Omnikin Kinball : Olahraga Baru yang Bikin Fun

Omnikin Kinball _ Olahraga Baru yang Bikin Fun

Omnikin Kinball : Olahraga Baru yang Bikin Fun. Pernah dengar nama jenis olahraga yang satu ini? Jujur, saya baru dengar dan sangat antusias saat Dokter David, empunya DF Clinic Lineation mengajak Mba Alaika, Teh Nchie, dan saya yang tergabung dalam The Happiness Management untuk mencoba olahraga ini. Olahraga ini sendiri diprakarsai oleh Pak Furqon J.W Wicaksono seorang ahli fisioterapi yang praktek di DF Clinic Lineation. Nah, setelah sekitar 12 orang setuju untuk mengikuti olahraga ini, hari dan tempat pun ditentukan yaitu di Orange Homes pada hari Sabtu, 21 Oktober 2015,pukul 14.30 WIB.

Saya mengajak Fathan ke sana karena dia khan biasanya seneng tuh kalau ada kegiatan outdoor. Tiba di sana baru ada Christine. Kami pun saling menyapa dan langsung terlibat obrolan seru. Saya salut sama Christine yang sudah sangat fasih berbahasa Indonesia.

Baca Juga : Happiness Management, Satu Langkah Menuju Kebahagiaan

Sekitar pukul 15.00 WIB, akhirnya semuanya kumpul. Dari 12 orang yang menyatakan akan ikut ternyata hanya 8 orang yang hadir. Akhirnya, Pak Furqon selaku coach merangkap wasit membagi kami menjadi dua tim. Padahal, dalam permainan ini, idealnya dimainkan oleh tiga tim sekaligus.

Saat Pak Furqon menjelaskan tentang permainan Kinball ini, kami menyimak sambil penasaran dengan ukuran bolanya yang superbesar berdiamater 1.22 meter. Fathan juga heboh pengen main-mainin bolanya. Kami pun dibagi menjadi dua tim yaitu tim grey dan tim blue.

Pak Furqon bersama bola raksasa Omnikin

Pak Furqon bersama bola raksasa Omnikin

Jujur, saya paling antiolahraga yang berhubungan dengan bola. Semasa sekolah dulu (sejak SD,SMP, dan SMU) saya nggak pernah bisa olahraga yang ada bolanya. Kalau bola voli, saya nggak bisa serve, smash. Kalau serve selalu gagal melewati net. Bukannya ngejar bola dari lawan yang ada malah saya takut dikejar bola voli. Kena hantaman bola voli ke muka itu sakit, jenderal, plus malu juga. Hahahaha … Olahraga bola basket, susah bener deh kalau drible bolanya. Hahaha…bukan bolanya yang di-dribel malahan saya yang ngegelundung. Bagaimana dengan sepak bola? Haduh apalagi itu, satu bola direbutin 22 orang, dan saya nggak pernah kebagian nendang bola. Makanya penasaran nih sama Kinball, kira-kira saya bisa nggak, ya?

Jadi awalnya, kami diajak kenalan dulu dengan bolanya melalui permainan. Pak Furqon selaku coach menantang kami untuk lari dari ujung lapangan ke ujung lainnya. Sementara dia siap menggelindingkan bolanya. Jika bola mengenai pemain, maka si pemain harus berhenti. Hahaha…kayak permainan masa kecil,nih, seru.

omnikin-kinball-3

Tahap selanjutnya, kami diajari memegang bola. Bola besar itu harus disangga oleh tiga orang yang  merentangkan tangannya ke atas pundak. Satu pemain pun memukul bola. Kami semua bergiliran mencoba menyangga bola dan memukul bola. Oh iya, sebelum memukul bola, si pemain harus berteriak dulu ”Omnikiiiin blue”, jika si pemain dari tim grey dan menyerang tim blue.

omnikin-kinball-2

Pada permainan pertama, bola pertama yang sudah dipukul bisa ditangkap oleh kedua tangan. Saat bola melayang, tim lawan harus bersiap menangkap bola, bola jangan sampai jatuh ke lantai. Jika jatuh, jadi poin buat lawan. Bola juga tidak boleh melewati batas lapangan (istilahnya out). Permainan bisa dimainkan di mana pun dan kedua tim berlomba mengumpulkan poin. Pada permainan pertama ini, saya dan tim grey kalah dari tim blue. Hahaha… jujur masih meraba-raba arah permainan juga.

Baca Juga: Sarapan Itu Penting Nggak, Sih?

Pada permainan kedua, pada bola pertama, kami tidak boleh menangkap bola dengan tangan tapi harus pakai kaki. Hahahaha, gimana, tuh? Ternyata bisa, dan jika berhasil akan mendapatkan 3 poin.  Pada babak ini pun, tim grey masih kalah, heuuu…

omnikin-kinball-6

Pada permainan ketiga, bola boleh ditangkap pakai tangan dan kaki, menangkap pakai kaki tetap mendapat 3 poin. Jadi, kalau mau menang dan poin terus nambah, yah nangkapnya pakai kaki, wkwkwkw… dan akhirnya, tim grey menang di permainan ketiga ini?Kenapa bisa menang?Karena tenaga semua pemain sudah terkuras dan tentunya tim grey udah mulai faham alur permainan yang memang harus menggunakan strategi ini.

Baca Juga: Obat Herbal yang Berasal dari Tanaman memiliki Banyak Khasiat Untuk Ksesehatan

Oh iya ini peraturan yangt tidak boleh dilakukan pemain saat permainan di antaranya sebagai berikut:

  1. Bola tidak boleh menyentuh lantai
  2. Memukul bola sambil memegang bola
  3. Memukuul bola kurang dari 1,8 meter
  4. Tidak boleh salah menyebutkan warna tim lawan, hahahah ini beberapa kali kejadian, misalnya harusnya bilang, “Omnikin Blue”, eh malah bilang “Omnikin grey”

Dan masih banyak peraturan lainnya yang saya pun sebetulnya belum begitu faham.

Oh iya, Omnikin Kinball ini memang masih terbilang baru di Indonesia. Namun mulai diperkenalkan dan dimainkan bahkan sudah masuk ke kampus. Permainan yang bisa dimainkan oleh tiga tim sekaligus ini memang unik dan menyenangkan. Kinball yang dimainkan dalam tiga tim sekaligus bisa saling bersaing satu sama lain dalam mengumpulkan poin. Olahraga ini sendiri sudah populer di negara Kanada, Amerika Serikat, Malaysia, Perancis, Denmark, Jerman, belgia, Spanyol dan Swiss. Permainan yang dimainkan oleh tiga tim dan masing-masing tim terdiri dari empat orang ini memerlukan endurance cukup tinggi karena akan banyak berlari, menekuk kaki, mengangkat tangan, dan diperlukan ketangkasan juga dalam menangkap bola.

omnikin-kinball-5

Oh iya, olahraga ini sudah ada kejuaraan internasionalnya, lho yaitu Asian Cup dan Piala Dunia kin-Ball. Jadi olahraga yang memang sudah resmi di dunia dan ada liganya juga. Seru banget lho bero-minikin ria. Saya ketagihan. Oh iyah, buat yang penasaran ingin mencoba olahraga ini, gabung yuk, kita bisa latihan dua minggu sekali, ketentuan dan syarat berlaku, hehehehe…

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

50 Responses

  1. D I J A says:

    waaaah bola nya besar banget yaaa
    raksasa itu !!

  2. berarti selain fokus mukul dan bawa bola kita juga harus fokus nyebutin nama tim ya hehe seruu teh

  3. TIAN says:

    Wah kebayang ngegugulung bola segede itu deh

  4. Sandra says:

    Wah baru tahu banget nihh

  5. Santi Mukti says:

    Wah seru banget ini ya, penasaran mau cobain deh 😀

  6. Wah boleh juga untuk melatih konsentrasi Al

  7. Eka says:

    Ini seru banget… Pengen nyobain suatu hari nanti

  8. Nchie Hanie says:

    Hahaahaaa..masih ngakak, seruu banget, fun
    Meski awalnya nyungseb, tapi ga berasa paa mainnya.
    Berasa pas udahnya hahahaa

    Ah mau lagiii…
    Kangen ngagugulung bola gede, rebutaaan

  9. Zia says:

    Aku liat seliweran tentang olah raga ini bikin penasaran banget. Wah seru juga ya, teh. Menguras keringat dan pastinya happy banget olahraganya. 🙂

  10. Rindang says:

    Upload videonya dong Mbak. Saya penasaran dg sistem permainannya. Kalau dari cerita di atas bola sebesar itu harus selalu ditendang/disambut bersama2 ya? Duh, apa gak berat. Wah, ternyata sdh ada kejuaraan internasionalnya juga. Saya aja berarti yg kudet, baru tahu permainan kinball setelah baca postingan ini.

  11. Miftaahul J says:

    Wah aku baru tahu tentang olahraga ini. Menarik ya dan masuknya kayak cardio gitu. Terus yang serunya kita competing dan pasti happy banget bisa olahraga bareng-bareng teman. Ini adanya di mana aja ya olahraganya? Aku jadi penasaran pengen cobain hehe.

  12. Ulya says:

    Seruuu ya…
    Btw aku udah baca aturan mainnya tapi gak paham juga. Kayaknya harus nyobain sendiri niiihh..

  13. Loh kok aku baru tau yaaa tentang kinball Aku jadi pengeeeeen
    Tapi kayaknya cuma ada di kota2 besar yaa
    Btw tarifnya berapa?

    Aku sih main bola bisa2 aja, pake asa keberuntungan juga sih kalo aku.

  14. zefy says:

    astagahhhh….itu bola gede amat mbak, ga ada yang kecilan ? 😀

    bisa tenggelam aku main ginian hahhahahahaaaaaa
    lucu ya kayaknya, seru, juag melatih konsentrasi.

  15. Zarirah says:

    Itu bolanya berapa kilo beratnya ya? hahaha

    mainnya mesti berapa orang tuh mbak? JIper duluan liat bolanya haha

  16. Waah. Baru tau nih ada jenis olahraga tersebut. Ternyata, sudab dipertandingkan sampai tingkat Asia yah. Menarik juga. Sepertinya olahraga ini juga menuntut kerjasama tim. Tapi, aku masih bingung nih kalo nangkep pakai kaki itu seperti gimana yah? Mana bolanya gede lho itu. Ga sakit ntar kakinya. Hmmm..

  17. Woow…baru tau ada permainana ini. Sepanjang pengetahuan saya, bola besar itu suka dipakai untuk senam dan semacamnya. Ternyata bisa dimainkan seperti itu ya…
    Cara bermainnya masih bingung, kayaknya mesti praktek langsung ya..
    Ajakin main dong, mbak Rani…

  18. Jiah says:

    Pegang bolanya udah ribet gitu, mainnya kudu fokus jg ya, Mbak apalagi soal nyebutin timenya. Kdg kita pengen ngomong apa yg keluar apa

  19. Wah.. baru tau olahraga ini. Bolanya besar banget oi!! hehe.. kebayang tuh capeknya, lari jongkok kaki nekuk mukul bola de es be… hihihi.. tapi seruuu yaaa kayaknya.
    Tfs Mbak 🙂

  20. Liza says:

    wah aku baru tahu olahraga omnikin ini mbak, kalau bolanya aku pernah lihat di poli fisioterapi tapi cuma duduk2 gitu doang akunya. ga taunya ada olahraganya

  21. Oky Maulana says:

    wah seru banget ya, jadi berasa lagi main, bukan lagi olahraga wkwkwkkww pan kapan mau coba ah

  22. Sepertinya ini permainan baru yang cukup menarik ya. mesti belajar lagi nih cara memainkannya 🙂 Di Indonesia sepertinya belum terlalu di kenal

  23. Hilman says:

    Baru tau ada game ginian, ya ampub kebaya g harus maenin bola segede gitj, tapi jadi olahraga seru dan menamtang yah, menarik

  24. Waaah seru yaaaa. Kayaknya saya butuh ikut ginian deh. Di Lampung ada infokah?

  25. ladubkanblog says:

    wah.. baru tau…seru juga…, permainan ini butuh lapangan khusus atau bagaimana? atau bisa di lapangan futsal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *