Realitas Dunia Nyata VS Realitas KDramaland

Realitas Dunia Nyata VS Realitas KDramaland

Realitas Dunia Nyata VS Realitas KDramaland. Siapa sudah yang kecanduan nonton drakor? Siapa yang suka nge-ship pasangan di drakor dan ikut patah hati saat second lead ditendang? Pukpukpuk … Saya duluan angkat tangan, deh.Merasa diri ini begitu lemah dengan alur kisah yang begitu membawa diri ke dunia fantasi nanindah dengan segala tantangannya. Tapi eits…walaupun saya suka banget dengan drakor, saya teteup lho mesti bisa membedakan antara dunia nyata dan kdramaland. Ada beberapa realitas di Kdramaland yang memang rasanya agak aneh bin mustahil terjadi di dunia nyata, kemungkinan terjadinya 0,0000000001%, deh saking kecilnya kemungkinan. Tapi bisa saja sih terjadi di dunia nyata tapi satu banding seribu, deh.

Jadi apa saja sih realitas di Kdramaland yang kemungkinan terjadinya sangat kecil di dunia nyata? Ini dia beberapa hal yang saya temukan.

Baca Juga: Lee Jung Suk dan Dramanya yang Belum Pernah Gagal

Cinderella Syndrom

Kayaknya kalau storyline Cinderella Syndrom sudah jadi pattern di dunia drama, entah Kdramaland, dorama, drama India (tontonannya ibu-ibu paruh baya macam ibu saya), drama Turki (pernah ngehits di TV Nasional), dan tentunya sinetron kita tercinta. Kayaknya storyline Cinderella Syndrom tuh memang akan kekal deh di dunia drama. Selalu menjadi magnet bagi penonton. Entah karena dari bayi kita dicekoki kisah Cinderella dan sepatu kaca atau dongeng Bawang Merah dan Bawang Putih (Cinderella versi dongeng Indonesia) sehingga Cinderella Syndrom selalu menjadi kekuatan menarik bagi sebuah drama. Sudah nggak terhitung deh, Kdramaland yang menyajikan kisah gadis miskin yang dijatuhi cinta oleh pangeran tampan kaya raya. Masih ingat dengan Meteor Garden (2002), Boys Before Flower (2009), Hana Yori Dango (2005) (semua versi Jepang, Taiwan, Kdrama) Kisah 4 cowok ganteng yang tergabung dalam geng 4F pun mengisahkan cinta sang ketua geng pada gadis miskin seperti Geum Jan Di. Sang tokoh perempuan tentunya seorang gadis miskin pekerja keras yang berjuang hidup di tengah hinaan dan pertentangan keluarga.

Boys Before Flower

Boys Before Flower

Begitu pula dengan The Heirs(2013), kurang lebih memilih storyline Cinderella Syndrom. Baiklah, saya akui storyline seperti ini masih sangat disukai oleh penonton, termasuk saya. Walaupun sudah bisa menebak ending kisah atau bagaimana chemistry para tokoh tapi teuteup aja nonton. Recehan banget ya si saya.

Sang Pewaris "The Heirs" sumber: google

Sang Pewaris “The Heirs”
sumber: google

Bagaimana dengan dunia nyata? Memang sih suka muncul berita tentang gadis dengan latar belakang biasa yang menikah dengan pewaris perusahaan. Semacam Nia Ramadhani yang disunting putra keluarga Bakrie. Tapi, itu jaraaaaaang terjadi. Lagian kalau mau disunting sang pangeran, setidaknya mesti punya wajah cantik nanrupawan. Anehnya, walaupun kemungkinannya sangat kecil, ditolong dan dinikahi oleh pangeran tampan nankaya raya masih menjadi impian sebagian besar perempuan. Nah, lho. Salah siapa ini? Siapa suruh nonton drama terus.

Baca Juga: Kenapa Susah Move On dari Reply 1988

Dunia Selebar Daun Kelor

Dunia itu luas, bo, tapi anehnya ya kalau di Kdramaland seakan dunia tuh sempit banget. Walaupun si tokoh diceritakan sudah melanglang buana ke luar negeri atau ke dunia ‘lain’ teteup aja akan dipertemukan dengan jodohnya. Hahaha, jadi gini, suka lihat khan storyline macam gini, si tokoh A bertemu tokoh B, entahlah awal mereka jumpa bagaimana, bisa berantem, tubrukan, apa pun itu bisa dibuat oleh SW nim (Sript Writer) tapi anehnya tenyata kedua tokoh tersebut sebenarnya semasa kecil pernah bertemu atau memang memiliki relasi.

Helooo, di dunia nyata, rasanya agak mustahil bertemu dengan cinta pertama saat masih piyik. Mending kalau main facebook atau sosmedan yang lain, kalau nggak, ya kecil kemungkinan ketemu. Bertemu dengan mantan pun kayaknya kecil kemungkinan apalagi bertemu dengan ‘teman’ masa kecil. Anehnya lagi, pertemuan mereka seakan membuat dunia mereka itu-itu aja, eh si A lagi,eh si B lagi, ketemu di kafe,ketemu di jalan, ketemu di kantor, dan banyak tempat yang bisa jadi ajang pertemuan.

Cinta Dimulai dari Kawin Kontrak

Entah sudah berapa banyak drama yang menyajikan kawin kontrak dalam alur ceritanya.Masih inget kisah Han Ji Eun di Full House (2004)? Demi bisa tinggal di rumahnya yang sudah dijual oleh pacar dan sahabatnya sendiri. Han Ji Eun (Song Hye Kyo) pun melakukan kawin kontrak dengan Young Jae (Rain) seorang aktor terkenal yang membeli rumahnya.

drama legendaris Full House sumber: google

drama legendaris Full House
sumber: google

Sederet kisah kawin kontrak telah terkemas dalam drama korea. Tinggal satu atap yang menumbuhkan benih cinta. Yang tadinya saling membenci jadi saling cinta setengah mati. Drama terkini yang storyline-nya tentang kawin kontrak yaitu drama Because This My First Life (2017) yang dibintangi oleh Lee Min Ki dan Jung So Min (si imut di Playfull Kiss). Kisah kawin kontrak selalu digemari oleh penonton drama dengan beragam kemasan yang berbeda. Dengan beragam motif yang menjadikan kawin kontrak terjadi begitu saja.

KAwin kontrak dengan laki-laki berwajah leumpeng yang fokus memikirkan cicilan dan kucing, maukah? sumber: google

KAwin kontrak dengan laki-laki berwajah leumpeng yang fokus memikirkan cicilan dan kucing, maukah?
sumber: google

Dalam dunia nyata? Adakah yang rela melakukan kawin kontrak demi membayar utang, demi bisa tinggal di kota besar tanpa membayar sewa, atau demi nama baik sebagai selebriti/tokoh besar (kadang yang melakukan kawin kontrak itu walikota,pengusaha, aktor terkenal, dll). Kayaknya agak jarang ditemukan di dunia nyata, kecuali fenomena kawin siri yang sedang menjamur di negara kita, heuuu…

Walaupun realitas kawin kontrak yang terjadi di dalam drama agak mustahil terjadi di dunia nyata namun storyline seperti ini begitu disukai. Walaupun kenyataan kawin kontrak di dunia nyata tidak seindah dalam drama tapi tetap saja banyak penonton yang berkhayal bisa menemukan pujaan hati melalui kawin kontrak. Heuuu … really?

Baca Juga: Nodame Cantabile Memanjakan Mata dan Telinga

Times Travel

Perjalanan dari masa depan ke masa lalu, atau dari masa lalu ke masa depan masih menjadi salah satu genre dalam drama yang disukai. Ada kisah drama yang tokohnya bolak-balik dari zaman modern ke zaman Joseon,  Silla, Goryeo. Beberapa drama Times travel yang melekat dalam memori saya yaitu Fait The Great Doctors (2015) yang dibintangi oleh Lee Min Ho dan Kim Hee Sun. LMH berperan sebagai seorang Jendral dari zaman Goryeo yang menculik seorang seorang dokter bedah plastiK dari zaman modern. Kim Hee Sun berperan sebagai dokter bedah zaman modern bernama Yoo Eun So. Eun So pun melakukan perjalanan ke masa lalu dan menjadi dokter di zaman Goryeo. Menurut saya nih (pendapat pribadi) drama Faith merupakan drama The Best-nya LMH. Drama terkini tentang travel dari masa lalu ke masa kini dan masa kini ke masa lalu (bolak-balik) yaitu Live Up to Your Name Dr. Heo (2017) yang dibintangi oleh Kim Nam Gil (Dr. Heo) dan Kim Ah Joong (Choi Yeon Kyung). Akting KNG agak berbeda di drama ini sehingga membuat sayab berpikir, “Oh, Nam Gil bisa juga berakting dengan akting humoris,”. Biasanya karakter yang dibawakan oleh Nam Gil itu agak ‘gelap’.

Aksi LMH yangmelakukan perjalanan waktu ke masa depan sumber: google

Aksi LMH yangmelakukan perjalanan waktu ke masa depan
sumber: google

Aksi KNG yang bolak-balik ke masa depan dan zaman joseon

Aksi KNG yang bolak-balik ke masa depan dan zaman joseon

Bisa ke masalalu dan bertemupangeran tampan dan berkarismatik kayak Wangso, apa yang akan kamu lakukan? sumber: google

Bisa ke masalalu dan bertemupangeran tampan dan berkarismatik kayak Wangso, apa yang akan kamu lakukan?
sumber: google

Drama times travel memang temanya kebanyakan kedokteran tapi ada juga yang bukan, kok, seperti Tomorrow With You (2017) yang dibintangi Shin Min Ah dan Lee Je Hon bercerita tentang Yoo So Joon yang selamat dari kecelakaan kereta dan semenjak itu bisa melakukan perjalanan ke masa depan dengan menggunakan kereta api.  Dan drama times travel yang membuat saya baper sepanjang masa adalah Scarlet Heart: Ryeo (2016). Duh kalau drama ini nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata dan saya pikir The Best-nya Lee Jun Ki. Masih banyak lagi drama times travel seperti Rooftop Prince (2012), Queen In Hyun’s Man (20120, Nine Time Time Travel (2013), Marry Him If You Dare (2013), dan Tunnel (2017).

Kisah romantis Shin Min Ah dn Le He Joon yng punya kemampuan ke masa depan dengan naik kereta api. sumber: google

Kisah romantis Shin Min Ah dn Le He Joon yng punya kemampuan ke masa depan dengan naik kereta api.
sumber: google

Dalam dunia nyata? Memang pernah yah ada yang melakukan perjalanan ke masa lalu? Entahlah, belum pernah ada orang yang benar-benar menceritakan perjalanan lintas waktunya. Semuanya masih berupa prediksi. Walaupun sesungguhnya, manusia bisa lho melakukan perjalanan waktu, tapi tidak secara fisik melainkan melalui memorinya. Kita bisa melakukan perjalanan ke masa lalu dan memaafkan luka di masa lalu hingga bisa hidup lebih bahagia di masa kini dan masa depan. Ecieeeee …

Percintaan Dua Dunia (Manusia – Hantu/Manusia – Malaikat/Manusia – Goblin/Manusia-Dewa)

Storyline drama percintaan dua dunia pun menjadi tema yang selalu menjadi magnet penonton. Ada kisah percintaan manusia dan hantu seperti dramanya Kim So Hyun dan  Ok Taec  Yeon, Let’s Fight Ghost (2016), ada juga drama percintaan antara manusia dan tokoh komik di Drama W Two World (2016) yang dibintangi Lee Jung Suk dan Han Hyo Joo. Kisah percintaan manusia dengan Goblin di drama Guardian: The Lonely and Great God (2017) yang dibintangi Gong Yoo dan Kim Go Eun. Seaneh apa pun percintaan dua dunia tersebut, tetap saja menjadi daya tarik bagi pecinta drama.

Kalau ada goblin seganteng ini, maukah? sumber: google

Kalau ada goblin seganteng ini, maukah?
sumber: google

Kisah cinta antara manusia dan dewa air dalam drama The Bride of Habaek (2017). Siapa sih yang mau nolak dewa air seganteng Nam Joo Hyuk? Ada juga hantu perempuan secantik Shin Min Ah yang bikin Lee Seung Gi klepek-klepek di drama My Girl Friend is a Gumiho (2010). Masih ingat sang alien ganteng Kim So-Hyun di drama My Love From The Star (2013) yang membuat Jun Ji Hyun jatuh cinta setengah mati. Memang percintaan antara manusia dengan makhluk dari dunia lain membuat fantasi penonton melambung setinggi angkasa.

Dicintai dewa air sekiyut ini, gimana coba? sumber: google

Dicintai dewa air sekiyut ini, gimana coba?
sumber: google

Kenyataannya? Boro-boro jatuh cinta dengan makhluk yang berasal dari dunia yang berbeda, punya pacar sesama manusia pun kayaknya susah-susah gampang. Itu buktinya para jomblowan dan jomblowati masih suka nulis status galaunya di sosial media.

Pertukaran Jiwa

Storyline tentang pertukaran jiwa pernah merebut hati kdrama lovers. Masih ingat dengan Secret Garden (2010)  yang dibintangi oleh Hyun Bin dan Ha Ji Won. Drama ini berhasil membuat saya baper berkepanjangan dan nangis berhari-hari. Akting keduanya yang bertukar jiwa keren banget, deh. Masih ada Big (2012), My Runway (2016), dan Daddy You Daughter Me (2017).

Hyun Bin dan Ha Ji Wontertukar jiwa, malah jatuh cinta. sumber: google

Hyun Bin dan Ha Ji Wontertukar jiwa, malah jatuh cinta.
sumber: google

Kenyataannya? Hmm… ngeri juga ya kalau sampai ada kejadian pertukaran jiwa. Kejadian orang kesurupan aja sudah bikin merinding bulu kuduk. Apalagi sampai tukeran jiwa.Mending kalau tukeran sama sosok yang kita inginkan kalau tukeran sama lawan jenis, atau sama orangtua kita sendiri, makin aneh aja,ya.

Kekuatan Super

Banyak drama yang memiliki storyline tokoh yang memiliki kekuatan super. Kalau drama dari Amerika, ada Xena the Warrior Princess, ada para superhero milik DC Comic dan Marvels. Drama Korea pun tidak ketinggalan dengan cerita tokoh yang memiliki kekuatan super. Seperti Park So Ha dalam drama I Can Hear Your Voice (2013) yang mampu mendengar suara dari orang-orang yang bicara dalam hati. Drama terkini tentang kekuatan super ada The Strong Woman Do Bong Soon  (2017) yang menceritakan perempuan mungil bernama Do Bong Soon (Park Bo Young) yang memiliki kekuatan super. Ada drama thriller criminal Voice (2017) yang menceritakan Kang Kwon Joo (Lee Ha Na) yang mampu mendeskripsikan situasi atau tempat berdasarkan suara yang dia dengar.

si mungil Do Bong Soon gendong pacarnya yang tinggi besar, gimana coba perasaan pacarnya? sumber: google

si mungil Do Bong Soon gendong pacarnya yang tinggi besar, gimana coba perasaan pacarnya?
sumber: google

Kenyataannya? Hmmm …punya kekuatan super sungguh sebuah anugerah namun hati-hati bisa dielu-elukan oleh sesama manusia. Dalam dunia nyata memang kerap diberitakan manusia-manusia yang memiliki kekuatan super seperti mampu menarik kendaraan dengan giginya, mampu menarik beragam besi ke tubuhnya bagai magnet, dan kekuatan-kekuatan super lainnya yang tidak dimiliki manusia rata-rata. Namun, apakah kehidupan para manusia super dalam dunia nyata itu seindah dalam Kdramaland?

Kdramaland menyajikan beragam realitas yang bisa dinikmati oleh penonton. Realitas-realitas tersebut memang membius para penonton untuk hanyut dalam alur cerita. Ikut menangis saat para tokoh menangis, ikut tertawa saat para tokoh sedang melakukan aksi-aksi lucu, ikutan baper, ikutan deg-degan saat mereka jatuh cinta, ikutan sedih,kecewa, marah, dan perasaan-perasaan manusiawi lainnya. Pokoknya membuat penonton berhati lemah seperti saya ikutan hanyut dalam alur ceritanya. Sebagai penonton memang tidak masalah hanyut dalam realitas Kdramaland dan tetap menyimpan realitas tersebut di dunia sana, jangan sampai membawanya pada realitas kehidupan nyata.

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

46 Responses

  1. Saya selalu kagum sama penulis drama korea. Kalau bikin drama dengan profesi tertentu kayaknya pakai riset banget jadinya yang nonton sekalian dapat ilmu

  2. Sissassy says:

    Kak Rani fans nya LeeMinHo ya? Soalnya banyak gambarnya. Hehe. Mengenai kawin kontrak, mungkin di Korea sendiri memang banyak yg melakukan walau sebenarnya mereka cuma roomate atau co-housing. Karena katanya sih disana ada hukum yang melindungi pasangan yang tinggal bareng sebelum menikah, diantaranya mereka bisa rebutan harta gono-gini kalau mereka putus. Jadi hukum ini bisa dimanfaatkan roomate untuk ngelindungin harta mereka kalau mereka sudah nggak jadi roomate lagi, mereka cuma tinggal sepakat bilang kalau mereka tinggal bareng karena mau nikah tapi pernikahan gagal, walau sebetulnya nggak. Mungkin lho ya Kak, ini juga denger-denger.

  3. Sandzarjak says:

    Menarik memang melihat genre sinetron Korea. Tapi lebih menarik lg kl bahas dampaknya ke dunia pesinetronan Indonesia.

  4. Ajen says:

    Wuhhh ternyata Ranny Unie pakar korea juga..
    Ember sih Unie drakor tuh emang crritanyaa klise rapi karena oemainnya tampan2 jadi enak aja ditonton.
    Akting dan plot juga menarik.
    Beda sama Sinetron Indo dan India
    Selama 2017 jarang nonton Drakor. Tekomendasi dong, Unie

  5. drama korea emang punya daya tarik sendiri ya Teh, kadang kalo udah nonoton 1 episode aja suka langsung ketagihan buat nonton episode2 berikutnya, dan pas udh beres 1 drama suka kepengen cari drama lain hahahha terus lucunya aku suka jadi baper sama ceritanya.

  6. dunia kadang tak seperti film korea :))

  7. Dian Safitri says:

    Sepertinya garis besarnya ada juga di drama-drama negara lain sejak dulu ya.
    Aku cuma pernah nonton Full House, itu pun karena didubing.

  8. Jiah says:

    Wkwkwkwkwk
    Aku dicekoki kdrama sih seneng2 aja ya. Habisnya hidup sendiri pait jd mau seneng2 sama dunia fantasi. Terus kdrama walo garis cerita sama tp penyajiannya beda, gak asal. Jd kita yg nonton puas

  9. Ruli retno says:

    Tetep sih idolaku full house sama goblin. Realita nya memang nyaris ga ada. Tp aapa mungkin karena itu khayalan jd terhibur bgt yak

  10. Mildaini says:

    aku, drakor suka cerita yang realistis aja, kek serial keluarga, keributan keluarga dll. kalo yang berbau kekuatan super, gak suka

  11. Liza says:

    Hihihi, aku lagi kecanduan nonton drakor nih mbak. Mumpung ada paket gratis di HP, sambil bobok cantik pun bisa nonton. Dan semua jenis drakor yang mbak rany sebutkan aku suka

  12. hello fika says:

    Kalau yg cinderella sindrom dan kawin kontrak, banyak sih aku temui di dunia nyata. Toh ide drama kan awalnya dr kisah nyata di dunia. Cuma ya ditambahi bumbu lebih banyak. Tp kalau yg ada unsur mistis kayak goblin dll aku blm nemu

  13. Marfa says:

    AHAHAHAHAH ya ampun kubacanya sambil ngakak2, sebenernya sama si ya kaya sinetron2 Indonesia, tapi kenapa sinetron malah dihujat ya? Apa krn KDrama lebih halus ya garapannya ngahaha XD aku gaterlalu nonton KDrama sih karena ya gatahan nonton lama berseries2 XD

  14. Sebenarnya saya juga suka nonton drakor. Beberapa jalan ceritanya memang mudah ketebak. Seperti kisah cinderella dan semacamnya. Tapi yang buat saya betah nonton, selain aktornya yang kiyut (wkwkwk) juga kisah romantisnya yang halus dan gak terlalu vulgar.
    Tapi sekarang mulai dibatasi. Gak terlalu sering nonton. Soalnya kalau sekali nonton, gak bisa berhenti hihihi

  15. Dwi Ananta says:

    Aku juga pencinta drakor hahaha… Suka lupa waktu kalau sudah nonton drakor. Selain pemainnya enak dipandang, episode yang tidak terlalu panjang, produksinya juga gak main-main. Tapi ia si ada cerita yang macam cinderella story itu bikin gregetan hahaha

  16. Aku sih bukan fans drama Korea tapi melihat fenomena saat ini banyak kok yang masih berharap pangeran berkuda putih datang dan menyapanya langsung dirumah. Kadang realita sangat jauh dari drama dan hasilnya sangat jauh berbeda tapi tetap ada aja yang masih berharap yak! hehehehe

  17. Perempuan November says:

    Waaah.. waah.. waaah… aku salutnya sama dirimu mbak, itu semua drama kamu yang kamu sebutin udah kamu tonton?! mantap jiwa deh. aku kalau lagi luang mau juga sih nonton Kdrama, tapi nggak sebanyak yang kamu tonton deh kayaknya. trus aku selalu nggak hafal nama-nama mereka. palingan cuma Lee Min Ho doang yang aku hafal namanya.

    Btw, ngomongin Nia Ramadhani, kayaknya dia nggak masuk dalam Cinderella Syndrom deh, kan dia juga kaya dan udah terkenal sebagai artis 😀

  18. aku dapet banyak banget referensi Kdrama yg bikin mupeng buat ditonton teh dari postingan ini, asiik
    emang ya kadang Kdrama itu suka bikin baper tapi kalo romantis-romantisannya bisa lah dipraktekin di dunia nyata sama pasangan hihi..
    apalagi itu yg ada oppa tampan Lee Min Ho nya

  19. Nova Violita says:

    Dulu pernah sih liat k drama…Kalla sekarang gak pernah ngikutin..jadi kurang paham .

    Kalo dulu pernah ngikutin long vacation..
    Itu bikin baper banget, janggeng (tulisannya gimana lupa hahah) dll.

  20. Ulya says:

    Waaaa
    Lengkap banget ini sih. Tapi emang ya kadang ada yang kayaknya gak mungkin tapi ternyata kejadian di Kdrama. Haha

  21. zefy says:

    ada lho temenku yang suka banget dengan drakor, seusai nonton biasanya dia akan teriak menyebut nama si aktor pria lalu tersenyum bahagia. kamis elalu mengingatkan kalau itu adalah film dan perlu diingat ini adalah indoensia 😀

  22. Ahhh … semuanya tentang Koreaaa. Jadi banyak skip deh baca tulisannya. Asli gak terlalu suka meski beberapa film tertentu ya ditonton juga hehehe

  23. lendyagasshi says:

    Wiiih…teteh, lengkap banget.
    Kalo sesama fans drama Korea, aku menobatkan teteh jadi eonni-ku.
    Wkkwkk…ini ke-absurd-an para fans dramaland.

    Setiap orang yang cakep, berhak dipanggil Oppa…meskipun lebih muda.

    Tapi memang genre drama dengan Cinderella storyline selalu bikin aku termehek-mehek. Padahal mah…ending sudah pasti happy, tapi kalau ngikutin dramanya (apalagi airing), jadi suka gemes sendiri.
    Huuhu…..eottoke?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *