Menjaga Kesehatan Hati dengan Sari Temulawak

Menjaga Kesehatan Hati dengan Sari Temulawak. Seandainya sejak dari dulu saya dan keluarga lebih memperhatikan kesehatan hati, mungkin kami tidak akan kehilangan orang yang kami sayangi dengan begitu cepat. Rasanya kepergian Bapak setahun lalu bagaikan mimpi yang begitu cepat datang dan begitu saja membawa pergi Bapak.

Sudah setahun Bapak mengidap sakit gula. Bapak termasuk orang yang rutin menjaga kesehtan, sehingga saat dinyatakan kena gula, Bapak rutin memeriksakan diri ke dokter untuk cek gula darah. Kondisi Bapak pun tampak baik-baik saja. Beliau masih aktif bekerja di kantor, menjelang masa pensiunnya. Bapak juga masih rajin membersihkan kolam ikan dan berkebun.

Lalu tiba-tiba, berat badan Bapak tampak terus merosot sehingga badannya kurus. Namun, Bapak tetap tampak bersemangat. Lalu, kulitnya kuning dan matanya kuning. Saat memeriksakan diri, pihak rumah sakit langsung menyuruhnya opname. Dokter masih belum memberikan diagnosa tentang penyakitnya. Namun, dilihat dari matanya yang menguning, kami memperkirakan Bapak kena hepatitis.Ternyata memang benar. Lalu vonis itu datang dan membuat kami kaget. Dokter memvonis Bapak terkena kanker hati stadium 3. Pihak rumah sakit sendiri tampak menyerah dengan pengobatan Bapak.

Namun, semangat Bapak untuk sembuh masih sangat tinggi. Bahkan, saat pihak rumah sakit tampak menyerah,Bapak ingin mendapatkan pengobatan alternatif agar bisa sembuh. Pada hari Kamis, bulan Agustus tahun lalu, kami anak-anak dan cucu Bapak berkumpul. Saat itu, Fathan punya dua ekor kelinci dan kelincinya mati karena kurang terurus saat semuanya sibuk di rumah sakit. Bapak berjanji pada Fathan akan membelikan lagi Fathan kelinci dan membuatkannya kandang kelinci. Rencananya, besok pada hari Jumat, Bapak akan kontrol ke dokter dan meminta rujukan untuk bisa dirawat di RSHSBandung.  Sore itu, kami sekeluarga membawa bapak ke UGD agar keesokan harinya tidak harus antre saat kontrol ke dokter. Lalu, Bapak pun mendapatkan ruang perawatan. Namun, saat malam hari, kondisi Bapak memburuk hingga akhirnya Bapak meninggalkan kami untuk selamanya.

Kanker Hati

Penyakit ini ternyata merupakan pembunuh nomor tiga setelah kanker paru-paru dan kanker usus besar. Penyakit ini relatif lebih sulit disembuhka karena biasanya penyakit ini di diagnosis setelah stadium menengah atau akhir, sehingga memengaruhi tingkat kesembuhannya. Dan itulah yang terjadi pada Bapak, yang diagnosis sakitnya diketahui setelah ada di stadium akhir.

Hati merupakan organ terbesar di dalam tubuh. Hati juga berperan sangat penting dalam proses metabolisme tubuh. Organ hati ditemukan di bagian kanan atas perut, terdiri atas lobus kiri dan lobus kanan. Ada lebih dari 100 fungsi penting hati dalam mengatur keseimbangan tubuh. Kemampuan multitasking organ hati membuatnya menjadi organ yang paling sibuk di dalam tubuh, selain otak, jantung, dan ginjal.

Hati memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh kita. Fungsi-fungsinya tersebut akan berjalan dengan baik jika hati masuk dalam kategori sehat dan tidak terganggu.

Organ hati bisa mengalami kerusakan jika terjadi infeksi yang disebabkan oleh virus atau parasit. Gangguan pada hati selain disebabkan oleh virus dan parasit juga karena pola makan yang salah dan mengandung zat kimia berbahaya. Mengonsumsi antibiotik berlebihan juga bisa menyebabkan kerusakan pada organ hati.

Organ hati bisa mengalami kerusakan jika terjadi infeksi yang disebabkan oleh virus atau parasit. Gangguan pada hati selain disebabkan oleh virus dan parasit juga karena pola makan yang salah dan megandung zat kimia berbahaya. Mengonsumsi antibiotik berlebihan juga bisa menyebabkan kerusakan pada organ hati.

Kanker hati bisa diklasifikasikan menjadi kaker hati primer, dan kanker hati metastatik. Kanker hati primer merupakan tumor ganas yang disebabkan oleh sel-sel hati dan dikenal umum sebagai Karsinoma Hepatoseluller dan Kolangiorkarsinoma. Kanker hati metastatik merupakan kanker hati yang disebabkan oleh penyebaran sel-sel kanker dari organ lain.

Hati memiliki kemampuan memperbaiki dirinya sendiri. Hati masih bisa tetap bisa berfungsi seperti biasa walaupun hanya tersisa sedikit bagian yang normal dari organ hati. Itulah sebabnya, kanker hati pada stadium awal sering tidak terdeteksi, seperti pada kasus alm. Bapak. Kami pun sekeluarga nggak ngeh dengan gejala-gejala yang tampak karena alm. Bapak semasa hidupnya tetap terlihat bugar dan sehat. Padahal, organ vitalnya sudah mengalami kerusakan.

Adapun gejala-gejala yang terlihat pada penderita kanker hati yaitu:

  • Nyeri si sisi kanan perut bagian atas
  • Nyeri pada bahu sebelah kanan: Hai yang bengkak bisa merangsang saraf diafragma, dan saraf ini terhubung ke saraf yag terletak di bahu sebelah kanan.
  • Kehilangan nafsu makan dan berat badan, merasa mual dan mengantuk. Alm. Bapak sempat memuntahkan semua isi perutnya, dan muntahnya banyak sekali.
  • Benjolan di perut bagian atas
  • Kulit mata berwarna kuning, dan kult terasa gatal: saluran empedu terhalang oleh tumor dan meyebabkan pigmen empedu menumpuk di dalam darah dan menyebabkan sakit kuning. Ini yang terjadi pada alm. Bapak.
  • Urin berwarna seperti teh dan tinja berwarna abu-abu terang
  • Terjadi pengumpulan cairan di dalam perut atau asites

Kehilangan Bapak seperti kehilangan pilar keluarga bagi kami. Bapak merupakan sosok kuat dan tegas yang selama ini menjaga berdirinya keluarga. Sepeninggal Bapak, tinggal kami sosok-sosok lemah yang mesti menguatkan mental dan fisik dalam menghadapi masa kini dan masa depan.

Tampaknya memang di akhir hayatnya, alm. Bapak merasa lega karena sudah mengantarkan kami semua ke pintunya masing-masing. Kini tinggal kenangan dan keteladanan yang m masih tersisa dari sosoknya.

Saya sendiri saat ini masih berkutat dengan kesibukan sebagai ibu rumah tangga dan ibu dari dua bocah aktif, Fathan dan Fakhira. Ternyata mengurus keluarga memerlukan stamina luar biasa.  Setelah si sulung lulus masa tantrum, kini si bungsu memasuki tahap tantrum pada masa perkembangan emosinya. Baru saja selesai degan si sulung, kini harus menghadapi si kecil. Sungguh menguras tenaga dan emosi. Menjadi seorang ibu sungguh bukan pekerjaan mudah tapi sebuah tantangan luar biasa yang setiap harinya mengaduk dan menguras emosi dan tenaga.

Berkaca dari pengalaman sakit yang diderita alm. Bapak, menjaga kesehatan menjadi prioritas saya saat ini. Seperti saya sebutkan, menjadi ibu bukanlah hal mudah dan memang diperlukan stamina tinggi untuk mengatasi segala kekacauan yang terjadi. Setujukah ibu-ibu? Hihihi…mungkin bagi sebagian ibu mudah saja melaluinya, tapi bagi saya sendiri tantangannya luar biasa.

Sakit kanker hati yang diderita alm. Bapak memang bukan penyakit menular tapi sebagai anggota keluarga yang pernah punya pengalaman pahit mengenai penyakit tersebut,  saya ingn melakukan tindakan preventif dengan menjaga kesehatan hati dengan sari temulawak dan pola hidup sehat lainnya. Ada beberapa cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan hati saya dan keluarga.

Saat baru lahir, anak-anak langsung mendapat imunisasi hepatitis A, lalu lanjut imunisasi hepatitis B.Di tengah maraknya berita tentang bahaya imunisasi dan isu-isu negatif speutar imunisasi, sebagai ibu saya masih percaya tindakan imunisasi yang tepat dapat mencegah penyebaran dan penularan suatu penyakit. Saya sendiri mungkin sudah telat dalam melakukan imunisasi tapi daya tahan tubuh saya sudah lebih kuat dan saya bisa melakukan cara-cara lainnya untuk menjaga kesehatan hati, seperti mengonsumsi suplemen untuk hati.

Sudah tahu khan manfaat minum air putih. Tubuh kita sebagian besar terdiri atas air, dan air bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan mempercepat proses penyerapan nutrisi penting bagi tubuh. Selain itu sangat penting mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang

Sudah setahun lebih saya rutin minum air perasan lemon atau jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat. Air perasan lemon ini sangat baik diminum pada pagi hari karena akan memaksa mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Air perasaan lemon juga membuat proses detoksifikasi hati meningkat karena lemon mengandung asam nitrat yang mendorong kemampuan empedu untuk mengeluarkan racun.

Temulawak merupakan tanaman yang sudah dikenal sebagai bahan jamu-jamuan. Tanaman ini memang merupakan tanaman herbal alami. Tanaman yang bernama ilmiah curcuma xanthorrhiza ROXB ini merupakan tubuhan rumpun berbatang semu dengan akar rimpang yang berbentuk sempurna.

Temulawak mengandung senyawa aktif seperti tumerol, karbinol, glukusida, foluymetik, felandrean, kurkumin, dan desmetoksikurkumin, serta minyak atsiri yang terdiri atas kamfer, mycrene, seskuterpen, xanthorrizol dan turmerol. Temulawak juga mengandung katagoga yang mampu merangsang pengosongan empedu sehingga mampu memelihara fungsi hati. Saat hati mengalami kerusakan, jumlah SGT dan SGOT meningkat dan temulawak memberikan enzim yang mendurunkan kadar kedua zat tersebut.

Herbadrink Sari Temulawak

Saat ini, saya tidak perlu bingung jika ingin mengonsumsi sari temulawak, nggak usah repot cari tanamannya dan bikin sendiri ramuannya karena sudah ada Herbadrink Sari Temulawak yang praktis dan modern. Kemasannya berbentuk sachet sehingga mudah dibawa ke mana saja dan praktis tinggal seduh dengan air panas atau air dingin kira-kira 150 ml, dan bisa langsung diminum.

Herbadrink sari Temulawak dari Konimex ini diproses dengan teknologi modern dan mengandung ekstrak temulawak 470 mg, gula, dan bahan lainnya hingga 18 g. Rasanya manis dan membuat badan segar. Herbadrink sari Temulawak pun selain untuk menjaga kesehatan hati juga sangat baik untuk memperbaiki nafsu makan, dan bagus untuk ibu menyusui.

Selain Herbadrink sari Temulawak, saya juga mengonsumsi Herbadrink sari Jahe yang membantu saya tetap fit saat melakukan pekerjaan rumah tangga. Apalagi saya tinggal di daerah dengan cuaca dingin sehingga sering mudah terkena gejala flu dan masuk angin. Dengan mengonsumsi Herbadink Sari Jahe, saya merasa lebih segar setiap harinya.

Dengan mengonsumsi Herbadrink sari Temulawak untuk menjaga kesehatan hati dan Herbadrink sari Jahe untuk menjaga stamina dan kesegaran badan, saya merasa sehat setiap harinya.

.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

46 Responses

  1. Okti Li says:

    Jadi pelajaran yang sangat bermanfaat Teh. Lebih baik menjaga daripada mengobatinya itu benar adanya ya. Yuk ah kembali ke alam dan mulai menjaga pola hidup sehat.

    Btw blog Teteh sekarang mah rada berat di saya dibukanya. Jadi lemot. Padahal sebelumnya tidak.

  2. Inda Chakim says:

    Apa yang dialami bapak, menjadi pengalaman berharga buat keluarga ya mbk, buat aku juga. Bahwa menjaga kesehatan itu mmg penting bgd. Caranya juga sederhana ya mbk, bisa dimulai dg konsumsi herbadrink ini.

  3. Fillyawie says:

    Baca prologue nya jadi sedih , cerita ini bisa jadi pelajaran bagi saya juga. Saya lebih suka menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan obat tradisional.
    Herbadrink ini kayaknya akan jadi pilihan saya juga deh. kandungan yang aman dan khasiatnya banyak banget soalnya.

  4. amanda says:

    baru tahu aku kalau temulawak juga bermanfaat untuk kesehatan hati ya aku kira untuk penambah nafsu makan aja.
    hadirnya herbadrink ini juga makin memudahkan kita ya. praktis dan aman dikonsumsi

  5. Annafi says:

    Jadi penasaran dengan sari temulawaknya, sering lihat Herbadrink di minimarket sesekali coba deh ^^

  6. Baru tau saya kalo temulawak berkhasiat untuk hati.
    Terkirim Al Fatihah buat ayahanda ya mbak, semoga dilapangkan kuburnya. Aamiiin…

  7. aan says:

    inilah mengapa ada ungkapan ‘jagalah hati’ , menjaganya harus lengkap ya kak secara jasmani maupun rohani yang terkait satu sama lain, secara jasmani kita bisa konsumsi herbadrink sari temulawak ya

  8. Yurmawita says:

    Sari temulawaknya enak baik itu dingin maupun panas anak anakku juga suka. Apalagi bermanfaat banget ya untuk hati, jadi pengen nyetok deh kalau gini

  9. Echi mustika says:

    Dulu waktu kecil saya sering sakir-sakitan, hingga akhirnya mama sering godok temulawak utk diminum setiap hari kata untuk daya imun juga, rasanya pahit sampai ke ubun-ubun

  10. Fenni Bungsu says:

    Daku udah lama nggak minum sari temulawak buat jaga kondisi badan. Padahal khasiatnya menyegarkan badan bagus banget. Ingatnya kadang pas sakit aja, hehe

  11. Helena says:

    temulawak tuh jamu yang segaaar. Btw, untuk minum sari temulawak ini apa ada takarannya maksimal berapa kali sehari?

  12. gita siwi says:

    Back to nature sekarang ini ya. Saya suka lho rawat rawat dan nikmati minuman yang dari alam . Indonesia dengan rempahnya yang berlimpah ya.

  13. Mechta says:

    Post ini mengingatkan saya untuk lbh serius menjaga hati, krn bbrp waktu lalu pernah ada gejala2 serupa.. TFS mba..pengen nyobain sari temulawaknya juga..

  14. Juliastri Sn says:

    Aku suka temulawak. Enak dan rasa rempahnya alami banget..

  15. Kanker hati ini menakutkan sekali ya. Harus dicegah nih dgn rajin minum temulawak.

  16. Yoanna Fayza says:

    Hati memang memegang peranan yang paling penting dalam tubuh kita ya.. Btw, aku juga suka herbadrink, biasanya minum yg lidah buaya, temulawak, dan kunyit asam 🙂

  17. Jiah says:

    Ibuku minum temulawak buatan sendiri. Ya memang nunggu panen temulawak di kebun. Tapi kini lbh mudah karena ada Herbadrink

  18. Pengalaman dari orang tua bisa jadi pijakan untuk langkah kita selanjutnya, ya, Teh. Kita jadi lebih perhatian dengan kesehatan keluarga. Apalagi ada Herbadrink yang praktis dan mudah disajikan.

  19. saya paling suka dengan jahenya mba, kadang klo udah pegal pegal dimalam hari . sebelum tidurminum dulu biar nyenyak tidurnya

  20. Memang berat ya kalau seseorang yang kita cintai pergi meninggalkan hidup ini. Semoga Alm Bapak mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT ya Mbak. Dan bener banget sebagai bagian keluarga kita pasti agak-agak trauma dengan penyakit yang pernah di derita oleh anggota keluarga kita. Kakak saya pun tahun lalu meninggal akibat kanker payudara. Jadi sekarang kami aware banget sama penyakit yang satu ini. Semoga dengan Herbadrink keluarga Indonesia bisa makin sehat ya….

  21. Temulawak ini memang berkhasiat banget untuk menajga kesehatan kaki. Selain iu memang banyak yang bilang buat nambah nafsu makan juga. Aku konsumsi herbadrink juga nih mba. Tapi paling sering ya kunyit asem

  22. Ida Tahmidah says:

    Nah paling asyik emang kembali pakai herbal teh dan lebih asyik lagi mencegah daripada mengobati jauh lebih murah ya.. 🙂

  23. Diyanika says:

    Mbak, ibuku dulu pernah sakit ini juga, Mbak. Waktu aku masih SD. Seingatku dulu juga diobati herbal pakai temulawak sama daun sukun yang menguning di atas pohon. Kemudian direbus dan diminum.

    Semoga Bapak Mbak Rani tenang di sisiNya.

  24. lendyagasshi says:

    Ditinggal orang terkasih tentu menyedihkan yaa, teh..
    Sama seperti saat keluarga kami ditinggal Babe rahimahullah.
    Beliau yang biasa dengan gaya hidup sehatnya, malah divonis ada polip di ususnya dan diharuskan operasi.

    Semoga sepeninggalannya Bapak, keluarga bisa mengambil ibroh.
    dan tidak sakit yang sama lagi.

  25. Diah says:

    Ternyata temulawak bisa untuk menjaga hati juga ya Mbak, selama ini tahunya temulawak itu untuk meningkatkan nafsu makan.
    Makanya banyak varian suplemen yg mengandung temulawak yg katanya bisa meningkatkan nafsu makan anak, ternyata bermanfaat untuk kesehatan hati juga.
    Semoga kita semua sehat2 ya Mbak, jadi Mamak kudu strong luar dalam untuk jaga anak2 🙂

  26. Indah Nuria says:

    Khasiatnya memang luar biasa ya mba. Aku juga mau coba minum yg rutiiin deh

  27. Lidya says:

    sejak dulu ya temulawak sudah terkenal khasiatnya makanya gak heran kalau herbadrink juga punya varian ini

  28. Siti hairul says:

    Aku suka banget sekarang minum2 herba dan jamu. Herbadrink favoritku yang jahe

  29. Rahmah says:

    Baru tahu saya Mba kalau Sari Temulawak bisa menjaga fungsi hati.
    Hmm… Bakalan saya coba untuk khasiat baiknya itu.

  30. Aku juga sekarang pakai produk yang mengandung Temulawak, namun untuk produk skin care, namanya Gizi Essential White with Temulawak Series (Day and Night) untuk membantu mencerahkan wajah.

    Sungguh Temulawak (Java Ginger) ini memang banyak khasiatnya ya, mba.

  31. Duh jd mupeng pengen nyobain herbadrink ini, udh lama juga nih ga minum sari temulawak

  32. Ya Allah, jadi ingat almarhumah ibu. 10 tahun lalu beliau meninggal. Bukan karena kanker hati sih, tapi karena diabetes. Meski begitu, tetap aja sedihnya terasa sampai sekarang. 🙁

    Oya, baru tau kalau sari temulawak bisa menjaga fungsi hati. Saya taunya malah untuk menambah nafsu makan pada anak-anak. 🙂

  33. Aku udah ngerasain manfaatnya. Dulu kecil pernah kena virus di hati dan salah satu menu wajib adalah sari temu lawak. Dalam 3 bulan hati jadi sehat lagi dan fungsinya kembali normal

  34. Dwi Septiani says:

    turut berduka untuk kepergian ayah ya mb.. selama ini kurasa aku juga kurang memperhatikan kesehatan hati.. beruntung sekarang serba praktis.. termasuk sari temulawak ini.. tfs mb..

  35. Terimakasih banyak postingannya mbak aku jadi ngerti tentang kesehatan hati dan gimana ngejaganya , ternyata temulawak itu bagus buat hati ya ,

  36. Mugniar says:

    Terenyuh an ikut berdukacita membaca kiah Bapak, Mbak. In syaa Allah beliau sudah di posisi yang baik di sana karena semua anaknya sudah diantarkan ke pintunya masing2. Semoga kita semua diberi kekuatan untuk menjaga keluarga kita dari penyakit hati (yang fisik dan yang spiritual).

  37. Sepakat Mbak. Hati memang harus dijaga kesehatannya apalagi merupakan organ pembersih racun di tubuh

  38. Milda Ini says:

    Ibu aku minum ini Mba. Kalo dibuatin habis segelas tapi dikasih air putih kadang ga habis dia minum. Mungkin karena rasa jadi enjor ngabisin

  39. herbadrink ada temulawaknya ya? saya malah sering minum yang kunyim asam..enak tapi agak terlalu manis

  40. Innalilahi turut berduka teteh, bapak punya semangat untuk sembuh namun Alloh lebih sayang lagi 🙂 semoga kita juga senantiasa sehat ya teh aku belum cobain yang sari temulawak jadi pengen beli

  41. Wow ternyata bagus buat hati ya, nanti beli ah di Borma, btw semoga hati kita terjaga dan sehat selalu ya Teh

  42. Roosvansia says:

    Wahhh. Nice. Ak br tau loh kalau temulawak baik unt kesehatan organ hati. Thx for sharing mba Rani.

  43. Tika Samosir says:

    Tapi pahit gak ya sari temulawak itu. Aku belum pernah coba mba. Minum jamu pun gak pernah. Jadi pengen coba yang dari herbal ini.

  44. Temulawaknya blm pernah coba minum. Tapi klo yg jahe ak pernah.
    Tapi bagusnya temulawak. Banyak fungsinya

  45. Seluruh organ tubuh mesti dijaga baik-baik ya, Teh. Aset terbesar kita ini.

  46. Banyak manfaatnya juga ya temulawak ini. Suamiku suka. Aku lebih suka yang sari jahe. Hangat di badan. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *