin, kulit jadi tambah kering ya Teh. Nah itu dia, kadang saya malas pakai lotion hiks, makin kering lah kulit :((

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *