Menjadi Orang Tua Yang Sehat dan Bahagia Bagian dari Perjalanan Blog

Menjadi Orang Tua Yang Sehat dan Bahagia Bagian dari Perjalanan Blog. Awal nulis blog, saya punya keinginan untuk mengisi blog dengan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan bidang kerja saya saat itu sebagai penulis buku anak. Namun, seiring berjalannya waktu, saya malah mandeg mengisi blog dengan tema tersebut. Hal tersebut dikarenakan saya semakin jarang menulis buku anak dan malah berpindah haluan menjadi bagian dari tim riset di perusahaan tempat saya bekerja. Makin mandeg karena saya belum bisa menuliskan sesuatu bidang yang baru dikenal.

Akhirnya, saya memutuskan mengisi konten blog dengan tema apa saja, random gitu. Mulai dari hal remeh temeh yang saya temukan, pengalaman yang tidak terlupakan, atau sekadar catatan dari kegalauan. Butuh waktu bertahun-tahun, sampai akhirnya saya menemukan tema blog favorit. Walaupun blog saya masih blog gado-gado dengan bahasa keren lifestyle, namun ternyata saya akhirnya menemukan tema blog favorit dan paling senang menulisnya. Apakah itu?

Saat ini, tema blog favorit yaitu tema kesehatan, kecantikan, dan parenting. Ketiga tema tersebut mengiringi perjalanan blog saya. Walaupun saya tetap menulis tema lain seperti teknologi dan gadget, namun tetap tema kesehatan, kecantikan, dan parenting menjadi favorit. Alasannya, saya banyak menuliskan tema tersebut dari pengalaman pribadi. Sehingga menuliskannya lebih mudah dan lancar. Sehingga, blog saya memang sekarang banyak diisi dengan ketiga tema tersebut.

Baca Juga: Omnikin Ball

Kenapa Tiga Tema Tersebut Jadi Favorit?

Sehat dan bahagia merupakan hal yang ingin saya jalani dalam hidup ini. Oleh karenanya, saya melakukan beberapa usaha untuk bisa hidup sehat, baik itu melalui usaha seperti olahraga, mengonsumsi makanan sehat, melakukan Natural Trauma Healing di DF Clinic. Beberapa usaha saya dalam menjaga kesehatan saya tuangkan dalam bentuk tulisan untuk blog ini. Bahkan menjadi tema blog favorit saya dan membuat kunjungan ke blog ini meningkat. Yeay, ternyata menuliskan hal yang kita suka dan bisa bermanfaat untuk diri sendri dan orang lain ternyata memberikan bonus lain yaitu kunjungan yang signifikan terhadap blog ini.

Pengalaman menjadi orangtua ikut mengiringi perjalanan blog ini. Walaupun saya punya blog dengan niche parenting  berisi pengalaman hamil, melahirkan, dan mengasuh anak-anak, namun tetap blog ini memiliki kategori parenting. Apalagi saat ini blog saya dengan niche parenting sedang vakum (karena masalah teknis dan nonteknis), akhirnya tulisan-tulisan dengan tema parenting saya posting di blog ini. Menjadi seorang ibu merupakan pengalaman luar biasa dan perjalanan yang penuh tantangan. Menjadi ibu bekerja hingga sekarang berubah status menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya. Pengalaman perpindahan zona tersebut tentunya memiliki kesan berbeda. Kesibukan menjadi ibu bekerja tentu berbeda dengan ibu rumah tangga sepenuhnya. Rasa lelah, rasa bosan, dan semua rasa yang bercampur aduk tersebut tentunya berbeda di dua zona tersebut. Tantangannyapun berbeda. Sehingga, saya banyak menuliskan pengalaman tersebut di blog saya. Selain itu memiliki dua balita dengan jarak usia yang dekat tentunya memiliki tantangan dan kesulitan tersendiri. Lika-liku mengasuh dua bocah yang sedang masa-masa menggemaskan ini mungkin juga bermanfaat bagi pembaca yang mungkin punya pengalaman atau persoalan yang mirip.

Ahaaa … baru akhir-akhir ini saya sering mantengin  google analytic untuk lihat page view. Bukan apa-apa sih, cuma memang sering ditanyakan klien saat akan memberikan job. Page View blog ini biasa-biasa saja sih, masih merayap dan berjuang untuk bisa menambah jumlah kunjungan. Saya perhatikan memang artikel-artikel dengan tema kecantikan kulit, kesehatan kulit, menjadi penyumbang page view. Saya pun sadar, kemungkinan memang banyak pengunjung yang mencari artikel dengan tema tersebut. Saya pun semakin bersemangat menulis artikel dengan tema tersebut. Selain memang senang menulisnya juga bisa menambah jumlah kunjungan ke blog. Bisa menuliskan hal yang kita suka dan mendapat bonus meningkatnya jumlah kunjungan blog khan bikin hepi, ya.

Untuk saat ini, tema blog favorit saya adalah tiga tema tersebut. Namun, sebagai manusia yang mudah berubah, bisa berubah minat, berubah dengan ketertarikan tentang suatu topik, mungkin tema blog favorit pun bisa berubah. Salah satu keuntungan blog dengan niche lifestyle memang bisa menuliskan beragam tema dalam satu blog. Selain itu bisa tema blog favorit pun bisa berubah kapan saja. Walaupun  tetap ada kelemahannya dibandingkan dengan blog dengan niche tertentu yang pastinya punya pengunjung setia.

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

29 Responses

  1. Noe says:

    Bener banget sii, aku kalo bewe ke blog tema beauty, jd tergerak utk lebih merawat diri. Dan blog parenting itu ya, ada banyaak ilmu utk jd ortu yg lbh baik. Aku suka

  2. Rani R Tyas says:

    Aku kok udah lama ya lupa mantengin google analytic, kayaknya perlu mengoreksi diri sendiri lagi nih.

  3. suka sedih nengok GA mah teh karena tydack sesuai harapan 😀 ternyata PV masin nangkarak weh stuck :p

  4. Lidya says:

    Dari Blog dengan tema kecantikan kadang aku juga jadi kepingin nyibain produknya. Gado2 jugga enak sih eh itu mah gado2 buat di makan ya hehehe. gado2 blog juga namyak manfaatnya kok

  5. Aku suka banget baca blog kesehatan mba. Apaalgi jika berhubungan dgn makanan sehat. Wuu love love deh

  6. 3 tema tsb emang favorit ya…
    kadang tema blog gado2 juga…bener kata mba lidya, tema gado2 banyak juga manfaatnya. apalagi kalau job banyak datang. palugada pun dijabanin.

  7. Siti Faridah says:

    Aku pun juga lebih suka blog gado-gado sih. Soalnya bisa bahas lebih banyak tema. Kalau aku awal ngeblog karena harus memenuhi tugas KKPI pas jaman masih kelas 10 SMK tahun 2011.

  8. Yati Rachmat says:

    Utk jaga kesehatan dg biaya murmer yaitu jala jinjit baru dijalanin hari ini karena baru dpt ilmunya. Makanan gak terlalu strick asal gak berlebihan. Alhamdulillah m as yan sehat menuju full sehat. Makasih sharingnya.

  9. Indah Nuria says:

    Kereeeen memang tema-tema yang sering kita baca ya mba.. dan niatnya memang kita ingin berbagi dan menjadi yang lebih baik lagi yaa

  10. Mechta says:

    Suka juga baca2 ketiga tema ini, meskipun tema perjalanan ttp menjadi yg Kusuka, hehe..

  11. Indira W says:

    Aku suka deh baca blog yang temanya parenting, buat bekal aku nanti ke depannya.

  12. lendyagasshi says:

    Pokonya kalau ditanya…”Pingin tulisan apa dari blog teh Rani?”
    Aku mah mantap jawabnya “DIY Beauty”
    Mau itu untuk perawatan wajah, badan hingga rambut…aku suka.

    Soalnya selalu pakai bahan-bahan yang aku punya.
    Kan jadi super duper hemattts yaa…

    Haturnuhun teteh…

  13. Aku juga suka ke tiga tema itu terutama traveling sih soale seperti magnet aja gitu ngajak kita untuk singgah kesana kalau baca tentang traveling.

  14. Tiga tema termasuk parenting pun aku suka, mba. Ku jadi banyak belajar isu parenting dari tulisan blog

  15. Saya hingga saat ini juga bertahan dengan blog bertemakan lifestyle, karena punya banyak ketertarikan. Pengen punya blog niche khusus, pas dah bikin malah gak keurus sampe sekarang *cedih 🙁

  16. Leyla says:

    Aku juga suka tema lifestyle karena memang ingin menulis tentang banyak hal. Gak hanya 1 tema.

  17. Rahmah says:

    Aku suka parenting karena bisa jadi ide untuk menemani anak dalam tumbuh kembang. Meskipun ga semua teori saya pakai karena balik lagi sama anak.

  18. Tuty Queen says:

    Kalau blog aku masih gado-gado banget tapi tetap happy karena ada niche lifestyle haha

  19. Sissassy says:

    Terima kasih infonya Mbak. Kalau di blog saya yang pv nya paling tinggi review film. Saya ga banyak review makeup atau skincare soalnya foto dan detailnya banyak. Hehehe. Maklum blogger part-time kadang waktu buat foto-fotonya nggak ada.

  20. Prita HW says:

    Ya mbak, sama aku juga masih gado-gado, tapi masih ada benang merah dari niche yang kita pilih… 😀

  21. Wah, sama juga denganku ya Rani, suka tema parenting juga. Meskipun tulisan parenting masih ala ala gitu, penginnya suatu saat bisa menulis dengan lebih sistematis dan memberikan manfaat untuk orang lain di samping tetep isinya pengalamanku dengan anak-anakku.

  22. evrinasp says:

    Semangat mbak, tiga tema dalam satu blog, aku yang susah malah kecantikan, lha jarang dandan soalnya hehe

  23. Aku juga suka menulis tema-tema yang berasal dari pengalaman pribadi. Semacam curhat terselubung hihi…. Tapi memang jadi lebih lancar ya menulisnya 🙂

  24. Nyi Penengah says:

    Aku belum pengalaman soal parenting nih mba. Karena baru membina keluarga hahahaha. Mau belajar dari blog mba Rani ahhh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *