Reksadana Syariah, Sarana Berinvestasi dengan Cara yang Halal

Reksadana Syariah, Sarana Berinvestasi dengan Cara yang Halal

Sebagian besar masyarakat Indonesia beragama muslim dan bahkan jumlah muslim di Indonesia termasuk yang terbesar di dunia. Tak heran jika pasaran di Indonesia butuh segala jenis produk yang berbasiskan syariah dan halal. Dunia keuangan juga meramaikan pasaran produknya dengan basis syariah sejak munculnya perbankan syariah, koperasi berbasis syariah, BMT dan masih banyak lagi. Kini investasi juga turut melandaskan diri dalam prinsip syariah seperti reksadana  syariah yang bisa jadi pilihan tepat muslim yang ingin investasi namun tetap halal.

Baca Juga: Yuk, Investasi diBukalapak Reksadana

Reksadana adalah investasi yang belakangan ini sedang banyak diperbincangkan di kalangan masyarakat. Hal ini lantaran danareksa memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan investasi lainnya. Berinvestasi melalui danareksa bahkan bisa dimulai dengan nominal uang yang sangat kecil sehingga akan memberikan kemudahan kepada para investor. Anda bisa menjadikan investasi danareksa ini sebagai investasi untuk jangka panjang di masa depan baik untuk persiapan pendidikan hingga masa pensiun.

 

Agar Anda tidak bingung antara danareksa konvensional dan danareksa syariah, maka berikut ini beberapa ciri danareksa syariah yang perlu Anda ketahui:

 

  1. Tercantum di DES

Apa itu DES? DES adalah Daftar Efek Syariah dimana disitu ada seleksi ketat terkait prinsip Islam di dalamnya sehingga hanya danareksa yang sesuai prinsip Islam saja yang bisa terdaftar di dalamnya. Di dalam DES akan tercantum nama serta jenis perusahaan yang sudah dan dapat memperjualbelikan danareksa syariah sehingga pemasukan yang bisa diterima dari pemilik modalnya akan bisa dipertanggungjawabkan dari segi kehalalan operasinya mengingat sudah di verifikasi terlebih dulu oleh para dewan syariah.

 

  1. Diawasi OJK dan DPS

Ciri yang selanjutnya adalah adanya pengawasan dari DPS atau Dewan Pengawas Syariah yang bertugas untuk mengawasi hal-hal yang berkaitan dengan keuangan berprinsip Islami. Hal ini tentu akan menyangkut dengan kehalalan dan aturan Islam. Tak hanya diawasi secara syar’i saja, namun danareksa yang dipilih juga harus diawasi oleh OJK sebagai pengawas keuangan di Indonesia agar keamanan dana pun terjaga.

 

  1. Adanya proses cleansing

Di dalam danareksa syariah, ada proses cleansing yang bermakna adanya pembersihan untuk bisa memastikan status kehalalan dari produk tersebut. Proses pembersihan dari segala hal yang bisa mengganggu status kehalalan dalam investasi inilah yang menjadikan danareksa syariah semakin spesial. Dari proses cleansing, akan ada nominal uang yang nantinya akan diserahkan ke segala hal yang bersifat amal dan bukan untuk investor.

 

Bagi Anda yang ingin berinvestasi di danareksa, maka ada baiknya Anda bisa lebih bijak dalam memilih dari segi rentang waktunya mengingat setiap investasi ada rentang waktu perputaran uang. Dalam hal ini ada panduan yang bisa Anda ikuti, yaitu:

 

  1. Untuk mereka yang akan berinvestasi dengan jangka pendek di bawah satu tahun, maka danareksa pasar uang adalah pilihan paling tepat. Rentang periode ini akan bisa membuat uang berputar secara cepat namun tetap aman dan pastinya halal di danareksa syariah.
  2. Untuk mereka yang akan berinvestasi dengan jangka menengah seperti antara 1 hingga 3 tahun, maka danareksa pendapatan syariah bisa jadi pilihan yang bagus karena modal akan berputar dengan cukup bagus.
  3. Sedangkan untuk mereka yang akan berinvestasi dengan jumlah modal besar maka jenis reksadana campuran akan lebih cocok.
  4. Untuk dapat menjaga pada portofolio aset, maka reksadana saham syariah adalah pilihan bijak bagi Anda yang berencana investasi dengan jangka yang panjang seperti 5 tahun lebih.

 

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

4 Responses

  1. rani says:

    saya belum pernah coba reksadana karena memang pendapatan belum banyak. nanti klo sudah banyak baru saya coba.

  2. nanti kalau exp rekening saya habis saya coba ganti ke reksadana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *