Menstruasi Sering Tidak Teratur? Mungkin Ini Penyebabnya

Menstruasi Sering Tidak Teratur_ Mungkin Ini Penyebabnya

Setiap bulan semua wanita pasti akan mengalami menstruasi. Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Biasanya siklus menstruasi terjadi selama 28-35 hari. Tetapi, setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda, bisa lebih pendek ataupun lebih panjang. Normalnya setiap wanita mengalami 11-13 siklus periode menstruasi setiap tahunnya.

Wanita disebut memiliki periode menstruasi tidak teratur jika tidak mengikuti pola normal siklus menstruasi yang dijalani selama ini. Menstruasi akan dikatakan tidak teratur apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Menstruasi yang tidak teratur bisa disebabkan karena hormon dalam tubuh yang belum seimbang, tetapi hal tersebut terjadi jika baru mulai menstruasi. Tetapi jika menstruasi kamu tidak teratur bukan saat mulai menstruasi, biasanya disebabkan karena beberapa hal ini, antara lain :

  1. Aktivitas Berlebihan

Saat seseorang memiliki aktivitas yang berlebih maka akan mempengaruhi kelenjar hipotamulus yang akan berpengaruh pada hormon menstruasi. Dengan begitu dapat berpengaruh pada pelepasan LS dan FSH yaitu hormon hipofisis yang akan memicu ovulasi. Hal inilah yang akan membuat menstruasi tidak teratur.

  1. Berat Badan Turun Drastis

Gangguan pola makan serius biasanya dapat membuat kondisi berat badan turun secara drastis. Berat badan yang turun drastis membuat menstruasi menjadi tidak teratur. Hal ini, karena kebutuhan lemak yang berkurang saat pembentukan hormon haid.

  1. Kehamilan

Menstruasi yang tidak teratur biasanya juga isa disebabkan karena kehamilan. Saat berkonsultasi ke dokter, biasanya dokter akan merekomendasikan tes kehamilan.

  1. Bermasalah dengan Kelenjar Tiroid

Masalah kelenjar tiroid akan berpengaruh pada produksi hormon yang dapat mengatur metabolisme tubuh. Sehingga, hal tersebut akan membuat menstruasi menjadi tidak teratur.

  1. Gangguan Organ Kandungan

Masalah pada organ kandungan seperti polip atau myoma akan memberikan keluhan pendarahan diluar menstruasi. Hal ini, akan membuat siklus menstruasi kamu menjadi tidak teratur.

  1. Jamur atau Penyakit

Siklus menstruasi yang tidak teratur juga bisa disebabkan karena penyakit, seperti kista, diabetes, atau kelainan pada rahim. Jika mengalami hal ini, akan lebih baik jika segera mengonsultasikannya ke dokter ahli.

  1. Periode Perimenopause

Saat seorang wanita akan memasuki masa menopause, biasanya akan menyebabkan perubahan dalam siklus menstruasi. Beberapa perubahan dalam siklus ini tidak memerlukan pengobatan, tetapi jika pendarahannya berat maka perlu evaluasi lebih lanjut.

Menstruasi yang tidak teratur memang akan menganggu, untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya ketahui dulu penyebabnya. Biasanya menstruasi yang tidak teratur membutuhkan penanganan medis. Dengan begitu masalah kamu akan segera teratasi.

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

2 Responses

  1. Aku pernah gak teratur Teh. Kadang sebulan 2x, kadang 2 bulan sekali. Pernah 3 bulan sekali. Pernah juga yang paling lama 8 bulan.
    Terjadi pas menyusui. Katanya sih karena pengaruh hormon menyusui ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *