Mitos dan Fakta Seputar Air

Mitos dan Fakta Seputar Air

Mitos dan Fakta Seputar Air. Sudah beberapa hari ini, saya agak malas minum air mineral. Padahal saya tahu betapa pentingnya air bagi tubuh manusia. Dari artikel yang saya baca, kita dianjurkan untuk minum 2 liter air per hari atau sekitar 8 gelas air. Saya sering tidak memenuhi kuota tersebut, seringkali karena lupa atau bahkan malas seperti beberapa hari terakhir ini. Apa yang saya rasakan saat kurang minum air, salah satunya konstipasi, atau sulit BAB. Hmm, ternyata kulit pun sangat berpengaruh pada kelembabapan kulit juga. Pantes saja rasanya kulit terasa berminyak. Lho, kok kurang minum air kulit malah berminyak? Kalau kata dokter aesthetic, penyebabnya adalah kulit langsung merespon saat tubuh kekurangan air dan mengeluarkan minyak agar tidak kering. Jadi, salah satu cara agar kulit tidak berminyak adalah minum banyak air.

Rasanya tidak akan ada yang menyangkal betapa pentingnya air bagi tubuh kita serta efeknya jika kurang minum air. Namun, ada beberapa hal juga yang tidak kita ketahui seperti benarkah meminum air lebih dari dua liter itu sehat? Bisakah air menghilangkan racun dari tubuh, menyehatkan kulit, memperkuat rambut dan kuku? Benarkah filter merupakan satu-stunya cara untuk mendapatkan air bersih?

Baca Juga: Masukan untuk MPR

Ternyata banyak fakta yang tidak saya ketahui tentang air. Saya pun menemukan beberapa mitos dan fakta seputar air. Ini dia.

Mitos

Ada yang bilang , meminum 2,5 liter air per hari berfungsi menjaga kesehatan secara umum.

Fakta

Sebagian besar ahli yakin, tubuh kita memerlukan 2,5 liter cairan agar metabolisme tubuh berfungsi dengan baik. Cairan bisa didapatkan melalui sumber lain selain air, seperti sari buah-buahan dan minuman ringan. Sebagai contohnya, 100 gram apel mengandung 84 gramair. Faktanya, makanan-makanan lain memberikan cairan untuk tubuh sebanyak satu liter, di samping 300 hingga 500 mililiter air yang dihasilkan oleh proses pencernaan.

Mitos

Apakah teh dan kopi termasuk cairan?

Fakta

Minuman-minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi memang memberi sebagian cairan, hanya saja cairan tersebut tidak berguna karena hanya meningkatkan pembuangan cairan melalui air kencing dan membuat tubuh kehilangan air. sejumlah penelitianmedis menegaskan kopi dan teh harus dikonsumi secara proporsional, tidak lebih dari 6 gelas dalam sehari. Sebab, kafein memperberat penyerapan zat-zat minera dan vitamin oleh tubuh, di samping menyebabkan tubuh kering.

Lebih Baik Air Kemasan atau Air Keran?

Mitos

Ada yang bilang,air kemasan dalam botol lebih baik daripada air keran

Fakta

Air ledeng pada umumnya bersih dan tertutup, berbeda dengan air kemasan dalam botol yang harus selalu dimonitor setiap hari. Air kemasan dalam botol kadang disimpan dalam waktu lama, tidak ada proses pembunuhan bakteri yang bisa jadi terdapat di dalamnya. Bahaya jika mengonsumsi air dalam kemasan botol yang dibiarkan terbuka atau terkena sinar matahari karena bisa memicu perkembangan bakteri. Di samping itu, berbagai penelitian menegaskan, air ledeng biasanya dicampri florid yang berfungsi untuk menghindarkan orang dari berbagai masalah kesehatan dan makanan. Berbeda dengan air kemasan yang juga menjadi konsumsi anak-anak kecil karena bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan saat memasuki usia tua.

Baca Juga: Ungkapkan Cinta Ibu

Apakah Bahan-Bahan Kimia dalam Air Keran Bisa Memicu Kanker?

Mitos

Konon, bahan-bahan kimia yang terdapat dalam air keran memicu berbagai masalah kesehatan dan gizi yang beefek jangka panjang?

Fakta

Tingkatan zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan yang terdapat pada air keran selalu diawasi secara terliti, di samping tidak menutup kemungkinan adanya penyerapan yang terjadi pada selang. Hanya saja, yang menjadi sumber keresahan utama adalah khlor yang dicampurkan dalam air keran untuk mengatasi berbagai kontaminasi dan untuk membersihkan air. Oleh karena itu, sejumlah penelitian mengaitkan antara khlor dan peningkatan bahaya serngan kanker kolon serta kandung kemih.

Apakah Filter Satu-Satunya Cara untuk Mendapatkan Air Bersih dan Jernih?

Mitos

Konon filter adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan air bersih, jernih, dan sehat.

Fakta

Filter-filter air menghilangkan bahan-bahan kimia seperti ammonia dan karbon. Di samping itu ada juga sistem canggih lain yang berfungsi sebagai osmosis untuk menyaring partikel-partikel air. Meski demikian, perusahaan-perusahaan produsen filter mengklaim, zat-zat mineral pada air ledeng yang dihilangkan tidak menimbulkan efek bahaya apa pun.

Urgensi Air Bagi Ginjal

Mitos

Ada yang bilang, mengonsumsi air dalam jumlah besar menimbulkan efek negatif dan masalah-masalah kesehatan yang membahayakan ginjal.

Fakta

Meski ginjal bisa berfungsi dengan konsumsi air kurang dari satu liter, namun tidak dsarankan untuk mengonsumsiair sesedikitmitu. Ginjal penting karena berfungsi untuk membuangunsur-unsur yang tidak diperlukan tubuh dan kelebihan air, mengontrol tekanan darah, membantu meningkatkan kadar kalsium dan fosfat pada darah dan tulang. Mengonsumsi dua liter cairan setiap hari khususnya air, dapat membantu mencegah penumpukkan unsur-unsur racun berbahaya dan kelebihan cairan yang bisa menaikkan tekanan darah rendah dan bahkan gagal ginjal.

Baca Juga: Waspada Bahaya Nyamuk Bandel

Air Berat Obat Jantung

Mitos

Mana yang lebih baik untukkesehatan tubuh, air ringan ataukah air berat?

Fakta

Para peneliti mendefinisikan air berat adalah airyang mengandung zat-zat mineral tubuh dalam kadar tinggi, seperti magnesium, besi, florid, dan zat kapur. Sejumlah peneliti Finlandia menyatakan, mengonsumsi air berat itu bisa membantu mengatasi penyakit-penyakit jantung.

Setelah mengetahui mitos dan fakta seputar air, saya pun menjadi sadar bahwa mengonsumsi air itu penting sekali bagi kesehatan tubuh.Walaupun tetap kita mesti mengonsumsi air yang tepat untuk kesehatan tubuh. So, jangan lagi malas minum air mineral lagi untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Salam sehat.

Sumber:

Hammad, Prof. Dr.Sa’id.  2014. Kedokteran Nabi. Penerbit Aqwam. Solo.

 

 

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

28 Responses

  1. lia djabir says:

    harus lebih aware sama air yang kita konsumsi yaa mba. jangan sampai minum air yang tercemar. malah bahaya u tubuh

  2. Maria Soraya says:

    setiap bangun tidur wajib minum air putih hangat 2 gelas, soale klo minum setelah bangun tidur gitu biasanya langsung buang angin dan pencernaan pun lancar, di rumah klo mau minum masak air dulu sepanci, karena paksu lebih suka air yang dimasak, awalnya aku berasa agak aneh gitu tapi akhirnya terbiasa, di rumah ada sekardus air kemasan tapi buat nyuguhin ke tamu

  3. unggulcenter says:

    Yess aku suka minum air putih juga. Bahkan beli botol besar 1,5 liter yang banyak. Sederhana, kalau ada air didekat pasti suka minum. Beda kalau ke dapur untuk minum, bakalan jarang. Jadi termotivasi minum terus kalau didekat ada botol air ^^

  4. sayangnya walau air keran dianggap lebih aman, seringkali petugas di PDAM tidak patuh… dahulu sebelum menggunakan air tanah, kami pelanggan air pipa. namun dalam sepekan ada saja air yang datang dalam posisi keruh dan berbau sehingga meragukan untuk dikonsumsi

  5. Soal minum air putih, saya memang lebih suka minum air putih daripada minuman lain. Tapi fakta-fakta seputar air sebagian baru saya tahu dari tulisan ini. Terima kasih sharing ilmunya, Mbak 🙂

  6. Bang angga says:

    Oke ternyata air pun mempunyai mitor dan fakta. Saya punya pertanyaan yg belum terjawab.
    Mengapa kita tidak boleh memanaskan lagi air yg sudah matang..

    • Bang Angga, inijawabannya:
      Air yang sudah matang dan direbus ulang akan merubah susunan kimianya. Sehingga malah menjadikannya racun bagi tubuh kita.Air matang yang direbus ulang akan menghasilkan bahan kimia tertentu seperti arsenik, nitrat dan flouride. Dan itu sangat berbahaya bagi empedu dan ginjal kita. (hasil gugling juga hehehe)

  7. aku orangnya gampang haus
    bisalah sehari 1,5 liter
    kadang lebih-lebih dikit, kadang kurang-kurang dikit

    sempat heran sama orang-orang yang sanggup minum 1-2 gelas per hari alias nggak doyan minum
    padahal kan manfaatnya penting banget

    rajin minum banyak itu lah yang bikin aku gendutnya nggak melar-melar banget, hehehe

    btw, makasih mbak Rani udah berbagi mitos dan fakta tentang air

  8. Rindang says:

    Wah, berguna sekali nih mbak rani info mitos dan faktanya. Saya sendiri minum air putih kadang ga sampai 2 liter perhari. Harus rajin ya, biar kesehatan tetap terjaga. Menurut saya waktu paling penting minum air putih adalah setelah bangun pagi.

  9. aku termasuk yang suka minum air putih. dan biasanya tubuh bakalan cepat ngasih tanda kalau pas konsumsi air sedikit, biasanya pinggang berasa sakit, jadi buru-buru deh minum air banyak-banyak.

    btw emang sekarang air ledeng seringnya justru meragukan karena keruh -_-

  10. Jiah says:

    Aku udah lama biasain minum air putih. Kalau yg manis2 kaya teh atau kopi jarang banget malahan. Nunggu kalau pengen. Tiap hari sedia botol di dekat tempat biasa duduk, bahkan di samping kasur

  11. Liza says:

    benar banget, sebenarnya air itu enggak hanya berasal dari air putih yang kita minum, dari kuah, buah2an, dan beragam makanan yang mengandung air juga terhitung sebagai jumlah cairan yang masuk ke dalam tubuh

  12. Nova Violita says:

    Wewww aku masih kurang minum nih. Kebiasaan buruk..

    Tapi beneran baru tahu kalau teh kopi gak bermanfaat. .cuma nambah volume air seni..

    Hmm..mesti cari info lanjutan..

  13. Marfa says:

    Humm aku anaknya mudah berkeringat malah sukanya ngindarin minum banyak karena malah takut berkeringat. Ternyata ini toh malah kudu minum air yang banyak huaa

  14. rarar says:

    hmmm ilmu banget nih teh, hatur nuhun sharingnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *