Mengenal Perbedaan AC Low Watt dan AC Inverter

Harga AC Panasonic

Jika Anda sedang mencari AC hemat energi dengan harga yang murah, Anda bisa memilih AC dari Panasonic. Harga AC Panasonic ½ PK Low Watt  sangat terjangkau bahkan untuk kalangan menengah ke bawah sekalipun. Ditambah lagi, AC Panasonic ini adalah jenis AC low watt sehingga Anda tidak perlu khawatir tagihan listrik bulanan akan membengkak.

Sekarang ini, AC tidak hanya digunakan oleh orang-orang dengan status ekonomi kelas menengah ke atas. Sudah banyak masyarakat kelas menengah ke bawah yang juga menggunakan perangkat elektronik ini karena kegunaannya sebagai pendingin ruangan. Apalagi jika cuaca sedang terik-teriknya, memasang kipas angin saja rasanya tidak cukup.

Inovasi hemat energi listrik yang dipasang pada AC semakin mendukung masyarakat golongan menengah untuk memasang beberapa AC sekaligus di dalam rumahnya. Mereka tidak lagi khawatir dengan tagihan listrik yang mungkin membengkak akibat pemakaian AC yang berlebihan. Harga produk yang ditawarkan pun cukup terjangkau, salah satunya seperti harga AC Panasonic ½ PK Low Watt.

Perbedaan AC Low Watt dan AC Inverter

Di pasaran, dikenal dua jenis produk AC hemat listrik, yaitu AC low watt dan AC Inverter. Keduanya memiliki kelebihan yang sama. Anda yang sedang dibingungkan dengan pilihan AC low watt atau inverter, coba simak dulu uraian berikut ini agar Anda tidak salah pilih.

  1. AC Low Watt

Sesuai dengan namanya, AC Low Watt merupakan AC yang membutuhkan sedikit daya watt jika dibandingkan dengan AC standar atau AC yang tidak memiliki fitur ini. Karena watt yang dibutuhkan lebih sedikit, AC jenis ini sangat hemat listrik. Bahkan untuk tarikan awalnya, AC Low Watt tidak membutuhkan daya listrik yang tinggi sehingga sangat cocok digunakan di rumah-rumah yang memiliki daya listrik rendah.

 

Pendingin ruangan jenis ini lebih cocok digunakan untuk ruangan yang tidak sering dipakai. Jadi, tidak disarankan untuk ditempatkan di ruangan yang mengharuskan pemakaian AC dalam jangka waktu yang lama. Kalau di rumah, Anda bisa menempatkannya di dapur, di ruang tv, atau ruang tamu. Pemakaian yang nyala-mati akan lebih menghemat daya listrik yang dikonsumsi AC Low Watt.

Salah satu kelebihan AC low watt adalah harganya yang murah, contohnya saja harga AC Panasonic ½ PK Low Watt. Jika anggaran Anda terbatas, AC ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

 

  1. AC Inverter

AC Inverter memiliki kemampuan yang sama dengan AC low watt, yaitu hemat listrik. Sayangnya, tarikan awal AC Inverter membutuhkan daya listrik yang tinggi sehingga kurang cocok digunakan untuk rumah-rumah yang memiliki daya listrik rendah.

 

Kelebihan dari AC Inverter adalah jika semakin lama digunakan, perangkat ini akan semakin hemat karena teknologi yang disematkan di dalamnya. Oleh karena itu, AC jenis ini cocok digunakan di ruangan yang dipakai dalam waktu yang lama.

 

Dibandingkan dengan AC Low Watt, pendinginan pada AC Inverter prosesnya lebih cepat akibat beban kerja kompresor yang berbeda. Tapi jika dibandingkan dari segi harga, AC Inverter jauh lebih mahal. Baik dari segi harga produk maupun untuk biaya perawatannya.

Nah, itulah perbedaan antara AC Low Watt dengan AC Inverter. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan hemat dalam konsumsi listrik sehingga Anda tidak perlu khawatir soal tagihan listrik bulanan. Untuk memilih satu diantara keduanya, Anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga anggaran yang sudah disiapkan.

Jika Anda tergiur dengan murahnya harga AC Panasonic ½ PK Low Watt, Anda bisa langsung melakukan pembelian perangkat tersebut di Bukalapak. Tidak hanya AC Low Watt, ada banyak pilihan AC lain yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk belanja di Bukalapak, karena belanja di Bukalapak dijamin aman, mudah, dan banyak promo menarik.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

37 Responses

  1. LIdya says:

    Aku ada dua AC yang satu inverter yang satu bykan. Memang bener yang inverter lebih hemat listirk walaupun tarikan awalnya lebih besar. Tinggal milih2 aja ya cocoknya yang mana buat dipakai di rumah

  2. Okti Li says:

    Wah pengetahuan baru buat saya nih. Secara di rumah kami tidak punya AC. Jadi kalau mau pakai AC bisa tahu nih mau milih yang bagaimana ya

  3. Idah Ceris says:

    Untuk rumahan berarti rekomen AC Low Watt ya, Mbak. Apalagi dengan daya listrik yang rendah. Makasiiiiii buat sharingnya, Mbak.

  4. Kayaknya lebih bagus pakai AC low watt ya, biar gak ngomel aja liat pemakaian listrik hehehe

    AC emang salah satu pemakai listrik terbesar dari semua kebutuhan RT di rumah kami

  5. Tuty Queen says:

    Wah berarti AC Low Watt nggak cocok buat dipakedi kamar ya..padahal pengen cari AC Low Watt buat di kamar. Jadi tahu bedanya AC Low Watt dan AC Inverter .

  6. Wah berarti AC inverter dan AC low watt memiliki fungsi berbeda ya? Yang inverter cocok untuk pemakaian dalam waktu lama sementara yang low watt cocok untuk pemakaian sesekali. Noted, Mbak. Makasi banyak infonya.

  7. Siti hairul says:

    Pake AC inverter itu malah lebih hemat menurutku hehehehe. Khususnya untuk pemakaian skala Rt yang ACnya sering nyala terutama di kamar tidur

  8. Saya tahunya AC inverter. Senang bisa nambah ilmu tentang jenis AC. Yang low watt memang akan sangat membantu bagi yang daya listriknya kecil atau tidak ingin dibebani tagihan listrik yang mencekik, he he.
    Ada banyak jenis dan merek AC di pasaran, Panasonic keren juga berinovasi demikian. Kian banyak dan lengkap saja produk yang ditawarkannya, termasuk AC ini. Belanja AC di Bukalapak bisa membantu kita yang mager atau merasa repot belanja secara konvensional di toko karena tidak punya kendaraan untuk angkutnya da berat. Tinggal beli di Bukalapak lalu barang diantar dengan manis ke rumah.
    Oh ya, pemakaian kipas angin hanya untuk kebutuhan tertentu dan waktunya terbatas. Hasilnya juga tidak bisa untuk dalam ruangan yang diisi rame-rame. Jadi, lebih baik pilih AC low watt, ya.

  9. Ida says:

    Wah kalau di rumahku mah tanpa AC aja sdh begini dingin..apalagi klo pasang AC hehe… Asyik banget ya skrg pasang AC tp bs irit listrik..

  10. Leyla Hana says:

    AC di rumahku dipake kalo siang pas panas dan malam pas tidur. Pagi-pagi sih bebas AC. Soalnya emang bayar listriknya Mahal kalo pake AC.

  11. Punya AC ada enaknya ada enggaknya ya Mba.
    AKu tapi kepengen juga punya AC ekwwkwk, tapi aku nggak suka udara dingin hahaha
    ditempat suamiku ini to udah dingin banget mba Ran
    Tapi aku jadi kepo ah ke bUkalapak liat2 siapa tahu ada harga yang cocok

  12. Owww…jadi tau kenapa harga AC Inverter lebih mahal. Ternyata komponennya khusus yang digunakan untuk kerja berat di saat dinyalakan untuk pertama kali ya.
    Biasanya yang mahal ini memang menjanjikan lebih hemat daya dibandingkan AC jenis lain.

  13. aku lagi mikir-mikir mau beli AC nih teh soalnya bandung sekarang kalau siang panas 🙁 tapi menjelang subuh dingin banget hahahaa

  14. Wah di rmh ku ga ada ac. Tapi ini info nya sangat membantu. Aku baru tau ac ada jnis dan ada pk nya juga yg macem macem.

  15. Farida Pane says:

    Aku pake ac merk panasonic, lho. Tapi lupa nih, pilih yang low watt atau inverter. pokoknya hemat listrik, deh.

  16. Tami Oktari says:

    Baru tau nih tentang hal ini. Jadi untuk tempat2 yg jarang pakai ac mending pakai yg low watt brrti ya. Berguna banget nih infonya

  17. Tori says:

    baru tau nih perbedaannya , jd lebih mnding yg low watt yah krna lebih murah dan pastinya hemat listrik

  18. Cilya says:

    Aku baru tahu jenis AC Lowatt dengan AC Inverter. Ditumah aku ada 7 AC mba dan ada yg AC Inverter dan AC Lowatt. Jadi tahu deh sekarang kalau mau beli AC aku butuh yg mana

  19. AC aku di rumah termasuk inverter atau low watt yaaa? Aku juga nggak ngeh nih. Tapi makasih infonya nanti kalau emang mau beli ac lagi pasti pilih yang low watt biar lebih hemat listrik.

  20. lendyagasshi says:

    Teteeh…Bandung lagi panas niih…
    Jadi perlu banget nyalain AC pas siang-siang.
    Apalagi pas lagi shaum kemarin. Ngebantu banget biar anak-anak ga rewel.

    • lendyagasshi says:

      Bedain AC Inverter sama yang low watt apa yaa, teh?
      Mama mertua seneng banget, karena baru pasang AC, tapi tagihan listriknya gak beda jauh sama gak ada AC, kata beliau.
      Mungkin Mama pakai AC low-watt yaa…

  21. Jadi makin paham nuh bedanya ac low watt sama ac inverter. Tapi emg sih klo Panasonic tuh engga perlu lagi deh dihiraukan ya keunggulannya heheeh

  22. Suzannita says:

    Jadi makin paham untuk memilih AC mana yang cocok, aku baru tahu nih ada AC low watt dan AC inverter begini

  23. Grandys says:

    wah mba makasih nih buat penjelasannya sangat padat dan jelas. Jadi makin ngerti untuk next nya kalo milih AC ga hanya dari ngelait 1/2 pk nya aja tapi pertimbangkan apakah ingin yg low watt atau yg inverter, tapi inverter enaknya cepat adem ruangan tuh ehhe

  24. ivonie says:

    kalau dilihat dari perbedaan Ac di atas, rumahku sepertinya lebih cocok pakai Ac low watt deh. kalau beli online mungkin harganya lebih terjangkau ketimbang di toko offline ya

  25. makasi mb rani infonya bermanfaat banget kebetulan emang lagi pusing banget ini soal tagihan listrik gara gara pemakaian ac, next pembelian selanjutnya udah saya note perbedaan antar keduanya

  26. Di rumahku belum ada AC.. tapi suami pengen beli. Jadi info ini bisa kusampaikan pada suami, deh. Dan sepertinya lebih cocok yang inverter..
    Makasih sharingnya, ya, Mbak Rani

  27. Kalau pas di musim kemarau mungkin pakai AC baik inverter atau low watt mungkin pas ya mbak. Kalau pas musim dingin cem ini, uwuuhhh rasanya tambah dingin eaa…
    Tapi baru nggeh aku sih itu sistem dari AC Inverter mbak kalau semakin lama digunakan dia semakin hemat,
    Btw makasih banyak buat informasinya yah mbakk

  28. Dian Ravi says:

    Aku ga paham ac aku tuh gimana. Ga pernah dinyalain juga cuma jadi pajangan di rumah. Eh paling di kamar tamu kalau lagi ada tamu baru dipake ac nya. Aku manusia yang lebih betah kena keringet daripada harus kea ac soanya, Teh.

  29. Ruli retno says:

    Wah infonya pas banget aku lagi nyari ac low watt. Coba kasih bocoran harganya donk mbak sekalian

  30. Khairiah says:

    Wah aku taunya cuma yg penting ac hemat listrik dan dngin nggak tau ternyata ac ada jenis inventer dan lowwat, tfs yaa

  31. Masing-masing jenis AC-nya, memiliki kelebihannya ya…
    Tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan dan anggaran kita.
    Untuk sementara ini keluarga kami belum butuh AC, udara Bandung timur masih cukup dingin hehehe

  32. April Hamsa says:

    Berarti kalau rumah tangga biasa sebaiknya pakai ac low watt dan kalau kantoran gtu sebaiknya pakai yang inverter. Soalnya kalau di rumah paling dipakainya pas saat tertentu aja kyk pas gerah, bobo dll. Gtu gak sih? Hehe aku nangkepnya begitu

  33. Aku siiih mending oake yg inverter. Lebih awet. Ku gak tau di kampus pake ac model apa sih. Gak paham bedanya secara fisik soalnya

  34. Yg 1/2 PK Low Wat kayaknya oke nih buat di kamar. Enggak perlu AC besar, ruangannya kecil dan biar hemat jg.

  35. Mahadewi says:

    Aku pake AC inverter nih di rumah kebetulan. Enaak banget deg, soalnya listrik murah bgt! Sebulan 500rb saja padahal nyala terus

  36. Terima kasih atas informasinya kak.

    Kebetulan banget aku lagi cari AC yang low watt buat di kamar supaya lebih hemat listrik. Apalagi udara Jakarta lagi gak asyik nih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *