Peralatan Snorkeling yang Wajib Anda Miliki Sebelum Terjun ke Air

Peralatan Snorkeling yang Wajib Anda Miliki Sebelum Terjun ke Air

Lautan Indonesia sudah terkenal hingga ke seluruh dunia memang memiliki keindahan dan tantangan yang istimewa dan tidak bisa didapat dari negara lain. Hal ini tentu membuat kita semua bangga karena kekayaan alam Indonesia yang banyak diapresiasi oleh dunia. Salah satu aktivitas yang banyak dilakukan di laut adalah snorkeling. Tentunya demi keamanan dan kenyamanan, peralatan snorkeling harus dipakai secara lengkap.

Snorkeling adalah aktivitas menyelam di permukaan atau biasa disebut dengan selam dangkal. Kegiatan ini seperti berenang namun juga menyelam dimana memakai peralatan khusus dan alat bantu untuk menggerakkan kakinya sehingga mampu menambah daya dorongan. Snorkeling banyak disukai oleh banyak orang dan bisa jadi pilihan jika Anda masih takut menyelam di laut dengan kedalaman yang cukup tinggi karena Anda tetap bisa menikmati keindahan laut permukaan.

Baca Juga: Kota Mini: Wahana Wisata Keluarga di Floating Market Lembang Bandung

Snorkeling memang aktivitas rekreasi air yang sangat populer dan tak hanya dilakukan di laut saja karena juga kerap dilakukan di sungai hingga danau sehingga aktivitas ini tidak terbatas. Demi kenyamanan Anda selama melakukan snorkeling, maka pastikan untuk menggunakan secara lengkap peralatan snorkeling diantaranya:

Baca Juga: Ibu-Ibu dan Motor Matic: Langit Biru Harapan Bagi Masa Depan Anak Cucu

  1. Masker

Yang pertama adalah masker selam yang kedap air dan mampu melindungi setengah wajah dan terutama adalah mata serta hidung. Bagian lensanya terbuat dari kaca pengaman dan untuk kantong hidungnya biasa dibuat dari karet atau silikon. Di sisi maskernya ada tempat memasang snorkel. Ketika beraktivitas snorkeling, penyelam harus bernafas melalui mulut karena jika bernafas melalui hidung maka beresiko akan kemasukan air atau berembun. Dalam pemilihan masker ini wajiblah untuk memakai dengan ukuran pas dengan wajah Anda sehingga nantinya tidak kemasukan air.

2. Snorkel

Untuk snorkel sendiri terdiri dari dua bagian yakni selang udara serta pelindung mulut. Untuk selang dibuat dari bahan plastik ataupun karet. Sedangkan pelindung mulutnya dibuat dari karet atau silikon. Ukuran pelindung mulut ini tersedia dalam ragam ukuran dan pemilihannya sendiri harus disesuaikan dengan ukuran mulut pemakainya. Saat menyelam di bawah air, maka udara yang ada di dalam snorkel ini akan keluar dan masuk di dalam snorkelnya sehingga nantinya setelah di permukaan, airnya harus dikuras.

3. Kaki katak

Sepatu karet yang mirip dengan bentuk kaki katak ini memang melebar di bagian ujung kakinya dan sengaja dibuat demikian demi bisa memberikan data dorong kaki saat berenang. Kaki katak ini ada dua jenis yaitu dengan tumit terbuka serta dengan kaki tertutup. Untuk setiap jenisnya ada beberapa ukuran. Namun untuk kaki katak yang dengan tumit terbuka, ujung siripnya cenderung lebih panjang dibanding dengan jenis yang tertutup. Saat Anda menggunakan kaki katak dengan tumit terbuka, umumnya para penyelam memakai sepatu bot yang bisa melindungi kaki ketika menyelam baik dari luka, air yang dingin atau sebagai antisipasi untuk mencegah lecet. Untuk kaki katak terbuka dibuat di beberapa ukuran mulai dari kecil, sedang sampai ada yang super besar.

Baca Juga: Omnikin Kinball:Olahraga Baru yang Bikin Fun

Itulah beberapa peralatan wajib standar yang harus dikenakan ketika Anda melakukan snorkeling di air. Anda bisa mendapatkan semua peralatan snorkeling tersebut di banyak toko online di dunia maya dengan mudah. Untuk harganya sendiri bervariasi sesuai jenis, merek dan juga bahannya. Anda bisa menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan untuk snorkeling Anda. Jelajahi keindahan bawah air Indonesia dengan snorkeling.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

10 Responses

  1. Jadi inget dulu hampir tiap minggu snorkeling an.. sekarang udah lama banget gak ke laut buat snorkeling.

  2. Witri says:

    Aku malah belum pernah snorkeling… Masih agak takut, padahal bisa renang lohh

  3. April Hamsa says:

    pengen banget bisa nyelem. Katanya gpp kan meski berenangnya gak pinter. Kalau buat yg berhijab baiknya kepalanya ditutup apa ya? Apa bahan yg sama kyk bahan baju rennag muslimah gtu?

  4. ivonie says:

    Aku belum kepikiran pengen snorkeling mbak, padahal katanya kalau main ke Lombok, kurang asyik kalau gak snorkeling. Suami nih yang sudah pernah nyoba dan katanya tetap susah bernafas pakai alat hihihi

  5. dan aku kemarin pas snorkeling gak ada semua alat itu.. jadinya ya telanjang dada aja :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *