Saatnya Anak Muda Bergerak untuk Membentuk Karakter Bangsa

saatnya-anak-muda-bergerak-untuk-membentuk-karakter-bangsa

Saatnya Anak Muda Bergerak untuk Membentuk Karakter Bangsa. Itulah yang dilakukan oleh Komunitas Rumah Dongeng Pelangi. Komunitas yang terdiri atas mahasiswa dan berbagai profesi ini memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan anak-anak Indonesia. Mereka memiliki misi untuk membentuk karakter anak-anak sejak dini melalui dongeng. Dongeng dianggap sebagai salah satu metode menyenangkan untuk pembentukkan karakter positif bagi anak-anak.

rumah-dongeng-pelangi-300x300

Siapa yang tidak suka dongeng? Hampir setiap anak menyukai dongeng sehingga melalui hal yang disukai oleh anak-anak tentunya akan lebih mudah membentuk karakter positif pada anak-anak. Dongeng dijadikan sarana untuk menularkan pesan positif kepada anak-anak.

Seperti kita tahu, dongeng memiliki banyak manfaat, di antaranya anak yang suka mendengarkan dongeng akan memiliki perkembangan bahasa yang lebih baik. Si anak pun mampu membangun kosa katanya dengan baik. Melalui dongeng, anak akan terbantu untuk berimajinasi. Imajinasi sangat penting dalam proses anak berpikir kreatif dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah. Dengan imajinasi yang tepat, si anak akan mampu berkomunikasi dengan baik.

Manfaat lain dari dongeng yaitu sebagai sarana menanamka etika dan nilai-nilai kehidupan seperti nilai-nilai kejujuran, rendah hati, rasa empati, juga sikap tolong-menolong. Selain itu, dongeng dapat merangsang minat baca pada anak-anak sehingga bisa menciptakan generasi penyuka buku. Hal-hal tersebutlah yang membuat Komunitas Dongeng Pelangi menggagas dongeng sebagai sarana pendidikan karakter pada anak.

Kegiatan mendongeng bisa dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, hingga lingkungan masyarakat melalui berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan sosial yang digagas oleh Rumah Dongeng Pelangi yaitu Dongeng Charity. Kegiatan ini merupakan kegiatan sosial dengna mendongeng untuk anak panti asuhan, sekolah kolong, dan PAUD. Kegiatan ini dilakukan sebulan sekali. Selain itu, ada juga kegiatan  Panggung Boneka untuk 1.000 anak Indonesia, kegiatan ini merupakan kegiatan pendampingan kpeada PAUD yang tidak mampu untuk wilayah Jabodetabek. Dongeng merupakan metode pembelajaran kreatif yang cocok untuk anak-anak.

rumah-dongeng-pelangi

foto: www.rumahdongengpelangi.blogspot.com

Bagi kamu yang memiliki kepeduliann terhadap anak-anak bisa bergabung dengan komunitas Rumah Dongeng Pelangi. Jika tidak memiliki kemampuan mendongeng tidak usah khawatir karena yang terpenting adalah memiliki kepedulian, kepekaan, dan rasa kasih sayang kepada anak-anak. Mendongeng pun bisa dilakukan dengan cara membacakan buku cerita dengan suara keras dan antusiasme yang tinggi. Sehingga anak-anak pun suka. Bagi kamu yang tertarik bergabung dan berkegiatan dengan komunitas Rumah Dongeng Pelangi bisa menemui mereka di alamat ini.

Rumah Dongeng Pelangi

Pendidikan

Jl. Pulo Sirih Raya AE 215, Grand Galaxi.,Bekasi,Jawa Barat

Komunitas Rumah Dongeng Pelangi sudah melakukan aksi untuk negeri ini. Dimulai dari kegiatan yang biasa dilakukan di rumah dan sudah mulai ditinggalkan oleh para orangtua. Nah, selain komunitas Rumah Dongeng Pelangi, banyak komunitas lain yang sudah melakukan aksi nyata untuk Indonesia. Ada berbagai komunitas dengan berbagai kegiatan, ada yang melakukan kegiatan sosial, kegiatan lingkungan hidup, dan lain-lain. Tujuan dari para komunitas ini adalah melakukan hal yang bisa dilakukan sekecil apa pun untuk kemajuan Indonesia.

Buat kamu yang ingin tahu komunitas anak muda lainnya bisa intip di Opini.id Situsnya Anak Muda yang Punya Kepedulian. Nah, Opini.id mendukung gerakan anak muda yang bersatu untuk menjadikan Indonesia lebih baik. Seperti halnya Jong United, pada 28 Oktober, 88 tahun lalu, Komunitas Dongeng Pelangi dan komunitas-komunitas lainnya seperti Komunitas KemangTeer, Komunitas Berbagi Nasi, dan komunitas-komunitas lainnya melakukan janji. Jika 88 tahun lalu, komunitas-komunitas anak muda dari berbagai suku dan daerah di  Indonesia bersatu  untuk melawan penjajahan. Kini, komunitas-komunitas berjanji untuk Sumpah Pemuda Reborn. Yaitu Think big, act small, start now. Sekecil apapun aksimu adalah bakti untuk negeri. Karena Indonesia adalah kita, dia dan mereka. Karena Inilah Saatnya Anak Muda Bergerak untuk Membentuk Karakter Bangsa. Sehingga menciptakan Indonesa yang lebih baik sebagai bukti bakti pemuda terhadap bangsa.

 

 

 

rani yulianty

Dulu sempat menulis buku anak dan sudah menerbitkan sekitar 100an buku anak. Sekarang masih menulis satu dua buku anak dalam setahun. Lagi asyik ngeblog dan menikmati kegiatan ngeblognya, mau diundang event hayu, dikasih job review oke, nulis review tanpa embel-embel pesanan dari brand juga suka, kok karena merasa puas dengan produk yang dipakai. Suka jalan, suka jajan, suka anak-anak. Blog tentang anaknya ada di www.ceritaanakbunda.com

You may also like...

4 Responses

  1. Kang Alee says:

    Waaaah, dongeng-dongeng. Met sumpah pemuda

  2. saya suka dongeng Wa Kepoh di radio. Bisaan cara mendongengnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *