Ramadhan Saat Masa Kecil yang Bikin Kangen

Ramadhan saat masa kecil

Ramadhan Saat Masa Kecil yang Bikin Kangen. Kalau boleh bilang, saat masa kecil, bulan Ramadhan itu merupakan bulan yang selalu dinanti oleh saya. Saya sebagai bocah tahun 80-an yang sama sekali tidak kenal yang namanya internet. Jangankan internet, zaman saya kecil, nonton tivi aja seminggu sekali. Stasiun televisi zaman itu hanya ada satu yaitu TVRI yang hari kerja siaran hanya siang, dan jika akhir pekan, siaran televisi sampai pukul 00.00. Hari Minggu barulah acara hiburan seperti Aneka Ria Jenaka, acara humor yang hits pada masanya.

Dengan minimnya hiburan seperti itu, satu-satunya hiburan di rumah yaitu siaran radio seperti sandiwara radio Saur Sepuh, dongeng Sunda. Minimnya hiburan di rumah, membuat saya dan anak-anak sebaya lebih banyak menghabiskan waktu bermain di luar rumah. Rasanya, zaman dulu tuh main di luar rumah seharian aman-aman saja, main lumpur di sawah, ikut lari-larian mengejar layangan di lapangan, memungut cengkih di kebun, ngabeudahkeun ( bhs. Sunda, menguras kolam untuk panen ikan). Rasanya kegiatan bermain di luar menyenangkan.

Nah, Ramadhan saat masa kecil tuh rasanya jauh lebih seru. Satu hari berpuasa rasanya lama sekali, dan mau main di luar ruangan rasanya lemas dan haus. Jadi, banyak menghabiskan waktu di rumah.
Ini dia beberapa kegiatan masa kecil saat Ramadhan:
1. Jalan habis sahur. Saat masih kecil, rasanya pantrang sekali tidur habis sahur. Biasanya setelah habis sahur, saya dan teman-teman sebaya ke masjid untuk menunggu waktu shalat Subuh. Setelah shalat Subuh, mendengarkan kuliah Subuh dari Pak Ustadz. Selesai mendengarkan kuliah Subuh, tidak langsung pulang tapi jalan bareng teman-teman ke lapangan. Rasanya seru berkumpul bareng teman sebaya di lapangan.
2. Menyewa buku anak/majalah anak. Zaman saya masih kecil tidak ada yang namanya tempat sewa bacaan besar seperti sekarang. Biasanya penyewaan buku/majalah itu musiman, dan biasanya ramai pas bulan Ramadhan. Saat bulan Ramadhan, uang bekal sekolah khan masih utuh dan nggak dijajanin. Biasanya saya alihkan untuk menyewa buku bacaan di tempat penyewaan buku. Rasanya menyenangkan menyewa buku bacaan bersama teman-teman. Nanti akan bergantian menyewa buku yang berbeda.
3. Ngabuburit ke lapangan. Zaman saya masih kecil masih banyak area outdoor tempat bermain anak-anak. Bukan taman bermain cantik seperti sekarang, hanya lapangan berumput rendah. Tapi, ternyata bermain di area yang minim fasilitas tersebut membuat daya kreasi kami berkembang. Kami bisa bermain peran di sana, memetik daun untuk dibuat jadi perahu-perahuan, memetik bunga-bunga liar untuk main masak-masakan.
4. Pasar kaget. Biasanya pasar kaget seperti ini hanya ada pas bulan Ramadhan. Pasar kaget menjual aneka macam keperluan bulan Ramadhan dan keperluan hari raya. Saya paling senang kalau diajak ke pasar kaget dan membeli aneka makanan untuk buka puasa nanti.
5. Beli baju lebaran. Nah ini yang dinanti oleh saya dan anak-anak zaman itu. Bisa dibilang, saat saya kecil, beli baju tuh setahun sekali, ya pas lebaran itu. Jadi kebayang khan gimana senangnya saat diajak ke kota untuk membeli baju lebaran. Rasanya jadi putri setahun sekali.
Nah itu Ramadhan saat masa kecil saya yang tentunya jauh berbeda dengan zaman sekarang. Jika dulu, rasanya waktu berputar begitu lambat dan lama sekali menanti waktu berbuka, sekarang rasanya saya berkejaran dengan waktu. Jadwal kegiatan bulan Ramadhan padat merayap. Zaman saya kecil, jarang sekali bisa buka bersama di luar, zaman sekarang bukber sudah menjadi tren.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *