Resep Buka Puasa Skippy Untuk Keluarga

Resep buka puasa skippy

Resep Buka Puasa Skippy Untuk Keluarga. Memasak memang membutuhkan keahlian dan kreativitas. Lalu bagaimana dengan saya yang gagap dalam memasak. Bertahun-tahun sibuk sebagai karyawan dan menggantungkan pemenuhan kebutuhan perut pada orang lain yang lebih ahli dalam memasak alias ibu warung. Berbanding terbalik dengan mamah dan adikku yang pintar masak, rupanya keahlian memasak saya sangatlah minim. Oleh karenanya, setelah membebaskan diri dari status pegawai kantoran dan berpindah kuadran menjadi ibu rumahan, saya sering berburu resep masakan. Tujuannya agar bisa memenuhi kebutuhan perut anak-anak yang ternyata hobi menghabiskan makanan. Untungnya anak-anak doyan makan, jadi masak apa pun, bagi anak-anak masakan bunda enak, hihihi. Padahal mah, kadang kemana gula ke mana garam, rasanya nggak karuan.

Nah, bulan Ramadhan kali ini, mamah pergi ke Tangerang. Biasanya mamah yang suka memasak dan tugas saya sebagai asisten saja. Namun, kali ini tanggung jawab di dapur sepenuhnya ada di tangan saya. Sementara ada si sulung Fathan yang sedang belajar puasa. Kasihan kalau si sulung sudah berlelah puasa tapi disajikan makanan seadanya seperti ceplok telur. Baiklah kalau begitu, sudah saatnya saya kembali ubek-ubek resep sederhana tapi menggoda selera anak-anak. Untuk itulah saya mencari resep buka puasa skippy untuk keluarga.

Berpuasa di bulan Ramadhan sering identik dengan adanya gangguan pencernaan seperti sembelit karena kurangnya asupan makanan yang mengandung serat. Tapi kadang anak-anak bosan makan sayuran dan maunya makanan instan dan frozen food. Saya sendiri bukanlah ibu idealis yang meniadakan frozen food di kulkas. Bahkan, beberapa jenis frozen food seperti nuget dan sosis selalu duduk manis di kulkas menanti untuk dimasak. Namun, inginnya menyajikan menu masakan untuk keluarga bervariasi, khan. Apalagi ini bulan Ramadhan, biasanya suka penasaran pengen coba menu baru untuk hidangan buka puasa. Makanya saya ingin memasak menu makanan yang mengandung sayuran tapi cara membuatnya sederhana tidak perlu pakai bumbu.

Sehari-hari pun saya hanya bisa memasak menu sederhana seperti tumis-tumisan dan sop. Tapi kayaknya di bulan Ramadhan ini ingin coba resep buka puasa yang berbeda yaitu dengan menggunakan selai skippy sebagai salah satu bahannya.

Selain bulan Ramadhan, saya dan anak-anak biasanya sarapan sederhana yaitu menyajikan roti tawar dengan isi selai skippy. Pilihan selai skippy karena rasa selainya yang enak, gurih, dengan sedikit rasa asin. Nah, berhubung memasuki bulan Ramadhan ini, anak-anak tidak sarapan dan selai skippy masih ada stok, jadi pengen bikin menu dari resep buka puasa skippy. Lumayan khan ngabisin stok selai skippy yang masih ada.

Kemasan Selai Skippy
Selai skippy dikemas dalam botol jar dari plastik bening sehingga isinya trlihat. Stok skippy yang saya ada di rumah berukuran 170 gr.

Komposisi Selai Skippy
Kacang 85%, gula, minyak kacang, penstabil nabati (mengandung minyak kedelai), garam.

Kalori Selai Skippy

Energi total 210kkal, energi dari lemak 150kkal, lemak total 17g, lemak jenuh 4g, kolesterol 0mg, protein 7g, karbohidrat total 7g, serat pangan 2g, gula 3g, natrium 105mg, Vitamin E 10%.

Harga Selai Skippy di Indomaret saya beli dengan harga Rp

Resep buka puasa skippy
Selai Skippy kemasan botol plastik ini merupakan produk Beijing Hormel Business Management Co., Ltd., Weifang – Shandong, China. Untuk pasar Indonesis diimpor oleh perusahaan PT. Sukanda Djaya, Jakarta 14430 dengan kode makanan BPOM RI ML 217809001264. Komposisi selai kacang ini memang 85% adalah kacang tanah.

Oh iya, selain rasanya enak, saya juga mempertimbangkan kehalalan suatu produk makanan untuk dikonsumi. Alhamdulillah, selai Skippy sudah halal MUI dan terdaftar di BPOM. Jadinya berasa aman dan tenang deh mengonsumsinya, tidak khawatir mengonsumsi makanan yang haram ataupun subhat.

Resep buka puasa kali ini saya membuat makanan dari bahan-bahan sederhana yang ada di kulkas yaitu Tahu Telur Bumbu Kacang. Nah, bumbu kacangnya dari selai skippy. Ini dia resepnya.

Resep buka luasa skippy

Tahu Telur
Bahan:
2 buah tahu ukuran kecil
1 butir telur
1 batang bawang daun
Garam secukupnya
Merica bubuk secukupnya
Tauge
Minyak goreng secukupnya

Bumbu kacang
2-3 sdm selai skippy
1 cabe merah buang bijinya
Garam secukupnya
Air secukupnya

Pelengkap
Kecap manis

Cara membuat
1. Rebus tauge sampai matang lalu tiriskan
2. Potong tahu menjadi potongan dadu kecil
3. Siapkan wadah, masukkan potongan tahu, kalau saya potongan tahu itu dilembutkan dengan menggunakan sendok. Lalu masukkan meriga, garam, dan telur. Aduk rata.
4. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak goreng. Adonan telur tahu digoreng sampai berwarna keemasan. Kalau saya, adonan dibagi menjadi 3 bagian, jadi tidak terlalu besar ukurannya. Setelah matang, sisihkan.
5. Haluskan bawang putih, cabe merah, dan garam.
6. Sekarang membuat bumbu kacang dengan cara memasukkan 2-3 sdm selai skippy ke wajan yang sudah dipanaskan dengan api kecil. Lalu, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan air secukupnya, masak hingga matang.
7. Siapkan piring saji, tata tahu telur, tauge, lalu diberi bumbu kacang. Jika suka tambahkan kecap manis sebagai pelengkap.
8. Tahu telur bumbu kacang siap disantap.

Alhamdulillah anak-anak suka dengan menu resep buka puasa skippy ini. Awalnya meteka heran, “Bun, kok dimasak selai kacangnya?” tanya si sulung penasaran. Eh, setelah jadi, ternyata dia yang paling lahap makan.
“Enak ya, Bun, selai kacang skippy dimasak,” ucapnya antusias.
Wah, senangnya percobaan pertama berhasil. Jadi penasaran pengen buat lagi masakan resep buka puasa skippy yang lain. Kira-kira ada yang mau sumbang ide resep masakan dari selai skippy?

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

20 Responses

  1. Wah boleh-boleh nih nyobain resepnya nanti. Penasaran dengan Skippy yang dipakai buat bikin masakan utk makan nasi. Aku biasanya cuma dijadiin topping atau filler makanan manis aja.

  2. Raisa Hakim says:

    Yg based olahan saus kacang berarti bisa ya pakai skippy soalnya memang kacang bgt rasanya kadang ditambul juga bikin kenyang si skippy 😀

  3. Desi Namora says:

    Penasaran sama resep tahu telur pake bumbu skippynya Mak, makin yummy ya Mak, sedeepp

  4. Yati Rachmat says:

    Aneh sih baca resepnya, lha koq skippy my favorite chinky ini bisa toh utk lauk makan. Penasaran? Ayo, mari jo kita coba, masa seeey ada seeey teman makan roti buat temen makan nasi. Ayo kita coba, soalnya ada taugenya kesukaanku juga

  5. Jadi makin enak dong kalau tahu telur dikasih bumbu kacang Skippy. Saya suka tuh gadoin Skippy. Abisnya memang enak

  6. Menunya unik ni, skippy buat bumbu kacang, karena selama ini kesannya skippy kan manis ya, boleh dicoba ah

  7. Ternyata selai skippy bisa dimasak juga yah Ran, kepikiran aja sih. Aku mikirnya cuma bisa dioles ke roti doang. Dasar kurang kreatip hehe

  8. Yuni says:

    Aku suka saus kacang skippy ini karena lembut dan pas rasanya mba. Sering juga masak tahu telor untuk anak sausnya cukup pake skippy aja, itu sdh membuatnya nambah terus makannya.

  9. Arda Sitepu says:

    Tahu toge dan resep ini pakai skippy, ini keren banget saya baru nemu ternyata skippy itu bisa dijadikan apa aja ya mbak. Selama ini saya cuma oleskan ke roti bakar aja hehe.

  10. Lidya says:

    Gak usah ngulek bumbu kacang lagi ya, praktis pakai skippy aja rasanya juga enak. Memudahkan kita dalam memasak tahu telur ya pakai skippy

  11. Mechta says:

    Wah tampak enak dan praktis membuatnya ya.. siip…ikutan simpan resepnya ah..bisa jadi alternatif menu buka / sahur nih.. TFS mba ..

  12. Siti hairul says:

    Aku kmrn Skippy peanut butternya ta bikin saus untuk campuran spaghetti. Enak banget

  13. Emang enak teh akippy butter nut ini. Saya kemarin juga bikin bumbu pecel ditambahin akippy butter nut. Jadi lebih kental dan pas rasanya.

  14. lendyagasshi says:

    Oh … Di jadikan bumbu kacang yaa, teh..
    Rasanya jadi lebih halus yaa, teh.. gak kaya ngulek kacang sendiri.

  15. Siska Dwyta says:

    Boleh juga resepnya nih Mbak. Skippynya dimasak untuk jadi bumbu kacang, eh tapi kemarin saya buat bumbu kacangnya cukup dengan dicampur air secukupnya saja. Ya, ternyata ada banyak cara untuk menikmati skippy ya mbak.

  16. April Hamsa says:

    Aku kok jd tertarik pengen masak resepnya haha 😀
    Enak banget itu buat camilan mbak, apalagi pas nanti buat waktunya buka. Kalau mau lbh pedes lagi ditambahin cabe bisa jg yaaaa

  17. Indah Nuria says:

    Kalau dengan skippy bisa kreasi aneka makanan yaaa mba. Kalau aku senengnya buat kue or campuran bumbu seperti ayam rujak bumbu kacang

  18. Aiiiihhh nggak kepikiran aku, tahu telur pakai selai kacang. Tapi iya juga ya, kadang memang males bikin saus kacangnya….

  19. Marasolehah says:

    Aku penasaran sama skippy ini, aku kira cm buat selai di oles2 di roti saja. Tyta buat masakan juga enak ya. Hmmmm kapan2 coba resepnya deh

  20. ZILQIAH says:

    skippy ini andalan aku juga loh kalau sarapan oles ini ke roti buat anak-anak
    ternyata bisa juga ya variasi menu lain pakai skippi
    otomatis nyetok terus nih di rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *