Mengurus Surat-Surat Resmi Secara Online

Mengurus Surat-Surat Resmi Secara Online

Mengurus Surat-Surat  Resmi Secara Online. Zaman sekarang memang sudah serbaonline. Tentu saja memberi kemudahan kita sebagai masyarakat masa kini. Mau belanja tinggal buka hape, buka aplikasi market place dan langsung bisa belanja beragam kebutuhan. Mulai dari kebutuhan sandang, pangan, alat rumah tangga, alat olahraga, gadget, dan lain-lain. Di mana pun kita berada, asalkan ada jaringan internet, kita bisa melakukan beragam transaksi. Tidak hanya transaksi belanja, bahkan transaksi perbankan, membuka tabungan online pun bisa. Saya pun bersyukur dengan kemudahan saat ini. Sebagai ibu rumah tangga yang geraknya terbatas, dan sulit bepergian karena pasti diintilin bocah-bocah, melakukan aktivitas secara online membantu sekali. Walaupun seekali saya tetap bepergian dengan menggunakan kendaraan yang ada.

Baru-baru ini saya terbantukan saat mengurus surat-surat resmi secara online, di antaranya membuat kartu BPJS. Nah, ada kabar yang membuat saya senang katanya sudah bisa mengurus surat BPKB online juga. Setelah kepindahan saya ke Sukabumi, saya ingin mengurus BPKB sepeda motor saya. Wah, pastinya saya tidak harus kerepotan mengurus BPKP dengan wara-wiri ke kantor resmi. Tapi, ternyata pengurusan BPKB online baru ada di wilayah Jakarta. Saya sih berharap mudah-mudahan pengurusan BPKB online bisa dilakukan di daerah-daerah juga.

Menurut saya sistem online yang dibangun oleh pemerintah di segala aspek sangat bagus karena dapat meningkatkan pelayanan masyarakat. Bukan rahasia lagi kalau pengurusan surat-surat resmi sering dibayang-bayangi oleh kisah pungli alias pungutan liar. Tentu saja jika pengurusan surat-surat sudah secara online, cerita pungli akan terminimalisir. Sudah tidak ada celah bagi siapa saja untuk melakukan pungutan liar. Hal itu karena masyarakat langsung melakukan pengurusan secara online.

Walaupun saya belum bisa melakukan  pengurusan BPKB online, namun saya mencari informasi tentang BPKB online. Ternyata memang BPKP online memiliki fitur-fitur yang memudahkan penggunannya. Namun ternyata dalam pengurusannya, masyarakat tetap diwajibkan datang ke Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya dengan membawa berkas-berkas yang dibutuhkan. Lalu, di sana akan dilakukan pemeriksaan berkas oleh petugas. Berkas harus sesuai dengan tujuan, apakah membuat baru atau mengrus balik nama. Saat berkas sudah dinyatakan lengkap, kita akan diberi kartu Radio Frequency Identification (RFID). Kartu ini digunakan untuk masuk ke tempat mengurus BPKB online. Di sana, kita akan mengisi formulir online atau e-form. Caranya isi NIK kita di e-form dan data akan terisi secara otomatis. Lalu formulir online dicetak dan diserahkan ke loket pembayaran di Bank. Setelah selesai, berkas diberikan ke loket pendaftaran,  kita menunggu dan kemudian akan dipanggil ketika selesai.

Baca juga: Cara Perpanjangan Sim si Sim Keliling Online

Menurut saya, sistem online ini merupakan terobosan yang sangat baik untuk masyarakat. Selain memudahkan pengurusan, lebih cepat, dan tentu meminimalisir pungli, kita juga jadi bisa mengecek  BPKB dan STNK secara online. Agar bisa melakukan pengecekan dan pengurusan BPKB online, bisa dengan mengaksesnya di http://bpkb.net. Ternyata layanan ini sudah ada di Jawa Tengah. Masyarakat di sana bisa mengubduh aplikasinya di http:bpkb.jateng.net.

Mengurus BPKB online dan mengecek BPKP secara online sangat diperlukan jika kita akan melakukan transaksi pembelian mobil bekas. Maklumlah sekarang banyak dijual mobil bekas dengan harga menggiurkan. Namun, sebagai konsumen tentunya mesti hati-hati dan selalu melakukan pengecekan. Dengan adanya sistem online tersebut, tentu masyarakat akan dimudahkan dan meminimalisir kasus-kasus penipuan jual beli kendaraan bekas. Dengan begitu, masyakarat lebih terjamin keamanan dan kenyamanan dalam pengurusan surat-surat resmi.

 

 

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

21 Responses

  1. Wah alhamdulilah ya teh udah bisa urus online buat surat resminya. Semoga next Bandung dan kota – kota lain juga biar memudahkan ya teh

  2. Alhamdulillah skrg bs lebih mudah dgn kecanggihan teknologi 🙂

  3. asik nih, kalau mau mutasi jadi lebih enak kalau pake sistem online

  4. Gita sarrah says:

    Wah alhamdulillah atuh ya..jd kl pindah smua urusan surat menyurat bisa lebih mudah ngurusnya. Tfs teh rani

  5. Bener banget Teh antrian paspor juga udah online jadi di Imigrasi udah nggak ada pungli

  6. Zaman sekarang harus serba online ya Teh, biar memudahkan masyarakat. Gak repot bolak-balik sana sini.

  7. Eh bener ya teh kalo online meminimalisir pungli. Itu yang ngeselin. Berguna banget ini postinganya. Terakhir aku urus passpor yang online, beneran nggak ribet.

  8. Dyah says:

    Semoga pelayanan online-nya dibarengi dengan kualitas SDM di kantor ya.

  9. Uwien Budi says:

    Pengurusan surat-surat secara online emang lebih memudahkan.

  10. Wah kece nih jadi ga wasting time buat ngantri lagi yah, mudah2an bener direalisasikan ya urus surat2 online ini. Gak dipersulit. aamiin

  11. susie ncuss says:

    aku bahagia banget baca info ini…
    kebayang kalau ngurusin yang “kayak begini” menguras waktu, tenaga, biaya, dan juga emosi!
    please, God.. lancarkan semua sistem online yang dibuat sama pemerintah dan please semua sistem itu terintegrasi biar nggak bolak-balik bawa2 berkas dan fotokopian! 😀

  12. Wah wah, bisa ya sekarang mah. Noted deh, mau kasih tahu suami. Kebetulan dia ada yang harus diurusin. Makasih infonya, Rani. 🙂

  13. ZILQIAH says:

    yesss sekarang semua udah bisa serba online ya hahah
    sepertinya udah makin pengertian sama mamak2 yang jarang bertandang ngantri ke kantor2 resmi hahahah

  14. amanda says:

    Asiknya zaman sekarang yaa apa apa serba praktis dan teknologi juga udah canggih2 sampe ngurus surat2 pun bisa dilakuin di mana aja kapan aja..

  15. Fenni Bungsu says:

    Dengan mengikuti jaman now yang serba digital, bermanfaat banget untuk pengurusan by online seperti ini, lebih efisien

  16. Elly Nurul says:

    Dengan adanya sistem online ini, masyarakat jadi dimudahkan dan meminimalisir kasus-kasus penipuan jual beli kendaraan bekas juga ya mba.. well note infonya mba.

  17. Amy Zet says:

    Iyaa teh jadi berkurang yaaa keribetan mengurus surat2. Waktunya jg flexible. Tfs teh. 😉

  18. Septia says:

    Bersyukur BPKB sekarang bisa diurus secara online, jadi benar2 dipermudah. Pernah juga urus BPJS via online bahkan senang dan tenang punya kartu BPJS online, jadi gak takut kalau misalnya kartu hilang. Tapi kadang masyarakat masih jarang yang tahu tentang pembuatan surat2 online ini, atau sudah tahu tapi kadang gak mau tahu, malah lebih milih ribet antri2an di loket. Tapi apapun itu, semoga semua aturan pemerintah tentang surat2 tersebut selalu memudahkan masyarakat dan tersosialisasi dengan baik.

  19. April Hamsa says:

    Wah seru BPKB bisa onlen. Keinget terakhir kali aku ngurus di mall. Skrng ada yg lbh mudah lagi 😀
    TFS

  20. Mildaini says:

    Aku belum pernah nyoba , ini solusi banget buat yg sibuk dan bisa terhindar dari kek semacam pungli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *