Nyaman Bepergian dengan Kereta Api, Begini Caranya

Nyaman Bepergian dengan Kereta Api, Begini Caranya

Melakukan perjalanan wisata perlu dilakukan untuk menghilangkan penat akibat banyaknya pekerjaan yang terus dikerjakan. Aktivitas ini akan menyita banyak waktu dan tenaga. Namun, jika sudah sekali dilakukan, maka kamu akan ketagihan dan ingin melakukannya berulangkali.

Berwisata secara rutin tidak selalu membutuhkan biaya yang besar. Dengan pengeluaran seadanya, kamu bisa merasakan tempat-tempat wisata bersama keluarga, teman, pasangan atau seorang diri. Melakukan perjalanan dengan kereta api adalah salah satu cara untuk mewujudkan wisata murah meriah tersebut.

Sumber: makemefeed.com

Sumber: makemefeed.com

Ya, di antara beragam moda transportasi massal, kereta api masih menjadi transportasi pilihan yang tidak membutuhkan biaya besar. Selain itu, biayanya yang murah turut sebanding dengan pelayanan pihak PT. KAI (Kereta Api Indonesia) yang semakin baik dari hari ke hari.

Baca Juga: Tips Bepergian dengan Membawa Dua Balita

Kini para pengguna jasa transportasi ini bisa dengan mudah mendapatkan kursi tanpa harus berebut tempat duduk, seperti yang terjadi di masa lampau. Bahkan, tiket kereta api juga semakin mudah untuk dibeli dari mana saja dan kapan saja.

Melalui kerjasama pihak PT KAI dengan beberapa pihak, kini calon penumpang bisa memilih tanggal keberangkatan dan kursi secara online. Para calon penumpang juga bisa mengakses pembelian tiket dari situs-situs web perjalanan wisata, seperti Traveloka.

Tampilan cara pesan tiket kereta api di Traveloka akan memudahkan kamu untuk memilih waktu dan tujuan dengan lebih cepat. Bahkan, penggunaan aplikasi dari situs web ini bisa lebih membantu calon penumpang mencari tiket dari mana saja dan kapan saja, dan mendapatkan harga tiket paling murah.

Dengan adanya kemudahan-kemudahan tersebut, tak heran kini banyak orang kembali menggunakan transportasi massal ini. Pelayanan yang semakin baik, membuat masyarakat semakin nyaman dan aman saat menaiki kereta api.

Meskipun kondisi dan pelayanan kereta api di Indonesia sudah semakin baik. Namun, tidak ada salahnya membuat rasa nyaman dan aman tersebut dari diri sendiri. Sehingga saat berwisata dengan kereta, kamu bisa menikmati perjalanan dan berbahagia sampai di tempat tujuan.

Baca Juga: Mengepak Sayap Terbang Ke Shanghai

Bagaimana cara menciptakan suasana nyaman dan aman tersebut di kereta? Yuk, simak ulasan berikut ini:

  1. Rencanakan perjalanan sejak 3 bulan
    Membuat perencanaan perjalanan yang baik akan menciptakan perjalanan wisata dengan kereta menjadi semakin nyaman. Tentukan tujuan dan buatlah perencanaan waktu dengan lebih detail. Sehingga, memudahkan kamu menentukan saat terbaik memilih jadwal kereta api.

Pesanlah tiket maksimal dari tiga bulan sebelum keberangkatan. Dengan demikian kamu tidak perlu kehabisan tiket dan mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah.

  1. Jangan bepergian di tanggal merah
    Berwisata dengan kereta memang memakan waktu lama. Itulah mengapa banyak orang cenderung memilih tanggal merah atau libur panjang sebagai saat yang mereka rasa tepat untuk berwisata. Padahal, dengan memilih tanggal merah, ‘hari kejepit’, atau libur panjang akan membuat perjalananmu menjadi tidak nyaman.

Harga tiket kereta api di tanggal-tanggal tersebut akan jauh lebih mahal, dibandingkan harga tiket di hari biasa. Selain itu, jika melakukan perjalanan di tanggal tersebut, kereta cenderung akan lebih ramai penumpang, baik di kereta maupun di stasiun. Hal tersebut bisa membuat perjalanan menjadi tidak nyaman.

  1. Cek kelengkapan
    Sebelum berangkat, pastikan kamu telah memeriksa segala kelengkapan yang perlu kamu bawa, seperti tiket dengan identitas yang sesuai, jumlah tas yang dibawa, selimut, jaket, makanan dan sebagainya. Dengan memeriksa segala kelengkapan dua hari sebelum keberangkatan maka kamu akan cenderung lebih tenang dan nyaman saat melakukan perjalanan.
  2. Bawa gadget
    Membawa berbagai gawai, seperti ponsel, kamera digital atau Mp3 player akan membuat kamu lebih nyaman berada di dalam kereta. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan mengutak-atik gadget selama perjalanan. Bawa juga buku atau majalah untuk mengatasi kebosanan yang mungkin muncul saat berada di kereta.
  3. Tetap memastikan keamanaan barang
    Waktu dan jarak tempuh yang lama akan membuat kamu lebih mudah mengenali kondisi sekitar tempat dudukmu. Pastikan kamu mengetahui gerak-gerik orang yang duduk di samping atau depan. Sehingga, kamu akan lebih waspada saat mereka melakukan tindakan mencurigakan.

Guna menghindari kejahatan yang mungkin timbul, pastikan kamu membawa perlengkapan keamanan seperti sprai berisi bubuk merica, atau alat kejut portable yang bisa mebuat jera pelaku kejahatan. Tempatkan alat-alat tersebut di posisi letak yang masih berada di jangkauanmu.

Baca Juga: Berkunjung ke Padang? Ajak Pasangan Anda Ke Tempat Wisata Alam Nan Romantis Ini!

Itulah lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan perjalanan wisata yang nyaman dan aman saat menggunakan kereta. Jika kamu ingin tahu tips lanjutan terkait wisata dengan kereta api, simak terus blog ini ya.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

8 Responses

  1. Nchie Hanie says:

    Aku suka pake keretaaa,
    Hayu atuh, kapan kekeretaan lagi, tapinya yang jauh skalian

  2. Favorit banget nih. Kalau mudik biasanya kami naik kereta. Kalau enggak ya naik mobil 🙂

  3. retno says:

    Aku pun sekarang oke aja kalau diajak naik kereta api… Lebih nyaman sekarang…

  4. evrinasp says:

    aku penyuka yang pergi pakai kereta mbak, memang sih masih cepat pesawat tapi kalau di kereta itu jadi punya cerita apalagi bareng teman2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *